Jadikan Hunian Semakin Nyaman dengan 10 Rekomendasi Gorden agar Jendela Rumah Selalu Terlihat Elegan (2019)

Jadikan Hunian Semakin Nyaman dengan 10 Rekomendasi Gorden agar Jendela Rumah Selalu Terlihat Elegan (2019)

Setiap keluarga pasti mendambakan hunian yang nyaman. Pemilihan warna ruangan, furnitur, sampai hiasan dalam ruangan pun patut diperhatikan. Nah, yang nggak boleh ketinggalan juga adalah mempercantik jendela rumah dengan kehadiran gorden. Penasaran ada rekomendasi apa aja dari BP-Guide? Jangan sampai terlewatkan, ya!

Gorden adalah Hiasan Jendela Utama yang akan Menentukan Kenyamanan Ruangan

Gorden adalah salah satu perlengkapan rumah yang dipasang pada jendela untuk menghalangi pandangan dari luar sehingga Anda bisa memiliki privasi tanpa takut kegiatan di dalam rumah terlihat.

Gorden, selain memiliki fungsi utama, juga bisa membantu rumah Anda terlihat lebih menarik dan ruangan jadi lebih nyaman. Barang-barang di rumah pun tidak terkena sinar matahari secara langsung dan bahkan melindungi Anda dari efek buruk sinar matahari yang masuk ke dalam rumah.

Saat ini, gorden terbuat dari berbagai macam bahan dengan warna dan motif menarik sehingga bisa dipilih sesuai selera atau konsep hunian. Nah, gorden seperti apa yang saat ini terpasang di rumah Anda?

Kunci Utama dalam Pemilihan Gorden di Rumah Anda

Jenis

Sumber gambar dekorasirumah.com

Sebelum membeli gorden, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal karena gorden yang tepat juga akan berpengaruh pada estetika dan kenyamanan hunian. Salah satu yang utama adalah memilih gorden dari bahan yang tepat seperti kain.

Saat ini, ada beragam kain yang dapat dibuat menjadi tirai cantik. Namun, sebaiknya Anda juga tidak mengabaikan kelebihan karakteristik kain gorden. Misalnya, ada kain yang tipis dan tebal. Kain tipis misalnya, lebih cocok dipasang saat cuaca panas sehingga angin dari sela-sela jendela bisa lebih mengalir masuk ke dalam ruangan. Sebaliknya, Anda bisa menggantinya dengan gorden berkain tebal saat cuaca terasa lebih dingin.

Selain itu, perhatikan juga karakteristik kain, apakah cenderung kuat atau mudah koyak karena sinar matahari dan pencucian juga akan berpengaruh pada daya tahan gorden.

Motif

Sumber gambar www.dekoruma.com

Masing-masing dari Anda mungkin merancang desain interior dan eksterior rumah sesuai selera atau bahkan membiarkan rancangannya seperti semula.

Jika Anda berencana mengganti gorden bulan ini, sebaiknya Anda mempertimbangkan keserasian nuansa rumah dengan motif tirai yang akan dibeli. Motif yang tidak tepat bisa saja merusak keseimbangan estetika rumah secara keseluruhan dan mungkin membuat Anda merasa tidak nyaman.

Ada berbagai macam motif tirai yang bisa Anda pilih. Untuk rumah dengan desain minimalis yang mengandalkan warna-warna kalem dengan dinding cenderung kosong, Anda bisa memasang tirai dengan motif bunga-bunga untuk menambah suasana ceria agar ruangan tidak terlalu sepi. Sebaliknya, Anda bisa gunakan tirai polos dan serasikan warnanya dengan warna cat ruangan jika sudah menambah banyak aksesori seperti guci atau lukisan.

Bahan

Sumber gambar www.dekoruma.com

Meski tampak sepele, ternyata bahan gorden dapat membantu memaksimalkan privasi Anda di rumah, lho. Kain dengan karakteristik tebal seperti beludru misalnya, dapat meredam suara dan menyerap sinar matahari dengan baik sehingga ruangan terasa lebih nyaman.

Kain beludru ini cocok digunakan bagi Anda yang menginginkan rumah dengan nuansa mewah dan memiliki luas yang cukup karena jika gorden berbahan beludru dipasang dalam ruangan kecil, maka berpotensi pengap.

Jika Anda ingin kain dengan karakteristik ringan dan mudah dirawat, bisa memilih gorden yang terbuat dari material katun.

Ukuran

Sumber gambar www.dekoruma.com

Hal lain yang harus diperhatikan adalah ukuran. Jika salah memilih ukuran, bisa saja Anda tidak bisa melapisi kaca jendela dengan baik dan benar. Anda harus cermat memperkirakan atau mengukur jarak dari rel tirai hingga ke tepi bawah jendela.

Juga, perhatikan ukuran tirai dengan kesan atau nuansa yang diinginkan. Selain itu, sebaiknya Anda menambahkan ukuran ekstra saat membeli gorden. Hindari memilih tirai dengan ukuran presisi dan lebihkan sekitar 10-20 sentimeter untuk mengantisipasi jika ternyata Anda salah memperkirakan ukuran lebar dan panjang jendela.

