Tampilan Mobil Lebih Baru dengan 10 Rekomendasi Cat Mobil Berikut (2020)

Tampilan Mobil Lebih Baru dengan 10 Rekomendasi Cat Mobil Berikut (2020)

Ingin tampilan mobil lebih baru? Anda bisa mengecat ulang mobil supaya tampilannya makin menarik. Dengan mobil yang menarik, tentu Anda jadi lebih percaya diri membawanya. Cek berbagai hal yang wajib Anda ketahui untuk mengecat mobil sendiri!

Eksterior Mobil Mencerminkan Perawatannya

Memiliki mobil pribadi tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Meski ada transportasi umum, namun ada kalanya naik mobil pribadi lebih nyaman dan aman untuk bepergian.

Bagi Anda yang sudah memiliki mobil pribadi, tentunya Anda ingin merawat dan membuatnya tampak keren. Eksterior mobil wajib jadi perhatian utama para pemilik mobil. Ini karena eksterior mobil bisa menunjukkan karakter atau selera dari si empunya mobil. Jika eksteriornya terlihat bagus dan berkilau, tentu kesan pemiliknya juga jadi keren.

Sayangnya, tak semua pemilik mobil menyadari pentingnya penampilan eksterior mobil. Banyak yang membiarkan eksterior mobilnya tampak kusam karena terik matahari, debu, dan kotoran. Jika dibiarkan saja maka kesan pemiliknya jadi sama kusamnya dengan mobilnya.

Untuk membuat tampilan eksterior mobil makin menarik, salah satu caranya adalah Anda perlu melakukan pengecatan ulang kembali. Anda bisa menyerahkan masalah pengecatan mobil pada tenaga ahli yang telah profesional dalam bidangnya.

Pemilihan warna cat mobil pun tak bisa asal saja. Supaya warna cat mobil tampak bagus, Anda wajib memilih cat yang berkualitas bahannya. Selain itu, semisal sudah dilakukan pengecatan ulang, Anda juga wajib rajin ke bengkel untuk merawat bodi mobil agar tetap mengkilap. Dengan begini, Anda bisa lebih percaya diri membawa mobil kemana pun Anda pergi.

Kenali Dulu Tiga Bahan Dasar untuk Mengecat Mobil

Sebelum melakukan pengecatan ulang pada mobil, Anda wajib tahu berbagai bahan dasar yang bisa digunakan untuk mengecat mobil. Ini wajib Anda ketahui supaya Anda tak sala memilih cat mobil. Selanjutnya, Anda bisa serahkan pengerjaannya pada montir atau bisa juga Anda kerjakan sendiri.

Untuk bahan dasar cat mobil yang pertama adalah cat duco. Ini merupakan bahan dasar cat mobil yang umum dipakai pada kendaraan seperti pick up, truk, hingga angkutan umum. Cat duco sebagai bahan dasar cat mobil memiliki kelebihan yakni sifatnya instan. Untuk mengaplikasikannya tak perlu cara yang berbelit-belit. Karena itu, tak heran jika cat yang satu ini jadi cat paling digemari dan paling banyak digunakan pada bengkel pengecatan mobil. Di balik kelebihannya, ada juga kekurangan dari cat duco. Kekurangannya adalah warna yang dihasilkan tak terlalu mengkilap dan gampang pudar.

Jenis cat dasar mobil selanjutnya adalah cat bahan polyurethane atau kerap dinamakan cat oven. Proses pengecatannya memakai teknik oven guna memperoleh hasil maksimal serta agar cepat kering. Kelebihan saat memakai cat yang satu ini dibanding lainnya adalah daya tutup dan daya kilapnya tinggi. Daya tahan cat ini bisa tahan hingga puluhan tahun lamanya. Ini biasanya digunakan oleh pabrikan mobil untuk mengecat mobil baru. Kekurangan cat mobil yang satu ini adalah harganya agak mahal jika dibanding cat dasar lainnya.

Lalu, ada juga cat laquer yang bisa digunakan. Jenis cat ini memakai solvent organik untuk pengencerannya. Jenis cat yang satu ini jarang digunakan sebab aromanya terlalu menyengat. Bahkan ada beberapa produsen cat yang menghentikan produksi cat jenis yang satu ini. Kini, cat yang satu ini biasanya hanya dipakai untuk keperluan industri, furnitur, dan juga produk otomotif. Cat yang satu ini bisa awet 1 hingga 2 tahun. Kelebihan dari cat ini adalah lebih cepat kering.

Anda Bisa Mengecat Mobil Sendiri dengan Deretan Langkah Berikut

Sebelum Pengecatan

Jika tak ingin ke bengkel dengan alasan menghemat biaya, Anda bisa mencoba mengecat sendiri mobil pribadi Anda. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan, ya. Salah satunya adalah dengan membersihkan dulu eksterior mobil dengan cara mengelap dan mengampelasnya.

