Bikin Rumahmu Estetik dan Asri dengan 10 Rekomendasi Rak Bunga Kayu untuk Memperindah Rumah (2020)

Bikin Rumahmu Estetik dan Asri dengan 10 Rekomendasi Rak Bunga Kayu untuk Memperindah Rumah (2020)

Menghias rumah agar tampak semakin estetik dan asri bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menambahkan furnitur rak bunga yang berbahan dasar kayu. Kesan natural dari kayu memberikan nuansa rumah yang semakin cozy. Buruan simak dulu tips dan rekomendasinya bersama BP-Guide, yuk!

Letakkan Koleksi Tanaman Bunga di Rak Bunga

Sumber gambar unsplash.com

Rumahku, surgaku. Arti dari ungkapan tersebut adalah bahwa rumah harus bisa menjadi tempat ternyaman bagi para penghuninya. Kaum wanita biasanya sangat suka mendekorasi rumah mereka dengan berbagai ornamen dan hiasan agar terlihat lebih indah dan nyaman. Salah satu hiasan favorit para wanita, apalagi kalau bukan rak bunga.

Keberadaan tanaman di rumah memang menjadi sarana relaksasi dan memberikan pemandangan yang segar di setiap sudutnya. Telebih lagi dengan warna warni bunga yang pastinya sangat menghibur untuk mata. Tetapi, bunga-bunga di rumahmu juga harus tertata rapi. Jangan sampai pot-pot bunga yang ada justru memenuhi teras atau halaman rumah sehingga merusak dekorasi rumahmu.

Tergantung kapasitas masing-masing, rak bunga dapat menampung pot bunga koleksimu dalam jumlah banyak sekaligus, sehingga menghemat ruang yang bisa kamu gunakan untuk hal lain. Selain itu, kamu lebih mudah untuk menyiramnya di pagi dan sore hari serta menghemat tenaga karena tidak perlu mondar mandir.

Rak bunga juga memiliki desain yang bermacam-macam, sehingga bisa disesuaikan dengan gaya interior maupun eksterior rumahmu.

Rak Bunga Kayu Cocok Sebagai Dekorasi Rumah yang Cantik

Sumber gambar unsplash.com

Menjadikan tanaman sebagai bagian dari dekorasi rumah kini sedang sangat digandrungi, terlebih buat mereka yang jatuh cinta dengan gaya Scandinavian. Tanaman bisa menjadi sarana penyegaran bagi ruangan di dalam rumah sekaligus memberikan sentuhan warna pada interior minimalis. Adanya tanaman di dalam rumah juga bisa membantu menyegarkan udara di rumah lho.

Supaya tanaman di rumah terlihat rapi, gunakan saja rak pot bunga untuk mengumpulkan mereka dalam satu sudut yang sama, sehingga keberadaan tanaman tidak mengganggu pemandangan atau membuat rumah terlihat sangat penuh. Masalah desain tidak perlu khawatir.

Rak bunga adalah salah satu komponen dekorasi yang sangat populer, sehingga ada banyak model yang bisa kamu pilih sesuai dengan seleramu. Menambahkan rak pot bunga akan membuat dekorasi rumahmu semakin elegan. Kamu pun dijamin betah deh berlama-lama di dalam rumah!

Cara Meletakkan Pot Bunga agar Terlihat Indah

Taruhlah 3-4 Pot Bunga untuk Rak Bunga Pendek

Karena ukuran pot bunga bermacam-macam, aspek ini harus benar-benar dipertimbangkan. Untuk rak bunga pendek, maksimal pot bunga yang diletakkan sebaiknya 3 sampai 4 pot saja. Jangan memaksakan meletakkan lebih banyak pot karena akan terlihat aneh dan tidak sedap dipandang.

Warna rak juga harus menjadi salah satu aspek yang kamu pertimbangkan. Rak pot bunga warna cokelat kayu akan memberi kesan natural, sementara rak pot bunga dengan warna hitam akan membuat ruangan terlihat elegan. Sesuaikan ukuran rak pot bunga dengan besarnya ruangan.

Rak pot bunga kecil cocok untuk ruangan yang kecil, sehingga mempermanis dekorasi namun tidak membuatnya terlihat penuh.

