Meja Belajar Kayu Minimalis yang Cantik, Memperindah Ruangan Sekaligus Membuat Nyaman Belajar (2020)

Meja Belajar Kayu Minimalis yang Cantik, Memperindah Ruangan Sekaligus Membuat Nyaman Belajar (2020)

Sumber gambar ceklist.id

Belajar dengan nyaman tentu akan sangat baik dilakukan di meja belajar. Tapi, meja belajar juga mesti memperindah ruangan. Oleh karena itu, memilih meja belajar yang fungsional sekaligus memperindah interior menjadi pilihan yang pas.

Meja Belajar Mampu Menunjang Prestasi Belajar Anak

Sumber gambar m.hitekno.com

Agar hasil belajar semakin maksimal, tentunya akan sangat baik bila memastikan anak Anda bisa belajar dengan nyaman. Salah satu caranya adalah dengan menyiapkan meja belajar terbaik. Hal itu mampu menunjang kenyamanan belajar yang berdampak pada kualitas belajar.

Meja belajar tentunya akan sepaket dengan kursinya. Kedua hal tersebut mesti membuat anak Anda semakin nyaman. Apalagi, bila meja belajar tersebut juga sudah dilengkapi dengan tambahan atau fitur yang memudahkan anak. Misalnya, meja belajar tersebut dilengkapi dengan rak, laci, tempat penyimpanan, dan sebagainya. Tinggi meja juga mesti pas, begitu juga penerangannya. Jadinya, meja belajar yang tepat adalah hal penting untuk menjadikan anak Anda semakin nyaman belajar.

Jenis Kayu yang Biasa Digunakan Untuk Meja Belajar

Kayu Jati

Sumber gambar custommebel.com

Pohon jati merupakan pohon besar yang bisa tumbuh di Indonesia. Tingginya bisa sampai 45 meter menjadikannya begitu menjulang. Tidak hanya itu, pohon jati memiliki lebar rata-rata 2 meter sehingga mampu menghasilkan lebih banyak kayu potong.

Awalnya, pohon ini berasal dari negara Myanmar yang kemudian menyebar di berbagai belahan dunia, termasuk ke Indonesia. Kayu jati di dunia ini lebih dari separuhnya berasal dari Myanmar. Namun di Indonesia, kayu jati kebanyakan berasal dari pulau Jawa. Kayu jati dari Indonesia juga bermutu tinggi. Apalagi bila kayu tersebut sudah berusia tua. Maka selain semakin kuat, serat-serat kayu juga menjadikan tampilannya menjadi begitu artistik.

Kayu Sungkai

Sumber gambar www.rancangmebel.com

Kayu sungkai adalah jenis kayu yang harganya relatif lebih terjangkau ketimbang jati. Bobot kayu jenis ini juga lebih ringan sehingga menjadi favorit bagi pertukangan di Indonesia. Selain itu, kayu ini juga lebih mudah dibentuk dan halus. Sehingga pengrajin kayu bisa menggunakan alat pertukangan manual untuk kayu jenis ini.

Kayu satu ini memiliki ciri khas warnanya yang terang. Rata-rata berwarna putih atau kekuningan. Serat kayunya cukup menarik, apalabi bila dicat atau divernis. Secara kualitas juga tidak kalah jauh dari kayu yang lebih mahal. Ditambah lagi, kayu satu ini juga begitu awet dan tahan lama.

Kayu satu ini juga memiliki daya tahan yang baik, serta mudah dibentuk. Jadinya, kayu ini menjadi pilihan banyak pengrajin kayu untuk membuat produk tertentu.

Kayu Pinus

Sumber gambar www.dekoruma.com

Berikutnya ada kayu pinus. Kayu satu ini adalah kayu yang sangat ringan serta harganya cenderung lebih murah ketimbang kayu-kayu lainnya. Namun dengan pengolahan yang tepat, maka tampilan kayu pinus bisa menjadi sangat mewah dan artistik, loh.

