Wow, Ternyata 10 Bunga Ini Sudah Menjadi Hiasan Makanan yang Kekinian!

Wow, Ternyata 10 Bunga Ini Sudah Menjadi Hiasan Makanan yang Kekinian!

Supaya tampilan makanan jadi lebih menggugah selera, maka ditambahkan yang namanya garnis alias hiasan makanan. Nah, ternyata ada banyak sekali bunga yang bisa dijadikan garnis sekaligus dimakan loh! Cek bersama yuk, bunga apa saja yang cocok jadi garnis!

Untuk Menambah Daya Tarik Sebuah Masakan, Diperlukan juga Hiasan atau Garnis yang Memikat

Sebuah hidangan akan makin menggugah selera jika memiliki tampilan visual yang menarik. Memang sih, tampilan tidak bisa dijadikan patokan utama. Kendati demikian, masakan dengan visual yang cantik tentu akan menambah nilai lebih dari sajian itu sendiri.

Guna menambah daya tarik sebuah masakan, kamu bisa menambahkan hiasan yang memikat. Penambahan garnis sebaiknya tidak berlebihan supaya kesannya makanan jadi seimbang dan tidak terlalu ramai sehingga membuat visualnya jadi terkesan berantakan. Tambahkan garnis sesederhana mungkin dan tata seindah mungkin supaya siapa saja yang melihatnya jadi tertarik untuk mencicipi.

Memberikan garnis tidak hanya asal cantik saja loh. Pemberiannya harus pas dan juga sesuai dengan maksudnya. Maka dari itu, BP-Guide akan menunjukkan padamu apa saja yang harus diperhatikan dalam menyiapkan garnis.

Hal yang harus Diperhatikan Dalam Menyiapkan Garnis

Tentukan Tema

Pertama yang perlu dilakukan sebelum memilih jenis garnis adalah menentukan temanya. Dengan adanya tema maka kamu jadi lebih mudah menentukan buah dan sayuran apa yang harus dipersiapkan. Kamu bisa pilih tema klasik, monokrom, hingga etnik tergantung selera kamu ya.

Misalnya kamu memilih tema etnik, maka tentu saat menyajikan makanan dan garnisnya kamu akan mengedepankan warna-warna alam. Kamu bisa menjadikan ranting dan daun sebagai jenis garnis untuk tema yang satu ini.

Siapkan Peralatan

Untuk membuat garnis tidak bisa jika kamu hanya meletakkannya begitu saja di atas makanan. Tentu perlu peletakkan yang tepat dan juga bentuk yang menggoda. Karena itu sebelum memberikan garnis, ada baiknya kamu menyiapkan peralatan untuk menghiasnya dulu.

Dengan aneka peralatan, maka garnis jadi lebih rapi dan cantik hasilnya. Kamu bisa membeli satu set pisau berkualitas baik yang khusus untuk membuat aneka garnis. Aneka pisau ini bisa menghasilkan potongan hiasan yang mulus.

Kesegaran Bahan

Garnis memiliki fungsi memberikan tampilan menarik yang mampu membuat nafsu makan meningkat. Maka dari itu saat memilihnya tidak bisa asal.

Bahan untuk menghias makanan sebaiknya adalah bahan yang segar dan masih bisa dimanfaatkan. Jangan memakai bahan asal saja karena tampilan garnis bisa mempengaruhi tampilan masakan secara keseluruhan. Kamu bisa memakai buah dan sayuran yang segar, bersih, dan dapat dimakan.

Tingkat Kesulitan



Bagi pemula dalam bidang menghias makanan, maka jangan pilih tingkat menghias yang sulit. Kamu bisa membuat garnis yang paling simpel dari sayur atau sereal. Jika sudah mahir, barulah kamu bisa membuat garnis yang rumit dari beragam bahan dengan komposisi bentuk, rasa, dan aroma yang lebih harmonis.

Fokus pada Makanan



Garnis adalah penghias makanan dan sebaiknya fungsinya tidak lebih dari mempercantik hiasan makanan dan menambah rasa. Tetaplah fokus pada makanan utamanya dibanding dengan hiasannya. Jangan sampai ciri khas masakan utama jadi hilang hanya gara-gara garnis yang terlalu banyak atau ramai.

Kini, Garnis Berupa Bunga yang Bisa Dimakan Semakin Diminati

Edible flower adalah bunga yang bisa dimakan dan biasanya dijadikan hiasan makanan. Saat mendengar kata edible flower, sebagian dari kita mungkin mengernyitkan dahi dan bertanya apa benar ada bunga yang bisa dimakan? Beberapa bunga memang bisa dimakan berdasarkan tekstur, rasa, hingga aromanya.

