Penggemar Sony? Pastikan Kamu Memiliki 8 Speaker Sony yang Stylish dan Futuristik Ini

Sony sudah lama dikenal sebagai produsen produk elektronik yang sangat mendunia. Nah sekarang yuk ditengok beragam speaker Sony canggih ini. Tidak lupa juga ada tips perawatan speaker lho.

Sony, produsen barang elektronik yang mendunia

Sumber gambar talk.sonymobile.com

Kamu pasti sudah tidak asing dengan produsen elektronik terkemuka di dunia, Sony. Perusahaan asal Jepang ini telah memiliki banyak unit produksi diantaranya produsen perangkat elektronik, permainan, hiburan hingga sektor jasa keuangan. Namun siapa sangka, perusahaan yang pernah mencatat pendapatan hingga US$72 miliar ini memulai usahanya dengan produk yang gagal.

Di awal berdirinya, Sony memproduksi alat penanak nasi listrik yang sayangnya gagal di pasaran. Produk tersebut gagal menanak nasi untuk semua jenis beras. Pada jenis beras tertentu alat penanak nasi tersebut akan menanak nasi hingga terlalu matang. Sedangkan untuk jenis beras lainnya, beras tidak matang sama sekali.

Pasca Perang Dunia II pada tahun 1945, pendiri Sony, Masaru Ibuka kembali bekerja di Tokyo yang saat itu luluh lantak akibat perang. Ibuka dan timnya kembali bekerja di bengkel mereka yang terletak di Tokyo Department Store. Meskipun selamat dari kebakaran akibat perang, bangunan tempat bengkel Ibuka bekerja dalam kondisi yang cukup memprihatinkan karena kaca jendela yang hancur serta kondisi ruangan yang sempit dan suram. Secara bertahap, Ibuka dan timnya memperbaiki kondisi gedung sambil membuka fasilitas baru yang disebut dengan "Tokyo Telecommunication Research Institute".

Setelah perang berakhir di Jepang, pada saat itu terdapat banyak sekali radio yang rusak. Ibuka berinisiatif untuk memperbaiki radio-radio yang rusak dengan harapan, masyarakat jepang memiliki alat komunikasi yang bebas dari propaganda musuh. Hal ini mendapatkan tanggapan positif dengan semakin banyaknya permintaan perbaikan radio di bengkel Ibuka. Ibuka dan timnya mampu memperbaiki radio gelombang pendek bahkan membuat konverter atau adaptor yang membuat radio bisa menerima semua gelombang. Kesuksesan Ibuka dengan program perbaikan radionya mempersatukannya dengan Akio Mori, sahabat yang dulu bersama-sama mempelajari tentang pembuatan senjata baru semasa perang.

Dengan semakin banyaknya permintaan perbaikan radio, Ibuka dan karyawannya sedikit demi sedikit memperbaiki keadaan finansial perusahaan. Dari awalnya gaji hanya berasal dari tabungan Ibuka pribadi, mereka akhirnya mampu mendapatkan upah dari usaha perbaikan radio yang dilakukan. Tak jarang penduduk memberikan beras sebagai upah perbaikan. Pada saat itu, dengan kondisi Jepang yang sedang mengalami krisis pangan, beras menjadi salah satu komoditi yang setara dengan uang.

Seiring dengan perbaikan ekonomi Jepang, Ibuka dan karyawannya terus berinovasi dan mengembangkan perusahaannya dengan berbagai inovasi. Tak hanya bergerak di bidang elektronik, Sony Corporation modern juga merambah ke industri hiburan dan finansial. Dengan mengusung visi misi untuk menjadi perusahaan yang secara konvergen mampu memenuhi kepuasan pelanggan dan menyentuh secara emosional, Sony terus menerus berkembang menjadi perusahaan raksasa ternama di dunia.

