10 Rekomendasi Oli yang Tepat untuk Motor Matic agar Tetap Bertenaga Dalam Waktu Lama (2019)

10 Rekomendasi Oli yang Tepat untuk Motor Matic agar Tetap Bertenaga Dalam Waktu Lama (2019)

Sumber gambar pixabay.com

Oli menjadi komponen yang penting untuk mesin motor. Oli yang tepat tentunya menjadikan kinerja mesin menjadi semakin oke. Berikut ini, BP-Guide akan mengulas tips memilih oli mesin yang tepat untuk motor matic. Simak, yah.

Agar Motor Anda Tidak Cepat Rusak, Pilih Oli yang Tepat

Motor matic tidak sama dengan motor biasa, karena memiliki mesin dan cara kerja yang berbeda. Maka dari itu, Anda tidak bisa memilih sembarang oli untuk motor matic Anda. Jika Anda salah, maka motor matic Anda akan cepat rusak bahkan bisa menyebabkan turun mesin.

Pilihlah oli khusus motor matic karena kandungan yang terdapat di dalamnya dibutuhkan oleh mesin motor matic.

Tips Memilih Oli Motor Matic

Sesuaikan dengan Rutinitas

Perhatikan rutinitas Anda dan sesuaikan oli dengan motor matic Anda. Jika Anda selalu melalui jalanan yang lancar, Anda tidak perlu terlalu pusing dalam memilih oli untuk motor matic.

Tetapi jika rutinitas Anda sering melewati lalu lintas yang padat dan macet, Anda harus memilih oli motor yang memiliki zat adiktif. Hal ini dikarenakan jika mesin motor sering mati, maka mesin akan menjadi panas. Zat adiktif sangat berguna, karena dapat mengurangi panas mesin sepada motor.

Perhatikan Kekentalan Oli

Motor matic Anda tidak bisa menggunakan sembarang oli, karena motor matic membutuhkan oli dengan kekentalan yang tepat. Jika tidak, mesin motor tidak akan bekerja dengan optimal. Jika Anda bingung memilih kekentalan oli seperti apa yang cocok untuk motor matic Anda, pilihlah oli mesin yang memiliki kekentalan sesuai dengan standar API SL yang telah memiliki kekentalan yang sangat cocok untuk motor matic.

Pilih yang Berkualitas

Untuk motor matic kesayangan, tentunya Anda harus memilih oli yang berkualitas. Oli yang tidak berkualitas tidak hanya akan menghambat kinerja mesin, tetapi juga dapat membuat mesin mudah panas dan cepat rusak.

Agar Anda mendapatkan oli mesin yang berkualitas, pilihlah oli mesin yang memiliki sertifikat API (American Petroleum Institute) SL. Kode "S" adalah kode untuk mesin bensin, sedangkan "L" adalah teknologi atau kualitas olinya.

Oli yang memiliki sertifikat JASO atau (Japanese Automotive Standar Association) juga menandakan oli yang berkualitas.

10 Rekomendasi Oli Terbaik untuk Motor Matic

Deltalube 757 Premium

Sumber gambar www.tokopedia.com

Deltalube 757 Premium adalah oli yang memiliki volume 800 ml dan vikositas 10W30. Oli yang dirancang khusus untuk semua motor matic ini diformulasikan untuk menjaga kestabilan performa mesin saat berkendara.

Kandungan zat adiktif spesialnya dapat menambah kelekatan oli terhadap mesin, sehingga menghindari gesekan antara setiap komponen. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 70.000

Mobil Super Moto Matic

Sumber gambar www.bukalapak.com

OLI MOBIL SUPER MOTO MATIC 4T 10W-30 0.8LTR adalah produk yang berkualitas tinggi dan diformulasikan khusus untuk segala jenis motor matic. Anda bisa mendapatkan produk ini di Bukalapak dengan harga Rp 36.000.

Federal Y-Matic

Sumber gambar www.tokopedia.com

OLI FEDERAL MATIC SCOOTER Y-MATIC 20W-40 0.8L adalah oli yang diformulasikan untuk motor matic Yamaha yang memiliki usia pemakaian lebih dari 5 tahun. Anda tidak perlu khawatir dengan kualitasnya, karena oli mesin motor matic ini telah memenuhi standar JASO MB dengan formula spesial untuk mesin motor transmisi otomatis.

Tidak hanya itu saja, oli dari Federal ini juga memiliki VIscoelastic molecules yang dapat meningkatkan akselerasi dan ketahanan mesin. Zat selanjutnya adalah Ative Moly yang dapat melindungi gesekan antar komponen mesin yang dapat menjaga suhu mesin tetap dingin. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga RP 35.000.

Repsol Matic 4T Super

Sumber gambar www.blibli.com

REPSOL Moto Super 4T SAE 20W-50 Oli Pelumas Motor 800 mL adalah minyak pelumas mesin yang cocok untuk motor Anda dan memiliki kualitas terbaik. Diformulasikan untuk segala macam motor 4 tak. Oli dari Repsol ini menggunakan teknologi tinggi, sehingga dapat memberikan perlindungan mesin yang bagus dan dapat melancarkan gigi dan juga kopling.

