Simak Tips Memilih Lampu Belajar Anak dan 10 Rekomendasinya dari BP-Guide! (2020)

Simak Tips Memilih Lampu Belajar Anak dan 10 Rekomendasinya dari BP-Guide! (2020)

Lampu belajar merupakan item pendukung belajar yang penting untuk anak. Jangan asal saja memilih lampu belajar untuk anak. Supaya kesehatan mata anak terjaga dan supaya ia makin semangat belajar, yuk, cek tips dari kami dalam memilih lampu belajar anak yang bagus!

Lampu Belajar Penting untuk Menunjang Proses Belajar Anak

Sebagai orangtua, kita perlu mendukung anak dalam berbagai kegiatannya, utamanya saat belajar. Di dalam masa pandemi seperti sekarang ini, anak-anak diharuskan belajar dari rumah. Anda tentu ingin mendampingi putera puteri tercinta untuk belajar dengan maksimal selama berada di rumah.

Anak-anak memang paling mudah terpecah konsentrasinya. Jika suasana dan lingkungan belajarnya kurang mumpuni, jelas ia akan mudha teralihkan dan tak bisa maksimal dalam belajar. Sebagai orangtua, sudah seharusnya kita menciptakan tempat yang nyaman untuk belajar dan bisa membuat anak. Maka dari itu, Anda perlu mulai melengkapi kebutuhan anak untuk belajar di rumah.

Ada beberapa barang yang bisa menunjang belajar anak, diantaranya meja dan kursi belajar, buku pelajaran, laptop dan internet, hingga lampu belajar. Berbagai kebutuhan tersebut akan membuat anak jadi lebih tekun saat belajar. Utamanya lampu belajar yang kerap kali dianggap remeh. Fungsi lampu belajar sendiri sangat penting loh.

Lampu belajar akan membuat anak tak kesulitan saat belajar. Pencahayaan di sekitar anak jadi lebih bagus dan ini akan membuat mata anak lebih terlindungi. Anak jadi lebih berkonsentrasi dan tentu saja ia bisa belajar lebih maksimal.

Tips Memilih Lampu Belajar Anak

Pilih Ukuran yang Sesuai

Ketika hendak membeli lampu belajar untuk anak, hal pertama yang wajib Anda perhatikan adalah ukuran lampunya. Di pasaran, ada lampu berukuran super kecil dan ada juga ukuran lampu yang agak besar. Sesuaikan ukuran lampu dengan luas meja dan luas ruangannya.

Jangan sampai ukuran lampu terlalu besar untuk meja sehingga meja terkesan terlalu penuh. Ini akan membuat kondisi meja terkesan kurang rapi dan malah membuat anak tidak konsentrasi belajar.

Pastikan saja ukurannya proporsional dengan luas meja tempatnya diletakkan. Hindari lampu yang terlalu besar supaya tak mengurangi kenyamanan dan mengganggu aktivitas.

Pilih yang Ada Fitur Dimmer

Ketika membeli lampu belajar untuk anak, perhatikan tambahan fitur yang ada. Pastikan ada fitur dimmer pada lampu belajar yang Anda pilih. Fitur ini tak kalah pentingnya untuk ada dalam lampu. Ini merupakan fitur yang bisa mengatur intensitas cahaya sehingga Anda dan buah hati bisa meredupkan ataupun menerangkan sorotan cahaya lampu sesuai keinginan.

Adanya fitur dimmer ini membuat Anda bisa menyesuaikan cahaya bergantung kondisi saat anak hendak belajar, misalnya di siang atau di malam hari. Dengan membeli lampu belajar yang ada dimmer-nya, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai lampu tidur. Tinggal redupkan saja dan lampu bisa jadi multifungsi sebagai lampu untuk menemani si kecil tidur.

Pilih Lampu Reflektor yang Bagus

Anda bisa juga memilih lampu belajar dengan reflektor yang bagus. Reflektor adalah fitur penting dari lampu belajar. Fitur ini berguna untuk memantulkan cahaya dari lampu ke objek tujuan. Makin terang pantulannya maka makin baik reflektor yang digunakan.

Reflektor bisa membuat jangkauan sinar lampu jadi lebih luas. Jangkauan sinar yang luas tentu bagus untuk anak yang belajar. Ini akan membuat seluruh area meja mendapat penerangan yang bagus dan tidak terasa kontras di mata karena anak jadi tidak silau saat belajar.

Selain itu, adanya reflektor juga membuat area belajar anak jadi tidak cepat terasa panas karena sorotan sinar lampu. Dengan begini, anak bisa membaca, menulis, dan belajar dengan lebih nyaman.