Anda juga bisa memilih gorden yang ukurannya disesuaikan dengan desain rumah. Untuk model minimalis misalnya, pilihlah gorden berbahan ringan yang panjangnya mencapai lantai.

Lokasi Pemasangan Gorden

Sumber gambar adorable-home.com

Untuk mendapat privasi maksimal, Anda mungkin akan memasang tirai pada jendela-jendela di seluruh penjuru rumah. Namun, apakah semua gorden harus sama dengan seluruh ruangan yang ada di rumah? Anda bisa memilih gorden yang diserasikan sesuai kebutuhan ruangan.

Misalnya, untuk ruang tamu. Agar Anda mudah melihat keluar, maka bisa memilih tirai berbahan ringan. Jika perlu, Anda bisa memilih gorden berbahan tebal yang kemudian ditambah dengan tirai tipis supaya bisa melihat keluar ruangan tanpa harus membuka pintu atau jendela.

Untuk kamar tidur, Anda dianjurkan memilih tirai berbahan tebal yang tidak menerawang agar privasi Anda lebih terjaga. Anda bisa memilih tirai berbahan beledu atau organza yang ketebalannya disesuaikan dengan luas kamar agar bisa terasa nyaman.

Untuk di dapur, Anda bisa memilih gorden dari bahan yang mudah dicuci dan ringan untuk mengurangi panas ruangan seperti katun.

10 Rekomendasi Gorden yang Elegan untuk Hunian Nyaman

Lapak Gorden Gorden Blackout Blazer Ashoka - Hijau

Sumber gambar https://www.blibli.com

Warna hijau identik dengan kesan kalem dan teduh sehingga cocok dipakai untuk hunian minimalis dan ruangan kecil. Warna hijau juga bisa memberi kesan segar pada ruangan sehingga ruang tamu Anda akan terasa lebih nyaman.

Anda bisa memasang gorden berwarna hijau dan serasikan dengan warna perabot atau hiasan yang memiliki nuansa hangat dan alami. Gorden dengan corak kecil juga bisa menambah kesan elegan hunian Anda misalnya seperti Lapak Gorden Gorden Blackout Blazer Ashoka berwarna hijau ini.

Gorden ini terbuat dari bahan blackot blazer yang memiliki ketahanan terhadap sinar matahari hingga 80 persen sehingga dapat membantu mengurangi udara panas yang masuk ke dalam rumah. Pada tiap lembar kain, terdapat 12 lubang smokring dengan 6 gelombang dan dilengkapi 1 tali untuk tiap selembar kain. Berukuran 26 kali 30 kali 7 sentimeter, gorden ini bisa diperoleh melalui Dekoruma seharga Rp 105.000 serta di Blibli dengan harga Rp 119.000.

Gorden Serat Blackout Gorden - Gold

Sumber gambar https://www.blibli.com

Bila Anda memiliki ruangan luas, maka warna-warna hiasan ruangan seperti warna merah terang dan warna keemasan dapat menjadi pilihan untuk memberi kesan mewah nan berkelas.

Anda bisa memberi sentuhan mewah dengan menekankan nuansa emas pada beberapa furnitur atau hiasan misalnya seperti gorden supaya ruangan tetap tampak lega.

Anda bisa memilih Gorden Blackout Serat Grade A warna emas dari Lapak Gorden. Tirai ini berwarna keemasan dengan kesan mewah dan terbuat dari bahan blackout yang dikenal memiliki ketahanan terhadap sinar matahari. Sudah dilengkapi dengan 12 lubang smokring per 6 gelembung dan 1 tali pada tiap lembar. Bisa dibeli melalui Dekoruma seharga Rp 145.000 atau di Blibli seharga Rp 127.500.

Butik Gorden Minimalis Blackout Tursian Gorden

Sumber gambar https://www.blibli.com

Memiliki rumah dengan kapasitas ruangan yang tidak terlalu luas bukan berarti menghalangi estetika hunian Anda. Lewat pemilihan furnitur dan hiasan rumah dalam motif serta warna yang tepat, rumah Anda akan tetap terlihat elegan nan berkelas.

Butik Gorden Minimalis Blackout Tursian Gorden ini terbuat dari bahan poliester yang dilengkapi 12 lubang smokring. Gorden ini juga diperindah lewat tassel yang terbuat dari bahan sama. Anda bisa memasangnya pada jendela ruang tamu atau kamar tidur untuk menambah kenyamanan hunian. Dapatkan di Blibli seharga Rp 118.950.

Aria Fabrics Gorden Carla 03 Coffee Beige

Sumber gambar https://www.dekoruma.com

Rumah dengan desain minimalis yang mewah bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan warna-warna netral seperti putih. Agar kesannya tidak terlalu sepi atau kosong, Anda bisa menambah kesan hangat dengan memanfaatkan lantai kayu serta hiasan bernuansa alam seperti tanaman hias baik segar maupun artifisial.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa menggunakan tirai dengan motif simpel seperti Aria Fabrics Gorden Carla Stripe 03 Coffee Beige ini. Terbuat dari bahan poliester dan siap pasang, set gorden ini terdiri dari 2 tirai, 2 tassel, dan berbobot sekitar 3 kilogram. Gorden berwarna cokelat ini memiliki ukuran kemasan 30 x 30 x 5 sentimeter dan bisa dipesan melalui Dekoruma seharga Rp 405.000.

