10 Rekomendasi Bibit Bunga Cantik yang Bisa Ditanam untuk Menghias Rumah (2019)

10 Rekomendasi Bibit Bunga Cantik yang Bisa Ditanam untuk Menghias Rumah (2019)

Sumber gambar pixabay.com

Hobi menghias rumah dengan bunga segar, tetapi malas keluar banyak uang karena harus beli bunganya? Tanam saja sendiri bunga hiasnya di rumah. Kamu jadi bisa lebih hemat dan bisa menghias rumah dengan aneka bunga cantik. Intip rekomendasi bibit bunganya bersama kami!

Bunga Segar Jadi Pilihan Banyak Orang untuk Menghias Rumah

Sumber gambar pixabay.com

Tanaman bisa kita gunakan untuk menghias rumah. Dengan adanya tanaman, maka suasana rumah jadi terasa lebih alami dan tidak terlalu monoton. Tanaman bisa diletakkan di luar rumah namun bisa juga diletakkan di dalam rumah, semua itu bergantung dari jenis tanamannya.

Beberapa dari kita memilih untuk menghias ruangan dengan bunga segar. Meski sedikit merepotkan karena bunga segar harus diganti setiap saat, namun aroma bunga yang wangi dan warna bunga yang cantik memang bisa memberi nuansa berbeda di dalam ruangan. Nah, daripada repot membuang uang untuk membeli bunga segar setiap saat, kamu bisa memilih untuk menanam sendiri bunga yang akan kamu pajang loh.

Jangan takut bunganya cepat mati, karena kamu harus mencoba untuk merawatnya dulu. Perhatikan tips merawat bunga dari BP-Guide supaya tumbuh mekar dengan baik, yuk. Setelahnya intip aneka bunga yang bisa kamu pelihara di rumah, ya.

Tips Merawat Bunga Hias Supaya Subur

Gunakan Tanah yang Cocok untuk Bunga

Sumber gambar idea.grid.id

Saat menanam bunga, tentu saja yang paling penting adalah media tanamnya. Usahakan kamu memakai tanah yang cocok untuk bunga. Tanaman akan mendapat berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan dari tanah, maka dari itu pemilihan tanah sangatlah penting.

Gunakan tanah yang gembur yang mengandung cukup unsur hara. Tanah yang gembur juga memudahkan air cepat meresap. Tanah semacam ini akan bikin tumbuhan kamu jadi lebih cepat berbunga dan subur. Kamu bisa membelinya dengan mudah di toko tanaman hias.

Cukup Sinar Matahari

Sumber gambar www.urbanhidroponik.com

Faktor penting selanjutnya dalam menanam bunga adalah sinar matahari. Yang ini sangat dibutuhkan untuk proses fotosintesis tanaman. Setiap tanaman membutuhkan kadar sinar matahari yang berbeda, ada yang lebih suka banyak sinar matahari, ada yang butuh hanya sedikit sinar matahari.

Kenali jenis tanaman yang akan kamu tanam dan cari tahu seberapa banyak sinar matahari yang dibutuhkan. Hal ini penting sehingga kamu bisa meletakkan tanaman di tempat yang tepat. Jika tanaman butuh banyak sinar matahari, maka letakkan di tempat yang sekiranya mendapat banyak sinar matahari.

Pilih Pot yang Benar

Sumber gambar www.fimela.com

Tanaman memang tidak selalu ditanam di tanah halaman langsung. Ada juga tanaman bunga yang ditanam dalam pot. Nah, jika memilih menanam dalam pot, kamu wajib pastikan bahwa ukuran potnya sudah sesuai dengan tanamannya. Untuk ukuran bunga yang kecil, kamu bisa pilih pot yang ukurannya kecil juga.

Gunakan pot berbentuk ember dan bukannya pot plastik polybag. Kalau bisa gunakan pot yang berbahan tanah liat, ini karena potnya bisa memberikan kesan sejuk pada tanaman. Jika kamu ingin tanamannya digantung, gunakan saja pot kecil berbahan plastik supaya tidak akan terlalu bahaya jika pot jatuh.

Pupuk yang Sesuai

Tanaman selain butuh disiram dan butuh sinar matahari, juga akan butuh pupuk. Tanaman membutuhkan pupuk untuk menjaga kadar nutrisi dalam tanah. Jangan asal saja memilih pupuk karena pupuk yang baik bisa dengan mudah terurai sempurna oleh bakteri pengurai. Salah memberi pupuk bisa menaikkan suhu dalam tanah sehingga akar tanaman bunga malah justru akan mati.

Berikan pupuk secara berkala dan secara pas takarannya. Dengan pupuk yang seimbang, maka tanaman kamu jadi lebih subur dan bunganya jadi lebih indah.

