10 Rekomendasi Karpet Tile yang akan Membuat Interior Ruangan Semakin Cantik (2020)

10 Rekomendasi Karpet Tile yang akan Membuat Interior Ruangan Semakin Cantik (2020)

Ada banyak cara mempercantik ruangan. Salah satunya dengan memasang karpet tile yang keren dan modern ini. Melalui artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi karpet tile terbaik yang bisa digunakan di rumah atau gedung perkantoran.

Penggunaan Karpet Membuat Lantai Semakin Indah

Setiap aspek pada interior rumah harus diperhatikan agar hunian tetap apik dan nyaman. Lantai menjadi bagian yang tidak luput dari perhatian ketika mendesain rumah. Banyaknya pilihan jenis lantai yang ada sudah jelas membuatmu bingung.

Penggunaan karpet lantai kini semakin banyak dipertimbangkan. Karpet lantai hadir dalam berbagai macam warna, bahan, motif, dan tekstur yang bisa membuat rumahmu semakin cantik. Ada banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan saat melapisi lantai rumah menggunakan karpet. Tergantung dari warna yang dipilih, karpet dapat bisa menyulap rumah menjadi lebih elegan.

Selain itu, bahan karpet yang lembut membuat siapa saja merasa nyaman. Terlebih lagi jika kamu tinggal di daerah yang dingin, karpet akan membantu menghangatkan lantai tanpa harus menggunakan pemanas ruangan.

Salah satu jenis karpet yang banyak digandrungi saat ini adalah karpet tile. Berbeda dengan karpet lain pada umumnya, karpet tile terdiri dari potongan-potongan kecil yang disusun menjadi satu kesatuan. Tentu saja banyak keunggulan karpet tile yang membuatnya layak dipertimbangkan. Apa saja keunggulan itu? Simak penjelasannya di artikel ini ya!

Keunggulan Karpet Tile untuk Kamu Ketahui

Pemasangannya Mudah

Sumber gambar www.flooringinc.com

Memilih karpet tile untuk lantai akan memberikan kamu kemudahan saat memasangnya. Kamu juga bisa menyesuaikan ukurannya dengan luas ruangan. Jadi tidak perlu khawatir karpet akan kekecilan atau kebesaran.

Kamu tinggal menambah atau mengurangi potongan-potongan karpet yang kamu miliki. Ini sekaligus bisa menghemat bujet karena kamu tidak perlu membeli banyak karpet yang berbeda.

Awet dan Tahan Lama

Karpet tile biasanya terbuat dari bahan rug yang lebih awet dan tahan lama dibanding bahan pembuat karpet lainnya. Tetapi kualitas yang sangat baik ini juga diimbangi dengan harga yang tidak murah.

Hanya saja, jika kamu ingin karpet yang bisa kamu gunakan dalam waktu lama, maka karpet tile adalah pilihan terbaik.

Bagaimanapun juga, membeli karpet tile dengan harga yang sedikit mahal tetap lebih hemat daripada biaya perawatan lantai atau biaya membeli karpet baru jika karpet yang lama rusak.

Lantai Tidak Licin

Salah satu perbedaan karpet tile dengan karpet biasa adalah lapisan di bawahnya. Karpet biasa cenderung licin dan mudah bergeser, namun tidak dengan karpet tile.

Bagian bawah karpet tile dilengkapi dengan karet agar tidak licin dan tidak mudah berpindah tempat. Karpet tile bisa digunakan di mana saja. Tidak hanya di rumah, tetapi juga di sekolah, gedung perkantoran, dan instansi pemerintahan.

Dapat Dikreasikan Sesuka Hati

Umumnya, karpet tile hadir dalam ukuran 50 x 50 cm. Bentuknya mirip dengan potongan keramik yang harus disusun, sehingga kamu bisa bermain dengan kreativitasmu ketika menyusun potongan karpet tile. Terlebih jika karpet tile yang kamu pilih memiliki motif tertentu.

Kamu akan mendapatkan panduan bagaimana cara menyusun pola, namun kamu juga bisa menyusunnya sesuka hati jika mau. Dengan demikian kamu akan mendapatkan hasil sesuai dengan yang kamu inginkan. Kalau kamu bosan dengan motif yang lama, kamu bisa mengubah susunan karpet tile untuk mendapatkan motif yang baru.

Banyak Pilihan Motif

Pilihan motif untuk karpet tile hampir tidak terbatas. Mulai dari motif geometri, motif sederhana, hingga motif yang rumit, kamu bisa menyesuaikannya dengan seleramu. Demikian juga warna karpet yang hampir tidak terbatas.

Seperti yang sudah kamu ketahui, setiap warna bisa memberikan efek psikologis yang berbeda. Untuk itulah karpet tile banyak digunakan di gedung perkantoran untuk memompa semangat para pekerja melalui warna karpet tile yang cerah dan menenangkan.

