10 Rekomendasi Emergency Lamp dengan Fitur Terbaik (2020)

10 Rekomendasi Emergency Lamp dengan Fitur Terbaik (2020)

Emergency lamp adalah salah satu benda yang harus ada di dalam rumah. Fungsinya tidak hanya untuk menerangi ruangan saat mati lampu, tetapi juga mendukung aktivitasmu di alam bebas. Yuk, simak rekomendasi emergency lamp terbaik versi BP-Guide berikut ini.

Lampu Darurat Akan Banyak Membantu Kita di Saat Mati Lampu

Sumber gambar www.fulcheredwards.co.uk

Mati listrik menjadi momen yang membuat kita semua gelisah. Ketiadaan cahaya membuat kita rentan menabrak segala sesuatu dan beresiko cedera pada tubuh. Apalagi kalau mati listrik di malam hari. Listrik bisa mati kapan saja, bahkan pada waktu-waktu yang kurang strategis seperti tengah malam atau dini hari. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam.

Di saat seperti ini, kita sangat membutuhkan lampu darurat. Dalam kondisi baterai penuh, lampu ini bisa bertahan hidup selama 4-10 jam. Penggunaan lampu darurat lebih aman ketimbang lilin yang berpotensi mneyebabkan kebakaran. Bentuk lampu darurat juga beragam lho. Mulai dari tabung neon, persegi panjang, hingga bohlam.

Serba-serbi Emergency Lamp

Tidak Bisa Menyala 24 Jam

Sumber gambar tripadvisor.ca

Namanya juga lampu emergency, tentu tidak bisa dipakai terus menerus, terlebih lagi selama 24 jam penuh. Pemakaian lampu emergency harus dibatasi karena daya yang dimiliki tidak sama dengan listrik dari PLN. Jika sudah dipakai selama 4 jam, lampu emergency sebaiknya segera dimatikan.

Namun untuk pemakaian sementara sambil menunggu listrik menyala, lampu emergency tentu sangat berguna. Agar kamu bisa menghemat energi, beli lampu emergency yang bisa diatur tingkat kecerahannya, sehingga kamu bisa menghemat daya lampu dengan meredupkan cahayanya.

Kompatibilitas Terbatas

Sumber gambar tokopedia.com

Lampu emergency bukan lampu yang bisa dipasang sembarangan. Ia kurang kompatibel dengan lampu-lampu biasa. Misalnya saat memasang lampu emergency menjadi satu saklar dengan lampu yang lainnya. Meski lampu yang lain mati, lampu emergency akan tetap menyala terus menerus meski saklar telah di swtich off.

Kekurangan lainnya adalah daya lampu emergency harus diisi terus menerus, bahkan meski tidak digunakan selama berhari-hari. Dalam kondisi tidak dipakai, lampu emergency setidaknya harus di-charge minimal 2 bulan sekali. Waktu pengisian juga harus diperhatikan. Jangan mengisi daya lampu lebih dari 8 jam karena akan membuat baterai lampu menjadi bocor.

Dapat Dijadikan Senter

Sumber gambar banggood.com

Selain sebagai penerangan darurat, lampu emergency punya beberapa firut lain seperti senter dan power bank lho. Ini tentu sangat bermanfaat buatmu yang suka melakukan kegiatan outdoor. Terlebih lagi, ada lampu emergency yang tidak memerlukan listrik untuk pengisian ulang daya, tetapi cukup menggunakan cahaya matahari saja.

Ada juga yang lebih suka menggunakan senter daripada lampu emergency. Senter memang lebih praktis untuk aktivitas di luar ruangan, namun untuk listrik yang sedang mati di dalam rumah, penggunaan lampu emergency tentu bisa memberi penerangan yang jangkauannnya lebih luas.

Otomatis Re-charge

Sumber gambar youtube.com

Salah satu kelebihan dari lampu emergency adalah kemampuan untuk recharge atau mengisi daya secara otomatis ketika lampu menyala. Durasi waktu yang dibutuhkan untuk pengisian daya berbeda-beda.

Misalnya adalah lampu yang membutuhkan waktu pengisian 4 jam untuk bisa menyala penuh selama waktu tersebut saat listrik padam. Namun jika lampumu tidak punya fitur ini, pastikan kamu selalu mengisi ulang bateraimu sebelum benar-benar habis.

Ketika lampu emergency tidak dipakai untuk waktu yang lama, biarkan kapasitas baterainya mencapai 50%. Setelah itu, pastikan lampu diisi daya secara berkala minimal 3 sampai 4 bulan sekali. Sebelum pemakaian pertama, lampu emergency harus di-charge dulu selama beberapa jam, sesuai dengan anjuran yang ada pada buku petunjuk.

Rekomendasi Emergency Lamp Terbaik dan Berkualitas

KRISBOW TWIN SPOT LAMPU DARURAT

Lampu darurat ini memiliki 2 kepala lampu LED dengan 12 panel LED super terang di masing-masing kepala. Kepala lampu dapat diputar ke kanan, kiri, atas, dan bawah untuk memberikan cahaya yang lebih terang ke seluruh ruangan.

