10 Rekomendasi Karpet Lantai untuk Hunian Lebih Nyaman di 2020

10 Rekomendasi Karpet Lantai untuk Hunian Lebih Nyaman di 2020

Karpet lantai sangat diperlukan di setiap rumah. Karpet memiliki banyak fungsi untuk rumah. Nah, simak memilih karpet lantai yang tepat. Selain itu, cek juga rekomendasinya dari kami!

Kreasikan Karpet untuk Mendapatkan Dekorasi Ruangan yang Mengesankan

Ruangan yang kita tempati baik itu kamar tidur, ruang tamu, dan lain sebagainya bisa tampak membosankan usai beberapa jangka waktu. Jika sudah terkesan menjemukan, tidak ada salahnya kalau kita mendekor ulang ruang tersebut. Mendekor ulang suatu ruangan bisa menghabiskan banyak dana jika kita asal ganti furnitur. Padahal mendekor ruang tak harus selalu menghabiskan banyak dana loh.

Ada beberapa cara mendekor ruang lama supaya terlihat baru dan tidak membosankan. Salah satu caranya adalah dengan mengubah tata letak furnitur. Ini akan bisa memberikan penyegaran pada dekorasi ruang tersebut. Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengubah dekorasi ruangan sehingga tampak tidak monoton adalah memakaikan karpet pada lantai ruang tersebut. Cara yang satu ini cukup simpel dan ekonomis untuk dilakukan.

Dengan memilih karpet lantai yang tepat, maka ruangan bisa terkesan lebih menarik untuk dipandang dan ditempati. Karpet menjadi salah satu elemen dekorasi paling fungsional. Pemilihan karpet yang berbeda bisa memberikan kesan yang berbeda. Selain itu karpet juga memiliki fungsi lain seperti bisa meredam suara dan melindungi lantai dari gesekan furnitur.

Tips Memilih Karpet Lantai

Pilih Bahan Karpetnya

Ketika memilih karpet, Anda wajib tahu dulu bahan karpet yang paling tepat untuk digunakan. Karpet terbuat dari berbagai macam bahan. Anda wajib mengenali masing-masing bahannya supaya tahu mana bahan yang paling pas digunakan di ruang Anda.

Ada karpet berbahan sutera yang bisa jadi pilihan. Dari bahannya saja, karpet ini sudah memberikan kesan mewah dan elegan. Karpet sutera memiliki serat halus sehingga membuatnya mampu mencegah distribusi udara panas dalam ruangan.

Berikutnya ada karpet bahan katun yang wajib Anda tahu. Karpet yang satu ini bisa memberi kenyamanan pada kaki karena bahannya begitu lembut. Karpet bahan katun cocok untuk Anda yang mudah alergi dengan bahan kulit hewan atau bulu hewan.

Ada pula karpet bahan wol yang bisa dilirik. Karpet yang satu ini teksturnya sangat halus sehingga nyaman dipijak atau diduduki. Karpet wol juga terkenal lebih tahan air dan juga tahan noda.

Ada juga karpet vinyl yang bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini biasa dijual dalam bentuk roll karena berfungsi untuk menutupi seluruh lantai. Karpet jenis ini memiliki daya lentur yang baik serta nyaman untuk dipijak.

Karpet nylon bisa jadi pilihan selanjutnya. Karpet bahan sintetis ini memilii kelebihan yakni lebih mudah dibersihkan. Daya tahan karpet ini terhadap jamur juga sangat tinggi. Karpet nylon juga akan tahan abrasi, serangga, dan bahan kimia.

Sesuaikan Pemilihan Karpet dengan Ruangan

Setiap ruangan bisa diberi karpet untuk memberi kesan menarik. Karpet juga bisa jadi focal point dari suatu ruangan. Karena itu, pemilihan karpet di ruang satu dengan lainnya juga berbeda dan tidak bisa disama ratakan.