Speaker Sony, dikenal karena jaminan merek dan mutu

Sumber gambar www.gizmodo.com.au

Sony sebagai produsen elektronik terkemuka di dunia, telah banyak memproduksi perangkat elektronik seperti televisi, radio, konsol game, kamera hingga alat pemutar musik. Tak mau ketinggalan dengan produsen elektronik lainnya, Sony juga mengeluarkan produk speaker untuk melengkapi deretan produk eletronik yang kamu miliki. Sony melihat potensi pasar yang cukup besar untuk produk-produk pengeras suara. Banyak orang yang sudah mulai mempertimbangkan audio dengan kualitas terbaik dan tak segan-segan merogoh kocek yang dalam hanya untuk sebuah speaker aktif. Melihat potensi ini, Sony berusaha menjawab kebutuhan pelanggan atas speaker aktif yang berkualitas dengan mengeluarkan jenis speaker portable dengan seri SRS-BTV5.

Speaker portable seri SRS-BTV5 ini menawarkan jaminan kualitas suara yang bening dan jernih, sehingga penggunanya dapat memiliki pengalaman mendengarkan musik yang menyenangkan. Tak hanya itu, speaker ini difasilitasi dengan bluetooth dan teknologi NFC sehingga speaker ini mampu dikoneksikan dengan perangkat ponsel kamu baik itu smartphone maupun tablet. Untuk pelanggan perempuan, speaker ini cukup menarik perhatian karena menawarkan banyak pilihan warna seperti hitam, putih, biru, pink dan ungu. Tak hanya menawarkan banyak pilihan warna, speaker ini juga dibanderol dengan harga yang cukup murah. Dengan harga kurang dari Rp. 500.000, kamu sudah bisa memiliki speaker aktif yang stylish dengan kualitas suara yang prima.

Agar speaker kamu awet, coba cek tips-tips berikut

Melakukan aktivitas sehari-hari terasa hambar tanpa adanya musik. Tentunya, kegiatan mendengarkan musik akan terasa lebih memuaskan apabila didukung dengan speaker yang mampu menghasilkan kualitas suara jernih dan performa yang prima. Dapat memiliki speaker dengan kualitas terbaik tidak akan pernah cukup bila tidak dibarengi dengan perawatan yang baik.

Sangat disayangkan apabila spesifikasi speaker yang kamu miliki sudah sangat baik, namun kamu tidak melakukan perawatan yang cukup. Seperti alat elektronik lainnya, minimnya perawatan akan membuat speaker sangat rentan akan kerusakan. Akan lebih baik apabila kamu meminimalisir kerusakan yang terjadi pada speaker kesayangan dengan mulai melakukan perawatan. Perawatan yang dilakukan bisa diawali dengan memahami jenis speaker yang dimiliki dan cara kerja speaker sehingga menghasilkan kualitas suara yang prima. Dengan memahami hal ini, kamu akan dengan mudah melakukan perawatan sehari-hari maupun secara berkala.

Kamu bisa mengikuti tips-tips berikut, supaya speaker kesayangan bisa tetap menemanimu dengan waktu lama :

Jangan menyimpan atau menggunakannya di tempat panas

Sama seperti barang elektronik lainnya, speaker rentan terhadap suhu dan kelembaban. Menyimpan speaker di tempat yang terpapar sinar matahari langsung akan menurunkan kualitas suara yang dihasilkan dan memperpendek usia speaker. Oleh karena itu, selalu usahakan speaker-mu aman dari paparan sinar matahari langsung. Perlu dipastikan juga kamu meletakkan speaker di ruangan dengan suhu yang sejuk.

Tak hanya suhu yang panas, ruangan yang terlalu lembab juga dapat memperpendek usia speaker. Udara panas dan kelembaban dapat menyebabkan korosi pada speaker. Setelah mengamankan speaker dari panas, kamu pun harus menghindarkannya dari kelembaban yang bisa merusak speaker.

