Karpet Plastik Banyak Dipilih untuk Memperindah Ruangan, Tertarik? Ini 9 Rekomendasinya!

Karpet Plastik Banyak Dipilih untuk Memperindah Ruangan, Tertarik? Ini 9 Rekomendasinya!

Karpet plastik kini sedang menjadi tren untuk membuat ruangan terlihat lebih indah dan berwarna. Karpet plastik juga memiliki banyak piilihan warna dan motif yang bisa disesuaikan dengan tema ruangan. Tertarik? Simak rekomendasinya, yuk?

Karpet Plastik Kini Makin Digemari

Karpet sudah umum digunakan sebagai alas lantai yang sekaligus berfungsi sebagai dekorasi. Karpet digunakan juga untuk menambah kenyamanan pada ruangan. Beragam motif karpet hadir untuk membuat interior ruangan jadi lebih cantik dan indah. Karpet umumnya diletakkan pada ruang tamu dan ruang keluarga.

Berdasarkan materialnya, karpet banyak jenisnya. Ada yang terbuat dari bahan wol, bulu sintetis, nilon, katun, dan plastik. Oleh karena itu, kamu harus bisa menentukan karpet dari bahan apa yang cocok untuk ruangan yang akan kamu alasi karpet.

Nah, saat ini karpet yang banyak diminati adalah karpet plastik yang hadir dalam beragam motif dan pilihan warna yang mudah diserasikan dengan desain ruangan. Karpet plastik juga menjadi pilihan banyak orang untuk melapisi lantai yang tidak dipasang keramik.

Cara Pemasangan pun Cukup Mudah!

Peralatan dan Pengukuran

Karpet plastik berbeda dengan karpet dari bahan bulu sintetis, nilon, atau katun yang pemakaiannya bisa langsung dibentangkan di atas lantai yang dikehendaki. Untuk karpet plastik, pemasangannya hampir mirip dengan wallpaper dinding.

Sebelum memasang karpet plastik kamu harus mengukur luas lantai yang akan dipasangi karpet. Luas lantai harus diukur dengan tepat dan dilebihkan sekitar 20 cm pada setiap sisi karpet untuk berjaga-jaga. Pengukuran ini berguna untuk mengetahui seberapa banyak karpet yang dibutuhkan sehingga pemasangannya pas.

Selain itu, kamu juga akan membutuhkan beberapa peralatan seperti floor grippers (lem khusus untuk melekatkan karpet), stair rods (tiang penahan karpet, khusus untuk pemasangan karpet di tangga), spidol, dan pisau khusus untuk memotong karpet. Yang tidak kalah penting disediakan sebelum memasang karpet plastik agar hasilnya jadi lebih rapi dan bagus adalah underlay (lapisan bawah), terlebih jika permukaan lantai tidak rata dan kasar.

Pemasangan

Sumber gambar prom.ua

Memasang karpet plastik juga tidak bisa sembarangan. Sebelum memasang karpet plastik kamu harus membersihkan dulu lantai dari debu, kotoran, dan kelembapan. Kondisi lembap yang terperangkap di bawah karpet bisa menyebabkan karpet jadi berjamur dan tidak awet. Oleh karena itu, pastikan sebelum karpet dipasang lantai dalam keadaan bersih dan kering, jika tidak lem tidak akan melekat dengan baik.

Pastikan juga permukaan lantai yang dialasi karpet dalam keadaan mulus, tidak berlubang, atau kasar. Permukaan lantai yang tidak rata akan membuat pemasangan karpet jadi tidak rapi dan karpet pun jadi lebih cepat rusak. Setelah permukaan lantai bersih, oleskan lem karpet dengan rata dan diamkan beberapa detik hingga lem setengah kering. Selanjutnya karpet plastik bisa ditempelkan pada lantai dengan hati-hati dan dengan posisi yang pas.

Merapikan

Sumber gambar insinyurbangunan.com

Setelah karpet plastik terpasang dengan baik pada lantai, jangan lupa untuk merapikan permukaannya agar terlihat lebih rapi layaknya dipasang oleh seorang profesional. Kamu bisa meratakan kembali karpet dengan tiang penahan karpet untuk mencegah terbentuknya gelombang pada karpet. Tiang ini berguna sebagai penahan agar tidak ada ruang yang muncul pada karpet. Setelah karpet plastik terpasang biarkan sekitar 5 jam hingga lem benar-benar kering tanpa berlalu lalang di atasnya.

Saatnya Beralih ke Karpet Plastik, Ini Alasannya!

Motifnya Bervariasi dan Harga Terjangkau

Sumber gambar russian.alibaba.com

Karpet plastik ini hadir dengan harga yang lebih ekonomis dibanding karpet bahan lainnya. Karpet plastik ada yang bisa dibeli secara meteran dan karena itulah mengapa harus dilakukan pengukuran pada lantai ruangan lebih dulu. Tidak hanya murah, karpet plastik juga memiliki banyak pilihan motif yang bisa disesuaikan dengan selera dan desain ruang. Ada motif keramik, geometris, kayu, anyaman, floral, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada pula karpet plastik polos dengan pilihan warna yang juga beragam.