Misalnya saja karpet untuk ruang tamu. Untuk ruang ini, pilih tekstur yang berbulu pendek dan padat. Ruang tamu biasanya dipakai sebagai tempat menerima tamu dan menyuguhkan aneka makanan dan minuman. Jika makanan dan minuman tumpah, tentu akan jadi repot untuk membersihkan karpetnya. Karpet dengan bulu pendek dan padat akan memudahkan kita membersihkan sisa remah kue dan mengeringkan karpet dari minuman yang tumpah. Untuk masalah motif, pilih karpet dengan motif yang menarik ya.

Selanjutnya untuk ruang keluarga, Anda bisa memilih karpet yang memiliki bulu lebat dan lembut. Ruang keluarga merupakan ruang yang harus didesain senyaman mungkin karena di sinilah keluarga berkumpul. Karpet yang tabl, empuk, dan nyaman tentu bisa memberikan suasana yang hangat dan mengakrabkan. Karena itu, pilih karpet dengan tekstur yang tebal dan empuk supaya waktu berkumpul keluarga makin menyenangkan.

Untuk di ruang makan Anda bisa memilih karpet dengan tekstur bulu pendek. Di ruang makan, karpet akan lebih mudah kotor. Ini karena bisa saja makanan jatuh ke karpet. Jika bulu karpet pendek, maka Anda bisa lebih mudah membersihkan sisa makanan yang jatuh ke karpet.

Selanjutnya, untuk area kamar tidur, Anda bisa memilih karpet dengan bulu panjang dan tekstur empuk. Ini akan membuat Anda betah berlama-lama di kamar. Karpet dengan bulu yang lembut dan halus tentu bikin Anda lebih rileks dan juga bersemangat mengawali hari.

Sesuaikan Motif Karpet dengan Ruangan

Ketika memilih karpet untuk sebuah ruangan, ada baiknya Anda menyesuaikan motif dengan ruangan tersebut. Anda bisa memilih motif karpet yang polos untuk ruangan yang sudah padat dengan furnitur atau perabotan. Gunakan warna putih atau krem supaya ruangan Anda terlihat lebih lapang.

Sementara untuk ruangan yang terlalu kosong, Anda bisa memilih karpet bermotif yang dapat menjadikan perabotan di atas karpet sebagai point of interest. Pilih pola yang kecil jika ingin ruangan terasa terisi, Anda bisa juga memilih pola yang besar untuk memberi kesan ruang lebih lega.

Pilih Warna yang Tepat

Selain memilih motif, memilih warna yang tepat untuk karpet juga sangat diperlukan. Warna akan memberi kesan penting dalam tampilan visual ruang. Warna yang terang dan netral bisa membuat ruangan terkesan lebih luas. Sementara warna yang gelap mampu memberi kesan berat namun tetap terkesan elegan.

Di sisi lain, warna karpet yang senada dengan furnitur bisa menciptakan ruang yang terkesan lebih hidup. Anda bisa memilih warna sesuai dengan desain ruangan. Misalnya saja ruangan berdesain shabby chic. Maka Anda harus memakai karpet yang bisa menonjolkan sisi shabby chic tersebut.

Cek jumlah furnitur sebelum membeli dan meletakkan karpet. Ini supaya ruangan terlihat seimbang. Pilih karpet yang motifnya sederhana dan berwarna cerah untuk menampilkan kesan lapang. Sebaliknya, pilih karpet dengan kombinasi beberapa warna jika ruangan terkesan sempit.

Perhatikan juga warna lantai sebelum memasang dan memilih warna karpet. Anda bisa memilih warna karpet yang sama persis dengan warna lantai. Namun bisa juga Anda memakai karpet dengan warna kontras dari warna lantai. Ini akan memberi kesan unik dan menarik pada lantai tersebut.