Perhatikan kelembaban tempat penyimpanan

Speaker adalah alat elektronik yang terdiri atas komponen logam yang mudah sekali terkorosi apabila tidak diamankan dari suhu dan kelembaban yang ekstrem. Speaker harus diletakkan di ruangan dengan temperatur dan kelembaban yang sedang. Selain itu, pastikan speaker jauh dari jangkauan anak-anak untuk menghindari seringnya terjadi guncangan. Guncangan bisa mengakibatkan bergesernya komponen di dalam speaker. Pergeseran ini tentunya dapat mengakibatkan penurunan performa kerja speaker. Untuk itu, perhatikan tempat penyimpanan speakermu agar lebih awet, ya.

Tak hanya tempat penyimpanan, yuk cek kebersihan speaker secara berkala.

Gunakan penyedot debu untuk membersihkan speaker

Walaupun ruangan tempat kamu beraktivitas selalu dibersihkan setiap hari. Partikel-partikel kecil debu selalu saja menempel di tempat-tempat yang tak terjangkau saat dibersihkan. Salah satu tempat favorit debu untuk menumpuk adalah di peralatan elektronik.

Pastikan kamu selalu membersihkan speaker kesayangan tak hanya dibagian eksteriornya. Mulailah rajin membersihkan speaker hingga ke bagian interior yang sulit dijangkau. Kamu bisa menggunakan mini vacuum cleaner yang memang dirancang khusus untuk menjangkau area-area yang sulit dibersihkan dengan peralatan biasa. Atau, kamu juga bisa menggunakan USB vacuum cleaner yang banyak dijual di toko piranti elektronik.

Pastikan kamu membersihkan hingga ke bagian-bagian terkecil dari speaker. Kamu juga bisa menggunakan cotton bud untuk menjangkau ke area yang lebih dalam. Setelah dibersihkan dari debu-debu yang menempel, dijamin kualitas suara speaker kesayanganmu akan kembali prima.

Kecilkan terlebih dulu volume sebelum mematikan

Menjaga speakermu agar tetap awet bisa dilakukan dengan memulai kebiasaan seperti mengecilkan terlebih dahulu volume sebelum mematikan speaker. Mengapa hal ini penting? Untuk menjaga speaker dari lonjakan yang mengagetkan saat baru pertama kali dinyalakan. Apabila kamu terbiasa memasang speaker dengan volume keras, setelah speaker dimatikan dan kemudian dinyalakan kembali, speaker akan langsung menghentak komponennya dengan keras. Apabila hal ini terus menerus dilakukan, membran dan subwoofer speaker akan semakin cepat rusak.

Memaksakan speaker untuk terus menerus bekerja dengan volume keras juga akan memperpendek usia speaker. Salah satu tips yang bisa dilakukan adalah memasang volume software tak lebih dari 50% dan volume speaker 100%. Hal ini justru akan membantu speakermu lebih awet dan tahan lama.

8 Rekomendasi speaker Sony yang bisa kamu beli

Trend speaker saat ini menunjukkan popularitas speaker aktif berbasis bluetooth yang menawarkan simplisitas dan konektivitas yang tinggi untuk penggunanya. Terdapat beragam pilihan bentuk, ukuran, sound profile hingga harga. Namun, selalu pastikan Kamu memilih speaker yang menawarkan kualitas suara yang oke. Salah satu produk yang ditawarkan Sony adalah speaker aktif dengan teknologi Hi-Resolution Audio. Produk ini menawarkan pengalaman mendengarkan musik dengan kualitas terbaik yang pernah ada.

Speaker aktif Seri Bass Extra adalah produk yang dikeluarkan Sony dan digadang-gadang memiliki elemen bass yang kuat. Speaker ini dilengkapi dengan 4 speaker aktif nirkabel yang memiliki konektivitas NFC dan kompatibilitas bluetooh. Untuk Kamu yang memiliki segudang aktivitas mobile, portabilitas speaker ini memudahkanmu membawanya kemanapun tanpa repot. Kualitas suara yang diusung pun tidak perlu diragukan lagi. Teknologi Bass Extra memang dirancang untuk menghasilkan output bass dengan kualitas terbaik. Yang tak kalah mengagumkan, kestabilan kualitas suara tetap baik di dalam maupun di luar ruangan. Jika kamu adalah penggemar musik dengan genre pop, hip hop dan jenis musik lain dengan unsur bass yang kuat, speaker ini adalah teman yang tepat untuk melengkapi gaya hidup urbanmu.