Lampu bisa menyala hingga 32 jam dan membutuhkan waktu sekitar 20-24 jam untuk mengisi kembali dayanya. Lampu emergency dari Krisbow ini sangat mudah ditempelkan di dinding. Ketika lampu PLN mati, maka lampu akan menyala sendiri secara otomatis. Dengan nyala terangnya, lampu ini sangat kamu butuhkan di kondisi darurat.

Soal keawetannya tidak perlu ditanya, lampu emergency yang satu ini terbuat dari komponen berkualitas dengan baterai DC 6V 4.5 Ah untuk masa hidup yang lebih lama, sehingga kamu bisa menggunakannya untuk jangka panjang.

Harga Rp. 327.000-359.000

TECSTAR TL-660 LED EMERGENCY LAMP

Lampu portable yang satu ini hadir dalam desain lentera klasik mode lama yang sangat mudah dibawa kemana-mana. Lampu kini juga dapat memberikan estetika pada ruanganmu karena modelnya yang stylish dan dapat digantung.

Dilengkapi dengan 24 LED untuk memberikan cahaya optimal ketika listrik padam. Lampu darurat bisa bertahan hidup hingga 30 jam lamanya lho. Dengan pendistribusian cahaya 360 derajat, memastikan seluruh ruangan mendapatkan penerangan yang sama.

Ketika lampu selesai dipakai, jangan lupa untuk mengisi ulang kembali dayanya. Lampu ini juga harus di-charge secara berkala agar komponen di dalamnya tidak rusak dan bisa digunakan dalam waktu lama.

Harga Rp. 175.000-627.000

OTHERS WAKA WAKA SOLAR LIGHT LAMPU EMERGENCY

Waka Waka Solar Light hadir dengan 4 tingkat pengaturan kecerahan yang berbeda. Juga dilengkapi dengan fungsi suar SOS yang menjamin keamananmu dalam keadaan darurat yang akan membantumu baik saat di dalam maupun saat beraktivitas di luar ruangan. Selain untuk penggunaan di rumah, lampu ini juga cocok untuk dibawa bepergian dan berkegiatan di alam bebas.

Lampu ini juga dilengkapi dengan panel surya internal dengan efisiensi 18%. Ini artinya, lampu bsia mendapatkan 40 jam masa hidup hanya setelah mengisi daya otomatis selama 5 jam dengan sinar matahari. Lampu dilengkapi dengan dudukan dan pengait yang memudahkan kamu untuk memasang dan mengisi dayanya. Lampu juga bisa menjalankan 2 fungsi sekaligus, yaitu sebagai lampu emergency dan sebagai lampu senter.

Harga Rp. 979.300-1.999.000

CMOS BW-262 LED LAMPU EMERGENCY WITH INDICATOR EXIT

Lampu emergency standar ini bisa digunakan untuk gedung perkantoran, hotel, dan rumah sakit. Terdiri dari 2 LED Bulb serta fitur switch dan lampu indikator yang akan berfungsi selama mati listrik. LED Bulb yang digunakan memiliki daya 1.5 V yang tidak mengonsumsi daya baterai secara berlebihan. Masa hidup lampu pun menjadi lebih panjang.

Kamu juga bisa menyesuaikan masa hidup lampu sesuai kebutuhan. Misalnya jika ingin hemat, pakai saja 1 lampu selama 25 jam. Namun jika kamu membutuhkan cahaya lebih, kamu bisa menggunakan 2 lampu sekaligus selama 14 jam. Lampu ini bisa diputar 90 derajat ke arah atas bawah dan 360 derajat ke arah kiri dan kanan. Karena tidak terlalu berat, lampu ini mudah dibawa ke mana saja.

Lampu bisa ditempel di dinding atau dibawa berpergian denga handle yang mudah dan nyaman. Lampu ini juga akan menyala secara otomatis saat listrik padam.

Harga Rp. 260.000-315.000

SUNREI V1000 EMERGENCY & CAMPING LIGHT

Kamu yang suka berkemah atau naik gunung cocok banget nih punya lampu yang satu ini. Sunrei Camping Light V1000 adalah lampu serbaguna dengan fitur waterproof yang tahan terhadap semprotan air bertenaga kecil. Selain itu pada bagian tombolnya juga dilengkapi dengan pegangan anti slip.

Baterai lampu juga bisa diisi dengan mudah melalui micro USB, disertai pula dengan lampu indikator yang menandakan baterai habis atau terisi penuh. Mampu berotasi 180 derajat sehingga lebih fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Fitur Heat Emission Aluminium akan menjaga suhu lampu tetap normal, tidak overheat atau terlalu panas yang bisa memperpendek masa hidup lampu. Lampu ini juga sangat praktis karena bisa dilipat, sehingga tidak memakan terlalu banyak ruang. Cocok digunakan untuk keperluan sehari-hari, camping outdoor, hingga proyek pembangunan.