Pilih Bentuk Karpetnya

Saat memilih karpet, ada baiknya juga memilih bentuk karpet yang sesuai. Secara umum ada bentuk karpet persegi dan ada juga yang bulat atau oval. Karpet bentuk persegi biasanya memang paling umum dijumpai.

Ada yang persegi panjang dan ada pula yang kotak dengan panjang seluruh sisinya sama. Karpet persegi paling mudah dijumpai dan menjadi bentuk yang paling umum. Anda bisa mudah menyesuaikan karpet ini dengan ruang apa saja.

Sementara itu, karpet bulat atau oval bisa juga untuk dipilih. Karpet semacam ini cocok untuk ditempatkan di ruang keluarga, ruang tamu, atau pun ruang makan.

10 Rekomendasi Karpet Lantai ini Siap Bikin Rumah Lebih Menarik

Kindra Karpet Halus Modern

Kindra Karpet Halus Modern bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda. Produk yang satu ini hadir dengan bahan bulu halus yang sangat berkualitas. Karpet lantai ini mudah untuk dibersihkan sehingga tidak menimbun debu dan kotoran.

Karpet begitu nyaman untuk diduduki atau alas untuk bersantai di lantai. Produk ini hadir dalam ukuran 160 x 120 cm. Desain karpet ini cukup menarik sehingga bikin ruangan lebih berkarakter.

Harga Rp. 549.000-796.000

Mendekor Bantala

Mendekor Bantala merupakanproduk karpet lantai selanjutnya untuk Anda. Karpet dari Mendekor dijamin memiliki kualitas yang bagus karena bahannya berkualitas.

Produk dari Mendekor dibuat oleh pengrajin lokal sehingga jika Anda membelinya maka Anda turut andil memajukan industri kreatif di Indonesia. Karpet yang satu ini berbahan bulu halus berkualitas yang mudah untuk dibersihkan.

Anda bisa memakai produk ini untuk duduk dan bersantai bersama keluarga. Desain karpet ini menarik dan bikin ruangan jadi lebih indah.

Harga Rp. 549.000-993.000

Karpet Lantai Maroc Warna

Karpet Lantai Maroc Warna 160 x 210 cm menjadi produk selanjutnya yang bisa dipilih. Karpet yang satu ini desainnya terbaru dengan kombinasi warna yang cerah. Ini bisa jadi pilihan untuk ruangan yang minimalis supaya kesannya makin lapang.

Produk ini akan memberi kesan modern pada ruang Anda. Karpet yang satu ini terbuat dari bahan polyproplene. Karpet ini bagian bahan belakangnya dari jute yarn sehingga anti selip dan nyaman dipijak. Ada berbagai ukuran yang bisa dipesan. Motifnya simpel dan ada banyak pilihan warna menariknya.

Harga Rp. 225.000-447.000

Karpet Polos Mirza Lembut

Anda tidak bisa ketinggalan memiliki Karpet Polos Mirza Lembut 200 x 240 cm. Produk yang satu ini merupakan karpet yang lembut dengan antislip dibawahnya.

Karpet ini hadir dengan motif polos sehingga akan cocok diletakkan di mana saja. Produk ini tahan lama digunakan karena bahannya lembut dan tidak berbau.

Ada pilihan warna beige, grey, dan blue yang terkesan elegan dan modern. Karpet ini memilii lapisan karet anti selip di bagian belakanganya. Ini membuat karpet minim risiko tergelincir saat dipijak.

Harga Rp. 288.000-433.000

Karpet Fortunio Lembut

Karpet Fortunio Lembut 200 x 300 cm menjadi rekomendasi selanjutnya yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Produk yang satu ini hadir dengan pilihan grade A dan B.

Untuk grade A adalah produk terbaik, sementara grade B mengalami cacat fisik namun masih bisa digunakan. Karpet ini hadir dalam ukuran 200 x 300 cm.

