10 Rekomendasi Lampu LED USB untuk Digunakan Ketika Emergency (2020)

10 Rekomendasi Lampu LED USB untuk Digunakan Ketika Emergency (2020)

Lampu emergency hadir dalam berbagai macam dan bentuk. Salah satunya adalah lampu LED emergency yang bisa dinyalakan via USB. Fungsi dan manfaatnya sangat banyak lho, yuk simak rekomendasi dari BP-Guide berikut ini.

Lampu USB Sangat Penting Dipersiapkan Apalagi Ketika Ada Emergency

Lampu adalah salah satu hal terpenting yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Coba deh bayangkan bagaimana kalo kita harus hidup dalam kegelapan seperti di masa lampau? Dunia jelas akan jadi berantakan.

Meski listrik kini sudah dinikmati di hampir seluruh penjuru negeri, terkadang kita harus mengalami ketidaknyamanan karena mati lampu. Bisa juga ketika kita harus berkegiatan di alam yang tidak memiliki penerangan memadai. Kalau sudah begini, kita akan memerlukan lampu cadangan.

Akhir-akhir ini penggunaan lampu LED semakin banyak di kalangan masyarakat. Terangnya sinar yang dipancarkan oleh lampu LED yang melebihi lampu neon atau lampu pijar adalah salah satu alasannya. Selain itu, lampu LED juga lebih hemat energi.

Usia lampu LED juga relatif lebih lama dibandingkan lampu biasa. Penggunaan lampu LED tidak hanya sebatas pribadi saja di rumah, tetapi juga di kantor-kantor swasta, mall, hingga instansi pemerintahan. Demikian juga pada lampu darurat.

Selain lampu darurat yang bersumber pada daya baterai, kini ada juga lampu LED yang bisa menyala menggunakan daya dari USB port. Ini sangat berguna sekali ketika terjadi listrik pada tiba-tiba lho. Kamu tinggal mencolokkan lampu ini ke powerbank atau laptop yang dilengkapi dengan port USB.

Memilih Lampu USB yang Tepat

Akan Digunakan untuk Apa

Dalam memilih barang apapun, kamu harus tahu fungsi dan tujuan kamu membelinya. Termasuk lampu LED USB ini. Secara umum, lampu ini bermnafaat untuk menerangi kamu saat menbaca buku, menggunakan laptop, lampu tidur, lampu emergency, atau lampu senter untuk kegiatan outdoor.

Untuk alasan efisiensi, paling enak membeli lampu LED yang bisa berfungsi ganda, baik itu untuk menerangi rumahmu saat mati listrik atau bisa kamu bawa bepergian dengan mudah. Ada juga lho lampu emergency yang bisa berubah menjadi senter sewaktu-waktu.

Lampu LED sangat nyaman dan aman bagi mata dan bisa dimodifikasi untuk menyesuaikan dengan kebutuhanmu sebagai penggunanya. Salah satu penggunaan lampu LED USB yang paling populer adalah untuk penerangan di sisi laptop untuk memudahkan kamu menggunakan laptop dalam gelap.

Bentuk dan Ukuran

Sumber gambar https://bgr.com

Dibandingkan dengan lampu portabel atau lampu emergency lainnya, lampu LED USB memang relatif kecil. Oleh karena itu, kamu harus mempertimbangkan ukuran dan desain lampu yang akan kamu beli. Jika kamu tidak memahami lampu yang kamu butuhkan, maka lampu yang kamu miliki juga tidak akan bisa berfungsi secara maksimal.

Tentukan dulu untuk apa dan dimana kamu akan menggunakan lampu LED tersebut. Apakah untuk penerangan laptop, lampu baca, atau lampu outdoor. Yang tidak kalah pentingnya adalah menyesuaikan desain lampu dengan desain interior rumahmu agar makin sedap dipandang mata.

Biasanya ukuran lampu LED sangat ditentukan oleh fungsinya. Jika kamu berencana menggunakan lampu LED sebagai pengganti cahaya darurat di dalam rumah, sebaiknya kamu memilih lampu yang lebih besar dengan cahaya yang lebih terang. Dengan demikian rumahmu bisa terang benderang tanpa harus menghabiskan terlalu banyak bola lampu.

Berbeda lagi jika kamu ingin lampu LED yang mudah dibawa. Lebih baik memilih lampu dengan ukuran kecil yang tidak terlalu berat dan merepotkan.

