Rawat Mobilmu dengan 10 Rekomendasi Karpet Mobil Terbaik Berikut! (2020)

Rawat Mobilmu dengan 10 Rekomendasi Karpet Mobil Terbaik Berikut! (2020)

Karpet mobil akan membuat interior mobil tampak lebih mewah. Simak tips memilih karpet mobil dari kami. Dan jangan lupa cek juga rekomendasi produknya!

Karpet Mobil Wajib Dimiliki Setiap Pemilik Mobil

Setiap pemilik mobil tentu ingin menjaga dan merawat mobilnya dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan memakaikan karpet mobil. Ini merupakan salah satu jenis aksesoris mobil yang wajib dimiliki. Karpet mobil bukan hanya untuk gaya-gayaan saja, ya. Karpet mobil merupakan aksesori yang memiliki sederet fungsi penting.

Karpet mobil memiliki fungsi untuk mencegah kotor. Kita tahu bahwa debu dan kotoran bisa dengan mudah masuk ke dalam mobil usai kita beraktivitas di luar lalu naik ke dalam mobil. Supaya mobil tidak kotor maka gunakanlah karpet mobil sehingga kotoran dan debu bisa dibersihkan dengan mudah.

Karpet mobil juga bisa menjadi peredam di bagian kabin. Keberadaan karpet akan mampu meredam suara bising masuk ke kabin. Maka jangan heran jika ada mobil yang memakai bahan karpet tebal. Ini semata-mata supaya bisa menciptakan peredaman yang lebih baik di dalam kabin.

Fungsi lainnya adalah untuk pemanis kabin dan alas untuk melindungi lantai dasar mobil Anda. Dengan adanya karpet maka mobil terkesan lebih nyaman ditempati.

Jenis-jenis Karpet Mobil Berdasarkan Fungsinya

Karpet mobil secara fungsi bisa dibedakan menjadi dua, yakni karpet mobil dasar dan karpet pelapis. Karpet mobil dasar adalah karpet yang digunakan untuk bagian dasar mobil. Jika tidak ada karpet dasar pada mobil maka bagian lempengan plat lantai mobil akan terlihat. Karpet dasar biasanya terbuat dari bahan fabric.

Bentuk karpet dasar pun dibuat sesuai dengan alas mobil. Umumnya saat membeli mobil pastinay sudah ada karpet dasarnya. Namun, jika Anda kurang puas dengan karpet dasar tersebut, Anda bisa juga membeli lagi karpet dasarnya. Nantinya, penjual akan memasangkannya di mobil Anda dan membuat pola karpet.

Selanjutnya, ada karpet pelapis untuk mobil. Karpet yang satu ini fungsinya adalah untuk melindungi karpet dasar mobil. Karpet pelapis perlu dimiliki supaya kita lebih mudah membersihkan kotoran dan debu dalam mobil. Karpet pelapis lebih mudah dibersihkan ketimbang karpet dasar mobil. Maka dari itu penting untuk membeli karpet pelapis supaya kita tidak perlu repot membersihkan karpet dasar mobil.

Bahan karpet pelapis mobil sangatlah banyak seperti wol karet, karet, plastik, kulit sintetis, dan lainnya. Bentuk karpet pelapis pun beragam sama dengan motifnya juga beragam. Ini membuat Anda lebih leluasa memilih model dan bentuk karpetnya.

Jenis-jenis Karpet Mobil Berdasarkan Bahannya

Karpet mobil juga bisa dibedakan berdasarkan bahannya. Anda wajib tahu aneka jenis bahannya supaya bisa memilih mana yang paling tepat untuk mobil kesayangan Anda.

Yang pertama ada karpet mobil bahan sintetis. Karpet bahan ini lebih diminati di pasaran. Harga karpet ini sangat terjangkau dengan perawatan yang lebih mudah. Karpet bahan sintetis bentuknya juga sangat beragam. Jenis karpet ini tidak mudah bau. Beberapa karpet sintetis bahkan bisa menyerap bau kaki dan tidak akan menyebar ke seluruh kabin mobil baunya.