Kayu pinus seringpula disebut kayu jati belanda. Memang kayu ini kalah kuat ketimbang kayu jenis lain, seperti jati misalnya. Namun, bila terpapar cahaya langsung, maka daya tahannya akan semakin berkurang.

Bila digunakan untuk furnitur di dalam rumah, maka kayu ini menjadi pilihan yang sangat tepat. Selain seratnya yang indah, warnanya cokelatnya yang memukau, kayu ini juga ringan dan mudah dibentuk. Teksturnya juga halus dan harga yang lebih murah membuat biaya produksi bisa ditekan.

Cara Merawat Meja Belajar Kayu Agar Awet dan Tahan Lama

Letakkan di Tempat Kering

Cuaca, baik itu panas maupun hujan, akan sangat berdampak pada kayu. Oleh karena itu, kayu sebaiknya berada di tempat yang kering dan tidak terpapar langsung sinar matahari. Bila sering terpapar cahaya matahari langsung, maka kayu cenderung akan retak dan tentunya menjadi sangat cepat rusak. Hanya kayu tertentu saja yang bisa tahan dengan berbagai jenis cuaca, termasuk cuaca panas.

Ditambah lagi, apabila sering terpapar hujan, maka kayu akan menjadi lembab. Kayu yang lembab akan menjadikan jamur cepat berkembang biak. Apalagi serangan serangga seperti rayap akan cepat menyerang kayu yang lembap. Jadi, hindari hal-hal tersebut jika Anda memiliki produk berbahan kayu.

Angkat Furnitur Saat Memindahkan

Sumber gambar www.tokopedia.com

Furnitur berbahan kayu memang cenderung lebih berat, apalagi bila dibandingkan dengan yang berbahan plastik. Meski demikian, tentunya akan sangat berbahaya bila Anda memindahkan furnitur berbahan kayu dengan cara diseret.

Untuk menjaga furnitur kayu tidak cepat rusak, sebaiknya saat memindahkannya dilakukan dengan cara diangkat. Bila terlalu berat, Anda bisa melakukannya dengan bantuan orang lain.

Menggeser furnitur kayu dan bukan diangkat akan berisiko untuk membuat sambungannya terlepas. Karena itu, furnitur menjadi cepat rusak. Bila masih bisa diperbaiki tentunya masih aman, tapi apabila patah atau retak maka Anda terpaksa harus mengganti furnitur dengan yang baru.

Gunakan Alas Kaki pada Meja

Sumber gambar harga.web.id

Furnitur yang terbuat dari kayu biasanya memiliki bobot yang cukup berat. Apalagi bila kayu yang menjadi bahannya juga cukup keras dan berat. Hal itu bisa mengakibatkan gesekan, goresan, dan bahkan kerusakan pada lantai. Apalagi, bila lantai Anda adalah lantai keramik.

Nah, karena itu agar lebih aman coba letakkan alas kaki di bawah furnitur tersebut. Alas kaki bisa berupa kain bekas atau bila ingin tetap artistik Anda bisa membeli alas kaki khusus furnitur di toko terdekat. Sebaiknya berupa kain dan cukup tebal untuk melindungi lantai.

Bersihkan Secara Berkala

Sumber gambar www.freepik.com

Jangan biarkan furnitur Anda dalam waktu yang lama tidak dibersihkan. Sebab hal itu bisa membuat kayu akan lebih cepat tumbuh jamur. Tidak hanya itu, warnanya yang memudar juga mengurangi keindahannya.

Anda bisa membersihkan dengan lap basah setidaknya sekali dalam seminggu. Kemudian, bisa juga menggunakan semir kayu (polish) atau untuk kayu yang belum dipernis bisa menggunakan kemoceng.

Bila Anda menggunakan air sabun, pastikan benar-benar membilasnya setelah pencucian. Sebab, sabun yang tertinggal akan meninggalkan bekas.