Rak Bunga Tinggi Lebih Cocok untuk 5-7 Pot Bunga

Sumber gambar unsplash.com

Jika kamu punya ruangan yang cukup luas, boleh memilih rak pot bunga berukuran besar yang lebih tinggi. Jumlah pot yang bisa ditampung oleh rak ini adalah sekitar 5 sampai 7 pot. Dengan demikian, ragam jenis bunga dan tanaman yang bisa kamu pajang juga semakin banyak saja.

Setelah kamu menemukan ukuran rak yang pas untuk rumahmu, kini saatnya kamu menentukan modelnya. Jangan lupa, ada dua jenis model yang sangat populer yaitu naturalis dengan sentuhan kayu atau modern minimalis yang biasanya terbuat dari besi.

Jenis tanaman yang cocok untuk dipajang pada rak pot bunga juga harus disesuaikan dengan ukuran rak itu sendiri. Untuk rak indoor, tanaman mungil seperti sukulen dapat menjadi pemanis dekorasi ruangan. Jika rak ditempatkan di luar ruangan, bisa memilih tanaman yang bisa tumbuh besar atau merambat dan menggantung.

Rak Bunga Lebar Bisa Jadi Pilihan Tepat untuk Menaruh Hingga Belasan Pot

Sumber gambar unsplash.com

Rak bunga lebar bisa menjadi pilihan untuk ruangan yang luas atau penempatan di teras dan halaman rumah. Keunggulan dari rak bunga yang lebar ini adalah jumlah pot yang bisa ditampung juga jauh lebih banyak. Dalam satu rak, kamu bisa memajang hingga belasan rak sekaligus! Hmm, pasti rumahmu akan terlihat asri dan segar seketika, ya.

Tidak harus tanaman yang terlalu besar, kaktus dan sukulen yang dijajar rapi akan membuat dekorasi rumahmu terlihat sangat manis. Jadi meski namanya adalah rak bunga lebar, kamu tidak perlu khawatir akan memakan banyak tempat.

Kombinasi warna-warna yang indah juga bisa menjadi hiasan tersendiri untuk rumahmu, sehingga kamu tidak perlu bingung mau menambahkan ornamen atau hiasan apa agar rumah tidak terlihat membosankan.

Rekomendasi Model Rak Bunga Kayu

Rak Bunga Robo Standing Planter

Tanaman hias memang tidak pernah gagal untuk membuat dekorasi rumah lebih cantik dan indah. Namun, hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah pemilihan jenis tanaman dan peletakkan tanaman tersebut. Pastikan kamu memilih tanaman yang tidak memerlukan perawatan rumit. Pilih tanaman yang hanya perlu disiram air 2 kali sehari dan mendapatkan sinar yang cukup.

Rak Bunga Robo Standing Planter akan melengkapi dekorasi rumahmu sebagai hiasan sekaligus tempat untuk menata rak tanamanmu. Bahan pembuat rak adalah balok kayu pinus yang kokoh dan mampu menahan berat pot. Rak ini dijamin awet, tahan lama, dan tidak mudah patah. Tersedia dalam 2 pilihan finishing yaitu natural gloss atau doff.

Rak ini cukup untuk pot ukuran 20 dengan 3 varian tinggi yaitu 35 cm, 40 cm, dan 45 cm yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan luas area hunianmu.

Harga Rp. 330.000-462.000

Rak Dinding Kayu

Kalau kamu tidak punya ruangan yang cukup luas untuk meletakkan pot dan tanaman hias, tidak perlu khawatir. Kini ada tanaman ukuran mini yang tidak akan memakan banyak ruang hingga membuat rumahmu terlihat sempit. Jenis tanaman seperti kaktus, sukulen, dan terarium punya tampilan yang kekinian, pas untuk menghias rumah kesayanganmu.

Rak Dinding Kayu bisa jadi solusi yang pas ketika tidak ada lagi ruang tersisa di lantai. Hadir dalam waran natural yang cantik, rak ini bisa menjadi pelengkap dekorasi rumahmu. Bahan pembuatnya adalah kayu midi keras yang punya beberapa keunggulan seperti kuat, kokoh, dan anti rayap. Finishing produk menggunakan Mouwilex yang anti bau.