Lalu ada juga karpet bahan karet. Jenis karpet mobil yang satu ini banyak didapatkan di pasaran. Karpet jenis ini lebih mudah dibersihkan. Jenis ini juga terbilang sangat awet digunakan. Hanya saja karpet mobil karet ini tergolong mahal harganya.

Ada juga karpet mobil bahan beludru. Jenis karpet ini cocok untuk Anda yang ingin tampilan mobil mewah dan kenyamanan selama berkendara. Ini adalah karpet yang biasa digunakan pada mobil-mobil premium. Tekstur karpet ini begitu halus dan lembut. Kekurangan karpet mobil jenis ini adalah lebih sulit dibersihkan jika ada kotoran yang menempel.

Terakhir, ada jenis karpet mobil PVC. Karpet yang satu ini banyak diminati. Ini karena bentuknya unik mirip mi. Selain itu teksturnya fleksibel sehingga cocok dipasang di bagian amna saja. Karpet PVC lebih higienis sehingga mobil bisa terhindar dari bau tidak sedap.

Tips Memilih Karpet Mobil

Memilih Karpet dengan Pengait atau Perekat

Ketika memilih karpet mobil, ada baiknya memilih karpet dengan perekat atau pengait. Ini supaya Anda memiliki kebebasan ingin memasangnya atau tidak. Karpet dengan perekat sebaiknya digunakan oleh si pengedara.

Sebab, biasanya ada kasus dimana karpet bergeser dan akhirnya mempersulit pengemudi saat sedang berkendara. Jika karpetnya bisa dikondisikan sesuai kebutuhan maka tidak masalah. Namun, saat karpetnya sulit dikendalikan dan malah menghalangi pijakan rem dan lainnya bisa jadi bahaya.

Karpet dengan perekat juga bisa lebih menguntungkan Anda. Ini karena karpetnya bisa melindungi dasar mobil dari kotoran. Saat kita gerak-gerak, kotoran di karpet bisa tumpah ke karpet dasar. Beda halnya jika memakai karpet perekat, karpet akan merekat erat dan tidak mudah geser sehingga karpet dasar bisa tetap terlindungi.

Cek Kelenturan dan Elastisitas Karpet

Hal lain yang wajib diperhatikan saat hendak membeli karpet mobil adalah mengecek kelenturan dan elastisitas karpet. Ini penting untuk dipikirkan sebab karpet yang lentur dan elastis biasanya lebih tahan lama.

Karpet yang lentur akan menyesuaikan dengan body mobil. Meski karpet ditekuk dan terlipat, karpet tetap akan kembali ke bentuk semula dan tidak rusak. Selain itu, karpet yang elastis juga lebih mudah disimpan dan dicuci.

Pilih yang Tidak Berbau

Pilih juga karpet yang tidak berbau untuk di mobil. Anda tentu tidak ingin bau mobil terpengaruh oleh bau karpet mobil yang terlalu menyengat.

Jika kena macet atau harus berkendara dalam waktu lama maka pastinya jadi pusing kalau harus mencium aroma karpet mobil yang menusuk.

Maka dari itu usahakan memilih karpet bahan PVC, karpet sintetis, beludru, dan bahan lain yang sekiranya tidak akan menimbulkan bau.

Pilih Warna dan Motif yang Tepat

Tidak ada salahnya juga mempertimbangkan motif dan warna karpet mobil sebelum membelinya. Anda bisa memilih warna yang netral jika tidak ingin ribet. Karpet warna netral lebih pas untuk warna interior mobil apa saja dan terlihat elegan di berbagai kondisi. Namun, jika ingin tampil beda bisa juga memilih warna yang sesuai favorit Anda.