Daya Listrik

Sumber gambar https://www.walmart.com

Jangan salah, lampu LED portabel juga daya masing-masing. Mulai dari 1,5 watt hingga 6 watt, kamu bisa mendapatkan lampu yang kamu inginkan. Lampu LED USB dengan daya 1.5 watt misalnya, tentu ukurannya lebih kecil dan jangkauan penerangannya tidak luas. Lampu ini hanya bisa dipakai untuk menerangi keyboard laptopmu di malam hari.

Sementara itu ada juga lampu yang berdaya 6 watt yang bisa kamu gunakan untuk kegiatan outdoor. Kamu bisa menyalakan lampu ini dengan menghubungkannya pada sumber daya seperti power bank.

Sesuaikan Output Power USB Port

Saat membeli lampu LED USB, kamu harus melihat apakah output powernya sama dengan output power USB yang ada. Biasanya USB 2,0 memiliki arus 0,5 A dengan tegangan 5 V. Nah, bagi kamu yang masih awam soal listrik tidak jadi masalah.

Produsen lampu LED USB biasanya sudah menyesuaikan tegangannya dengan standar ini. Kecocokan tegangan ini sangat penting untuk mencegah terjadinya korsleting pada salah satu komponen.

Kini Ada Lampu LED USB yang Bisa Kamu Pilih

Lampu LED USB pun punya banyak macam dan varian yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Salah satu penggunaan lampu LED USB yang paling populer adalah sebagai lampu baca dan lampu emergency.

Saat kamu harus tetap beraktivitas di tengah-tengah mati lampu, lampu LED USB bisa menjadi sumber penerangan hanya dengan menghubungkannya pada port USB yang ada di laptop. Kegiatanmu pun tidak perlu terhenti hanya karena tidak ada sumber listrik. Kamu tetap bsia membaca atau menggunakan laptopmu di tengah-tengah listrik yang sedang padam.

Rekomendasi Lampu LED USB untuk Berbagai Keperluan

Best LED Lampu USB

Sebagai lampu baca portabel, cahaya yang dipancarkan oleh lampu LED USB ini sangat terang. Kamu bisa menggunakannya juga saat lampu sedang mati sehingga kamu masih bisa beraktivitas di tengah-tengah listrik yang padam. Kegiatanmu tidak perlu dihentikan hanya karena listrik mati.

Lampu yang satu ini bentuknya juga fleksibel alias bisa ditekuk. Cahayanya juga lebih membias dengan daya 1.2 watt. Lampu ini lebih terang dari lampu-lampu biasa dan jauh lebih hemat. Pilihan warna yang lucu pasti membuat kamu semakin tertarik membeli lampu ini.

Harga Rp. 3.700-8.888

Anylinx Superbright USB Lampu LED

Kamu yang hobi membaca wajib punya lampu ini. Lampu LED USB banyak menjadi pilihan karena bentuknya yang fleksibel, ringan, serta langsung bisa menyala setelah dihubungkan ke port USB seperti laptop atau powerban.

Lampu LED yang satu ini memiliki desain yang unik dengan berat ringan, sehingga mudah untuk dibawa kemana saja. Lampu ini adalah teman setia untuk menemani berbagai aktivitasmu, terutama saat lampu padam. Cocok sebagai lampu baca sebelum tidur aatu sebagai sumber penerangan untuk menggunakan laptop.

Harga Rp. 12.500

Universal Kabel USB Lampu LED 5w Putih Mitsuyama

Kalau kamu mencari lampu LED USB yang terang, ini dia jawabannya. Hadir dengan daya sebesar 5 watt, lampu ini punya bulb yang super terang dan bisa digunakan sebagai lampu emergency saat listrik sedang padam. Dengan panjang 1.5 m, kamu pasti akan lebih mudah dalam menggunakannya.

Lampu hemat energi ini hadir dengan harga yang terjangkau. Dilengkapi dengan pendingin untuk menciptakan cahaya yang terang maksimal. Kamu bisa menggunakannya di ruang tamu, toko, atau untuk keperluan pribadi lainnya.

Harga Rp. 7.500-13.000

Flash LED Light For All Smartphone Lampu Selfie

Kamu suka selfie tapi sering nggak puas sama hasilnya karena cahaya kurang terang? Ini bisa jadi solusi yang tepat. Lampu LED USB berwarna putih ini adalah flash tambahan yang akan membuat hasil foto semakin maksimal. Desainnya yang kecil dan ringkas membuat lampu ini sangat mudah dibawa ke mana saja.

Lampu dengan 16 buah LED ini memiliki daya 200 mAh dengan switch On dan Off sendiri lho. Kalau dayanya habis, tinggal isi ulang saja menggunakan charger Android. Pilihan warna hitam, putih, dan pink yang menarik pasti akan membuatmu lebih tertarik.