Perawatan Karpet Tile yang Benar

Bersihkan Dengan Penyedot Debu

Sama seperti karpet jenis lainnya, karpet tile juga bisa dibersihkan dengan penyedot debu atau vacuum cleaner. Bahan karpet yang lembut dan berbulu membuatnya mudah ditempeli oleh debu dan berbagai kotoran lainnya.

Jika tidak rajin-rajin dibersihkan, maka akan membuat warna karpet menjadi kusam. Selain tidak sedap dipandang, karpet juga bisa menjadi sarang bakteri yang berbahaya untuk seluruh anggota keluarga. Gunakan penyedot debu untuk menjaga warna karpet tetap terjaga dan bersih dari segala macam bakteri.

Ganti Karpet yang Sudah Rusak

Salah satu keunggulan karpet tile adalah bagian yang rusak bisa diganti tanpa harus membeli karpet baru seluruhnya. Jika kamu mendapati bagian dari karpet rusak atau sobek, sebaiknya segera ganti dengan potongan yang baru agar estetika karpet tetap terjaga.

Mengganti bagian karpet yang rusak tidak semahal membeli karpet baru dengan ukuran yang besar. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir kantongmu akan terkuras hanya karena karpet tile di rumahmu rusak.

Cuci Secara Berkala

Membersihkan karpet dengan penyedot debu saja tidak cukup. Karpet juga harus tetap dicuci secara berkala. Gunakan air dan sabun agar kotoran yang menempel pada karpet bisa terangkat sempurna. Ukuran karpet yang besar biasanya akan menyulitkan saat harus dicuci.

Namun tidak dengan karpet tile. Karena karpet ini terdiri dari potongan-potongan kecil, kamu bisa mencuci potongan yang kotor saja tanpa harus mencuci seluruhnya.

Jangan Gunakan Pemutih

Ketika mencuci karpet tile, hindari penggunaan bahan pemutih. Bila perlu, gunakan cairan khusus pembersih karpet agar hasilnya maksimal dan kualitas bahan pembuat karpet tetap terjaga. Pemutih memang bisa menghilangkan noda pada karpet dengan segera, namun secara bersamaan juga akan membuat warna karpet mudah pudar dan bahannya cepat rusak.

Rekomendasi Karpet Tile Berkualitas untuk Mempercantik Interior Rumah

Karpet Tile - Artemis Series

Untuk gaya simpel, elegan, dan minimalis, rekomendasi Karpet Tile - Artemis Series ini sangat cocok. Karpet ini memiliki ketebalan 5 mm, cukup empuk dan hangat untuk melapisi lantai.

Karpet tile dengan ukuran 50 x 50 cm ini terbuat dari bahan 100% polypropylene untuk bagian permukaan, sementara untuk bagian belakang terbuat dari PVC.

Berbagai macam pilihan warna yang tersedia untuk karpet ini sangat modern namun tidak berlebihan. Motif pada karpet dihasilkan dari 100% solution dyed yang dijamin awet dan tahan lama.

Harga Rp. 50.000-150.000

Karpet Tile Delta

Rekomendasi produk karpet tile selanjutnya yang dapat mempercantik tampilan interior di rumah atau kantor adalah Karpet Tile Delta.

Karpet ini hadir dalam ukuran standar 50 x 50 cm dengan ketebalan 5 mm. Beberapa warna pilihan yang ada untuk karpet tile ini adalah abu-abu, navy, cokelat, krem, hingga merah marun,

Bahan karpet berkualitas memastikan produk ini akan bisa awet dan tahan lama. Sangat nyaman, lembut, serta membuat lantai terasa lebih hangat.

Harga Rp. 100.000-900.000

Puzzle Karpet Matras Evamat 4 Motif

Karpet tile tidak hanya bisa digunakan di gedung perkantoran saja, tetapi juga untuk mempercantik ruang bermain anak dan media belajar untuk si kecil, lho. Puzzle Karpet Matras Evamat 4 Motif ini misalnya. Perpaduan warna yang cerah akan membuat anak-anak lebih tertarik.

Pilihan motif yang ada antara lain adalah angka, alfabet, ular tangga, Peppa Pig, dan Unicorn. Per lembar karpet memiliki ukuran 23 x 23 cm dengan tebal 0,5 cm yang kuat dan tidak mudah sobek. Dapat disusun seperti potongan-potongan puzzle untuk menggabungkannya menjadi karpet yang utuh.

Harga Rp. 80.000-250.000

Karpet Lantai Vinyl Floor Tile Maxwell Plank

Jika kamu adalah tipe orang yang mudah bosan dan suka berganti-ganti motif atau warna lantai, kamu bisa melirik produk Karpet Lantai Vinyl Floor Tile Maxwell Plank. Karpet tile yang satu ini sangat unik karena terbuat dari bahan vinyl berukuran 30 x 30 cm.

Dari 36 pilihan motif yang ada, kamu bisa menyesuaikannya dengan selera dan desain rumah atau interior gedung. Hasil printing yang mulus tidak membuat permukaan lantai menjadi licin. Tebalnya adalah 1,5 mm.