Motif karpet mobil juga bisa dipilih sesuai selera. Ada motif yang rapat dan ada juga yang renggang. Motif yang rapat lebih bagus karena bisa membersihkan alas kaki yang benar-benar kotor. Hal ini juga membuat kotoran dan debu tidak mudah berserakan.

Namun, hal ini juga membuat proses pembersihannya lebih rumit. Anda jadi susah menjangkau bagian-bagian sempitnya. Maka dari itu, sebaiknya pilih motif yang tidak terlalu rapat ya.

Ini Dia Karpet Mobil Terbaik untuk jadi Pilihan Anda

Karpet Lantai Mobil TRD Alas Karet Universal Hitam

Karpet Lantai Mobil TRD Alas Karet Universal Hitam ini bisa juga jadi pilihan. Produk yang satu ini terbuat dari getah karet pilihan. Karpet mobil yang satu ini tidak mudah robek.

Selain anti selip, produknya juga tidak mudah bergeser. Ini karena ada tekstur bintil di bagian bawah karpet. Produk ini tidak berbau menyengat sehingga nyaman dipakai di mobil.

Karpet ini mudah dibersihkan dan cepat kering. Ukuran produk ini adalah 41 x 56 cm sehingga cocok untuk segala jenis mobil.

Harga Rp. 13.000-56.000

Karpet Karet Waterproof Mobil Bening Transparant Universal

Ada juga Karpet Karet Waterproof Mobil Bening Transparant Universal yang bisa jadi pilihan. Karpet keren yang satu ini terbuat dari bahan karet halus yang rapi.

Warnanya transparan sehingga berkesan bening dan bagus. Karpet yang satu ini bisa berfungsi sebagai lapisan lantai mobil agar kotoran tidak langsung terjatuh di karpet dasar mobil. Produk ini dalam satu set besisi 4 pcs.

Harga Rp. 99.000-141.000

Karpet Dasar Mobil Beludru DNY

Anda juga bisa mengandalkan Karpet Dasar Mobil Beludru DNY. Produk yang satu ini tahan lama digunakan. Bahannya tebal dan berkualitas.

Karpet yang satu ini menyerap debu dan lebih mudah dibersihkan. Karpet tersedia dalam 3 varian warna yakni hitam, abu-abu, dan beige. Harga karpet ini juga sanagt terjangkau sehingga Anda bisa berhemat lebih banyak.

Harga Rp. 72.000-150.000

Karpet Bihun Universal

Gunakan Karpet Bihun Universal jika ingin menabah keren tampilan mobil Anda. Karpet yang satu ini terbuat dari bahan karet tebal model bihun. Karpetnya berkualitas tinggi dan dijamin tahan lama digunakan.

Produk ini anti debu dan lebih mudah dibersihka dari segala kotoran. Produk ini nyaman untuk kendaraan. Karpet mobil ini bagian depannya terpisan dan bagian belakanganya menyatu.

Harga Rp. 175.000-355.000

Haima Karpet Mobil Honda HRV

Haima Karpet Mobil Honda HRV juga bisa menjadi pilihan selanjutnya. Produk yang satu ini memiliki 5 lapisan terbaik. Ada lapisan XPE Leather yang membuat kualitas kulitnya lebih tebal, tidak mudah sobek, dan anti gores.

Ada juga lapisan soft sponge yang lembut dan elastis sehingga lebih nyaman digunakan. Kemudian ada pula lapisan glue layer dimana ini merupakan lapisan karpet yang kuat sehingga tidak mudah terlepas ataupun rusak. Produk juga disertai dengan bottom layer untuk layer penutup yang bisa memaksimalkan karpet sebagai pelindungan anti air.

Produk ini hadir dengan warna yang mewah. Bahannya lembut dan nyaman saat diinjak. Karpet ini tidak berbau. Produk juga custom fit sehingga bisa menutupi dasar mobil dengan sempurna.