Edible flower sebenarnya sudah ada dan sudah populer sejak era Victoria selama pemerintahan Ratu Victoria. Kala itu bunga-bunga yang cantik banyak jadi bahan campuran dalam teh. Selain itu aneka bunga juga banyak yang dikeringkan untuk ramuan obat tradisional.

Saat ini edible flower kebanyakan dijadikan garnis makanan. Edible flower makin diminati karena memang selain bisa menambah visual makanan, bunga cantik tersebut bisa juga menggugah selera makan. Dengan rasanya yang unik, siapa sih yang tidak tergoda mencicipi bunga-bunga yang bisa dimakan?

Bunga Apa Saja Ya yang Aman untuk Dijadikan Hiasan Makanan?

Anyelir

Sumber gambar www.tokopedia.com

Bunga pertama yang aman untuk dijadikan hiasan makanan adalah bunga anyelir. Dikenal dengan nama lain yaitu bunga carnation, bunga ini bisa dimakan dan bahkan sudah menjadi bahan utama pembuatan chartreuse yang merupakan minuman khas Perancis sejak abad ke-17.

Bunga yang satu ini memiliki karakteristik yakni beraroma manis layaknya cengkih. Selain dibuat sebagai bahan anggur, bunga ini juga jadi hiasan kue hingga bahan permen.

Bunga Anyelir/Carnation/ Bunga Potong ini bisa kamu miliki. Produk ini perlu dipesan H-1 sebelum dikirim. Ada aneka warna yang bisa dipilih, yaitu merah muda, merah pekat, ungu kebiruan, oranye, dan lainnya. Dalam satu paket terdiri dari satu bundel bunga dengan warna yang sama. Dalam satu bundel terdapat 10 hingga 15 kelopak bunga. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 45.000.

Lavender

Sumber gambar www.bukalapak.com

Pastinya kita tidak asing dengan manfaat dari bunga lavender. Bunga yang satu ini adalah bahan utama aneka aromaterapi. Selain itu bunga yang sangat harum ini juga berfungsi untuk mengusir serangga seperti nyamuk.

Namun, siapa sangka bahwa bunga cantik ini nyatanya juga bisa dimakan, loh. Bunga ini bisa dijadikan bahan pembuatan es krim dan minuman segar, seperti koktail.

Bunga Lavender ini juga bisa jadi hiasan makanan yang kamu olah. Bunga yang satu ini bisa ditanam dan tumbuh subur di dataran rendah sampai dataran tinggi. Produk ini membutuhkan media tanam berupa tanah dan humus. Cukup lakukan penyiraman sehari dua kali supaya tetap subur. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang cukup. Produk ini berukuran 20 hingga 40 cm kala dikirim. Dapatkan di Bukalapak dengan harga Rp 20.000.

Bunga Matahari

Sumber gambar www.tokopedia.com

Bunga matahari adalah jenis bunga yang bisa dimakan juga, loh. Bunga ini baik dikonsumsi ketika mencapai tahap tunas. Dengan rasa mirip artichoke, bunga ini cara masaknya bisa juga dengan dikukus.

Bunga Bunga Matahari Lokal ini merupakan produk selanjutnya yang bisa menjadi pilihan. Bunga bernama ilmiah Helianthus ini berciri berwarna kuning cerah seperti matahari. Tanaman ini bisa tumbuh hingga ukuran 60cm. Bisa hidup di berbagai dataran, bunga ini perlu disiram 1 kali dalam satu minggu. Tanaman yang akan dikirimkan memiliki ukuran 30-40 cm. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 40.000.

Mawar

Sumber gambar www.tokopedia.com

Bunga mawar merupakan bunga yang banyak digunakan sebagai bahan kosmetik hingga parfum. Namun, bunga cantik ini juga ternyata bisa dimakan. Mawar akan sangat pas untuk ditambahkan pada semua jenis masakan seperti sup, salad, selai, hingga seduhan dalam teh. Bunga ini cocok juga disajikan sebagai topping untuk makanan penutup.

Bunga Mawar Asli 1 Tangkai ini bisa kamu miliki. Mawarnya asli dan masih segar serta indah kala dikirimkan. Ada aneka warna seperti merah, pink, hingga biru. Mawar sudah dihias memakai plastik dan pita yang bisa dipesan dan dipilih dengan warna yang diinginkan. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 25.000.

Krisan

Sumber gambar www.bukalapak.com

Bunga krisan mungkin kita kenal sebagai bunga potong semata. Namun, bunga ini bisa juga dimakan. Bunga dengan aneka warna ini rasanya ada yang mirip kembang kol hingga sedikit pahit. Krisan biasanya digunakan dalam menu kentang tumis oriental dan salad. Bahkan bagian batang muda dan daunnya biasa ditambahkan pada makanan, yang dikenal sebagai chop suey greens atau shingiku di Jepang.

