Jangan Ketinggalan, Ini Rekomendasi Sofa Bed yang Pas Untuk Ruang Minimalis (2020)

Jangan Ketinggalan, Ini Rekomendasi Sofa Bed yang Pas Untuk Ruang Minimalis (2020)

Sofa bed menjadi pilihan yang pas untuk menghemat ruang. Bisa sekalian jadi ruang tamu atau ruang keluarga, sekaligus kamar tamu. Sofa ini bisa berubah menjadi tempat tidur dalam waktu singkat. Ingin mencari sofa bed untuk rumah Anda, berikut rekomendasinya.

Sofa Lipat atau Sofa Bed, Sederhana Tapi Elegan

Interior rumah baik di ruang tamu maupun ruang keluarga akan identik dengan sofa. Sofa memiliki banyak jenis dan desain yang unik. Tentunya, Anda bisa memilih jenis dan desain yang tepat agar padu dengan desain interior Anda.

Salah satu yang cukup diminati belakangan ini adalah sofa bed. Sofa bed menjadi solusi di rumah dengan jumlah kamar terbatas agar mampu menjadi tempat duduk tamu, sekaligus menjadi tempat tidur. Dengan demikian, tamu bisa duduk dengan nyaman, sekaligus bisa digunakan untuk tidur.

Sofa bed menjadikan Anda tidak perlu membangun ruang lagi, atau kamar lagi untuk tamu yang ingin menginap. Cukup dengan menyediakan sofa bed di ruang tengah, bahkan ada juga yang menyediakannya di ruang tamu. Desainnya yang cantik juga sangat pas untuk interior Anda.

Jangan Salah Pilih Bahan Untuk Sofa Lipat

Ada beberapa jenis sofa bed bila dilihat dari bahan pembuatannya. Paling sering dipilih ada sofa bed katun dan kulit. Baik katun maupun kulit memiliki kelebihan tersendiri, termasuk juga kekurangan.

Bila sofa bed berbahan katun, bahannya terasa sejuk dan dingin ketika digunakan. Ditambah lagi, teksturnya cukup halus sehingga orang lain bisa betah duduk berlama-lama. Hanya saja, bahan ini agak lemah pada cairan. Jadi kalau ada minuman yang tumpah di sofa katun akan sangat sulit memperbaikinya.

Sedangkan sofa bed berbahan kulit akan terkesan lebih mewah, klasik dan elegan. Kelebihan lainnya adalah sangat tahan lama, kuat dan awet. Tapi, sofa satu ini agak lemah pada sinar matahari. Sebisanya, Anda jangan sampai membiarkan ada sinar matahari langsung yang menerpa sofa Anda.

Tips Memilih Sofa Lipat yang Nyaman Digunakan

Sesuaikan dengan Luas Ruangan

Membeli sofa apapun, termasuk sofa bed, mau tidak mau Anda mesti memastikan bahwa ruangan tempat meletakkannya nanti proporsional. Terlalu kecil ruangan akan membuat sofa bed ini sangat menghabiskan tempat.

Terlebih sofa bed akan dibuka lipatannya menjadi tempat tidur. Maka pastikan juga ruangan mampu mengakomodir hal tersebut. Termasuk juga meja dan sebagainya juga mesti diperhatikan.

Jadi, ketika Anda ingin membeli pastikan Anda mengetahui jelas berapa ukuran sofa bed itu sebelum dan setelah dilipat. Sebelumnya, Anda sudah mengetahui di mana posisi sofa tersebut akan diletakkan. Jadinya, perkirakan dengan pas apakah sofa bed tersebut bisa muat dan tetap lega di ruangan Anda.

Memiliki Struktur yang Kuat

Perbedaan sofa bed dengan sofa biasa adalah strukturnya. Sangat penting bagi sofa bed memiliki struktur yang kuat dan bahannya juga mesti kuat. Sebab, sofa bed tidak hanya akan menjadi tempat duduk, tapi juga akan menjadi tempat tidur.

Kerangka sofa bed mesti terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi. Ada yang terbuat dari besi dan ada bagiannya yang terbuat dari kayu. Besi digunakan untuk menjadikan tempat lipatan tidak mudah patah.

