10 Rekomendasi Karpet Ruang Tamu Cantik yang Bisa Membuat Interior Rumah Makin Menawan (2020)

10 Rekomendasi Karpet Ruang Tamu Cantik yang Bisa Membuat Interior Rumah Makin Menawan (2020)

Ruang tamu adalah salah satu ruangan penting dalam rumah. Ingin membuat ruang tamu lebih nyaman dan menarik? Anda bisa tambahkan karpet sebagai salah satu elemen dekorasi. Simak tips memilih karpet berikut dan rekomendasinya dari BP-Guide!

Karpet Bisa Melapisi Lantai Sekaligus Membuat Ruangan Terasa Hangat

Karpet adalah salah satu elemen dekorasi dalam rumah yang juga punya banyak kegunaan. Karpet bisa digunakan untuk menghangatkan lantai dan diletakkan di berbagai ruangan dalam rumah.

Karpet bisa diletakkan di ruang tamu untuk mempertegas batasan ruang tamu dengan ruang lainnya jika tidak ada sekat atau pembatas lainnya.

Kalau Anda ingin ruang tamu terlihat lebih menarik dan estetik, tentunya Anda harus memilih jenis dan motif karpet yang tepat. Untuk ruang tamu, ada baiknya jika Anda menggunakan karpet dengan tekstur bulu yang pendek dan padat sehingga lebih mudah dibersihkan jika terkena noda.

Model Karpet yang Cocok untuk Ruang Tamu

Karpet Tanpa Corak

Terkadang ruangan rumah yang minimalis akan terlihat lebih elegan dan cantik. Oleh sebab itu, ada baiknya jika Anda memilih dekorasi yang juga tidak terlalu mencolok. Jika Anda ingin meletakkan karpet di ruang tamu, Anda bisa gunakan karpet tanpa corak atau karpet polos.

Karpet minimalis ini akan membuat ruangan terkesan lebih lebar. Pilih juga warna karpet dengan nuansa netral agar tetap terlihat simpel seperti warna krem, hitam, atau putih. Pastikan juga Anda memilih karpet dengan ukuran yang sesuai.

Karpet Bulu

Karpet bulu memang jadi salah satu dekorasi ruangan yang banyak digemari akhir-akhir ini. Karpet dari bulu akan membuat ruangan terlihat lebih mewah dan cantik.

Tentunya jika disesuaikan dengan furnitur yang ada di ruang tamu serta konsep ruangan itu sendiri. Jika Anda ingin meletakkan karpet bulu, pastikan Anda memilih karpet dengan bulu pendek agar lebih mudah dibersihkan.

Karpet Motif Maroko

Sumber gambar www.overstock.com

Jika Anda ingin menambahkan kesan tradisional pada ruang tamu, Anda bisa gunakan karpet motif Maroko yang tak kalah cantik. Karpet dengan motif Maroko biasanya didominasi warna merah, cokelat, maupun hitam.

Karpet yang biasanya terbuat dari bahan sutra atau serat alami ini akan sangat cantik jika dipadukan dengan kursi, gorden serta perabotan ruang tamu lainnya yang sesuai terutama yang terbuat dari kayu. Jangan lupa untuk memilih karpet yang sesuai dengan ukuran ruangan.

Jangan Lupa Bersihkan Karpet Secara Berkala!

Perhatikan Peletakkan Karpet

Karpet memang bisa membuat ruangan tampak lebih menarik tapi Anda tetap harus memperhatikan tata letaknya.

Karena karpet mudah kotor dan bisa jadi sarang debu, kuman, dan serangga ada baiknya Anda meletakkan karpet di area yang tepat.

Letakkan karpet di ruang tamu pada area yang jarang dilalui, atau sering diinjak. Hindari meletakkan karpet di dekat pintu atau pada area yang merupakan akses dengan ruangan lainnya .

Bersihkan Noda dengan Segera

Karpet menjadi salah satu elemen dekorasi yang cukup sulit untuk dibersihkan jika terkena noda. Oleh sebab itu sebaiknya anda segera membersihkan noda apabila tertumpah pada karpet. Jangan tunggu sampai karpet kotor karena tumbuhan tersebut dapat meresap dan mengering sehingga akan lebih susah dibersihkan.

Jika Anda menumpahkan sesuatu pada karpet segera gunakan kain bersih untuk menyerap tumpahan tersebut. Setelah itu, Anda juga bisa menuangkan soda kue pada bagian yang terkena tumpahan dan diamkan selama 15 menit atau semalaman untuk hasil yang maksimal. Soda kue bisa membantu melunakkan noda dan menyerap bau tidak sedap sehingga karpet terhindar dari bakteri.