Dimensi rak tanaman ini adalah 25 x 15 x 2 cm, di mana satu set rak berisi 2 buah rak.

Harga Rp. 50.000-70.000

Rak Kayu Tempat Bunga Kaktus

Sebelum memutuskan tanaman apa yang ingin kamu pajang di rumahmu agar terlihat stylish dan kekinian, ada baiknya kamu mencari inspirasi terlebih dahulu.

Kaktus mini dan kaktus bunga termasuk ke dalam golongan tanaman hias mungil yang sedang populer lho. Kamu bisa meletakkannya di dalam maupun di luar ruangan. Jangan lupa rak pot bunganya juga, ya!

Rak Kayu Tempat Bunga Kaktus adalah rak bunga bergaya natural, terbuat dari bahan kayu pinus dan diamplas sampai halus. Ketebalan papan kayu adalah 1,5 cm dengan finishing politur clear gloss agar penampilannya tampak semakin indah.

Selain itu, bahan kayu ini juga tidak bisa digerogoti oleh rayap dan hewan lainnya, sehingga lebih awet dan tahan lama. Dengan lebar papan 7 cm, kamu bisa menggantungnya di dinding saja agar tidak memakan banyak tempat. Rak bunga ini juga cantik sekali dipajang di teras depan rumah, lho.

Harga Rp. 109.000-379.000

Rak Bunga dari Kayu Ulin

Tanaman yang kecil mungil juga perlu dirawat agar tetap sehat dan tidak mudah layu. Tanaman seperti kaktus dan jenis succulent lainnya memang tidak bisa bertumbuh besar. Namun ia tetap harus dipupuk, disiram, dan diberi sinar matahari yang cukup agar terlihat segar dan berwarna cerah.

Untuk menata tanaman-tanamanmu agar terlihat lebih indah, kamu bisa menggunakan Rak Bunga dari Kayu Ulin ini. Kayu ulin dikenal dengan kayu abadi, berasal dari Kalimantan. Disebut demikian karena kayu ini dikenal kuat, tahan lama, dan tidak mudah lapuk. Ketahanan kayu ulin terhadap panas dan hujan sangat tinggi, jadi tidak perlu khawatir kalau kamu ingin menempatkan rak bunga ini di luar rumah.

Harga Rp. 330.000-459.898

Rak Bunga Lipat Kayu

Tren tanaman dalam ruangan atau indoor plant menjadikan hijau-hijauan segar seperti tanaman pot dan tanaman mini bagian dari dekorasi ruangan yang tidak asing lagi. Bahkan kamu bisa meletakkannya di dalam kamar tidur atau kamar mandimu juga, lho.

Agar tanaman tidak memakan tempat, sebaiknya letakkan tanaman di dalam pot supaya terlihat lebih terorganisir. Rak Bunga Lipat Kayu memiliki tinggi 38 cm dengan jumlah tingkatan yang bisa dipilih.

Jumlah tingkatan menentukan berapa banyak pot yang bisa kamu letakkan di sana. Kapasitasnya adalah 2 sampai 5 pot bunga. Bahan pembuat kayu menampilkan kesan natural, membuat ruangan semakin manis saja.

Harga Rp. 297.608-476.200

Rak Bunga Kayu Zig-Zag

Satu lagi tips jitu untuk merawat tanaman hiasmu. Gunakan air bekas atau sisa untuk menghindari pemborosan air yang tidak perlu. Yang dimaksud dengan air sisa adalah air yang kamu gunakan untuk mencuci buah dan sayur, bisa lho digunakan untuk menyiram tanaman daripada terbuang sia-sia. Selain itu, air rebusan telur juga bisa menyuburkan tanaman.

Rak Bunga Kayu Zig-Zag akan melengkapi koleksi tanaman hiasmu agar terlihat lebih cantik dan menarik. Rak ini terbuat dari bahan Plywood Grade A dengan bahan pelapis HPL atau high press laminate untuk menghasilkan tampilan rak yang menarik. Dimensi rak adalah 30 x 10 x 70 cm dengan bahan premium yang membuatnya lebih awet dan tahan lama.

