Jangan Sembarang Pilih! Ini 12 Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik untuk Kendaraan Bermotor Anda

Jangan Sembarang Pilih! Ini 12 Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik untuk Kendaraan Bermotor Anda

Merawat motor tentu harus dilakukan jika Anda memiliki kendaraan ini. Agar performa motor makin maksimal dan tak gampang rusak, Anda bisa pilih jenis oli yang tepat khususnya untuk motor matic. Simak penjelasan dan rekomendasi BP-Guide berikut supaya lebih tahu!

Perawatan Motor Matic Tentu Berbeda dengan Motor Manual

Sumber gambar www.rudimotor88.com

Motor matic semakin menjadi pilihan para pengendara di Indonesia. Alasannya mungkin sangat simpel. Asal sudah bisa mengendarai sepeda, maka dapat dipastikan seorang bisa mengendarai motor matic. Tinggal hidupkan mesin, main gas sedikit, maka Anda sudah bisa naik motor. Tidak perlu bolak-balik macet karena bingung mengendalikan kopling dan persneling seperti saat Anda belajar motor manual.

Namun begitu, di balik semua kemudahannya, sepeda motor matic perlu perhatian lebih serius. Terutama dalam urusan oli motornya yang memang beda dari oli motor manual. Oleh karena itu, Anda harus selalu memastikan untuk memberi oli motor matic secara cermat agar motor Anda selalu dalam keadaan prima.

Tips Merawat Motor Matic

Memanaskan Motor Setiap Hari

Sumber gambar mobil-mewah.net

Seperti kita saat akan berolahraga, tentu harus melakukan pemanasan dulu, maka mesin motor matik pun juga begitu. Mesinnya harus dipanaskan terlebih dahulu. Tujuannya agar oli motor bisa menjangkau semua bagian dari mesin. Sehingga mesin siap Anda ajak berjalan-jalan kembali. Lakukan setelah motor lama tidak dipakai, seperti pada pagi hari setelah semalam motor menganggur. Tidak perlu lama-lama memanaskannya, cukup 4-10 menit saja.

Mengganti Oli Mesin Secara Rutin

Sumber gambar Oli Motor Matic Terbaik TOP1 Action Matic 3

Karena mesin matik berbasis mesin 4-tak yang sepenuhnya tergantung pada pelumasan oli mesin, maka oli motor sangat vital. So, Anda harus rajin-rajin mengecek kondisi oli motor matic Anda. Untuk motor matic, pelumasannya ditambah dengan oli transmisi atau oli gardan.

Oli mesin idealnya Anda diganti setiap 1000 km. Sedangkan oli gardan umumnya diganti setelah Anda 2 kali mengganti oli mesin.

Periksa Aki dan Busi

Sumber gambar camargus.com

Motor matic umumnya telah menggunakan pengapian secara elektronik. Sehingga Anda harus selalu memeriksa kondisi aki agar kondisi kelistrikan dan pengapian motor Anda tetap prima. Busi juga harus Anda perhatikan kondisinya. Sebagai satu komponen utama mesin, Anda juga harus selalu menggantinya secara berkala.

Stabilkan Kecepatan Gas

Sumber gambar www.wahanahonda.com

Mengendarai motor matic disarankan untuk kalem. Anda bahkan disarankan untuk menjaga kestabilan dalam memainkan gas saat dalam perjalanan.

Selain membuat pengalaman berkendara Anda terasa semakin nyaman, konsumsi bensin juga bisa lebih terkendali. Dengan kecepatan yang stabil, v-belt (karet penggerak roda, rantai jika pada motor manual) juga tidak akan cepat aus.

Periksa V-Belt dan Roller

Sumber gambar www.newsmedia.co.id

Dua komponen yang juga wajib Anda perhatikan adalah v-belt dan roller. Keduanya merupakan komponen untuk menyalurkan tenaga mesin menjadi putaran roda belakang. Karena fungsinya tersebut, maka Anda perlu menggantinya secara berkala pula.

Jangan sampai v-belt Anda putus di jalan atau roller-nya aus. Anda bisa melihat jadwal penggantian v-belt dan roller pada manual motor atau bisa langsung menanyakannya pada mekanik langganan Anda.

