10 Rekomendasi Karpet Karakter yang Keren untuk Menambah Kenyamanan Suasana Rumah (2020)

10 Rekomendasi Karpet Karakter yang Keren untuk Menambah Kenyamanan Suasana Rumah (2020)

Karpet adalah salah satu pelengkap ruangan yang tidak dapat diabaikan. Beberapa ruangan seperti ruang tamu, kamar tidur, ruang makan, bahkan bagian luar rumah membutuhkan karpet untuk menambah kenyamanan. Yuk, cek dulu rekomendasi karpet karakter versi BP-Guide ini!

Tak Hanya Sekadar Pelengkap, Karpet dapat Mempercantik Ruangan

Karpet merupakan salah satu perabot rumah tangga dengan berbagai fungsi. Selain sebagai alas, karpet juga dapat difungsikan untuk mempercantik hingga menciptakan suasana tertentu di dalam ruangan.

Oleh karena itu, sebelum memilih karpet yang ingin Anda beli, ada baiknya untuk menentukan terlebih dahulu fungsi karpet yang Anda inginkan. Baru setelah itu Anda bisa menentukan jenis karpet yang tepat untuk Anda baik dari segi merek, bentuk, motif, warna, dan ukurannya.

Untuk menjaga agar tampilannya tetap cantik dan menarik dalam waktu yang lama, kita juga perlu menjaga karpet tersebut dengan baik. Cara menjaganya adalah dengan membersihkannya secara rutin. Dengan demikian desain yang ada pada karpet tersebut juga tetap terjaga dan tidak mudah luntur.

Manfaat Pasang Karpet di Rumah

Memberikan Keindahan Ruangan

Salah satu fungsi memberi karpet untuk ruangan Anda adalah memberikan keindahan. Karpet dapat membuat ruangan Anda menjadi lebih cantik dan spesial, terutama jika dipasang di hari-hari istimewa. Perhatikan warna dan motif karpet untuk mengisi ruangan Anda.

Misalnya karpet dengan warna kuat yang akan menjadi titik fokus ruangan. Karpet berbulu pendek dengan motif tertentu untuk ruangan formal atau karpet berbulu panjang untuk tema ruangan yang lebih santai.

Tidak harus mahal, banyak karpet dengan harga terjangkau yang dapat menghiasi ruangan Anda. Yang terpenting adalah pilih karpet sesuai selera Anda dan kebutuhan ruangan.

Peredam Kebisingan

Tahukah Anda bahwa karpet dapat meredam kebisingan? Suara yang memantul di permukaan yang keras seperti dinding atau ubin akan memantul lebih jauh daripada jika memantul di permukaan yang lunak. Oleh karena itu banyak studio rekaman bahkan bioskop yang menggunakan karpet untuk meredam suara di dalam ruangan tersebut.

Begitu pula dengan fungsi karpet di rumah Anda. Kehadiran karpet dapat meredam suara-suara di rumah Anda yang berasal dari TV hingga pengeras suara. Jika Anda memasang karpet pada anak tangga, ini akan mengurangi suara berisik akibat langkah kaki.

Hal ini juga bisa Anda manfaatkan jika Anda tinggal di apartemen. Karpet akan lebih meredam suara dari unit Anda sehingga tidak mengganggu unit-unit lain di sekitarnya.

Pelindung Lantai dan Furnitur

Adanya karpet juga dapat melindungi Anda ketika beraktivitas di dalam rumah, lho. Mengapa demikian? Sebab, karpet dapat mengurangi risiko tergelincir dan meminimalkan luka ketika terjatuh.

Permukaan ubin yang keras dan licin bisa jadi berbahaya, terutama untuk balita dan para lansia. Untuk meminimalkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, Anda dapat memasang karpet pada ubin rumah, terutama pada anak tangga agar permukaannya menjadi lebih lembut dan tidak licin.