Penyiraman

Sumber gambar komunita.id

Faktor berikutnya yang menentukan subur tidaknya tanaman adalah penyiraman. Air menjadi salah satu komponen yang paling penting dalam proses fotosintesis tanaman. Siram tanaman kamu secara rutin untuk menjaga kadar air dalam tanah. Untuk jumlah airnya tentu saja harus disesuaikan. Jika tanamannya berukuran besar, tentu butuh lebih banyak air. Kamu bisa melakukan penyiraman 2 hari sekali untuk menjaga kebasahan tanah. Hindari menyiram terlalu banyak karena malah bisa membusukkan akar tanaman.

Gunakan 10 Bibit Bunga Ini untuk Menghasilkan Bunga Alami di Rumahmu

Benih Dramaga IPB BM1 Benih Bunga Matahari

Sumber gambar www.tokopedia.com

Bunga matahari adalah jenis bunga dengan bentuk yang besar dan warna kuning yang cerah menawan. Bunga bernama ilmiah Helianthus ini memiliki banyak mitos loh. Salah satunya adalah kepercayaan bahwa bunga ini merupakan pertanda usia panjang dan juga dipercaya melambangkan kebijaksanaan, kekuatan, dan ketulusan.

Benih Bunga Matahari IPB BM1 ini bisa jadi pilihan untuk kamu. Dalam satu kemasan berisi 50 benih bunga. Nantinya tanaman bisa tumbuh hingga kurang lebih 2 meter. Diameter bunga akan mencapai 20 cm dan dalam satu tanaman bisa menghasilkan 5 hingga 10 kuntum bunga. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 10.000.

Victory Seed Bunga Lavender Mix Benih Tanaman

Sumber gambar www.blibli.com

Lavender merupakan bunga dengan aroma yang sangat menyenangkan. Tidak heran jika bunga ini banyak dijadikan aromaterapi dan juga kosmetik. Bunga lavender bisa jadi pengusir nyamuk alami di rumah, loh. Bunga yang satu ini begitu cantik bentuknya sehingga bisa jadi dekorasi rumah yang cantik juga.

Kalau ingin menanam bunga lavender di rumah, kamu bisa lirik Victory Seed Bunga Lavender Mix Benih Tanaman. Bibit tanaman yang satu ini hadir dalam bentuk butiran. Bisa tumbuh dengan baik, tanaman ini mudah perawatannya. Sudah lengkap dengan panduan cara menanam, gunakan hanya tanah humus untuk tanaman ini. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 17.000.

Haira Seed Bunga Phlox Annual Mix Benih Bibit Tanaman

Sumber gambar www.bukalapak.com

Bunga phlox banyak diartikan sebagai persatuan jiwa dan mimpi indah. Berasal dari Texas, bunga ini kini banyak dibudidayakan di berbagai negara. Kalau tertarik menanamnya kamu bisa segera beli bibitnya. Bunga ini bisa jadi hiasan rumah yang bagus loh.

Haira Seed Bunga Phlox Annual Mix Benih Bibit Tanaman ini wajib kamu miliki. Dengan tipe benih open pollinated, bunga ini merupakan bunga yang mekar tahunan. Dalam satu kemasan terdapat 30 benih. Kamu bisa membelinya di Bukalapak dengan harga Rp 12.000.

Puriegarden Stek Mossrose Portulaca Grandiflora Double Petal Smooth Tanaman - Pink

Sumber gambar puriegarden.com

Bunga mossrose ini begitu cantik dan mengesankan. Memiliki banyak nama lain seperti portulaca, krokot, hingga bunga pukul sembilan, bunga yang satu ini sangat mudah untuk dibudidayakan. Kamu bisa menanamnya di pot atau bisa juga langsung ditanam di tanah. Tidak pernah absen berbunga, bunga ini pastinya jadi hiasan bunga yang indah di rumah.

Portulaca Grandiflora Double Petal Smooth Pink ini jangan sampai kamu lewatkan. Bisa hidup dengan mudah di dataran rendah hingga dataran tinggi. Dengan kebutuhan air sedikit hingga sedang, tanaman hias ini akan dikirim dalam bentuk 5 batang stek. Dapatkan di Purie Garden dengan harga Rp 15.000.

Panah Merah Salvia Reddy White Benih Bunga

Sumber gambar www.bukalapak.com

Bunga salvia ini bentuknya mirip bunga pagoda. Dengan bunga warna hijau dan terdapat kuncup berwarna putih di sekitar bunganya, tentu bunga ini bisa jadi hiasan rumah yang indah. Tanaman ini bisa tumbuh tinggi hingga 40 cm. Kamu bisa menanamnya sebagai border atau bedding dalam pot.