Gunakan ampelas ukuran 1500 untuk membersihkan bagian mobil yang ingin dicat ulang. Selanjutnya, cuci dengan air bersih lalu keringkan dengan kain. Biarkan kering di bawah sinar matahri. Jika sudah kering, Anda bisa menyiapkan epoxy lalu menyemprotkannya pada bagian yang ingin dicat.

Tak berhenti sampai di situ, Anda juga perlu menggosok permukaan mobil dengan ampelas berukuran 2000. Lakukan hingga permukaan mobil merata lalu cuci dan keringkan kembali. Kemudian, lakukan pengecatan dasar dengan warna putih atau warna abu-abu. Setelahnya tunggu dua jam hingga cat dasar menjadi kering dan ampelas lagi agar hasilnya maksimal.

Saat Mengecat

Pilih warna cat mobil yang Anda inginkan. Hindari memakai warna asal yang sekiranya Anda masih ragu memakainya. Pastikan Anda sudah mantap dengan warna pilihan tersebut supaya tak perlu kerja dua kali atau supaya Anda tak menyesal dengan warna yang sudah Anda pilih.

Untuk mengecat mobil, campur dulu catnya dengan thinner dan usahakan tak terlalu encer dan tak terlalu kental. Jika catnya sudah kental, Anda perlu mencampur dengan perbandingan 1:2 dengan thinner. Sementara jika catnya sudah encer, maka sebaiknya campur dengan perbandingan 1:1 dengan thinner.

Saat mengecat, usahakan untuk melakukannya dalam satu kali penarikan spot cat untuk menghindari cat yang terlalu tebal. Lakukan pengecatan dengan merata supaya hasilnya bagus. Jika sudah, Anda tinggal mengeringkan hasil cat Anda.

Tahapan Akhir

Jika cat sudah kering, maka Anda sudah bisa memulai tahapan pernis. Ini wajib dilakukan agar hasil pengecatan mobil lebih bagus dan warnanya jadi lebih awet. Campurkan cat pernis dengan komponen hardener.

Supaya hasil lebih indah, maka pakai kombinasi campuran pas antara bahan pernis, hardener, dan clear coat. Pembagian yang pas adalah 100:25:75 dengan rincian 100 clear coat, 25 hardener, dan 75 thinner. Cara pengecatannya tak ada beda dengan pengecatan warna. Lakukan merata supaya hasilnya bagus. Selanjutnya tunggu kering dan lihat hasilnya.

Ini Dia Deretan Cat Mobil yang Bisa Anda Gunakan untuk Mobil Kesayangan

Nippon Paint Nippe 2000

Jika ingin mengecat mobil sendiri, Anda bisa andalkan Nippon Paint Nippe 2000. Ini merupakan cat laquer auto refinish yang berbasis nitroselulosa. Cat yang satu ini lebih cepat kering sehingga tak memakan waktu lama untuk mengecat mobil. Daya kilapnya juga tinggi. Ada berbagai pilihan warna yang bisa Anda pilih. Cat mobil ini tahan lama dan pastinya bisa mempercantik mobil Anda. Nippe 2000 selain cocok untuk mobil bisa juga digunakan pada mesin, kerangka kayu, dan besi. Jika tertarik membelinya, Anda bisa memilih kemasan kaleng isi 200 ml hingga yang kemasan isi 1 liter.

Harga Rp. 25.000-116.000

Cat Mobil SEIV

Anda bisa juga mengandalkan cat mobil SEIV. Ini merupakan cat mobil yang antikarat serta antibocor. Dengan bahan dasar bitominous, cat yang satu ini memiliki daya lekat yang bagus. Ketika mengecat memakai produk ini Anda tak perlu khawatir karena catnya cepat kering dan bisa tahan panas hingga 120 Celcius. Uniknya, tak hanya bisa untuk eksterior dan interior mobil saja, namun juga bisa digunakan untuk baja, mesin, atap, hingga beton. Tak ada kesan lengket yang terlihat. Produk ini bisa melindungi lapisan luar mobil dengan sangat bagus.

Harga Rp. 36.000-162.000

Auto Bright

Anda juga bisa melirik Auto Bright sebagai pilihan. Cat mobil yang satu ini merupakan cat PU yang bisa mengasilkan warna yang lebih cerah dan merata. Kelebihannya adalah warnanya tahan lama dan tak mudah luntur. Bahkan untuk jenis warna metaliknya dilengkapi butiran halus yang membuatnya tampak seperti cat asli. Ada banyak pilihan warna yang bisa Anda pilih dari merek ini. Produk ini bisa digunakan untuk semua jenis perbaikan eksterior mobil.