Harga Rp. 497.000-675.000

MEIWA M-5038R MATA KUCING LAMPU EMERGENCY

Lampu Emergency Mata Kucing MEIWA adalah lampu serbaguna yang bisa menyelamatkamu dalam kondisi darurat. Bak mata kucing, cahaya yang dipancarkan sangat terang.

Lampu ini memiliki 2 mata yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhanmu. Dengan pemakaian 1 mata, lampu dapat bertahan hingga 32 jam dan lebih hemat dari segi konsumsi daya. Sementara untuk 2 mata dapat bertahan selama 17 jam saja dan konsumsi dayanya jauh lebih boros. Pemakaian 2 mata sekaligus juga memberikan cahaya yang lebih teras untukmu.

Lampu ini memerlukan waktu pengisian daya selama 20-24 jam lamanya. Namun sebelum pemakaian pertama, sebaiknya diisi daya dulu selama 8 jam lamanya. Lampu memiliki desain portabel yang membuatnya sangat mudah dipindahkan dan dibawa kemana-mana.

Harga Rp. 310.000-325.000

ABATY LAMPU EMERGENCY TENAGA SURYA

Sesuai dengan namanya, lampu yang satu ini dapat diisi dengan mudah menggunakan tenaga surya. Lampu emergency ini memiliki 43 LED yang membuatnya bisa menyala terang. Sifatnya portabel sehingga dapat dilipat dan mudah dibawa kemana saja. Lampu juga dapat dilipat dan digenggam lho.

Cahaya lampu bisa bertahan hingga 4-8 jam dengan waktu charging selama 12 jam. Kamu juga bisa mengatur konsumsi daya penerangan sesuai kebutuhan. Ada mode untuk menyalakan satu sisi lampu saja, tetapi kamu juga bisa mengaturnya agar kedua sisi lampu bisa menyala.

Bila diperlukan, lampu juga bisa berubah menjadi senter.Karena lampu mudah terbakar, simpan di tempat yang kering. Lampu ini sangat cocok untuk kondisi mati listrik, berkemah, atau untuk maintenance mobil. Produk ini hanya tersedia di Blibli.

Harga Rp. 380.000

KIRIM KEL-2606 LAMPU EMERGENCY

Lampu emergency Kirin memiliki 44 LED dengan 2 fungsi tombol. Jika semua panel LED dinyalakan, lampu dapat bertahan hingga 12 jam, sementara dengan penggunaan 22 LED lampu dapat menyala hingga 24 jam.

Dilengkapi dengan keyhole untuk menempelkan lampu di dinding, juga pegangan permanen yang mudah dibawa ke mana saja. Lampu darurat ini memerlukan waktu pengisian daya selama 20 jam dan harus diisi ulang mininal 3 bulan sekali ketika tidak dipakai.

Kamu bisa membeli produknya di Shopee, Bukalapak, dan Lazada.

Harga Rp. 172.800-243.000

CALTECH CT-840 LAMPU EMERGENCY

Lampu yang satu ini memiliki 40 LED super terang untuk menyelamatkanmu dari gelap saat mati listrik. Dengan lama pengisian 20-24 jam, lampu ini bisa bertahan sampai 14 jam. Dapat juga berfungsi sebagai senter yang lebih fleksibel. Lampu juga dilengkapi dengan fitur overcharge dan overdischarge, sehingga bisa menyala dan mati otomatis menyesuaikan dengan kondisi listrik.

Lampu ini tidak hanya bisa berfungsi sebagai lampu emergency di kondisi darurat saja, tetapi juga mendukung kegiatanmu di luar ruangan. Lampu indikatornya akan memberi tanda apakah lampu sudah waktunya untuk di-charge atau apakah dayanya sudah cukup untuk digunakan kembali.

Harga Rp. 238.000-312.825

TECSTAR TL-7500 NA LAMPU DARURAT

Lampu emergency dari Techstar ini memiliki baterai bertipe aki kering yang bebas perawatan. Artinya, lampu tidak perlu diisi daya setiap beberapa bulan sekali tanpa khawatir rusak. Lampu dengan kualitas standar Eropa ini juga memiliki pembuangan arus sendiri sehingga warna tabung tidak menghitam. Lampu juga akan menyala secara otomatis saat lampu mati.

Dengan berbagai fitur yang dimilikinya, lampu ini sangat cocok untuk dibawa berkegiatan di alam bebas. Lampu dilengkapi dengan FM Radio Scan, speaker, dan antenna yang bisa menjangkau sinyal secara lebih luas. Handle atau pegangan pada lampu memudahkannya untuk dipindahkan dan dibawa kemana saja. Selain itu, lampu ini memiliki jangkauan cahaya 360 derajat dengan 3 buah bulb berdaya 10 watt.

Harga Rp. 227.500-499.750

Baca juga

From our editorial team

Siapkan Emergency Lamp Sekarang Juga!

Emergency lamp adalah kebutuhan yang harus ada di dalam rumah. Mengingat betapa pentingnya emergency lamp ini, yuk segera siapkan satu di rumah. Apalagi buat kamu yang suka berkegiatan di alam, benda ini wajib kamu miliki. Segera pilih dari sederet rekomendasi BP-Guide di atas.