Sedang mencari produk speaker untuk melengkapi perangkat elektronik di rumah? Ingin speaker dengan kualitas suara prima yang mampu mendukung aktivitasmu sehari-hari dengan lebih maksimal ? Kamu bisa mempertimbangkan 8 rekomendasi produk speaker keluaran Sony berikut ini.

Sony Wireless Mini Speaker Bluetooth SRS-XB3 EXTRA BASS SRS XB3

Sumber gambar www.youtube.com

Untuk kamu yang sedang mencari speaker yang memiliki daya tahan lama, Sony Wireless Mini Speaker Bluetooth SRS-XB3 adalah pilihan yang tepat. Speaker berdiameter 48 mm ini dirancang kokoh dengan magnet yang kuat serta stroke panjang yang mampu menghasilkan output bass dalam. Salah satu keunggulan speaker ini adalah desainnya yang dirancang anti air. Sehingga Kamu tidak perlu khawatir saat beraktivitas di luar ruangan. Keunggulan lainnya adalah teknologi NFC dan bluetooth yang memungkinkan Kamu untuk menyambungkan perangkat ponselmu seperti smartphone atau tablet tanpa perlu kabel tambahan.

Speaker mini ini juga dilengkapi dengan terminal input dan output yang memungkinkanmu untuk menyambungkan headset ataupun microphone. Terdapat varian warna hijau yang cocok buat mencerahkan ruangan. Speaker ini bisa kamu dapatkan hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp. 2.699.000 melalui lazada.co.id

Sony SRS-XB10 Portable Wireless Bluetooth Speaker

Sumber gambar www.lelong.com.my

Untuk kamu yang menyenangi kegiatan outdoor seperti berkemah ataupun panjat tebing, Sony mengeluarkan portable bluetooth wireless speaker dengan seri SRS-XB10. Speaker ini dirancang dengan desain minimalis yang tetap menonjolkan kesan mewah. Bodi yang terbuat dari plastik kaku yang dilindungi dengan pelindung anti gores membuatmu tidak perlu khawatir akan benturan dengan benda lain. Di sekelilingnya terdapat segel karet yang membuat speaker berbentuk tabung ini tahan air.

Untuk menambah pengalaman petualanganmu di alam terbuka, speaker yang memiliki berat 260 gr ini dilengkapi juga dengan pengait tali sehingga kamu bisa mengaitkan speaker pada dahan pohon ataupun tebing pada saat kamu melakukan aktivitas panjat tebing. Di sisi speaker terdapat port USB yang bisa kamu gunakan sebagai power bank. Tidak perlu khawatir dengan daya tahan speaker ini, baterainya bisa bertahan hingga 16 jam pemakaian. Teknologi NFC dan bluetooth yang dirancang di dalamnya pun membuatnya dapat langsung terkoneksi dengan perangkat ponsel milikmu.

Untuk melengkapi teman berpetuangmu, kamu bisa mendapatkan speaker ini dengan harga Rp. 810.000 melalui bhinneka.com.

Sony SRS-HG1 Hear Go Wireless Speaker (Viridian Blue)

Sumber gambar www.dell.com

Perangkat speaker saat ini dituntut untuk mampu mengimbangi konektivitas penggunanya dengan berbagai sajian hiburan digital. Apabila kamu adalah orang yang selalu terkoneksi secara digital dengan musik, sahabat terbaik yang harus ada di sampingmu adalah Sony SRS-HG1 h.ear go Wireless Speaker yang telah dilengkapi dengan fitur-fitur yang akan selalu membuatmu terhubung secara digital dengan hobi bermusikmu. Speaker ini telah dilengkapi dengan fitur Google Cast bawaan yang memungkinkanmu untuk bisa menyetel musik, radio, podcast dan spotify dari smartphonemu.