Oli motor ini memiliki detail 4T SAE 20W-50. Anda bisa mendapatkan oli pelumas 800 mL ini di Blibli dengan harga hanya Rp 37.000.

Pertamina Enduro Matic

Sumber gambar www.blibli.com

Pertamina Enduro Matic 10W-30 Pelumas Oli Motor 0.8 L adalah pelumas motor matic dari Enduro yang mengandung moly additive yang dapat mengurangi friksi pada temperatur dan kecepatan tinggi. Tidak hanya itu saja, oli ini juga dibekali dengan viskositas rendah, sehingga dapat mempermudah sirkulasi pelumas dan memberikan fuel economy yang lebih baik.

Pelumas Enduro empat langkah ini sangat direkomendasikan untuk motor matic Anda karena telah menggunakan sistem dry clutch dan telah memiliki sertifikat JASO MB. Anda bisa mendapatkan produk ini di Blibli dengan harga awal Rp 40.000 dan mendapatkan potongan harga menjadi Rp 38.000.

Idemitsu SL/MB

Sumber gambar www.tokopedia.com

Oli Idemitsu 4T 10W-30 MATIC 0.8L SL-MB adalah oli mesin untuk motor matic yang memiliki volume 0,8L/800 cc dan memiliki rentang temperatur yang luas hingga 10w/30. Oli yang diformulasikan di Jepang ini telah memiliki sertifikat JASO MB, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kualitasnya.

Oli yang tetap encer pada suhu rendah ini memiliki daya tahan yang baik di temperatur tinggi, sehingga dapat menyalahkan mesin dengan mudah saat dingin atau panas. Oli dari Idemitsu ini dapat membantu Anda untuk menghemat, karena oli ini dapat membuat hemat bahan bakar. Anda bisa mendapatkan oli ini dari Tokopedia dengan harga Rp 50.000.

Castrol Activ Matic 20W-40

Sumber gambar www.tokopedia.com

Castrol Activ Matic 20W-40 adalah oli mesin yang memiliki teknologi tinggi yang didesain khusus untuk mesin matic 4-tak modern. Oli yang dirancang untuk Anda yang sering berada pada lalu lintas kota yang padat ini dapat menurunkan gesekan antara komponen di dalam mesin.

Tidak hanya itu saja, oli dari Castrol ini juga mengandung Castor Activ Matic dengan ZipBoozters yang dapat melindungi mesin motor matic Anda dari kehausan dan penumpukan deposit yang berbahaya pada suhu tinggi, sehingga motor matic Anda tetap gesit. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 39.000.

Shell Advance 4T AX5 Scooter 20W-40

Sumber gambar www.tokopedia.com

Oli Motor Matik Terbaik Shell Advance 4T AX5 Scooter 20W-40 0.8 Liter adalah oli yang dibuat khusus untuk motor matic. Diformulasikan dengan Sheel Active Cleansing Technology yang dapat membantu mencegah penggumpalan partikel kotoran yang membentuk endapan di mesin Anda. Tidak hanya itu, kandungan tersebut juga dapat melindungi mesin secara menyeluruh terhadap keausan mesin dan dapat membersihkan piston.

Keunggulan lain dari oli dari Sheel Advance ini adalah dapat membuat mesin lebih bertenaga dan responsif, memperhalus suara mesin dan mengurangi getaran pada mesin, serta dapat melindungi dan memperpanjang usia mesin. Anda bisa mendapatkan oli ini di Tokopedia dengan harga hanya Rp 36.000.

Castrol Power 1 Scooter

Sumber gambar www.tokopedia.com

OLI 4T CASTROL POWER 1 SCOOTER 800ML SAE 10W-40 adalah oli untuk motor matic
dengan teknologi akselerasi yang super. Anda dapat merasakan tenaga motor semakin optimal karena akselerasinya semakin meningkat. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 46.900.

Federal Matic Ecomaxx 30

Sumber gambar www.tokopedia.com

Federal Matic Ecomaxx 30 adalah cairan pelumas yang telah dirancang khusus untuk mesin motor matic. Terbuat dari bahan dasar Synthetic Base Oil dengan formula spesial yang dapat meningkatkan daya tahan mesin dan meningkatkan akselerasi mesin.

Dilengkapi pula dengan Active Moly yang dapat melindungi mesin Anda dari gesekan antar komponen mesin, sehingga suhu mesin Anda dapat selalu terjaga tetap dingin. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 37.000.

From our editorial team

Oli yang Tepat, Jadikan Motor Bertenaga dan Tahan Lama

Seringkali kerusakan terjadi pada motor dikarenakan oli yang salah pilih. Oleh karena itu, tentu sangat wajib bagi Anda untuk memilih oli yang tepat. Oli yang direkomendasikan BP-Guide di atas tentunya bisa menjadi pilihan yang tepat untuk motor kesayangan Anda.