Harga Rp. 16.000-30.000

Indoku Lampu LED Micro USB Travel Charger

Produk yang satu ini adalah travel charger dengan desain unik yang dilengkapi dengan lampu LED. Jadi saat sedang bepergian, kamu tinggal membawa 1 benda ini saja untuk menjalankan 2 fungsi berbeda.

Selagi mengisi daya untuk smartphone, kamu bisa menggunakan power bank ini sebagai sumber cahaya untuk keadaan darurat. Lampu travel charger ini ada pada batok adaptornya, dengan aliran listrik yang stabil sehingga tidak berbahaya untuk gadget Anda.

Harga Rp. 69.900-119.900

Universal Hitam USB Lampu LED Bulat

Desain produk ini yang simpel dan berbentuk bulat pasti sangat menarik buatmu. Lampu ini mengeluarkan cahaya khas LED berwarna putih dan dapat digunakan sebagai lampu tidur juga lho.

Dengan konektor USB pada lampu ini, kamu juga bisa menghubungkannya dengan laptop atau power bank. Lampu ini memiliki tegangan 0.5 watt. Pilihan warnanya sangat menarik, ada hitam, biru, oranye, putih, dan pink.

Harga Rp. 7.317-11.000

Lampu LED USB 5730

Satu lagi lampu LED mini yang mudah dibawa bepergian. Dibekali dengan teknologi tinggi untuk performa yang luar biasa, lampu ini sangat kompatibel dengan semua perangkat yang memiliki port USB. Jadi kamu bisa menggunakannya pada power bank, adaptor charger, laptop, dan komputer.

Memancarkan cahaya putih yang hangat, lampu ini bisa kamu andalkan saat kondisi mati listrik atau redup cahaya. Kompatibilitas produk yang tinggi pasti akan semakin memudahkan kamu memakainya. Dilengkapi juga dengan USB di kedua sisi yang juga bisa digunakan sebagai steker.

Harga Rp. 8.000-19.000

Lampu LED Magic Lamo Strip USB

Mau ditempel secara permanen atau ingin membawanya saat bepergian, semuanya terserah kamu karena lampu LED USB ini bisa melakukannya.

Lampu LED dapat dinyalakan dengan power bank untuk menyelamatkanmu di konsisi darurat. Tidak hanya desainnya yang ringkas, tetapi juga dayanya kecil sehingga tidak memakan terlalu banyak energi.

Lampu ini terbuat dari bahan aluminium, PC, dan ABS sehingga tidak pelru diragunkan lagi kualitasnya. Dengan lampu sepanjang 37 cm, cahaya yang dipancarkan jelas super terang.

Harga Rp. 23.000-27.900

Lampu LED Bohlam Emergency ACE Light Kabel USB 5 Watt 5W

Lampu ini memiliki sudut pencahayaan hingga 120 derajat yang bisa tersebar dengan sempurna. Sangat cocok untuk menemani kamu di situasi darurat seperti mati lampu atau saat melakukan kegiatan di luar rumah.

Kamu tinggal menghubungkan ujung kabelnya ke sumber daya seperti power bank, adaptor charger, atau laptop. Lampu terbuat dari bahan plastik dan aluminium dengan daya 6V, langsung bisa digunakan tanpa ribet.

Harga Rp. 7.900-27.500

Lampu LED USB 3 Warna dan 2 Warn Comet

Dibekali 100 buah lumens, lampu ini memiliki daya sinar yang sangat kuat. Saking kuatnya, menatap langsung pada lampu ini bisa berbahay bagi kesehatan lho. Kamu bisa memilih mau menggunakan 100 lumens sekaligus atau hanya sebagian.

Dengan kekuatan 100 lumen, lampu dapat menyala selama 1 jam 40 menit, 50 lumens untuk 2 jam 45 menit, dan 20 lumens untuk 6 jam 20 menit. Selain itu, lampu juga dapat berfungsi sebagai senter dengan durasi waktu hingga 5 jam. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya adalah 3 jam dengan auto charge cut off yang tidak akan membuat baterai jadi menggelembung.

Harga Rp. 80.500-250.000
From our editorial team

Kalau Sudah Tahu Manfaatnya, Segera Miliki Satu

Lampu LED USB punya banyak manfaat kan? Setelah membaca artikel BP-Guide di atas kamu pasti menyadari betapa pentingnya memiliki lampu LED USB. Tunggu apa lagi? Buruan miliki satu dan jangan lupa untuk membawanya kapan saja dan ke mana saja!