Gunakan Vacum Cleaner

Membersihkan karpet tentunya harus dilakukan secara rutin dan berkala. Karpet yang terbuat dari bulu atau bahan wol tentunya memiliki serat yang mudah kotor dan dapat menimbun debu. Untuk membersihkan karpet yang terbuat dari bahan wol, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner, tapi jangan terlalu sering.

Sebelum menggunakan vacuum cleaner, Anda bisa menggunakan sapu lidi terlebih dahulu untuk menghilangkan debu baru setelah itu Anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu yang tertinggal. Lakukan penyedot debu dengan menggunakan vacuum cleaner setidaknya dua kali dalam seminggu.

Cuci Secara Berkala

Tidak hanya dibersihkan dari debu, sesekali karpet juga harus dicuci untuk membersihkannya secara menyeluruh.

Anda sebaiknya melakukan pencucian karpet dua kali dalam setahun terutama saat musim panas atau saat matahari sedang terik.

Cuci karpet dengan menggunakan deterjen yang lebih lembut dan sikat dengan menggunakan sikat berbulu halus. Bilas dengan air bersih dan keringkan di bawah sinar matahari

Gunakan Formula Lembut

Membersihkan karpet tentu tak boleh sembarangan karena bisa merusak serat pada karpet. Untuk menghilangkan kotoran, Anda bisa menggunakan detergen dengan formula yang lembut. Jika terkena noda, Anda bisa gunakan bahan alami seperti air garam, lemon, atau air cuka.

Bahan alami tersebut bisa digunakan dengan aman tanpa merusak karpet. Setelah dicuci bersih, ada baiknya Anda tak segera menggulung karpet atau memajangnya dalam rumah. Taburkan baking soda pada permukaan karpet dan tunggu selama kurang lebih satu menit, kemudian bersihkan dengan penyedot debu atau vacuum cleaner.

Pilihan Karpet Ruang Tamu Cantik untuk Rumah Anda!

Rasfur Karpet Bulu

Ada banyak jenis karpet yang tersedia di pasaran. Salah satu jenis karpet yang kini banyak digunakan adalah karpet bulu rasfur. Karpet bulu rasfur ini sangat lembut dan halus serta aman untuk anak-anak.

Jenis karpet ini terbuat dari busa royal kuning yang kuat dan tidak mudah kempes dengan tebal keseluruhan 2,5 cm. Bagian bawah kain berwarna hitam agar karpet tidak mudah kotor dan terdapat juga resleting di bagian samping yang mudah dibuka saat ingin mencuci sarung karpetnya.

Karpet dengan ukuran panjang 150 cm, dan lebar 100 cm ini bisa digunakan untuk ambil meja, ambal kursi, gelaran pada ruang tamu dan juga di ruang tv. Tersedia dalam berbagai pilihan warna.

Harga Rp. 64.400-67.000

Maroc Carpet BW07 Monokrom Karpet Lantai

Kalau Anda ingin karpet dengan corak yang minimalis, Anda bisa pilih karpet lokal Maroc yang satu ini. Karpet lantai dengan corak minimalis ini cocok untuk Anda yang menyukai ruangan simpel dan elegan.

Dengan warna hitam dan putih, karpet ini akan cocok digunakan pada desain interior apapun terutama desain interior monokrom. Terbuat dari material polypropylene, karpet ini memiliki bulu tebal dengan kualitas yang bagus dengan ketebalan sekitar 1,3 cm.

Selain cocok digunakan di ruang tamu, karpet dengan ukuran 160 x 210 cm ini juga bisa digunakan di ruangan lainnya seperti ruangan kerja maupun ruang keluarga.

Harga Rp. 102.999-225.225

Lanamora Karpet Bulat Clara

Desain interior ala Eropa memang terkesan elegan dan mewah. Jika Anda ingin menciptakan ruangan berkesan Eropa klasik, Anda bisa tambahkan karpet bulat Lanamora Clara berikut ini. Karpet ini cocok digunakan di ruang tamu maupun ruangan lainnya serta dapat digunakan sebagai alas meja maupun kursi yang lembut di kaki.

Karpet dengan ukuran 90 x 90 cm ini terbuat dari bahan yang lembut dan empuk serta anti slip pada bagian belakang. Terbuat dari material polyester, karpet ini memiliki beberapa pilihan warna seperti coffee mix, coffee, red, navy green dan beige. Anda bisa memilihnya sesuai dengan tema ruangan Anda.

Harga Rp. 313.500-767.000

Karpet Igusa Hagihara Motif Lurik Cokelat

Karpet dengan nuansa natural juga banyak digemari. Kalau Anda suka dengan karpet klasik ala Jepang, Anda bisa gunakan karpet Igusa Hagihara Igusa ini sebagai dekorasi ruang tamu.

Karpet ini terbuat dari igusa, yakni sejenis alang-alanv yang tumbuh di tempat berair. Alang-alang tersebut kini banyak digunakan sebagai material tatami atau alas duduk khas Jepang karena terasa sejuk saat musim panas dan hangat saat musim dingin.