Bunga Krisan Putih Aster Putih ini cocok banget untuk jadi pilihan kamu. Bunga ini mudah dirawat dan bisa tumbuh di dalam maupun luar ruangan. Cocok ditanam di pot namun akan lebih baik jika ditanam di tanah yang subur dan terpapar sinar matahari. Kamu bisa membelinya di Bukalapak dengan harga Rp 45.500.

Snapdragon

Sumber gambar www.tokopedia.com

Bunga snapdragon merupakan bunga musiman. Bunga ini banyak dipakai menjadi dekorasi kue. Rasa bunganya tergantung pada tipe bunga, warna, dan juga kondisi tanah tempatnya ditanam.

Snapdragon Putih ini bisa jadi pilihan kamu untuk hiasan makanan. Bunga ini warnanya begitu mempesona dan membuat makanan yang disajikan jadi lebih menggoda. Bunga ini memiliki tinggi hingga 60 cm. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 650.

Tulip

Sumber gambar www.bukalapak.com

Bunga cantik bernama tulip ternyata juga bisa dimakan, loh. Bunga yang satu ini rasanya hampir mirip dengan selada. Bahkan ada yang rasanya seperti mentimun. Warna bunganya yang cantik sehingga cocok untuk jadi hiasan makanan yang menawan.

Best Quality Bunga Tulip Segar Dan Asli ini merupakan rekomendasi hiasan makanan selanjutnya untuk kamu. Bunga ini dijual dalam keadaan belum dirangkai. Dalam 1 ikat berisi sebanyak 10 batang bunga. Produk hanya bisa dikirim memakai Gojek Instant Courier saja. Dapatkan di Bukalapak dengan harga Rp 325.000.

Lili

Sumber gambar www.tokopedia.com

Bunga yang satu ini visualnya sangat menawan siapa saja yang melihatnya. Siapa sangka bahwa bunga ini juga memiliki rasa yang enak dan bisa dimakan. Rasanya mirip zucchini dan asparagus sementara aromanya sedikit manis mirip selada manis atau melon. Bunga ini akan cocok jadi penghias piring dan juga salad.

Bunga Lily Asli ini cocok untuk jadi hiasan makanan yang indah. Dijual satu paket, kamu bisa membelinya dengan cara online. Sepaketnya berisi 9 kuntum bunga lily. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 60.000.

Rosemary

Sumber gambar www.tokopedia.com

Rosemary merupakan bunga berikutnya yang bisa jadi pilihan kamu untuk jadi penghias makanan. Bunga ini banyak dipakai untuk menghias makanan khas Mediterania. Biasa disajikan sebagai sorbet dan hiasan kue, bunga ini juga banyak dijadikan campuran dalam olahan daging dan seafood.

Rosemary Segar / Fresh Rosemary 35 gr ini merupakan bunga yang bisa kamu beli secara online. Bunga ini dibudidayakan di kebun pribadi dan dirawat secara organik tanpa pestisida dan pupuk kimia buatan sehingga aman dikonsumsi. Bunga ini bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 25.000.

Dandelion

Sumber gambar www.tokopedia.com

Bunga dandelion mungkin saja dikenal sebagai gulma. Meski demikian, dandelion bisa dimakan karena memiliki sifat antioksidan kuat. Bunga, akar, batang hingga daunnya bisa dimakan baik secara mentah maupun bisa dimasak jadi semur. Tanaman ini juga bisa dijadikan casserole atau hidangan lainnya yang membutuhkan sayuran.

Bibit Tanaman Herbal Dandelion cocok sebagai hiasan makanan dan bisa juga dikonsumsi. Bunga ini memiliki rasa semanis madu jika masih muda. Dapatkan bunga ini di Tokopedia dengan harga Rp 25.000.

From our editorial team

Gugah Selera Makan dengan Garnis berupa Edible Flower

Teknik menghias makanan sudah sejak lama digunakan. Bahan untuk menghias makanan pun sangat beragam, namun kebanyakan yang digunakan adalah sayuran dan buah-buahan. Belakangan ini, yang sedang tren adalah memakai garnis berupa bunga. Ternyata ada banyak sekali bunga cantik yang bisa dimakan loh. Selain bisa menambah nafsu makan karena visualnya cantik, edible flower juga bisa memberi rasa yang unik pada hidangan yang disajikan. Intip rekomendasi bunga yang bisa dimakan dari BP-Guide di atas!