Hindari Terkena Noda Air

Sumber gambar www.reddit.com

Seperti yang disinggung sebelumnya, kayu sangat rentan dengan air. Air terlalu banyak akan membuat kayu menjadi cepat lapuk, retak-retak, bahkan rusak. Sebelumnya juga sempat diulas bahwa kayu yang lembap bisa menimbulkan jamur dan rayap.

Karena itu, hindari terkena noda air. Apabila Anda membersihkannya dengan air, maka gunakan lap bersih dan kering untuk membersihkannya. Atau, setelah dicuci, Anda bisa jemur terlebih dulu di bawah sinar matahari agar lebih kering.

Bekas air juga bisa menjadi noda yang tidak bisa hilang. Tentunya, meja kayu misalnya sering menjadi tempat meletakkan gelas minuman tanpa tatakan, bukan? Lalu, Anda akan melihat bekas bulatan gelas bekas air di bawahnya yang tidak bisa hilang. Seperti itulah akibatnya apabila kayu terkena noda air, apalagi kopi, teh, dan sebagainya.

Rekomendasi Meja Belajar Kayu yang Minimalis Namun Tetap Keren

The Olive House Smart Desk

Produk pertama yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan adalah The Olive House Meja Belajar. Produk satu ini merupakan meja belajar yang didesain minimalis serta hadir dengan warna natural yang artistik dan mengesankan.

Bagian kakinya didesain sangat kuat, jadi mampu menahan beban yang berat. Tidak hanya itu, produk ini juga dilengkapi dengan laci yang menjadikan Anda mudah menyimpan barang serta mengambilnya kembali.

Harga Rp. 1.441.000-1.790.000

Meja Belajar - meja kerja minimalis kayu jati

Berikutnya ada meja belajar Portable Kayu Jati/Meja Kerja Minimalis. Produk satu ini memiliki kelebihan yakni bersifat portabel. Jadinya mudah dipindahkan, namun tetap kuat dan tidak mudah patah.

Produk ini terbuat dari bahan kayu jati belanda yang kuat dan tahan lama. Meja dengan jenis blockboard 15 mm ini hadir dalam warna yang natural sehingga mudah berpadu dengan interior Anda.

Tidak hanya itu, produk ini juga lebih tahan lama dan tahan terhadap cuaca. Produk ini bahkan sangat kuat terhadap jamur dan rayap karena mengandung minyak alami di dalam kayunya. Dilengkapi pula dengan tacosheet berwarna putih yang merupakan bahan sintetis bertekstur yang mudah dibersihkan.

Harga Rp. 399.000-530.700

Meja Lipat Meja Laptop Meja Belajar Kayu Pinus Clear Gloss

Selanjutnya ada Meja Lipat Laptop Meja Belajar Kayu Pinus Solid. Produk satu ini merupakan karya generasi kedua dari merek Barokah Woodcraft yang sangat pas untuk keperluan kerja Anda.

Produk ini memiliki dimensi 56x34x6 cm. Tingginya setelah berdiri adalah 25 cm. Jadinya, sangat mudah di bawa ke mana saja, juga sangat mudah dilipat-pasang. Tidak hanya itu, produk ini juga terbuat dari bahan kayu pinus berkualitas tinggi.

Kayu pinus memiliki kelebihan pada kekuatan serta kehalusannya. Tidak hanya itu, teksturnya juga menarik menambah nilai estetik dari produk ini. Di-finishing dengan pelitur air yang menjadikan produk ini tahan terhadap air dan cuaca. Lengkap pula dengan bagian papan yang sangat rata serta kuat untuk menahan beban di atasnya.

Harga Rp. 115.500-119.500

Dekoruma Moku Meja Laci

Selanjutnya ada Dekoruma Moku Meja Laci yang merupakan meja belajar minimalis dengan desain bergaya Jepang dan mendukung fleksibilitas kerja Anda.

Produk ini dilengkapi dengan cermin serta bagian luarnya dilaminasi dengan HPL, jadinya aman terhadap cuaca juga air. Ukurannya pas untuk di ruangan Anda dengan dimensi 100x53,50x75,5 cm.

