10 Rekomendasi Alat Cuci Motor Ini akan Membuat Motormu Bersih Seperti Baru (2019)

10 Rekomendasi Alat Cuci Motor Ini akan Membuat Motormu Bersih Seperti Baru (2019)

Kalau ingin motor selalu tampak seperti baru, ya jelas kamu harus rajin mencucinya. Eh, ternyata ada beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan kala mencuci motor loh. Penasaran kan? Baca artikel BP-Guide berikut ini dan ketahui juga rekomendasi alat cuci motornya ya!

Punya Motor Wajib juga Punya Alat Cuci Motor!

Motor menjadi kendaraan praktis dan banyak diandalkan baik di perkotaan maupun di pedesaan. Alat transportasi yang satu ini bisa mengantar kita ke tujuan dengan lebih cepat, apalagi saat macet. Sebagai alat transportasi yang sering digunakan, tentu saja kita wajib merawatnya dengan baik supaya lebih awet digunakan.

Kalau punya motor, jangan hanya tahu cara pakainya saja. Kamu wajib juga tahu cara merawat dan membersihkannya. Memang sih, sekarang ini sudah banyak tempat cuci motor tersedia, namun akan lebih baik kalau kamu bisa membersihkan motormu sendiri. Selain jadi lebih hemat, motor kamu juga jadi lebih bersih kalau kamu rajin membersihkannya. Sebelum mencuci motor, ketahui dulu nih, hal yang patut kamu hindari kala mencuci motor!

Jangan Sampai Salah, Hindari 4 Hal Ini Saat Mencuci Motor

Mencuci Dalam Keadaan Motor yang Masih Panas

Saat habis kehujanan, biasanya kita ingin segera mencuci motor. Ini karena kita tidak ingin noda dan kotoran selama di perjalanan menempel dan sulit dibersihkan. Namun, perhatikan cara mencuci motor yang benar ya, jangan karena ingin segera bersih lalu kamu asal cuci saja.

Hindari mencuci motor dalam keadaan mesin masih panas. Diamkan dulu motor sekitar 10 menit supaya suhu mesinnya bisa menurun. Tujuan mendiamkan dulu hingga dingin adalah supaya komponen metal di mesin tidak mengalami thermal shock. Jika kamu langsung mencuci dalam keadaan panas, bisa saja komponen metal menyusut mendadak kala terkena air dingin.

Langsung Mencuci Bodi Motor

Bagi yang masih amatir dalam mencuci motor biasanya akan langsung mencuci bodi motor. Padahal ini adalah hal yang salah untuk dilakukan. Motor yang habis digunakan tentu menyisakan debu dan kotoran. Jika kamu langsung mengelapnya tentu bisa menggores bodi motor.

Cara yang benar adalah bersihkan dulu ban, spakbor, dan bagian detail mesin. Gunakan air untuk membersihkannya. Selanjutnya barulah kamu mencuci bagian bodi motornya. Pakailah sarung tangan ketika mencuci supaya tangan kamu tetap higienis.

Menyemprot Rantai Motor dengan Air Bertekanan

Untuk motor yang memiliki rantai, maka kamu wajib mencuci bersih bagian rantainya dulu sebelum kamu membersihkan bagian motor lainnya. Kamu bisa gunakan produk khusus yang dirancang untuk membersihkan rantai. Namun ada hal yang perlu dihindari kala membersihkan rantai sepeda.

Kamu dilarang menyemprot rantai dengan air bertekanan. Ini karena rantai memiliki Z-ring, O-ring, atau X-ring. Setiap ring itu dilumasi dengan gemuk ketika rantai dirakit. Jika kamu menyemprot dengan air bertekanan maka bisa jadi gemuk tersebut hilang dan berdampak pada performa rantai.

Penggunaan Air Berlebih

Saat mencuci motor hindari beberapa bagian sensitif. Jangan sampai bagian yang sensitif kemasukan air. Sebab, jika sampai terjadi maka dikhawatirkan akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

Hindari juga menyiram motor dan mesin dengan air berlebihan. Ditakutkan air bisa masuk ke sistem pengapian dan malah membuat mesin motor jadi mogok. Bagian komponen mesin adalah bagian kendaraan yang paling sensitif terhadap air jadi sebisa mungkin hindari penggunaan air berlebih.