Banyak Jenis Karpet yang Dijual di Pasaran

Karpet Katun

Selain diolah menjadi pakaian, bahan katun juga dapat digunakan untuk membuat karpet dengan kualitas yang cukup baik. Tekstur karpet berbahan katun cenderung lembut dan nyaman di kaki. Tampilannya membuat karpet jenis ini relatif cocok untuk ditempatkan di ruangan manapun.

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki karpet berbahan katun ini. Kelebihannya antara lain mudah dirawat karena bahannya mudah dibersihkan dan harganya yang relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis karpet lainnya.

Namun, karpet ini juga memiliki kekurangan, yaitu tidak terlalu tahan lama karena seratnya lebih sensitif dan mudah menyerap cairan. Agar karpet ini tahan lama kami merekomendasikan Anda untuk meletakkan karpet ini di ruangan-ruangan dengan lalu lintas yang minimal. Sehingga karpet tidak mudah kotor dan seratnya terjaga dengan baik.

Karpet Sutra

Sutra merupakan bahan dengan serat alami berkualitas tinggi. Dengan demikian, tak heran jika karpet berbahan sutra memiliki tekstur yang sangat halus dan lembut sehingga memberikan tingkat kenyamanan yang tinggi. Tidak hanya itu, karpet sutra juga dapat meredam suara dan menyerap sinar UV yang masuk ke rumah. Menarik, bukan?

Apabila diberi pewarna, karpet berbahan sutra cenderung memiliki corak warna yang lebih kuat sehingga motifnya terlihat lebih tegas dan cantik. Biasanya, karpet-karpet berbahan sutra didesain dengan terlihat mewah sehingga memberikan keindahan untuk sebuah ruangan.

Harga karpet sutra sendiri termasuk salah hatu harga karpet yang termahal. Pasalnya, proses pembuatannya cenderung lama karena tekniknya yang cukup sulit. Belum lagi perawatannya yang sangat perlu Anda perhatikan agar tahan lama. Karpet ini tidak bisa sembarangan dicuci. Harus menggunakan deterjen khusus agar tidak merusak serat kain sutranya.

Karpet Polypropylene

Apa itu karpet polypropylene? Kami yakin bagi Anda yang senang berburu karpet, pasti sudah tidak asing dengan karpet yang satu ini. Namun di kalangan masyarakat luas, karpet jenis ini memang tidak terlalu dikenal.

Yang membuat karpet ini cukup dikenal di kalangan para pecinta karpet adalah varian warna yang banyak dan menarik. Karpet ini terbuat dari serat sintetis sehingga mudah dibersihkan dan cepat kering. Cocok untuk Anda yang sedang memiliki balita di rumah. Anda tidak perlu khawatir lagi jika balita menumpahkan makanan atau minuman di karpet tersebut karena nodanya akan cepat hilang.

Sebaiknya karpet ini dijemur dalam waktu sebentar karena warnanya lebih mudah pudar dibandingkan karpet jenis lain. Benangnya pun lebih mudah lepas dan membuatnya kurang indah dipandang. Namun demikian, karpet ini memang memiliki harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan karpet jenis lain.

Karpet Kulit Hewan

Sumber gambar https://www.operart.it

Bahan karpet berikutnya cukup unik yaitu karpet yang terbuat dari kulit hewan. Kulit hewan yang banyak digunakan untuk membuat karpet adalah kulit domba dan kulit sapi. Karpet ini memberikan kesan elegan dan mewah pada ruangan, dengan teksturnya yang sangat lembut.

Tidak hanya itu, karpet ini juga memberikan kesan hangat untuk ruangan Anda. Namun yang perlu menjadi catatan adalah karpet ini tidak tahan lembap. Cara membersihkannya pun menjadi cukup sulit karena sifatnya yang tidak tahan basah. Maka dari itu, sebaiknya hati-hati dalam menyimpan karpet ini.