Pilih Tingkat Kecerahan Lampu

Jangan lupa untuk memilih lampu belajar anak dari segi tingkat kecerahan lampu. Cahaya yang terlalu terang bisa menyakitkan mata. Begitu juga dengan cahaya yang terlalu redup, bisa membuat mata jadi lebih cepat pedih.

Jika membeli lampu belajar tipe LED, maka akan ada informasi xx lumen yang merupakan tingkat kecerahan lampu tersebut. Lumen merupakan satuan jumlah cahaya yang dihasilkan.

Lampu belajar dengan daya 4 watt setara dengan 350 lumen, sementara yang 14 watt setara dengan 1400 lumen. Lampu dengan cahaya kurang dari atau sama dengan 500 lumen bisa memberi cahaya memadai.

Pilih Bentuk dan Warna Lampu yang Disukai Anak

Untuk anak-anak, bentuk dan model lampu belajar sangat penting diperhatikan. Usahakan memilih bentuk yang menarik supaya anak lebih giat belajar. Sekarang ini ada banyak lampu belajar dengan bentuk yang atraktif di pasaran.

Ada yang berbentuk karater kartun, hewan, tumbuhan, bahkan ada juga yang dilengkapi dengan wadah stationary. Anda bisa pilih mana yang sekiranya disukai buah hati. Ajak ia untuk ikut serta memilih lampu belajarnya sendiri.

Jangan lupa juga memilih warnya yang menarik untuk lampu belajarnya. Anda bisa menyesuaikan warna lampu belajar dengan tema meja belajar buah hati atau warna kesukaan buah hati.

Ini Dia Rekomendasi Lampu Belajar untuk Membuat Anak Makin Semangat

Eglare Lampu Meja Elephant

Eglare Lampu Meja Elephant ini tentu bisa jadilampu belajar pilihan untuk buah hati. Bentuk lampu ini menarik karena berbentuk hewan gajah dengan bagian belalai yang berfungsi sebagai lampu.

Modelnya yang menggemaskan tentu bikin buah hati jadi lebih semangat belajar. Produk ini terbuat dari bahan plastik yang tahan panas. Adanya lampu ini bisa menambah aksen dekoratif pada meja belajar.

Lampu berukuran 40 x 14 x 10 cm ini hadir dalam berbagai pilihan warna. Lampu berdaya 6 watt ini cocok untuk memberikan kesan modern pada ruang tempatnya di letakkan.

Harga Rp. 436.000-604.000

Lampu Meja Belajar Touch Sensitive

Anda juga bisa menggunakan Lampu Meja Belajar Touch Sensitive. Taka kalah dengan desain lampu belajar sebelumnya, produk yang satu ini juga unik karena memiliki bentuk mirip daun.

Ada juga fitur pot bunga yang bisa digunakan untuk menyimpan aneka peralatan tulis buah hati. Lampu belajar anak ini hadir dengan 3 tingkat kecerahan cahaya yang bisa diatur sesuai kondisi ruangan.

Uniknya lampu ini memiliki teknologi sentuh untuk mematikan dan mengganti tingkat keterangan cahaya. Leher lampu ini bisa diputar 360 derajat dan menyesuaikan kebutuhan. Dalam pembelian sudah lengkap dengan USB cable.

Harga Rp. 89.000-195.000

AOKI AK-6041

AOKI AK-6041 merupakan lampu belajar anak selanjutnya. Lampu ini sangat fleksibel untuk digunakan. Produk ini mudah dibawa kemana saja karena memakai baterai yang bisa diisi ulang kembali dayanya.

Dalam pembelian sudah ada USB plug yang dapat digunakan di semua perangkat yang memiliki USB port. Buah hati Anda juga bisa menyimpan alat tulisnya di bagian kotak yang disediakan pada lampu yang satu ini.

Produk memakai lampu LED yang bukan hanya lebih terang, namun juga lebih ramah lingkungan. Untuk mengatur kecerahan cahayanya bisa memakai tombol on dan off.

Harga Rp. 71.000-145.000

Lampu Meja Anak, Lampu Tempat Pena Totoro

Lampu Meja Anak Lampu Tempat Pena Totoro merupakan produk yang sayang untuk dilewatkan. Produk yang satu ini bentuknya sangat menggemaskan dan pastinya akan disukai buah hati.

Lampu belajar anak ini hadir dengan warna hijau yang meyegarkan dan bikin semangat belajar. Produk ini bisa mudah diputar penyangganya.

Buah hati Anda juga bisa dengan mudah meletakkan alat tulisnya pada wadah yang tersambung dengan lampu belajarnya. Lampu keren ini cahayanya bisa diatur dengan 3 tingkat kecerahan.

Harga Rp. 83.000-216.000

Lampu Belajar Anak Mini Portable Model Pesawat

Anda juga bisa memberikan Lampu Belajar Anak Mini Portable Model Pesawat untuk buah hati. Ini pasti akan menarik hati putera Anda. Ia jadi lebih semangat belajar karena bentuk lampunya sangat unik.