Sering kali untuk mendapatkan sofa yang lebih murah, Anda akan mendapatkan sofa dengan konstruksi plywood. Nah, plywood ini tidak kuat, setidaknya bila dibandingkan dengan kayu. Oleh karena itu, pilih yang berpenopang besi dan kayu asli.

Bahan Pelapisnya Harus Tepat

Selain memerhatikan bahan penopang, Anda juga mesti memerhatikan bahan pelapisnya. Termasuk juga bahan di balik material lapisan paling luar. Misalnya pelapis terbuat dari kulit atau katun, dan biasanya akan ada satu lapisan lagi di bawahnya.

Biasanya bahan pelapis terdiri dari berbagai jenis mulai dari kain, suede, oscar sampai kulit juga bisa jadi pelapis. Anda mesti memerhatikan mana pelapis yang paling nyaman digunakan.

Pelapis terbaik tentunya terbuat dari bahan kulit, namun harganya cukup mahal. Kedua adalah bahan kain dan ketiga adalah bahan kulit imitasi.

Pengoperasian yang Mudah

Satu lagi pertimbangan untuk sofa adalah kemudahan mengoperasikannya. Ada sofa yang lebih mudah cara melipatnya, termasuk membuka lipatannya. Tapi, ada juga yang cukup sulit dan harus menghabiskan tenaga.

Bila sofa tersebut sangat sulit dibuka lipatannya, sebaiknya hindari. Meski demikian, Anda juga perlu mengukur kekuatan sofa tersebut agar tetap kuat dibuka dan ditutup sampai ribuan kali.

Terbayang bila Anda tinggal sendirian di sebuah apartemen dan memiliki sofa tersebut untuk menjadi tempat duduk sekaligus kasur, tapi sulit dibuka dan ditutup jadi butuh bantuan orang lain. Tentunya, hal itu akan menyulitkan Anda bukan?

Rekomendasi Sofa Lipat untuk Menambah Kenyamanan Ruang Rumah Anda

Dekoruma Oda Sofa Bed Minimalis Kain Woven Biru Tua

Rekomendasi pertama adalah Dekoruma Oda Sofa Bed Minimalis Kain Woven Biru Tua. Produk satu ini merupakan sofa bed yang dibuat dengan lapisan kain woven di bagian dudukan dan sandaran. Kelebihan dari kain woven ini adalah lebih kuat dan tidak mudah robek.

Sofa ini memiliki style paduan Japan dan Skandinavia, menjadikannya lebih cantik dan elegan. Ukurannya cukup mungil, yakni 180x80x70 cm ketika menjadi sofa, yang tentunya sangat pas untuk ruangan mungil Anda.

Ketika menjadi bed, maka ukurannya akan bertambah 20 cm panjangnya, menjadi 180 x 100 x 70 sehingga bisa nyaman untuk tidur. Produk dari brand Heim Studio ini dibuat dari bahan plastik untuk kaki sofa, foam di bagian dalam, kayu sebagai kerangka dan lapisan kain woven sebagai pelapis luar.

Harga Rp. 1.289.000

Inoac 2 In 1 Sofa Lipat

Berikutnya ada Sofa Lipat Standar Inoac. Produk satu ini merupakan sofa lipat yang bisa dibuka hingga tiga bagian sehingga bisa menjadi tempat duduk anak, dewasa sekaligus bed untuk tidur lebih nyaman. Ditambah lagi, bagian sandarannya akan berganti fungsi menjadi bantal ketika berubah menjadi bed.

Produk dari Inoac ini akan menjadi berukuran 176 x 66 x 12,5 cm ketika menjadi bed, sehingga pas untuk single bed. Ketebalannya 25 cm menjadikan lebih nyaman duduk berlama-lama. Tidak hanya itu, sofa bed ini juga sangat praktis dan mudah digunakan.

Kelebihan lainnya adalah harganya cukup terjangkau. Serta, ada motif menarik di covernya dan menjadikan produk ini sangat pas untuk menghiasi dan melengkapi desain interior rumah Anda.