12 Pilihan Oil Motor Matic Terbaik untuk Performa Maksimal

Oli TOP 1 Action Matic Series

Pelumas TOP 1 Action Matic wajib menjadi pilihan oli terbaik untuk motor kesayangan Anda. Kualitas oli berbahan dasar sintetik ini telah teruji dan mendapatkan ulsana positif dari berbagai kalangan dan komunitas motor matic karena telah melebihi spesifikasi standar pelumas pabrikan dengan kadar sintetik yang lebih tinggi dan sertifikasi JASO MB terbaru tahun 2016.

TOP 1 Action Matic memberikan pengalaman berkendara yang halus karena diformulasikan dengan smooth riding additive. Oli ini cocok untuk motor matic yang kerap kali terjebak kemacetan dan melalui kondisi jalanan perkotaan yang tak menentu. Selain itu, oli motor terbaik ini mampu memberikan perlindungan yang lebih tahan lama dan bisa membuat motor matic Anda lebih irit bahan bakar.

TOP 1 Action Matic tersedia dalam kemasan botol 800 mL dan 1 L. Untuk motor Honda BeAT, Honda Scoopy, dan juga Honda Vario, Anda bisa menggunakan Oli TOP1 Action Matic SAE 10W-30. Adapun untuk pemilik motor matic Yamaha Nmax, Yamaha Lexi, Yamaha Aerox, dan Mio Series sebaiknya gunakan TOP1 Action Matic dengan kode SAE 10W-40 atau SAE 20W-4.

Harga Rp. 37.000-96.900

AHM SPX 2

Pengguna motor matic Honda tentu sudah akrab dengan oli ini, AHM SPX 2. Oli AHM SPX (Superior Protection Expert) 2 merupakan oli mesin yang khusus diformulasikan untuk motor matic Honda, dibuat oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Spesifikasinya SAE:10W-30, API-SL, JASO:MB.

Oli ini merupakan oli sintetik penuh yang sangat stabil dalam suhu tinggi. Teknologi Honda Visco Improver Technology membuat oli awet dan tetap memudahkan Anda dalam menyalakan mesin. Kandungan cleansing agent di dalam oli membuat mesin tetap bersih.

Harga Rp. 49.500-60.000

Yamalube Matic

Untuk motor matic Yamaha gunakan oli standarnya, Yamalube Matic. Oli mesin matic ini khusus dibuat Yamaha untuk motor-motor matic Yamaha seperti Mio, Aerox, Soul GT, Xeon RC, dan lainnya.

Spesifikasinya SAE:20W-40, API SL, JASO MB. Oli ini merupakan jenis oli semi sintetik yang sangat prima untuk melumasi bagian-bagian mesin motor matic Anda. Aturan penggantiannya adalah setiap 3000 km sekali.

Harga Rp. 28.000-41.000

Castrol Scooter 4T

Merek oli mesin yang juga sangat dikenal masyarakat adalah Castrol. Untuk motor matic, Castrol memberikan beberapa pilihan, antara lain Castrol Power1 Scooter 4T SAE 10W/40 SL 800 mL. Sebagai pembuat oli mesin berpengalaman, Castrol membuat oli mesin matic stabil untuk suhu kerja yang tinggi. Kekentalannya pun tetap terjaga selama mesin bekerja. Spesifikasinya SAE: 10W-40, API SL, JASO MB.

Harga Rp. 47.000-54.500

Suzuki Genuine Oil SGO

Untuk motor Suzuki Anda, Anda bisa memilih oli standar Suzuki Suzuki Genuine Oil (SGO). Anda bisa memilih OLI SGO SUZUKI SCOOTER MATIC 1LT. Oli mesin matic ini telah didesain khusus untuk motor matic Suzuki. Spesifikasinya 10W-40, API SL, JASO MB. Oli mesin Suzuki ini sangat stabil untuk suhu tinggi dan tidak mengendap ataupun membuat korosi pada mesin.

Harga Rp. 43.000-106.000

Oli Repsol Matic 10W-30 4T

Oli Repsol tentu sudah sangat Anda kenal. Oli ini buatan PT Astra Honda Motor (AHM), namun cocok untuk semua jenis motor. Untuk motor matic, coba oli REPSOL Moto Matic 4T SAE 10W/30 Oli Pelumas 800 mL. Olinya terkenal awet dan tahan panas. tenaga mesin pun tak pernah mengendur.