IKEA Lenda Gorden

Sumber gambar https://www.dekoruma.com

IKEA Lenda Gorden dengan Pengikat, 1 Pasang terbuat dari bahan katun yang ditunjang warna cokelat yang memiliki kesan kalem dan tenang. Gorden ini dijamin awet dan antijamur. Bisa diperoleh di Dekoruma seharga Rp 325.900 atau di IKEA seharga Rp 299.000.

Ellenov Gorden ETFA-3 VETFA Black Out Etalia Set Gorden - Brown

Sumber gambar https://www.blibli.com

Lengkapi rumah Anda dengan Ellenov Gorden Import Black Out Etalia EFTA-3 VEFTA Set Gorden warna cokelat ini. Desainnya memberi kesan mewah dengan sentuhan klasik lewat warna cokelat dan bahan black out berkualitas yang mampu menahan sinar matahari dengan baik. Set ini terdiri dari 1 gorden bermodel smokring dan juga 1 tali tirai. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 199.000 atau di Lazada seharga Rp 209.100.

KONG Curtains BO Salur 12 Gorden

Sumber gambar https://www.blibli.com/

Pilihan berikutnya adalah KONG Curtains BO Salur 12 Gorden—Hijau 910 Lubang/Tanpa Tali) ini. Gorden ini cocok untuk menghias ruang tidur Anda dengan nuansa teduh lewat warna hijaunya yang menyegarkan. Tirai ini mudah dipasang dengan batang gorden, jadi memudahkan Anda dalam melakukan perawatan.

Gorden ini terbuat dari bahan black out dengan proses pengerjaan cara steam sehingga bentuknya tetap rapi. Pemasangannya bisa menggunakan rel pipa atau rollet. Bisa dipesan melalui Blibli seharga Rp 95.000 atau di Lazada dengan harga Rp 183.200.

Tirai Diamonette

Sumber gambar https://www.blibli.com

Anda bisa memilih Tirai Diamonette yang terbuat dari bahan impor Australia berkualitas, gorden ini dibalut dalam warna gelap dengan desain menarik yang mudah dicuci. Telah dilengkapi ring, gorden ini juga cocok untuk memberi kesan simpel elegan di hunian Anda. Pesan di Blibli dengan harga Rp 880.000 atau di Tokopedia seharga Rp 1.000.000.

Gorden Sera Biz Blackout Gorden - Ungu

Sumber gambar https://www.blibli.com

Selain warna merah dan emas, Anda juga bisa menggunakan furnitur atau hiasan berwarna ungu untuk menambah kesan mewah nan elegan pada hunian. Pilihlah warna ungu gelap karena gradasi ini akan memberi kesan anggun juga misterius. Anda juga bisa mengaplikasikan warna ungu untuk gorden sehingga hunian Anda tampak lebih mewah.

Anda bisa memilih Gorden Sera Biz Blackout Gorden—Ungu ini. Desainnya simpel dengan aksen lipit ketika diikat sehingga memberi kesan elegan pada ruangan. Terbuat dari bahan blackout yang dikenal baik dalam menahan sinar matahari, gorden ini juga tahan lama dan sudah dilengkapi tali kain. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 115.000.

TECH Flower Smokering Gordyn Gorden - Biru

Sumber gambar https://www.blibli.com

Rekomendasi terakhir adalah TECH Flower Smokering Gordyn Gorden—Biru. Tirai ini didesain trendi dalam warna kalem dengan motif menarik yang bisa menambah kesan cerah dan ceria di hunian Anda. Cocok dipasang di ruang tamu atau kamar tidur, gorden ini terbuat dari bahan blackout yang baik dalam menahan cahaya matahari.

Dalam satu set terdiri dari 1 gorden dengan bahan berukuran 150 sentimeter atau 12 ring per tirai dan bisa digunakan untuk jendela yang memiliki lebar sekitar 40-100 sentimeter. Selain ukuran tersebut, Anda juga bisa memilih jumlah tambahan gorden jika jendela di rumah memiliki ukuran lebih lebar. Dapatkan di Blibli seharga Rp 145.000.

From our editorial team

Sebelum Ganti, Pertimbangkan Tema Ruangan dengan Gorden Baru

Gorden biasanya menjadi salah satu item wajib yang tidak boleh ketinggalan sebagai penghias dan pelindung jendela rumah. Memilih gorden baru agar tampilan ruangan rumah Anda terkesan segar, perlu dipertimbangkan dengan benar terutama pemilihan motif dan warna gorden yang harus sesuai dengan tema ruangan rumah Anda. Jangan sampai terlihat terlalu kontras dan membuat ruangan rumah Anda jadi kacau, ya.

Tag