Panah Merah Salvia Reddy White Benih Bunga ini bisa jadi pilihan kamu. Tanam saja dalam pot ukuran diameter 20-30 cm. Tanaman ini membutuhkan banyak sinar matahari. Kamu bisa membelinya di Bukalapak dengan harga Rp 23.000.

Johnsons Seed Marigold African Vanilla F1 Putih Bibit Bunga

Sumber gambar bibitonline.com

Bunga marigold menjadi salah satu bunga populer sebagai tanaman hias. Bunga ini memiliki warna gradasi yang cantik. Bentuknya bulat mirip pom-pom dan memiliki kelopak ganda. Batang bunganya bisa tumbuh tinggi hingga 45 cm. Untuk penyiraman, bunganya bisa disiram 2 kali sehari.

Johnsons Seed Marigold African Vanilla F1 Putih Bibit Bunga ini bisa jadi pilihan kamu. Tanam saja di pot atau bisa juga dijadikan bedding taman. Bunga ini tumbuh setengah tahunan. Kamu butuh tanah humus untuk media tanamnya. Dapatkan di Bibit Online dengan harga Rp 244.000.

Mr Fothergill's Cosmos Psyche White Bibit Tanaman

Sumber gambar www.blibli.com

Cosmos Psyche White ini merupakan bunga yang sangat cantik. Bunga warna putih ini akan cocok kamu jadikan hiasan di rumah. Varietas yang satu ini tergolong dalam tipe tanaman semusim, yakni hanya tumbuh di musim panas. Bunganya sangat menarik sehingga banyak disukai oleh serangga seperti lebah dan kupu-kupu.

Mudah untuk dibudidayakan, kamu jangan lewatkan untuk memiliki Mr Fothergill's Cosmos Psyche White Bibit Tanaman ini. Benih yang satu ini diimpor dari Inggris. Masa berbunganya cukup panjang sehingga bisa memanjakan mata. Sebaiknya tanaman mendapatkan penyinaran matahari penuh supaya subur. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 72.500.

Maica Leaf Bunga Rosela Red Rosella Benih Tanaman Herbal

Sumber gambar www.bukalapak.com

Tanaman bunga rosela dikenal sebagai salah satu tanaman herbal. Tanaman semacam ini memiliki banyak manfaat untuk pemiliknya loh. Dengan rasa yang sedikit asam, tanaman bisa diolah menjadi jeli, teh, hingga salad buah. Bunganya cantik dan bisa juga dijadikan sebagai hiasan di rumah.

Maica Leaf Bunga Rosela Red Rosella Benih Tanaman Herbal ini bisa jadi pilihan kamu. Tanaman herbal ini kaya akan manfaat dan juga bisa jadi pilihan untuk dekorasi rumah yang indah. Kamu bisa membelinya di Bukalapak dengan harga Rp 10.000.

Potme Farm Benih Bunga Matahari Lokal Bibit Tanaman

Sumber gambar www.blibli.com

Potme Farm Benih Bunga Matahari Lokal Bibit Tanaman juga jangan sampai kamu lewatkan jadi pilihan. Bibit yang satu ini dikembangkan di Bali. Tahan panas, tanamannya bisa menghasilkan bunga besar dan banyak. Bibit tanaman ini berkualitas baik. Mudah untuk ditanam, bibit ini cukup disiram 2 kali sehari. Usahakan agar media tanam tetap lembap supaya bunga jadi subur. Kamu bisa membelinya di Blibli dengan harga Rp 20.000.

Haira Seed Bunga Petunia Ultra Mixed Bibit Tanaman

Sumber gambar www.benihkita.com

Haira Seed Bunga Petunia Ultra Mixed Bibit Tanaman ini adalah rekomendasi kami berikutnya untuk kamu. Bunga ini begitu cantik dengan garis tengah putih dan bercampur dengan warna-warna lainnya. Kamu bisa menggantung bunga ini di pot gantung supaya makin terlihat keindahannya.

Bibit tanaman ini dikemas dalam plastik dengan isi 200 butir. Untuk warna bunganya sudah campur dalam satu kemasan. Selain itu juga mudah untuk dibudidayakan. Tanaman ini pasti jadi hiasan indah di rumah. Dapatkan di Benih Kita dengan harga Rp 12.000.

From our editorial team

Hias Rumah dengan Bunga Segar Supaya Rumah Jadi Lebih Asri

Ada berbagai macam dekorasi yang bisa kita terapkan di rumah. Namun, jika ingin yang paling simpel, kamu bisa pilih aneka bunga segar sebagai pilihan dekorasi. Hiasan bunga segar bisa memberi kesan natural di rumah. Dengan adanya bunga segar maka rumah jadi lebih asri dan penghuni bisa lebih betah berada dalam rumah. Supaya tidak perlu membeli bunga segar, tanam sendiri yuk bunganya dan intip rekomendasi bibit bunga dari kami di atas, ya!