Tak hanya itu, speaker ini telah dilengkapi dengan teknologi wifi yang membuatmu bisa langsung terkoneksi dengan playlist spotify favorit, NFC dan Bluetooth yang akan membuatmu semakin jatuh cinta adalah teknologi LDAC yang memungkinkanmu menikmati musik dengan audio terbaik secara nirkabel melalui fitur bluetooth yang terpasang.

Tak hanya teknologi LDAC, speaker ini dirancang khusus dengan Digital Sound Enhancement Engine HX (DSEE HX) yang akan secara otomatis akan meningkatkan kualitas sound dari file yang telah terkompres. Speaker ini dirancang untuk kamu yang senang berkumpul bersama teman buat berpesta karena speaker ini dilengkapi pula dengan Extra Bass yang akan memaksimalkan suara bass.

Dengan berat yang tidak mencapai 1 kg, speaker ini cukup mudah untuk dibawa kemana saja. Ditambah dengan kekuatan baterai yang tahan hingga 12 jam, kegiatan berpestamu akan menyenangkan dimana saja dan kapan saja. Kamu juga bisa menggunakan port USB yang terpasang di sisi speaker sebagai power bank smartphonemu. Untuk speaker inovatif ini, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 3.000.000 dan bisa kamu beli melalui Forum Jual Beli Kaskus.

Sony SRS XB40 /XB 40 Powerful Bass Portable Bluetooth Speaker

Sumber gambar www.pcmag.com

Para penggemar musik rap atau hip hop akan selalu mencari speaker dengan kekuatan bass prima. Speaker keluaran Sony ini ditujukan untuk kamu para penggemar hip hop. Dengan tampilan 61 mm full range, speaker ini akan mengeluarkan output bass berkualitas tinggi. Terlebih speaker ini juga dilengkapi dengan teknologi LDAC yang membuatmu selalu mendapatkan kualitas audio yang bermutu.

Tak perlu khawatir dengan ketahanan dayanya, speaker ini bisa tahan hingga 10 jam. Secara desain, speaker ini tak kalah dengan kompetitor serupa. Desain rangka bagian atas dilengkapi dengan elemen cahaya yang akan menyemarakkan momen bermusikmu. Namun, sayangnya untuk kelas speaker di harga Rp 3.899.000, speaker ini terasa kurang bisa bersaing dengan kompetitornya. Tapi jika kamu adalah penggemar berat Sony, speaker dengan suara bass yang powerfull ini bisa kamu dapatkan di lazada.co.id.

Sony Portable Wireless [SRS-X55]

Sumber gambar www.amazon.com

Kamu mencari speaker yang juga bisa dijadikan dekorasi ruangan? Sony Portable Wireless SRS-X55 ini adalah sahabat yang tepat untukmu. Desainnya yang minimalis, dengan sudut-sudut bodi yang dibuat tegas akan cocok dengan ruangan di rumahmu yang juga bergaya minimalis kontemporer.

Selain itu, apabila kamu membutuhkan properti untuk pekerjaan luar ruangan yang mudah dibawa kemana-mana speaker ini adalah pilihan tepat. Bentuknya yang portable tanpa tambahan kabel yang merepotkan, memudahkan aktivitas luar ruanganmu. Beratnya juga hanya 1,2 kg dan tentu saja tidak akan merepotkanmu saat membawa properti yang banyak.

Speaker ini memiliki ketahanan selama 10 jam dengan baterai yang bisa diisi ulang. Walaupun kecil, kekuatan suara yang dihasilkan tidak kalah dengan speaker Sony lainnya. Speaker ini telah dilengkapi dengan saluran audio 2.1 dan 2 speaker full range yang akan menghasilkan kualitas suara seperti yang kamu harapkan. SONY Portable Wireless SRS-X55 dengan warna hitam ini dijual seharga Rp. 3.370.500 dan bisa kamu dapatkan melalui bhinneka.com.