Spesifikasinya SAE: 10W-30, API SJ, JASO MB. Anda tentu saja bisa menggunakan untuk berbagai merek motor matic.

Harga Rp. 37.000-88.000

Motul Scooter 4T LE SAE 10W/30

Motul juga harus Anda pertimbangkan saat memilih oli motor matic. Merek ini juga sangat berkibar di dunia riding Indonesia. Coba Anda pilih Motul 0.8L Scooter 4T LE 10w30 Oli Motor Matic Oil Matik 800ml. Spesifikasinya SAE: 10W-30, API SJ, JASO MB.

Pelumas berstandar internasional ini akan selalu membuat mesin motor Anda dingin dan prima, walau Anda ajak berjalan jauh.

Harga Rp. 64.500-95.000

Evalube 4T Pro Synthetic

Pilihan oli mesin matic selanjutnya berasal dari Yamaha, yaitu Evalube. Kali ini Yamaha menawarkan oli mesin matic Oli Evalube PRO Synthetic Sintetik 4T. Spesifikasinya SAE 10W-30, API SL, JASO MA2. Oli ini dirancang untuk membuat mesin Anda tetap bertenaga meskipun mesin telah diajak berjalan jauh.

Mesin Anda juga tetap anti karat, olinya juga tidak mudah oksidasi. Molekulnya sangat stabil, karena dibuat dari bahan sintetik.

Harga Rp. 44.900-98.900

Federal Matic 30

Federal mungkin adalah merek oli paling legendaris untuk motor Honda. Kali ini Federal menawarkan Federal Matic 10W-30 SL Synthetic Special Oli Pelumas. Spesifikasinya SAE 10W-30, API SL, JASO MB. Untuk kualitas, oli Federal tentu sangat mumpuni. Apalagi juga sudah dilengkapi Active Moly yang akan mengurangi gesekan antar mesin secara total.

Harga Rp. 30.000-79.000

Top 1 Evolution Matic 10W-40

Top 1 Evolution Matic 10W-40 adalah oli matic selanjutnya yang perlu Anda pertimbangkan. Oli produk dari Amerika Serikat ini juga sudah sangat terkenal di Indonesia. Spesifikasi oli ini adalah SAE 10W-40, API SL, JASO MB. Top 1 Evolution Matic ini berbasis bahan sintetik 100%, sehingga sangat stabil untuk kinerja motor yang tinggi. Motor pun tetap adem dan minim getaran.

Harga Rp. 100.000-120.000

Yamalube Power Matic Motor Oil

Yamalube hadir kembali dengan Yamalube Power Matic Motor Oil 10W40 4AT. Spesifikasinya adalah SL 10W-40, API Service : SL, JASO MB. Oli ini sangat stabil dan tetap dingin untuk suhu kerja tinggi, karena memiliki kandungan molybdenum yang juga sanggup membuat mesin minim getaran.

Harga Rp. 40.000-70.000

BM1 PC 1500 10W/30

Oli mesin matic terbaik terakhir dalam list ini adalah BM1 PC 1500 10W/30. Spesifikasi oli mesin ini adalah SAE 10W/30, API SL, JASO MB. Transmisi mesin motor matic Anda akan mulus dengan oli ini, begitu pula suhu kerjanya akan tetap stabil walau motor telah menempuh jarak jauh. Bagian-bagian mesin juga tetap terlumasi dan terlindungi secara total.

Harga Rp. 61.000-95.000
From our editorial team

Jangan Sembarangan Pilih Oli untuk Motor Matic!

Seperti yang disebutkan dalam ulasan di atas, perawatan motor matic berbeda dengan perawatan motor manual. Demikian halnya dengan penggunaan oli untuk mesin motor. Memilih oli motor untuk matic jangan sembarangan. Karena jika salah, maka motor matic Anda akan mudah rusak bahkan bisa sampai turun mesin. Oleh karena itu, dari sekarang Anda harus bisa memilih dan menentukan merek oli motor matic mana yang cocok untuk motor Anda.