Motor Kesayanganmu Warna Doff? Ini 9 Rekomendasi Sampo Motor Khusus Warna Doff Terbaik!

Motor Kesayanganmu Warna Doff? Ini 9 Rekomendasi Sampo Motor Khusus Warna Doff Terbaik!

Motor dengan warna doff yang matte dan tidak mengkilap memang menjadi tren dikalangan pecinta otomotif. Terlihat dengan banyaknya pemilik kendaraan yang mengganti cat kendaraannya dengan warna doff. Kamu yang juga memiliki kendaraan bercat doff juga harus tahu dong, cara perawatan agar cat tidak cepat pudar.

Motor Cat Doff jadi Tren Baru di Kalangan Biker

Sumber gambar imgx.gridoto.com

Beberapa tahun belakangan ini warna doff cukup menarik perhatian. Jika diaplikasikan pada kendaraan, warna doff dapat memberikan kesan sangar yang mencuri perhatian. Tak heran, banyak pengendara sepeda motor hingga mobil yang menggunakan warna doff untuk membuat kendaraan mereka jadi lebih menarik.

Tak ketinggalan pula pabrikan sepeda motor yang juga meluncurkan produk berwarna doff yang kini menjadi tren baru bagi pencinta otomotif. Nah, apakah kamu juga memiliki motor warna doff?

Bukan Cuma Cat Saja yang Berbeda, Perawatan Motor Warna Doff pun Spesial

Sumber gambar bisnisbandung.com

Banyaknya sepeda motor keluaran terbaru yang hadir dalam warna doff membuat para pemiliknya harus memberikan perhatian ekstra dalam hal perawatan agar cat doff pada bodi kendaraan tidak cepat memudar.

Hal ini dikarenakan cat doff tidak dilapisi dengan pernis dan perlu diketahui pula bahwa warna doff jadi lebih cepat terlihat kusam dan pudar jika sering terjemur. Bahkan detergen yang memiliki sifat asam juga dapat membuat cat doff cepat memudar.

Jadi, kamu yang memiliki kendaraan bercat doff harus benar-benar memperhatikan cara perawatannya, ya!

Tips Tepat Merawat Motor Bercat Doff

Bersihkan Debu dengan Hati-hati

Sumber gambar imgx.gridoto.com

Dibandingkan cat glossy, cat doff yang terlihat elegan justru lebih cepat pudar. Tidak hanya itu, cat doff juga membuat debu-debu jadi lebih mudah menempel dan membuat warna kendaraan jadi lebih cepat kusam. Karena itu pula kamu harus rajin membersihkan debu yang menempel pada sepeda motor dengan hati-hati agar lapisan cat doff tidak tergores.

Basahi dengan Air Terlebih Dahulu Sebelum Mencucinya

Saat ingin mencuci motor bercat doff kesayanganmu, pastikan kamu membasahi bodi motor lebih dulu sebelum mencucinya dengan air sabun atau shampo motor khusus. Hal ini bertujuan agar kotoran yang sudah mengeras bisa lebih mudah diangkat saat proses penyabunan. Dengan begitu kamu tidak perlu menggosok bodi motor terlalu keras karena kotoran yang susah hilang. Selanjutnya kamu bisa mencuci motor seperti biasa.

Pilih Shampo dengan PH Netral

Sumber gambar www.carcare24.eu

Dalam merawat motor bercat doff, kamu juga perlu memperhatikan sabun yang digunakan untuk mencuci motor. Jangan gunakan detergen atau sabun colek untuk mencuci motor kesayanganmu karena dapat membuat cat motor jadi cepat pudar, terlebih cat doff lebih rentan terkikis dan memudar. Pilihlah sampo khusus sepeda motor yang memiliki pH netral yang lebih aman untuk cat doff.

Hilangkan Noda atau Bercak Putih dengan Baby Oil pada Lapisan Cat Doff

Salah dalam merawat bodi motor bercat doff justru bisa membuat warna kendaraan jadi tidak cantik lagi. Seperti saat menghilangkan noda-noda putih pada permukaan cat doff, jika kamu menggunakan obat poles justru bisa membuat warna doff berubah jadi mengkilat.

Nah, untuk menghilangkan noda putih tersebut, gunakanlah baby oil dengan memolesnya secara perlahan dengan sedikit penekanan dan gerakan memutar. Setelahnya bersihkan sisa baby oil dengan kain microfiber yang kering dan bersih.

10 Rekomendasi Sampo Motor Doff (Matte)

Sabun Cuci Motor Khusus Cat Doff Matte 100 ml

Bingung memilih sampo motor bercat doff yang bagus? Rekomendasi pertama untuk kamu adalah Sabun Cuci Motor Khusus Cat Doff Matte 100 ml. Sampo ini membuat bodi motor jadi bersih dan warna doff tetap terjaga karena bebas pre wax dan silikon.

Harga Rp. 90.000-127.000

Rat Wax- No Shine Matte Finish Detailer Spray

Sumber gambar https://www.ratwax.net

Rat Wax- No Shine Matte Finish Detailer Spray merupakan sampo motor khusus untuk motor warna doff (matte) atau vinil yang juga dapat digunakan pada lapisan plastik, alumunium, krom, logam, karet, hingga kaca. Sampo ini dapat membersihkan bodi motor dari noda air, minyak, debu, tar, dan berbagai kotoran lainnya.