Karpet Benang Rami

Karpet benang rami ini mungkin sering Anda temukan, yaitu karpet dengan serat yang menyerupai rumput. Teksturnya yang keras membuat karpet ini lebih cocok digunakan di luar ruangan. Karpet ini lebih tahan cuaca dibandingkan karpet-karpet lainnya, namun memang terasa terlalu keras bagi sebagian orang.

Kalau Mau yang Unik, Pilih Karpet Karakter Ini Aja

Karpet bulat dengan berbagai macam desain ini merupakan rekomendasi pertama dari kami. Tidak hanya memberikan kehangatan pada ruangan Anda, namun juga dapat membuat ruangan lebih indah dengan desainnya yang sangat menarik.

Ada desain kiwi, semangka, tomat, hingga jeruk. Warnanya pun cukup kuat sehingga dapat menjadi titik fokus pada ruangan Anda. Karpet berdiameter 1 meter ini juga dilengkapi dengan bagian antislip di bawahnya, sehingga cenderung aman untuk diletakkan di atas karpet Anda yang licin.

Karpet Karakter Tazmania Fullset

Selain gambar buah-buahan, ada juga karpet dengan motif karakter kartun yang lucu. Itulah yang ada di rekomendasi kami berikutnya. Karpet ini berbahan bulu rasfur yang tebal, kuat, dan panjang.

Sedangkan untuk motifnya sendiri menggunakan bahan velboa (bulu-bulu pendek) yang halus dan lembut. Busa kasur ini lebih tebal, awet, dan tidak mudah kempes. Alas bawahnya berbahan PU Leather yang anti slip, tahan air, dan tidak lembap.

Di dalam satu set karpet, Anda akan mendapatkan 1 buah karpet berukuran 150 x 200 cm (ketebalan busa 1 cm), 5 buah bantal berukuran 40 x 40 cm (isi dakron), 1 buah keset berukuran 40 x 50 cm (isi dakron), 2 buah bantal kaki, dan 1 buah guling.

Harga Rp. 570.000-690.000

Karpet Karakter Rilakuma

Karpet ini cocok untuk menghiasi kamar anak Anda, terutama jika ia sangat menyukai Rilakuma. Rilakuma adalah karakter kartun berbentuk beruang yang menggemaskan.

Dengan adanya karpet ini, anak Anda akan lebih nyaman saat bermain di lantai karena sifat karpet ini yang empuk, nyaman, dan tidak membuat gerah karena menggunakan alas bintik. Di dalam 1 paket pembelian karpet akan mendapatkan 1 buah karpet ukuran 120 x 80 cm, 3 buah bantal, dan 1 buah guling.

Harga Rp. 250.000-750.000

Karpet Karakter Barcelona Fullset

Selanjutnya adalah karpet dengan motif salah satu klub sepak bola ternama, yaitu Barcelona. Karpet karakter dengan bahan yang sangat halus dan lembut ini berukuran 200 x 140 cm, bisa muat untuk 2 orang dewasa dan 1 anak-anak. Alasnya juga antislip agar tidak licin ketika diletakkan di lantai.

Jika membeli 1 set karpet ini, Anda akan mendapatkan 1 buah karpet berbahan rasfur kualitas terbaik, 5 buah bantal berukuran 40 x 40 cm, 1 buah guling, 2 buah bantal kaki, dan 1 buah keset.

Harga Rp. 570.000-750.000

Karpet Karakter Bunga Semanggi Fullset

Mari beranjak ke rekomendasi selanjutnya yaitu karpet berbahan rasfur dengan warna ungu yang sangat cantik ini. Selain tersedia dalam motif-motif karakter kartun, karpet berbahan rasfur juga tersedia dalam motif dan ukuran yang jauh lebih sederhana, misalnya bunga-bunga.

Karpet ini cocok dipasang di ruang keluarga karena akan memberikan kesan yang lebih hangat. Selain itu, warna dan motifnya juga bisa menghiasi ruang keluarga Anda menjadi lebih hidup.