Harga Rp. 77.000-175.000

Cat Mobil Motor Penta Super Glos

Anda juga bisa melirik Cat Mobil Motor Penta Super Glos sebagai pilihan. Ini merupakan cat yang berbahan dasar resin Nitrocellulose dan Alkyd. Produk ini berkualitas tinggi sehingga menghasilkan cat yang tahan lama. Tak butuh waktu lama untuk mengecatnya karena cat ini cepat kering. Anda bisa memakainya untuk pemakaian interior juga. Cat ini hadir dengan pigmen metalik sehingga memberikan warna yang indah dan menarik. Produk ini tidak larut bensin dan minyak tanah. Cat ini tahan air dan cuaca dengan daya lekat baik.

Harga Rp. 40.000-80.000

Cat Mobil Danagloss

Cat Mobil Danagloss merupakan produk yang bisa diandalkan. Cat mobil ini hadir dengan kualitas tinggi. Produk ini banyak dipakai oleh industri mebel duco dan otomotif untuk pengecatan bodi repair. Cat yang satu ini hadir dalam banyak pilihan warna. Teksturnya kental dan warnanya begitu pekat dan tajam. Cat ini tahan lama dengan kualitas yang sangat prima. Anda bisa menggunakannya untuk mempercantik mobil kesayangan.

Harga Rp. 57.000-181.000

GOLDSCHMIED MS CLEAR COAT

GOLDSCHMIED MS CLEAR COAT adalah cat mobil selanjutnya yang bisa digunakan. Produk ini hadir dengan daya kilap yang tinggi sehingga membuat mobil tampak seperti baru dan tampak mempesona. Warna produknya tahan lama dan pastinya tak mudah mengelupas. Cat mobil ini dijual dengan ukuran 1 liter. Ada banyak warna yang bisa dipilih. Daya tutup cat ini sangat bagus, selain itu juga sangat tahan gores.

Harga Rp. 185.000-294.000

Cat Mobil Top Color

Cat Mobil Top Color ini menjadi produk rekomendasi kami selanjutnya. Cat mobil ini bisa memberi perlindungan maksimal pada mobil. Dengan daya tutup yang kuat, cat tak mudah mengelupas dan bisa menutup noda dengan sempurna. Produk ini cocok juga digunakan pada kayu, besi, kendaraan, bangunan, dan plastik. Anda bisa memilih aneka jenis warna dari cat yang satu ini. Produk ini dijamin memuaskan Anda dan bisa membuat tampilan mobil lebih sempurna.

Harga Rp. 65.000-163.000

Nebula

Nebula merupakan salah satu jenis cat duco untuk mobil. Cat yang satu ini cocok untuk meremajakan mobil. Ini adalah cat premium kelas menengah dengan harga terjangkau namun kualitas yang bagus. Pilihan warnanya sangat beragam sehingga Anda bisa memilih sesuai selera. Produk ini memiliki warna yang tajam dan indah. Cat ini lebih cepat kering dan pastinya memberikan hasil yang menakjubkan pada tampilan mobil Anda.

Harga Rp. 205.000-510.000

Rubber Paint X6

Rubber Paint X6 menjadi cat mobil selanjutnya yang bisa dipilih. Tak hanya bisa digunakan untuk melapisi bagian mobil yang penyok, cat ini juga bisa memberikan warna indah untuk bagian velg dan bodi mobil. Pilihan warna yang disediakan pun sangat beragam. Cat mobil ini cocok juga dipakai untuk barang rumah tangga seperi meja, lemari, dan lainnya. Daya rekatnya kuat dan tak akan mudah rapuh meski cuaca sedang ekstrem. Produk ini juga bisa melindungi cat bawaan dari karat, jamur, dan goresan halus.

Harga Rp. 49.000-103.000

Cat Kansai Kardiac

Cat Kansai Kardiac juga merupakan cat yang wajib dipilih. Produk yang satu ini hadir dalam pilihan warna menarik. Warnanya begitu berkilau dan bisa membuat tampilan mobil lebih elegan. Cat yang satu ini dikemas dalam ukuran 1 liter. Daya rekatnya kuat dan pastinya tak mudah mengelupas. Cat ini juga akan melindungi mobil dari karat.

Harga Rp. 120.000-210.000
From our editorial team

Cat Mobil Tak Bisa Dipilih Asal Saja

Memilih warna cat mobil tak bisa asal dan sembarangan, ya. Pastikan Anda benar-benar menginginkan warna tersebut. Jangan sampai sudah terlanjut dicat, lalu Anda ingin warna lainnya. Ini tentu bikin Anda kerja dua kali dan membuat waktu terbuang percuma.