Sampo ini bebas dari formula gloss sehingga warna doff pada kendaraan tetap terjaga. Sampo khusus warna doff ini juga tidak akan meninggalkan residu atau goresan putih serta memiliki perlindungan dari sinar UV. Kamu bisa membeli sampo motor ini di Rat Wax dengan harga $15.99 atau sekitar Rp 220.000-an.

Meguiars Final Inspection Repack 250 ml - Mirror Glaze Quik Detailer

Meguiar's Final Inspection merupakan sampo motor dengan harga yang lebih terjangkau namun fungsinya hampir sama dengan quick detailer.

Sampo ini dapat mengangkat kotoran ringan seperti debu hingga sidik jari dan cocok digunakan untuk perawatan harian.

Lapisan cat pada kendaraan pun akan terlihat bersih cemerlang tanpa kilap. Agar permukaan cat lebih cepat bersih, lakukan dengan cara menggosok secara berulang.

Harga Rp. 71.000-84.000

Meguiar's Motorcycle Care Kit – Package for Motorcycle Cleaning and Detailing – G55033

Sumber gambar https://www.amazon.com

Meguiar's Motorcycle Care Kit – Package for Motorcycle Cleaning and Detailing – G55033 merupakan produk yang bisa membersihkan sekaligus melindungi bodi sepeda motor kesayanganmu. Cukup dengan menyemprotkan produk ini ke seluruh permukaan motor lalu membilasnya, motor jadi bersih dan terlihat baru kembali. Produk ini diformulasikan bebas residu dan tidak licin. Kamu bisa mendapatkan produk ini dengan harga $29.78 atau sekitar Rp 400.000-an di Amazon.

Flat / Matte Finish Cleaner

Sumber gambar https://www.flitz.com

Flat / Matte Finish Cleaner merupakan produk perawatan motor dalam bentuk semprot yang bebas kilau dan tidak mengandung lilin. Produk ini aman digunakan pada cat matte serta lapisan vinil. Produk ini juga dapat membersihkan permukaan motor dari kotoran, sidik jari, debu, noda air dan minyak, sisa lilin, losion, dan sebagainya.

Samppo motor ini juga tidak meninggalkan residu dan memberikan hasil akhir yang matte. Kamu bisa membeli produk ini seharga $14.20 atau sekitar Rp 190.000-an untuk kemasan 473ml dan $9.99 atau sekitar Rp 130.000-an untuk kemasan 50ml di Flitz.

McKee's 37 MK37-490 Matte Finish Cleaner & Protectant

Sumber gambar https://www.amazon.com

McKee's 37 MK37-490 Matte Finish Cleaner & Protectant merupakan formula pembersih dan pelindung untuk kendaraan yang aman untuk lapisan cat doff, vinil, dan film. Meski produk ini dapat membersihkan kotoran, debu, dan noda air dengan kuat, namun tetap memberikan tampilan matte yang halus pada kendaraan tanpa mengubahnya. Produk ini juga dapat melindungi cat dari sinar UVA dan UVB yang dapat memudarkan warna cat. Kamu bisa membeli produk ini di Amazon dengan harga $16.99 atau sekitar Rp 230.000-an.

Chemical Guys HOL99504 Matte Detail Kit

Sumber gambar https://www.amazon.com

Produk yang juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan motor warna doff adalah Chemical Guys HOL99504 Matte Detail kit. Tidak hanya membersihkan, namun produk ini juga melindungi dan menjaga lapisan cat dari polusi, noda air, kontaminasi, dan sebagainya. Produk ini diformulasikan secara khusus agar aman untuk cat doff. Kamu bisa membeli sampo motor ini di Amazon dengan harga $30.35 atau sekitar Rp 400.000-an.

Adam's Car Wash Shampoo

Sampo khusus yang juga bisa digunakan untuk motor warna doff kesayanganmu selanjutnya adalah Adam's Car Wash Shampoo. Shampo dengan pH netral ini memiliki busa yang tebal dan melimpah. Dengan sampo ini, motormu akan bebas dari noda dan kotoran tanpa meninggalkan bercak air atau residu setelah dicuci.

Produk beraroma wildberry ini juga dapat digunakan pada permukaan cat, lampu, kaca, dan plastik. Dijamin aman karena tidak akan menghapus pelapis yang melindungi permukaan cat. Kamu bisa membelinya di Adams Polishes dengan harga $9.99 atau sekitar Rp 130.000-an.

Matte Waterless Wash

Rekomendasi terakhir sampo motor yang bagus untuk motor bercat doff adalah Matte Waterless Wash. Sampo ini praktis dalam membersihkan motor dari kotoran karena cukup dengan menyemprotkan produk lalu lap hingga bersih tanpa perlu dibilas.

Produk ini tidak diformulasikan dengan lilin atau polimer sehingga tetap menghasilkan warna yang matte pada kendaraan. Produk ini juga dapat digunakan untuk permukaan vinil dan plastik. Kamu bisa membeli produk ini di Dr. Beasleys seharga $29.99 atau sekitar Rp 400.000-an.

From our editorial team

Dengan Sampo yang Tepat Motor Kesayangan Tetap Cemerlang

Terkadang orang tidak memperhatikan sabun atau sampo yang digunakan untuk mencuci motor karena tidak tahu dampak yang bisa diakibatkan penggunaan sabun yang tidak sesuai. Padahal pemilihan sampo yang tepat juga termasuk salah satu cara merawat motor agar catnya cemerlang lebih lama. Nah, kamu yang sudah simak rekomendasi sampo motor pilihan BP-Guide sudah tahu dong, sampo yang tepat untuk motor bercat doff kesayanganmu?