Produk ini tahan lama digunakan dengan bahan yang lembut dan tidak menimbulkan bau. Ada pilihan warna yang menarik untuk dipilih. Bagian belakang karpet dilengkapi karet anti selip sehingga lebih aman dipijak.

Harga Rp. 581.000-698.000

Karpet Selimut Karmut Impor Classic Look

Karpet Selimut Karmut Impor Classic Look juga tidak bisa dilewatkan. Produk yang satu ini hadir dengan nuansa bunga yang elegan. Karpet lantai ini desainnya klasik dan cocok untuk ruangan yang luas.

Produk ini hadir dalam ukuran 200 x 240 cm. Ada pilihan warna beige, hijau, baby blue, dan purple. Produk ini terbuat dari bahan poliester dengan anti selip di bagian belakang.

Harga Rp. 545.000-838.000

Karpet Selimut Karmut Lovely Vine

Karpet Selimut Karmut Lovely Vine menjadi produk yang bisa dipilih selanjutnya. Karpet yang satu ini desainnya elegan dan romantis. Produk ini nyaman dipakai alas untuk anak bermain atau untuk alas berkumpul keluarga.

Karpet keren ini bisa memberi rasa nyaman karena bulunya lembut di kaki. Tekstur karpetnya empuk sehingga nyaman dipijak. Karpet ini hadir dengan bahan poliester dan anti selip di bagian belakangnya. Produk ini memiliki ukuran 190 x 240 cm.

Harga Rp. 504.000-835.000

Karpet Shaggy Ivory Beige Cream

Karpet Shaggy Ivory Beige Cream ini juga bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini tahan lama digunakan. Karpet keren ini memiliki bulu yang tebal dan empuk. Bagian bulunya tidak mudah rontok dan tidak berbau. Karpet ini mudah dibersihkan. Produk yang satu ini terbuat dari bahan soft micro fiber dengan ketebalan 30 mm. Karpet permadani ini bikin kita betah duduk atau tiduran di atasnya.

Harga Rp. 1.235.000-1.787.000

Karpet Lantai Bulu Lembut

Karpet Lantai Bulu Lembut ini juga bisa jadi pilihan berikutnya. Produk yang satu ini bisa digunakan untuk siapa saja. Karpet ini bisa digunakan di meja, ambal kursi, dan lainnya.

Terbuat dari busa royal kuning, produk ini kuat dan tidak mudah kempes. Bagian atas karpet terbuat dari bulu rasfur lembut yang tidak mudah rontok. Karpet ini aman untuk dewasa dan anak-anak.

Bagian bawah karpet ini adalah kain bintik anti selip dengan resleting sehingga lebih mudah untuk dibuka ketika mencuci sarung karpetnya. Karpet yang satu ini memiliki panjang 200 cm dan lebar 120 cm.

Harga Rp. 191.872-235.000

Karpet Lantai Tebal Minimalis Antislip Motif Daun Monstera

Karpet Lantai Tebal Minimalis Antislip Motif Daun Monstera Karpet Kanvas - Motif Daun Monstera ini menjadi pilihan berikutnya. Produk yang satu ini terbuat dari bahan kanvas halus. Bagian bawah karpet ini dilapisi anti selip sehingga aman digunakan. Karpet yang satu ini hadir dalam ukuran 100 x 150 cm.

Harga Rp. 195.000-303.000
From our editorial team

Atur Posisi Karpet dengan Tepat

Pengaturan posisi karpet wajib diperhatikan dengan benar. Hal ini supaya karpet bisa menjadi dekorasi ruang yang enak dipandang mata. Anda bisa meletakkan karpet di bawah furnitur seperti meja dan kursi. Pastikan semua kaki furnitur berada di atas karpet. Cara selanjutnya adalah, bisa juga hanya bagian kaki depan furnitur yang menginjak karpet. Dan cara ketiga adalah kaki furnitur tidak menginjak karpet sama sekali jika karpet memiliki ukuran yang kecil dan licin