Harga Rp. 450.000-475.000

Sofa Bed New Audrey Lux

Berikutnya sofa yang bisa Anda pertimbangkan adalah Furniture Sofabed Audrey Informa. Produk satu ini merupakan sofa multifungsi yang didesain kelasik dan elegan, dan sangat cocok untuk ruangan minimalis.

Dalam bentuk sofa, produk ini memiliki ukuran sekitar 194 x 95 x 85 cm. Sedangkan untuk ukuran tempat tidur dimensinya adalah 194 x 115 x 43 cm. Dengan bagian sandarannya akan berubah fungsi menjadi bantal ketika menjadi tempat tidur.

Bagian kakinya terbuat dari bahan metal yang kuat. Selain itu, mudah direbahkan dan mudah pula dilipat lagi. Bahan-bahan lain antara lain fabric dan foam yang berkualitas tinggi dan tahan lama.

Harga Rp. 2.209.350-3.899.000

Intex Pull Out Size Twin Bed Sofa Kasur Angin Lipat

Selanjutnya ada Intex Pull Out Size Twin Sofa Bed Hitam. Ini merupakan salah satu jenis sofa kasur angin yang bisa dilipat dan mudah dipindahkan. Jadinya, Anda bisa membawanya ke mana saja karena mudah dikempiskan juga dipompa kembali.

Produk ini memiliki dimensi 107 x 221 x 66 cm yang bisa digunakan untuk tidur dua orang. Bahannya adalah PVC vinyl yang kuat dan anti sobek. Sedangkan bagian lapisannya dibuat dari bahan yang lembut sehingga nyaman digunakan tidur dan bersantai.

Produk satu ini juga memiliki kelebihan sangat mudah dirakit, baik menjadi sofa maupun menjadi kasur. Bahannya yang anti air menjadikan produk ini aman saat terkena tumpahan minuman dan cairan tertentu. Tentunya, karena mudah dipindahkan produk satu ini juga sangat pas untuk dibawa kemping atau traveling.

Harga Rp. 599.000-839.200

Bestway Air Sofa Bed

Masih dari jenis sofa bed angin yang mudah dibawa, berikutnya Anda bisa mempertimbangkan Sofa Bed Angin Multi Max Air Couch Bestway. Produk satu ini didesain sangat baik untuk menopang tubuh, jadinya sangat nyaman digunakan baik untuk tidur maupun duduk.

Selain itu, produk ini juga mudah dikempiskan juga dipompa kembali. Dengan total 70 ruang penopang di dalamnya menjadikan produk ini memiliki sistem udara yang unik untuk menopang tubuh ketika beristirahat.

Produk satu ini memiliki ukuran 191 x 97 x 64 cm yang sangat pas untuk tidur. Dibuat dari bahan PVC vinyl yang kuat dan tahan lama dalam warna hijau yang menawan. Selain itu, produk ini memiliki berat total 227 kg.

Harga Rp. 672.000-740.000

Sofa Bed Best Wellington's Jelly

Produk sofabed lainnya yang juga bisa menjadi pilihan pas untuk Anda adalah Best Wellington's Jelly Sofabed Sofa Ranjang. Desainnya menarik dan multifungsi. Sama nyamannya ketika menjadi sofa maupun bed.

Produk ini didesain menarik dalam konsep modern minimalis sehingga akan menunjang keindahan interior ruangan Anda. Terbuat dari bahan kulit oscar yang berkualitas tinggi ditopang dengan rangka kayu yang sangat kuat menjadikan produk ini sangat awet dan kuat.

Selain itu, dudukan busanya juga tebal serta empuk ketika diduduki. Bagian kakinya terbuat dari besi yang kuat dan anti karat. Kelebihan lainnya adalah produk ini sangat mudah dan praktis, termasuk proses pembersihannya.

Harga Rp. 1.547.000-1.562.800

FCenter Sofa Bed Camelia

Produk selanjutnya yang mesti masuk dalam list pertimbangan Anda adalah FCenter Sofabed Camelia. Produk sofa bed satu ini adalah pilihan bagi Anda yang ingin sofa multifungsi dengan desain yang cantik.