Lampu belajar anak ini memakai lampu LED yang nyaman di mata. Ada berbagai pilihan warna menarik yang bisa Anda pilih seperti, pink, biru, ungu, da kuning. Produk ini terbuat dari bahan plastik yang tahan panas sehingga tahan lama digunakan.

Harga Rp. 112.000-295.000

Remax Deer LED Lamp

Remax Deer LED Lamp menjadi pilihan keren selanjutnya. Lampu belajar anak ini bisa menerangi area meja dengan luas. Produk ini bisa menyebarkan ke area seluas 40 cm dari pusat cahayanya.

Lampu ini menghadirkan cahaya 600 lumen dengan daya 7 watt saja. Desainnya lucu dan unik sehingga bisa membuat anak makin semangat belajar. Berkat desain tersebut, ruangan tempatnya diletakkan juga jadi lebih elegan dan lebih terkesan modern.

Ada 3 jenis sistem penerangan yaitu lampu putih, lampu kuning, dan lampu putih dan kuning menyala bersamaan pada lampu ini. Leher lampu bisa lebih fleksibel ditekuk. Lampu juga memakai baterai cas yang dapat bertahan lama untuk sekali pengisian.

Harga Rp. 95.000-150.000

VDR E27 Flexible Desk Lamp

VDR E27 Flexible Desk Lamp merupakan produk yang bisa jadi pilihan. Lampu belajar anak tersebut bisa diatur sesuai keinginan karena bagian penyanganya fleksibel.

Dengan ukuran 16 x 40 cm, lampu ini akan mendukung apapun kebutuhan Anda. Produk hadir dalam pilihan warna merah, hijau, dan biru. Dalam pembelian lampu belajar ini tak disertakan bohlam lampunya.

Harga Rp. 34.000-90.000

Lampu Belajar + Cermin Bulan Hello Kitty

Ada juga produk Lampu Belajar + Cermin Bulan Hello Kitty. Yang satu ini pasti sangat disukai buah hati. Bentuk lampu ini sangat menggemaskan sehingga tak heran jika membuat anak jadi semangat belajar.

Lampu ini bentuknya akan membuatnya cocok sebagai dekorasi meja. Produk berukuran 13cm x 13cm x 9 cm ini cocok untuk segala jenis meja belajar. Lampu ini memakai lampu LED.

Uniknya di bagian bulan juga ada lampunya. Produk dilengkapi di bagian belakang. Lampu ini memakai baterai recharge dan dalam pembelian sudah termasuk kabel USB.

Harga Rp. 74.000-150.000

Lampu Belajar Anak Berkualitas Cosco 986 Boneka Anjing

Lampu Belajar Anak Berkualitas Cosco 986 Boneka Anjing juga tak boleh ketinggalan untuk dilirik. Produk keren ini memiliki penyangga yang sangat fleksibel sehingga Anda bisa mengarahkan ke mana dibutuhkan.

Lampu belajar anak ini memiliki desain yang lucu dan menggemaskan. Dengan lampu LED, Anda bisa lebih hemat listrik. Produk ini hadir dalam ukuran 15 x 21 x 15 cm.

Harga Rp. 69.000-103.000

Lampu Meja Baymax Lampu Belajar Anak

Lampu Meja Baymax Lampu Belajar Anak ini adlaah produk yang memakai lampu LED. Desainnya seperti tokoh kartun Baymax sehingga sangat menggemaskan.

Saat tak digunakan, lampu belajar anak ini nisa jadi deokrasi meja belajar. Kesan ruangan jadi lebih modern dengan adanya lampu ini. Produk berwarna putih ini memberi kesan bersih dan elegan.

Lampu ini berkualitas tinggi dan tahan lama digunakan. Jika ingin memakainya, cukup buka bagian kepala dari baymax ke atas dan lampu LED dapat digunakan untuk menerangi meja.

Ketinggian lampu bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Anda tinggal menarik leher baymax ke atas. Produk juga bisa diisi ulang baterainya saat habis.

Harga Rp. 72.000-115.000
From our editorial team

Pastikan Lampu Belajar Anak Nyaman di Mata

Lampu belajar bukanlah produk yang bisa disepelekan pemilihannya. Jika Anda bisa memilih lampu belajar yang tepat, kegiatan anak akan jadi lebih produktif. Perhatikan cahaya yang dihasilkan lampu. Pastikan produk lampunya memberi rasa nyaman di mata supaya anak betah berlama-lama belajar. Jangan lupa memilih lampu belajar yang sesuai dengan dompet. Nah, simak pilihan di atas yuk untuk rekomendasi lampu belajar anak!

Tag