Tikar Igusa ini memiliki warna cokelat klasik dan motif garis yang menawan. Cocok digunakan sebagai alas duduk di ruang tamu atau ruangan lainnya.

Harga Rp. 310.000-798.000

Unter | Karpet Lantai Ruang Tamu Kamar Klasik Anti Slip Mewah

Karpet bulu adalah salah satu karpet berkualitas yang nyaman dan terkesan mewah. Karpet ini bisa membuat ruang tamu lebih cantik dan tetap nyaman digunakan sebagai alas duduk.

Dengan style modern, karpet dari brand Mendekor ini memiliki warna biru dan terbuat dari material. Dengan ukuran 180 cm x 120 cm dan ketebalan 0,5 cm, karpet ini bisa jadi dekorasi karpet yang menarik.

Harga Rp. 549.000-614.880

Arthome Karpet Jacquard

Selain karpet bulu, karpet dengan material Jacquard juga cocok digunakan di ruang tamu. Karpet dari Arthome ini memiliki motif dekoratif yang tak kalah menarik. Terbuat dari material jacquard, karpet ini sangat nyaman digunakan dan terasa lembut saat dipijak.

Untuk membersihkannya, Anda juga tak perlu repot karena cukup dengan menggunakan vacuum cleaner. Dengan ukuran 140 cm x 200 cm dan ketebalan 0,6 cm, karpet ini bisa digunakan di berbagai ruangan dalam rumah termasuk ruang tamu dan ruang keluarga.

Harga Rp. 749.900-1.080.000

Karpet Shaggy Turki Panama

Karpet bulu halus Shaggy Darkgrey Big 01, adalah karpet berbahan polypropylene yang lembut dan tebal. Karpet bulu kucing ini cocok digunakan untuk ruangan rumah Anda yang memiliki desain kontemporer.

Dengan ukuran 150 cm x 200 cm dan tebal 1 cm, karpet ini tersedia dalam berbagai pilihan warna dan awet digunakan. Jangan lupa juga untuk membersihkannya secara berkala jika Anda menggunakan karpet yang satu ini.

Harga Rp. 535.000-951.045

Karpet Mirzae 02 Brown

Ingin ruangan Anda terkesan klasik natural? Anda bisa tambahkan karpet Mirzae 02 Brown ini sebagai elemen dekorasi ruangan.

Karpet lantai berbahan Polypropylene ini memiliki motif etnik yang elegan dan simple. Karpet yang dipersembahkan oleh marthakarpet ini cocok dipadukan dengan ruangan berdesain tradisional dan memiliki furnitur dari kayu.

Atau jika Anda ingin menghadirkan suasana tabrak gaya, Anda juga bisa menggunakannya pada ruangan berdesain modern. Dengan tinggi bulu 8mm, karpet yang juga dilengkapi dengan material jute yarn ini sangat cocok digunakan di berbagai jenis ruangan dalam rumah.

Harga Rp. 116.000-163.000

Karpet PP Rugs Cleopatra

Dengan menambahkan karpet, ruangan bisa terkesan lebih hangat dan elegan. Karet Pp Rugs Cleopatra berbahan polypropylene ini adalah salah satu karpet fleksibel berukuran 100 x 140 cm yang bisa Anda gunakan untuk desain ruangan tamu yang modern.

Memiliki berbagai motif dan warna, tentunya Anda bisa menyesuaikan karpet ini dengan tema dan warna ruang Anda sendiri. Jika ingin terlihat minimalis, Anda bisa gunakan warna hitam putih yang tampak netral.

Harga Rp. 140.000-238.000

Karpet Iran Mashhad 1000 Nogrhe

Aksen karpet bermotif klasik memang tak ada duanya. Jika Anda sedang mencari karpet dengan corak yang menarik, Anda bisa gunakan Karpet Iran Mashhad 1000 Nohrhe ini.

Karpet dengan ukuran 250 x 350 cm ini terbuat dari material berkualitas yang nyaman digunakan dan tidak terasa panas.

Sangat sesuai untuk Anda yang ingin menambahkan sentuhan klasik pada ruang tamu. Terbuat dari benang Acrylic halus, karpet asal Iran ini tersedia dalam berbagai warna dan ukuran.

Harga Rp. 3.000.000-7.105.000
From our editorial team

Gunakan Karpet Ruang Tamu Sesuai Tema Ruangan

Karpet memang bisa jadi dekorasi ruangan yang menarik dan membuat ruangan semakin terasa nyaman. Jika Anda ingin meletakkan karpet di ruang tamu, pastikan karpet yang Anda pilih sesuai dengan desai interior dan warna ruangan agar lebih serasi. Pilih juga bahan karpet yang mudah dibersihkan jika Anda tak punya banyak waktu untuk merawat ruangan rumah.