Produk ini terbuat dari bahan berkualitas sehingga akan awet dan tahan lama. Tinggal pasangkan saja dengan lem secukupnya untuk membuat lembaran tile menempel dengan sempurna.

Harga Rp. 50.000-120.000

Lantai Vinyl Tile Novalis 2 mm

Satu lagi produk karpet tile dari bahan vinyl yang layak kamu pertimbangkan. Lantai Vinyl Tile Novalis memiliki ketebalan 2 mm, sangat praktis dan terbuat dari bahan yang berkualitas. Ukuran per lembar karpet ini adalah 45.7 cm x 45.7 cm.

Pilihan warna karpet tile yang menarik akan melengkapi interior dengan sangat sempurna. Mudah dipadupadankan dengan warna cat tembok ataupu furnitur yang ada. Bahan lantai ini sangat mudah dirawat dan dibersihkan serta dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Harga Rp. 180.000-650.000

Karpet Tile - Aphrodite Series

Karpet Tile - Aphrodite Series menjadi produk berikutnya yang direkomendasikan sebagai solusi mempercantik ruangan. Per lembar karpet tile memiliki ukuran 50 x 50 cm. Bagian belakang karpet ini terbuat dari bahan PVC sehingga tidak licin saat dipasang di atas lantai.

Sedangkan pada permukaannya terbuat dari bahan polypropylene 100% berkualitas yang awet dan tahan lama. Pewarnaan karpet menggunalan 100% solution dyed untuk memastikan hasil yang maksimal. Karpet ini dibuat dengan cara multi level loop untuk memastikan agar tidak mudah rusak.

Harga Rp. 50.000-100.000

Karpet Tile Parallel

Karpet Tile Parallel adalah produk terbaik yang bisa kamu dapatkan jika kamu ingin merenovasi lantai rumah dengan bujet rendah.

Karpet yang per lembarannya berbentuk persegi empat ini hadir dalam ukuran 50 x 50 cm. Karena berbentuk potongan, karpet ini sangat mudah dipasang dan dibersihkan.

Pilihan warna dan motif yang beragam membuat kamu bebas untuk berkreasi. Tebal karpet adalah 5 mm sehingga pas untuk melapisi lantai dan bisa menghangatkan lantai yang dingin.

Sesuaikan dengan luas ruangan yang akan dipasangi karpet agar terlihat semakin sempurna.

Harga Rp. 50.000-170.000

Karpet Tile Paris

Gedung-gedung perkantoran kini banyak menggunakan karpet tile karena dapat memberi kesan lebih indah pada ruangan. Selain itu perawatannya juga mudah dan bisa digunakan dalam waktu yang lama. Warna dan tekstur yang modern juga sangat cocok dengan gedung-gedung masa kini.

Karpet Tile Paris bisa menjadi produk yang bisa kamu pertimbangkan. Karpet ini sangat tebal yaitu 7 mm sehingga sangat cocok untuk penggunaan di gedung kantor. Warnanya yang gelap bisa memberikan sentuhan elegan dengan corak warna cerah yang manis.

Harga Rp. 45.000-250.000

Karpet Tile Triangle Lines

Berikutnya ada produk yang tidak kalah cantik yang berkualitas, Karpet Tile Triangle Lines. Bagian atas karpet terbuat dari bahan olefin yang lembut, sehingga terasa nyaman di kaki dengan permukaan yang sangat lembut. Sementara itu bagian bawah karpet terbuat dari bahan eco bac yang tidak licin dan sangat nyaman.

Ukuran per lembar karpet ini adalah 50 x 50 cm dengan ketebalan 5 mm. Motif garis minimalis terlihat sangat modern. Ada 4 macam pilihan pemasangan yang bisa dikreasikan dan menghasilkan motif yang sesuai dengan keinginan.

Harga Rp. 43.000-1.000.000

Polkadot Bathroom Non-slip Mats Bedroom

Karpet tile juga bisa digunakan untuk melapisi kamar mandi agar lantainya tidak licin. Polkadot Bathroom Non-slip Mats Bedroom hadir dalam pilihan warna dan motif yang lucu.

Warna-warna yang tersedia untuk karpet ini adalah putih, abu-abu, kuning, biru muda, merah muda, dan hijau yang bisa dikombinasikan sesuka hati.

Karpet ini terbuat dari bahan PVC yang tidak licin. Didesain dengan lubang khusus untuk mengalirkan air. Selain kamar mandi, bisa juga digunakan di dapur atau ruangan lain di rumah yang rawan licin.

Harga Rp. 15.000-55.000
From our editorial team

Karpet Tile Bisa Jadi Solusi Renovasi Saat Bujet Menipis

Ketika kamu ingin merenovasi lantai tapi tidak ada bujet yang berlebih, gunakan saja karpet tile yang pilihan warna dan modelnya sangat keren ini. Karpet ini juga sangat awet digunakan lho. Meski harganya lebih mahal dari karpet biasa, tetapi masih lebih murah dibanding memasang keramik lantai yang baru. Pilih desain yang paling kamu suka dari rekomendasi BP-Guide di atas ya!