Karpet cantik yang satu ini sangat cocok dijadikan spot untuk berkumpul, bermain bersama anak, hingga ngobrol santai.

Harga Rp. 570.000-635.000

Karpet Skyrugs Monochrome Designs

Karpet monokrom dengan motif hitam-putih ini disebut-sebut sebagai karpet dengan motif yang kekinian.

Desain minimalis dari Karpet Skyrugs Monochrome Design ini akan memberikan nuansa simpel dan elegan untuk interior rumah Anda.

Cocok digunakan baik di ruang tengah, kamar tidur, bahkan ruang makan. Ada 3 ukuran yang tersedia untuk karpet ini, yaitu 100 x 150 cm, 160 x 210 cm, dan 210 x 310 cm.

Harga Rp. 227.500-1.080.625

Karpet Karakter Motif LV Set

Berikutnya adalah karpet karakter dengan tingkat kenyamanan yang tidak perlu diragukan lagi, yaitu Karpet Karakter Fullset Motif LV. Bahannya sangat halus dan lembut.

Harganya pun lumayan terjangkau alias tidak membuat kantong jebol. Karpet ini cocok untuk diletakkan di bagian rumah mana pun. Salah satunya adalah di ruang tengah untuk tempat bersantai Anda bersama keluarga.

Harga Rp. 357.500-635.000

Karpet Karakter Motif Lapangan Bola Fullset

Jika Anda mencari karpet untuk menghiasi kamar anak laki-laki Anda, karpet rafsur dengan motif lapangan sepak bola ini boleh lho dijadikan bahan pertimbangan. Selain tampak nyaman dan hangat, motifnya juga unik sekali.

Tidak hanya karpet, guling, dan bantal, Anda juga akan mendapatkan 2 buah bantal berbentuk telapak kaki yang sangat menggemaskan. Jika anak Anda masih balita, ia akan sangat nyaman ketika bermain di atas karpet tersebut.

Sedangkan jika anak Anda sudah cukup besar, ia juga masih bisa menggunakan karpet ini untuk belajar, bermain musik, mengobrol bersama teman-temannya, dan lain-lain.

Harga Rp. 550.000-570.000

Karpet Karakter Motif Spongebob

Spongebob adalah salah satu karakter kartun yang sangat digemari anak-anak. Hal ini dilihat sebagai peluang bisnis oleh para pembuat karpet dan menjadikan Spongebob sebagai motif dari karpetnya.

Warna biru yang menggambarkan laut sangatlah cantik, cocok ditempatkan di kamar anak laki-laki maupun perempuan. Bahannya juga sangat halus dan lembut, memberikan kenyamanan bagi siapa pun yang berada di atasnya.

Wajah ceria Spongebob dan Patrick akan menambah nuansa keceriaan di kamar anak Anda. Yuk, segera miliki karpet ini!

Harga Rp. 360.000-700.000

Karpet Karakter Love Fullset

Jika sebelumnya adalah karpet karakter yang cocok untuk kamar anak-anak, kini ada juga karpet karakter yang cocok untuk kamar remaja.

Motifnya berbentuk hati berwarna merah muda dan putih dengan latar berwarna cokelat gelap. Dilihat sekilas, karpet ini sudah tampak sangat menggemaskan. Bantal-bantalnya pun berbentuk hati untuk melengkapi motif cantik karpet ini.

Harga Rp. 514.000-570.000
From our editorial team

Pilih Karpet yang Paling Nyaman untuk Ruangan di Rumahmu

Selain memberikan keindahan untuk ruangan, karpet memiliki fungsi lain yaitu memberikan kenyamanan saat beraktivitas di ruangan tersebut. Pilihlah karpet yang sesuai dengan ukuran ruangan, dan yang paling penting, pilihlah karpet dengan karakter atau motif paling favorit agar semakin betah selama beraktivitas di ruangan tersebut.

Tag