10 Rekomendasi Alat Cuci Motor

Nankai VAD 70 Jet Cleaner

Sumber gambar www.bukalapak.com


Nankai Tipe VAD70 merupakan alat mesin cuci steam mobil dan motor. Begitu praktis digunakan, kamu bisa gunakan untuk merawat motor milik kamu. Bisa menghasilkan daya semprot air yang kencang dan juga sangat hemat listrik. Bagian nozzle alat ini bisa diatur untuk mode steam semburan tipis juga. Kamu bisa membelinya di Bukalapak dengan harga Rp 1 juta.

Lakoni Laguna 70 Jet Cleaner High Pressure Mesin Steam Cuci AC - Hitam

Sumber gambar www.blibli.com

Lakoni Laguna 70 Jet Cleaner High Pressure Mesin Steam Cuci AC ini hadir dalam warna hitam. Produk ini memiliki kualitas yang sudah teruji. Bisa dipakai untuk mencuci motor, mobil, dan kandang, produk juga cocok untuk mencuci karpet hingga membersihkan pekarangan.

Mesin ini mengeluarkan suara halus jadi tidak berisik kala dipakai. Alat yang satu ini semburan airnya cukup kencang dan bisa membersihkan secara maksimal. Tersedia garansi selama satu tahun. Alat ini memiliki selang steam 5 meter dan selang air ke keran 3 meter. Dilengkapi juga dengan tempat sabun. Dapatkan segera di Blibli dengan harga Rp 670.000.

Karche K 2.420 Air Con High Pressure Washer

Sumber gambar www.tokopedia.com

Karcher telah berdiri sejak tahun 1935 sebagai bisnis keluarga. Kini merek ini sudah berkembang menjadi merek internasional yang ternama. Mereka menawarkan kinerja terbaik, inovasi, dan kualitas pada setiap produk yang dikeluarkan. Kamu bisa intip produk andalan dari Karche berikut ini untuk masalah alat cuci motor.

Karche K 2.420 Air Con High Pressure Washer ini sayang jika dilewatkan. Produk berdimensi 374 x 201 x 296 mm ini mudah untuk digunakan. Lengkap dengan power jet short, high pressure gun, dan high pressure hose, alat ini cocok untuk membersihkan motor sendiri di rumah. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 2.690.000.

Alat Menyiram MAGIC XHOSE 30M Selang Fleksibel Lengkap Dengan Kepala Semprotan

Sumber gambar shopee.co.id

Alat Menyiram MAGIC XHOSE 30M Selang Fleksibel Lengkap Dengan Kepala Semprotan ini wajib dimiliki di rumah. Selang ini akan menjadi lebih panjang secara otomatis kala digunakan. Hadir dengan 7 tipe semprotan, kamu tinggal sesuaikan jenis semprotan dengan kebutuhanmu. Pakai saja untuk membersihkan motor, menyiram halaman, serta kebutuhan lainnya.

Produk ini terbuat dari bahan fiber anyam yang elastis dan kuat. Tidak mudah terbelit, alat ini juga bisa kembali ke ukuran semula ketika tidak digunakan. Semprotan airnya kuat dan bikin pekerjaan lebih cepat dan efisien. Selain itu desainnya juga sangat ergonomis. Kamu bisa membelinya di Shopee dengan harga Rp 93.000.

Shamwow Microfiber Set Kain Lap

Sumber gambar www.blibli.com

Shamwow Microfiber Set Kain Lap adalah alat perlengkapan cuci motor yang wajib kamu miliki. Kain ini berbahan non woven fabric dan juga non toxic. Aman digunakan, kainnya memiliki daya serap tinggi.

Kamu bisa memakai kain lap ini dalam kondisi kering ataupun basah. Campur kain lap dengan sabun untuk mencuci motor dan mobil. Cukup lap ke satu arah untuk memberikan pembersihan yang rata. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 19.000.