Terdiri dari beberapa varian warna yang bisa Anda piliha sesuai desain interior Anda, seperti cokelat, hitam, hijau, merah dan cokelat tua. Bahan pembuatnya adalah kayu solid dan busa super yang tentunya menjamin kenyamanan Anda secara maksimal. Selain itu juga kuat, kokoh dan tidak mudah rusak.

Produk ini memiliki dimensi 180 x 118 x 89 cm. Untuk menambah kenyamanan, bagian luarnya dibuat dari bahan kain oscar yang berkualitas tinggi, tidak mudah robek dan nyaman ketika bersentuhan dengan tubuh.

Harga Rp. 1.649.000-1.899.000

Sofa Bed The Olive House Waffle

Produk berikutnya adalah The Olive House - Sofa Bed Waffle. Produk satu ini dibuat dengan bahan kain berkualitas tinggi, warna yang memukau serta desain yang sangat menarik. Ditambah lagi dengan pegas dan sponge yang sangat nyaman digunakan.

Produk ini juga ditopang dengan kerangka keras berbahan kuat dan tidak mudah rusak. Kerangkanya juga menjadikan produk satu ini mudah untuk dilipat dan dibuka. Bagian luarnya sangat lembut, dan jahitannya begitu rapi dan kuat. Sehingga sangat nyaman digunakan duduk dan tidur bahkan dalam waktu yang lama.

Tidak hanya itu, pembelian produk ini juga akan mendapatkan 2 bantal untuk kenyamanan tidur maksimal. Dengan ukuran yang sangat cukup untuk menjadi kasur, sekaligus sofa, tentunya produk ini bisa menjadi pilihan tepat untuk menghias interior ruangan Anda.

Harga Rp. 2.590.000-3.858.000

Sofa Bed Ginie

Ingin mencari sofa dengan gaya minimalis namun elegan? Maka Furniture Interior Sofa Bed Ginie by Informa bisa menjadi pilihan jitu bagi Anda. Produk satu ini bisa menjadi sofa sekaligus single bed yang sama nyamannya ketika digunakan.

Produk ini juga memiliki material yang berkualitas tinggi, yakni fabric untuk lapisan luar, serta kayu sebagai kerangkanya. Kayu yang dijadikan kerangka juga kayu berkualitas tinggi dan kuat, serta tidak mudah rusak.

Sedangkan busa di dalamnya memiliki tingkat kepadatan yang sangat optimal. Jadinya, produk ini sangat nyaman digunakan baik untuk duduk maupun untuk tidur. Dimensinya adalah 169x91x75 cm ketika menjadi sofa dan akan berubah menjadi 170x107x35 cm ketika menjadi tempat tidur.

Harga Rp. 1.492.400-2.066.400

Ikea Sofa Bed Flottebo

Selanjutnya ada produk dari IKEA yang tentunya sudah menjadi brand penyedia produk rumah tangga populer. Salah satu yang direkomendasikan adalah Flottebo Sofa Bed. Produk ini tentunya bisa menjadi teman yang baik untuk santai dan istirahat Anda.

Bagian sandaran bisa menjadi bantal sangat pas dan nayman digunakan ketika menjadi sofa maupun menjadi kasur. Lebar tempat tidur 120 dan panjangnya 200 cm menjadikan kasur ini sangat pas untuk istirahat Anda.

Proses pemindahan atau melipatnya juga sangat praktis dan mudah dilakukan. Bagian penutupnya adalah sarung yang bisa dilepas dan dicuci dengan mesin cuci bila mulai kotor. Jadinya, sangat mudah untuk dirawat dan dibersihkan agar ruangan tetap menarik sepanjang masa.

Harga Rp. 9.495.000-13.577.000
From our editorial team

Sofa Lipat Pilihan Pas untuk Menghemat Ruangan

Memilih sofa yang bisa berubah bentuk atau fungsi menjadi bed tentunya akan sangat baik untuk menghemat ruangan Anda. Oleh karena itu, rekomendasi sofa bed di atas tentu bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda. Selanjutnya tinggal Anda sesuaikan dengan bentuk dan ukuran ruangan Anda.

Tag