Harga Rp. 1.200.000-3.500.000

Trapo Classic Karpet Mobil

Ada juga Trapo Classic Karpet Mobil yang bisa jadi pilihan. Ini merupakan produk yang alami dan bahan pembuatannya dijamin tidak akan merusak lingkungan.

Karpet yang satu ini terbuat dari campuran 50% bahan daur ulang dan 50% bahan virgin polymer. Produk ini lebih mudah untuk dibersihkan dan lebih cepat kering. Karpet keren ini memiliki EVA foam dan waterproof sehingga lebih awet dan tahan lama digunakan.

Harga Rp. 258.000-895.000

Ion Mat Karpet Mobil dengan Vitamin Udara

Ion Mat Karpet Mobil dengan Vitamin Udara ini unik untuk jadi milik Anda. Produk yang satu ini memakai teknologi canggih dengan batu energi dan karet alami.

Dengan desain 3D, karpet yang satu ini bisa menghasilkan ion negatif yang dapat menyehatkan udara dalam kendaraan. Karpet ini akan menjadi alas mobil dan penyeimbang imun dan pembersih udara dari radikal bebas.

Produk ini ramah lingkungan dan mudah dipasang. Kelebihan lainnya adalah anti selip dan mudah dibersihkan. Produk juga tahan air sehingga lebih aman digunakan. Karpet ini begitu nyaman dan elegan digunakan.

Harga Rp. 898.200

Karpet Mobil PVC Mie Premium All New Terios

Karpet Mobil PVC Mie Premium All New Terios 1 juga bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini bisa memberikan kenyamanan berkendara. Karpet mobil ini akan meredam debu sehingga aman untuk yang mudah alergi.

Produk ini hadir dengan desain yang sesuai lekuk lantai mobil. Mudah dibersihkan, karpet mobil ini juga lebih enak dipandang. Produk ini lebih tebal dan empuk sehingga nyaman di kaki.

Harga Rp. 654.000-1.020.000

Haima Karpet Mobil BMW 730LI

Haima Karpet Mobil BMW 730LI ini merupakan pilihan selanjutnya. Karpet mobil ini cocok untuk menunjang keindahan interior mobil. Produk ini hadir dengan 5 lapisan. Pada lapis pertama ada XPE Leather berupa kulit yang tidak mudah sobek dan elastis.

Selanjutnya ada lapisan soft sponge yang lembut. Lalu ada juga lapisan glue layer sehingga karpet tidak mudah geser. Ada juga lapisan TPE yang memastikan karpet tetap kuat dan elastis tidak mudah mengempes. Terakhir ada lapisan bottom layer yang membuat karpet lebih terlindung dari air.

Harga Rp. 1.870.000-1.900.000

Fluxury Untuk Toyota Vellfire Type Ultimate Gold Shell

Fluxury Untuk Toyota Vellfire Type Ultimate Gold Shell menjadi produk andalan selanjutnya. Karpet mobil yang satu ini bisa menampilkan kemewahan pada mobil. Produk ini dilengkapi dengan sponge sehingga menambah kenyamanan pada kaki.

Ada teknologi Plug and Play sehingga tidak perlu mencopot pasang jok mobil. Karpet ini bisa dicustom sesuai dengan jenis mobil. Desainnya elegan dan mewah sehingga lebih nyaman digunakan.

Produk ini mudah dibersihkan dirawat. Karpet juga tidak beracun dan tidak berbau. Karpet ini tahan lama dan memiliki footstep yang terkesan unik.

Harga Rp. 3.000.000-3.800.000
From our editorial team

Pilih Karpet yang Tidak Licin

Saat memilih karpet mobil, pertimbangkan memilih yang tidak terlalu licin. Ini supaya karpet tidak mudah geser kala diinjak. Karpet yang licin dan mudah geser bisa ribet dipakai karena Anda harus sering menatanya kembali. Cek bagian alas karpetnya dan pastikan ada lapisan anti selip. Dengan begini maka karpet tersebut tidak akan mudah geser, tidak licin, dan lebih aman digunakan.

Tag