Mudah Dibersihkan

Sumber gambar www.grosircirebon.com

Alasan berikutnya mengapa karpet plastik kini lebih disukai adalah karena sangat mudah dibersihkan. Jika karpet bahan lain seperti bulu harus dibersihkan dengan vacuum cleaner agar bebas debu, maka karpet bahan plastik cukup dibersihkan dengan sapu. Saat terkena tumpahan minuman dan makanan pun, karpet plastik cukup dilap dengan kain lap. Sedangkan untuk karpet bahan lain harus dicuci jika terkena tumpahan makanan atau minuman. Agar karpet plastik bersih dan bebas kuman, laplah permukaannya dengan air sabun.

Tahan Lama

Sumber gambar www.dekoruma.com

Karpet dari bahan plastik juga lebih tahan lama karena tidak mudah lapuk. Karpet plastik pun tidak menyerap air sehingga bebas dari jamur dan bakteri yang suka bersarang pada kondisi lembap. Terlebih lagi jika karpet tidak terkena cahaya matahari langsung akan membuatnya jadi lebih awet. Jika karpet awet dipakai lama tentu juga akan menghemat pengeluaran.

Noda Tidak Mudah Terserap

Sumber gambar www.carpetlocal.co.uk

Kelebihan yang juga dimiliki oleh karpet plastik adalah materialnya yang tidak menyerap cairan dan tidak akan ada noda yang membekas. Saat karpet terkena noda, kotoran, dan tumpahan bisa segera dibersihkan dengan mudah. Karpet plastik ini cocok sekali jadi pilihan jika di rumah ada anak-anak yang terkadang suka menumpahkan makanan atau minuman di lantai. Nah, kamu yang bingung memilih karpet untuk mempercantik ruangan di rumah, berikut ada beberapa pilihan karpet plastik rekomendasi BP-Guide.

Rekomendasi Karpet Plastik yang Keren untuk Ruangan

Karpet Plastik Karakter

Karpet Plastik Karakter ini hadir dengan beragam motif seperti gambar animasi, bunga, batik, hingga klub bola yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Karpet terbuat dari material spons dan plastik yang warnanya tidak mudah luntur sehingga warna karpet tetap terlihat cemerlang meski sudah dipakai lama.

Karpet ini tahan air, tidak menimbulkan bau, mudah dibersihkan, dan motifnya pun sangat menarik. Karpet ini juga multifungsi karena bisa digunakan untuk segala keperluan dan mudah dibawa ke mana saja. Bisa untuk penggunaan di rumah, kemping, hingga piknik. Untuk kamar anak, karpet motif animasi tentu akan lebih disukai anak, sementara untuk ruang keluarga kamu bisa menyesuaikan motif karpet dengan desain ruangan.

Harga Rp. 19.500-27.000

Karpet Plastik Vinyl Unica

Karpet Plastik Vinyl Unica hadir dengan motif urat kayu yang indah yang dapat memberikan kesan asri pada ruangan. Cocok sekali untuk ruangan dengan furnitur dari kayu. Bahan karpet terbuat dari vinyl plank emossed yang permukaannya tidak halus alias bertekstur seperti urat kayu sungguhan. Ketebalan karpet 0,3mm dan lebar karpet 120cm. Satu rol karpet Daimaru ini panjangnya 20m.

Karpet ini tahan air dan mudah dibersihkan. Pemasangannya bisa menggunakan double tip, lem Aibon, atau Fox. Tidak hanya untuk lantai, karpet ini juga cocok untuk alas meja dan berbagai keperluan lainnya. Selain vinyl plank emossed, juga ada karpet jenis vinyl plank non-emossed yang permukaannya tidak bertekstur alias licin.

Harga Rp. 15.000-324.333

Karpet Plastik Daige

Ingin ruangan kamar mandi terlihat lebih indah? Kamu bisa memasang karpet pada lantai kamar mandi. Karpet yang bisa dipakai untuk lantai kamar mandi adalah Karpet Plastik Daige yang merupakan karpet impor dari Korea yang serbaguna. Selain untuk lantai, karpet ini juga bisa dijadikan sebagai alas meja. Karpet bermotif ornamen ini tidak hanya memberikan kesan indah pada lantai, tapi juga memberikan kesan lega pada ruangan.

Motifnya yang menyerupai batik juga membuat ruangan tampak mewah dan elegan. Karpet plastik ini bisa digunakan untuk melapisi lantai kamar mandi kering maupun basah. Tentunya karpet ini juga bisa dipasang pada ruangan lainnya di rumah. Karpet plastik ini dijual meteran dengan lebar karpet 150cm.