Keunggulan lain dari rak ini adalah anti air, tahan panas, dan kuat menahan beban sampai 15 kg. Permukaannya juga sangat halus, tidak menggelembung, sehingga lebih enak dipandang.

Harga Rp. 180.000-185.000

Rak Bunga Kayu Standing Flower

Ada jenis tanaman hias tertentu yang memang bisa bertahan dalam kondisi minim cahaya, sehingga banyak dijadikan pilihan untuk tanaman dalam ruangan. Meskipun demikian, kamu tetap harus memastikan tanamanmu mendapatkan pasokan cahaya yang cukup dengan menempatkannya di tepi jendela atau di sudut lain yang terkena cahaya.

Kamu bisa menggunakan Rak Bunga Kayu Standing Flower yang juga bisa berfungsi sebagai hiasan untuk mempercantik ruangan. Dengan harga terjangkau, kamu sudah bisa mendapatkan rak bunga berkualitas. Rak ini terbuat dari bahan kayu pinus solid dengan finishing clear gloss yang membuat permukaannya terlihat mengkilap.

Rak ini juga bisa dirakit sendiri dengan instruksi sederhana, sehingga lebih memudahkan pengirimannya.

Harga Rp. 450.000-607.500

Rak Gantung Kayu Jati Belanda

Selain diletakkan di lantai atau dipasang di dinding, rak tanaman hias juga bisa digantung, lho. Kamu pasti sudah bisa membayangkan betapa uniknya rak pot bunga yang digantung, bukan? Lihat saja Rak Gantung Kayu Jati Belanda ini.

Rak gantung ini memiliki dimensi 25 x 9,5 x1,5 cm dengan tebal kayu 2 cm. Tampilannya terlihat alami dengan finishing clear natural yang menawan. Satu set produk dilengkapi dnegan tali dan ring pengait. Warna tali bisa kamu pilih sesuai selerea juga lho. Ada hijau army, putih, dan biru muda yang bisa disesuaikan dengan dekorasi rumahmu.

Harga Rp. 25.000-35.000

Rak Bunga Kayu 6 susun

Rak bunga atau plant stands memang menjadi elemen dekorasi yang tidak bisa kamu tinggalkan jika kamu ingin menyertakan tanaman hias di dalam ruangan. Jangan lupa sesuaikan juga warnanya agar terlihat semakin serasi, baik itu di ruang tamu, kamar tidur, atau kamar mandi.

Rak Bunga Kayu 6 susun bisa jadi rekomendasi yang pas untukmu. Terbuat dari bahan kayu berkualitas yang kuat dan tahan lama, dimensi rak ini adalah 31 x 21 x 140 cm. Ada 3 variasi warna yang bisa kamu pilih yaitu hitam, putih, dan natural sewarna kayu.

Harga Rp. 200.000-1.700.000

Rak Pot Bunga Mini

Tidak perlu bingung meletakkan tanaman hiasmu di mana. Kusen jendela bisa menjadi tempat yang tepat untuk tanaman hias karena selain cantik, tanaman juga bisa mendapatkan sinar matahari yang menembus kaca. Agar dekorasinya semakin indah, kamu bisa menggunakan Rak Pot Bunga Mini.

Terbuat dari perpaduan bahan kayu pinus dan mahogani oven halus berkualitas, kamu tidak perlu lagi meragukan keawetan produk ini. Rak ini menggunakan finishing duco melamin untuk tampilan yang lebih indah. Dimensi produk adalah 55 x 16 x 50 cm, tidak akan memakan terlalu banyak ruangan.

Harga Rp. 65.000-175.000
From our editorial team

Segarkan Udara di Dalam Ruangan dengan Dukungan Rak Bunga Cantik

Menjadikan tanaman sebagai bagian dari dekorasi interior adalah hal yang lumrah untuk rumah bergaya modern. Kamu jangan mau ketinggalan, segarkan udara dalam ruangan dengan menata tanaman di rak bunga cantik rekomendasi BP-Guide. Pilih model yang paling sesuai dengan tema desain ruangan agar terlihat semakin kece, ya!