Sony SRS-XB30 Portable Wireless Bluetooth Speaker

Sumber gambar www.sony.com.hk

Sony selalu menawarkan speaker portable dengan ukuran mungil dan desain menawan. Salah satunya adalah Sony SRS-XB30 Portable Wireless Bluetooth Speaker. Speaker ini pun memiliki desain yang menarik dengan lampu kelap kelip multi warna pada bodinya. Speaker ini pun dapat digunakan di luar ruangan karena telah dilapisi dengan pelindung tahan air.

Extra Bass yang diusung oleh speaker mungil ini membuatnya memiliki kualitas suara yang tak kalah dari produk speaker Sony lainnya. Radiator pasif gandanya mampu menunjang komponen speaker stereo full-rangenya untuk meningkatkan nada low end dan bass sehingga bisa menghasilkan kualitas suara yang prima. Tak perlu khawatir dengan ketahanan dayanya, speaker ini mampu bertahan hingga 24 jam.

Kamu bisa membeli speaker mungil ini melalui bhinneka.com dengan harga Rp. 2.699.000.

Sony Ultra-Portable Bluetooth Speaker SRS-X11

Sumber gambar www.shenzhenaudio.com

Kamu tentu akan membutuhkan speaker portable yang mudah dibawa kemana pun dan untuk jenis aktivitas apapun. Speaker mini yang hanya berukuran 45 mm ini cocok untukmu yang memiliki mobilitas yang tinggi. Karena selain menemanimu mendengarkan musik, speaker ini bisa membantumu menerima panggilan telepon. Teknologi bluetooth dan NFC yang terpasang di dalamnya membuat smartphonemu dengan mudah terkoneksi dengan aktivitas manapun.

Speaker mungil ini memiliki daya yang cukup tahan lama yaitu selama 12 jam. Micro USB terminal yang terdapat di sisi bodi memungkinkanmu untuk menyambungkannya ke perangkat komputer maupun ponselmu. Bisa juga digunakan sebagai power bank yang akan membantumu mendapatkan daya tambahan dalam keadaan darurat. Kamu bisa memiliki speaker mungil ini sebagai teman perjalananmu hanya dengan Rp. 899.000 melalui lazada.co.id

Sony Smart Bluetooth Speaker BSP60

Sumber gambar www.amazon.in

Kamu membutuhkan speaker yang tak sekedar bisa memainkan musik? Ingin semua kemudahan mengatur jadwal, pengingat waktu dan alarm dalam satu perangkat ? Sony Smart Bluetooth Speaker seri BSP60 adalah jawabannya. Kamu akan dimanjakan dengan fitur-fitur seperti perkiraan cuaca, alarm, reminder hingga music player. Speaker pintar ini akan menemani aktivitasmu seperti asisten pribadi.

Multilingual voice yang terpasang dalam sistem membuatnya dapat mengeluarkan suara ketika menginfokan laporan cuaca maupun jadwal harianmu. Tak perlu pusing ketika ada panggilan masuk, fitur hands free yang didukung oleh teknologi NFC yang dengan mudah tersambung dengan smartphone kesayanganmu, akan memudahkan menerima panggilan telepon. Speaker ini telah dirancang untuk kompatibel dengan smartphone Android-mu, namun sistem yang bisa diterima hanya Android Kitkat ke atas ya.

Walaupun dibanderol dengan harga yang cukup mahal yaitu Rp. 4.300.000, speaker ini akan sangat melengkapi gaya hidup futuristikmu. Kamu bisa mendapatkan Sony Smart Bluetooth Speaker BSP60 melalui lazada.co.id.

From our editorial team

Speaker Sony, tak hanya mempersembahkan kecemerlangan suara

Dari berbagai model speaker Sony tentunya kita bisa mengambil kesimpulan jika speaker Sony tampak gaya dan futuristik. Tentunya hal tersebut juga yang membuat Sony semakin eksis di antara berbagai merek produsen elektronik. Namun ingat juga ya untuk merawat speaker-mu seperi tips yang sudah diberikan di artikel ini. Sayang sekali bukan kalau speaker Sony favoritmu rusak karena tidak dirawat dengan baik?