Harga Rp. 28.000-95.000

Karpet Vinyl Korea Impor

Karpet Vinyl Korea Impor ini bisa dijadikan pilihan untuk kamu yang ingin mempercantik ruangan di rumah. Karpet impor dari Korea ini terbuat dari vinyl yang tipis dengan ketebalan 0,5mm. Permukaan karpet licin sehingga mudah dibersihkan dengan lap basah maupun kering. Karpet ini tidak hanya bisa digunakan untuk di dalam rumah, tapi juga bisa untuk teras, masjid, warung, restoran, dan yang lainnya. Satu rol karpet panjangnya 20-25cm dan lebarnya 2m.

Harga Rp. 25.000-130.000

Karpet Plastik Merk Orchid

Warna dan motif karpet akan memberikan kesan yang berbeda pada ruangan. Oleh karena itu, pertimbangkan betul karpet warna apa atau motif apa yang akan kamu pilih. Karpet warna solid yang gelap dapat memberikan kesan elegan pada ruangan, contohnya abu-abu atau cokelat. Sementara warna-warna terang akan memberikan kesan lega dan luas pada ruangan.

Salah satu ruangan di rumah yang cocok dipasang karpet plastik ini adalah kamar tidur. Untuk pilihan karpetnya ada Karpet Plastik Merk Orchid. Karpet impor ini motifnya beragam dan bisa kamu pilih sesuai dengan interior kamar tidur. Lebar bidang karpet 120cm dan panjang satu rol adalah 25m.

Harga Rp. 375.000-500.000

Karpet Plastik Gambar Engklek

Bermain di atas karpet akan membuat anak merasa nyaman dan hangat. Karpet Plastik Gambar Engklek ini cocok dijadikan sebagai karpet untuk alas bermain anak karena area bermain anak biasanya lebih cepat kotor. Karpet ini tidak mudah kotor karena terbuat dari serat sintetis yang awet, tahan noda, dan perawatannya pun mudah.

Karpet bahan vinyl ini full color dengan motif engklek sehingga anak pun bisa bermain engklek karena dilengkapi dengan gaco dari bahan akrilik. Bermain engklek ini bagus untuk perkembangan motorik dan keseimbangan. Karpet berukuran 3x1m ini juga cocok untuk penggunaan luar ruangan.

Harga Rp. 95.000-152.000

Karpet Plastik Spon

Karpet Plastik Spon ini bagus dan bisa kamu pilih untuk penggunaan di rumah, piknik, atau kebutuhan lainnya. Karpet terbuat dari bahan spon yang bisa dilipat sehingga praktis dibawa bepergian. Bahan karpet mudah dibersihkan, bisa dicuci, dan bebas debu. Karpet ini tebalnya 3mm dan tidak mudah robek, tidak bau, tidak luntur, atau mengelupas. Karpet ini pun hadir dalam ukuran 120x200cm.

Harga Rp. 19.500-53.704

Karpet Plastik Korea

Pilihan karpet berbahan plastik yang bagus, berkualitas, dan tahan lama berikutnya adalah Karpet Plastik Korea yang terbuat dari bahan oxford berkualitas. Produk ini juga bersifat waterproof sehingga tidak akan menyerap cairan. Selain itu karpet ini juga awet dan tidak mudah rusak. Cocok sekali digunakan untuk lantai di rumah, alas piknik, atau berkemah karena memang didesain agar mudah dibawa bepergian. Karpet berdimensi 150x200 cm ini hadir dalam nuansa biru yang cantik.

Harga Rp. 64.900-151.000

Karpet Lantai Plastik Vinyl Daimaru

Salah satu alasan yang membuat karpet plastik kini populer dan kini banyak digunakan adalah karena warna dan motifnya sangat beragam sehingga mudah dipadupadankan dengan interior ruangan di rumah. Selain itu karpet plastik juga mudah dibersihkan jika terkena cairan dan kotoran. Karpet Lantai Plastik Vinyl Daimaru hadir dalam pilihan motif kayu, catur, kembang biru, dan bintik-bintik. Karpet motif kayu warna cokelat cocok untuk ruangan yang memiliki perabotan dari kayu dan akan membuat interior ruang tampak elegan. Ketebalan karpet 0,3mm, lebarnya 120cm dan panjang satu rol 24m.

Harga Rp. 10.000-45.000
From our editorial team

Tertarik Memakai Karpet Plastik untuk Mempercantik Ruangan?

Kamu yang ingin membuat ruangan di rumah jadi lebih cantik bisa memakai karpet plastik yang hadir dalam beragam motif dan desain. Karpet plastik tidak hanya bikin ruangan jadi lebih indah dan berwarna, tapi juga memberikan kesan bersih dan hangat pada lantai yang belum dikeramik.