Tokuniku Water Jet Gun Semprotan Air

Sumber gambar tokuniku.myolsera.com

Tokuniku mulai berdiri tahun 2013. Produknya beragam barang unik yang terus dikembangkan. Dengan bermodalkan pelayanan yang baik, bisnis terus berjalan berkat kepuasan serta kepercayaan dari pelanggan.

Tokuniku Water Jet Gun Semprotan Air ini bisa jadi pilihan kamu untuk alat mencuci motor. Semprotannya sudah lengkap dengan dispenser built-in yang bisa digunakan untuk meletakkan sabun cuci dan otomatis mencampur sabun dengan air. Yang perlu kamu lakukan hanya mengatur pegangan di bagian atas untuk menggunakan sabun atau tekanan air. Dapatkan di Tokuniku dengan harga Rp 70.000.

Nankai Alat Semprotan Cuci Mobil Motor [3in1]

Sumber gambar www.lazada.co.id

Nankai Gun Jet Cleaner ini merupakan alat semprotan untuk mencuci motor dan mobil. Begitu efektif digunakan, alat ini hadir dengan tekanan air tinggi. Kamu bisa menghubungkannya pada water compressor lewat selang jet cleaner.

Produk ini memiliki kepala dengan 3 ukuran yang bisa disambungkan supaya bisa mencapai ukuran 60 cm lebih. Kamu bisa memakainya juga untuk menyiram halaman atau mencuci karpet. Desainnya kuat dan kokoh, sehingga alat yang satu ini praktis dan tahan lama. Kamu bisa membelinya di Lazada dengan harga Rp 132.300.

Alat Steam Cuci Motor Mobil 12V 80W

Sumber gambar www.tokopedia.com

Alat Steam Cuci Motor Mobil 12V 80W ini tidak boleh ketinggalan untuk kamu miliki. Selang air ini lengkap dengan pompa air yang menggunakan colokan rokok pada mobil. Kamu bisa mencuci mobil di mana saja kamu membutuhkannya.

Alat yang satu ini juga sangat cocok untuk kamu miliki di rumah. Gunakan untuk mencuci motor kesayangan kamu. Semprotannya kuat dan bisa menghasilkan air bertekanan besar. Dilengkapi pipa panjang 6 meter sehingga memudahkan ruang gerakmu kala mencuci jadi lebih luas. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 730.000.

KRISBOW ALAT MESIN STEAM CUCI MOBIL DAN MOTOR

Sumber gambar www.bukalapak.com

Krisbow Pembersih Bertekanan Tinggi 100 Bar 1400 W ini menjadi rekomendasi kami berikutnya. Alat ini efektif digunakan untuk membersihkan endapan kotoran, noda membandel, hingga lumut dan jamur. Bentuknya portabel dan memiliki ukuran 32,5 x 21 x 46,9 cm. Kamu bisa memakainya untuk membersihkan permukaan taman, garasi, dinding, mobil hingga motor. Dengan garansi 1 tahun, produk ini aman dan mudah digunakan. Dapatkan di Bukalapak dengan harga Rp 1.600.000.

Jet cleaner multipro HPD 5006M

Sumber gambar www.tokopedia.com

Jet cleaner multipro HPD 5006M ini bisa jadi pilihan kamu sebagai alat cuci motor. Produk yang satu ini memiliki tekanan 50 hingga 95 bar. Kamu bisa memakainya juga sebagai alat untuk mencuci AC dan juga mobil. Berdaya listrik 600 watt, kamu bisa berhemat listrik dengan alat ini. Tingkat kebisingannya rendah dengan sistem pemberhentian otomatis, sehingga membuat alat ini aman digunakan. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 620.000.

From our editorial team

Miliki Alat Cuci Motor di Rumah Supaya Motor Selalu Bersih Terawat

Punya motor jangan hanya bisa memakainya saja ya! Kamu wajib tahu cara merawat motor kamu dengan benar, utamanya cara mencucinya. Gunakan alat cuci motor yang tepat dan cara yang benar dalam membersihkannya. Kalau motor kamu selalu terawat dan bersih, tentu kamu jadi lebih percaya diri menaikinya, bukan? Cek segera alat cuci motor yang bisa kamu gunakan untuk motor kesayanganmu ya. Intip rekomendasinya dari BP-Guide!