Produk ini harus dirakit sendiri dengan instruksi yang mudah dicerna. Hadir dalam warna cokelat dan terbuat dari bahan PB board yang kuat dan tahan lama. Material bagian kaki juga terbuat dari particle board yang kuat menahan beban di atasnya.

Harga Rp. 999.000

Meja Belajar Duco

Sedang mencari meja berbahan kayu jati? Produk yang bisa Anda coba pertimbangkan adalah Meja Belajar minimalis Duco Putih. Produk ini merupakan meja berbahan kayu jati yang dibuat seperti sebuah tangga yang cantik.

Ukurannya tidak begitu besar, jadinya bisa ditempatkan di mana saja. Dengan dukungan warna putih yang menawan menjadikan produk ini mampu menjadikan ruangan semakin indah. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memesan warna dan jok kain sesuai keinginan.

Bahan utama produk ini adalah kayu jati, namun juga dipadu dengan bahan kayu mahoni. Bagian tempat duduknya merupakan jok berisi busa yang nyaman untuk duduk. Paduan gaya dan warnanya menjadikan tampilannya lebih berkesan shabby chic.

Harga Rp. 1.700.000-5.970.000

UNIHOME AVMB120 Meja Belajar Anak Cokelat Kayu

Berikutnya ada produk dari Unihome yakni Meja Belajar ANak AVMB 120. Desainnya minimalis dan menjadikan interior menjadi lebih indah.

Produk ini terbuat dari bahan particle board yang dipilih dari serbuk kayu berkualitas dan di-press. Jadinya, bobotnya cukup ringan, namun tetap memiliki kekuatan yang cukup. Bagan luarnya dilaminasi dengan PVC untuk ketahanan terhadap air dan cuaca.

Produk ini memiliki panjang 120 cm dengan lebar 48 cm dan tinggi 120 cm. Hadir dalam warna cokelat natural kayu yang menawan serta harganya cukup terjangkau.

Harga Rp. 598.000-1.098.000

Toraya WD60-120 WH

Berikutnya ada meja tulis Toraya Living WD60-120WH. Produk satu ini merupakan jenis meja tulis dengan desain beraneka ragam, lengkap dengan penyeimbang di bagian kakinya. Hal itu menjadikan Anda bisa meletakkan meja ini di mana saja, termasuk di tempat yang lantainya tidak rata.

Selain itu produk ini juga dilengkapi dengan handle lac, juga rel besi di bagian lacinya. Hal itu memudahkan Anda untuk membuka atau menutup laci tersebut. Produk ini terbuat dari bahan kayu mahoni yang dipadu dengan solid MDF berkualitas tinggi.

Anda bisa memilih berbagai warna yang memukau mulai dari putih, cokelat tua, dan kombinasi keduanya. Desainnya simpel, tapi berkualitas tinggi serta multifungsi.

Harga Rp. 1.200.000-1.600.000

Lunar LMC 85

Berikutnya ada Meja Komputer Lunar LMC 85 yang merupakan meja dengan sistem bongkar pasang. Jadinya, mudah dibawa atau dipindahkan ke mana saja. Produk ini juga mudah dirakit dan mudah dipasang.

Bagian kerangkanya terbuat dari besi yang berkualitas tinggi dan tidak mudah rusak atau berkarat. Materialnya terbuat dari bahan particle board. Produk ini didesain modern dan memiliki daya tahan terhadap bobot di atasnya.

Tidak hanya itu, desainnya modern jadi memperindah interior Anda. Ditambah lagi, bagian kakinya kokoh jadi tidak mudah patah. Ada juga ruang lain di bawah meja untuk memudahkan Anda menyimpan dokumen penting.

Harga Rp. 630.000-910.000

IKEA PAHL

Berikutnya ada meja minimalis dari IKEA yakni Adjustable Desk IKEA Meja Belajar Anak Kids Study Table Meja Kantor Pahl. Kelebihan dari produk ini adalah kenop di bagian kaki yang menjadikannya mudah disesuaikan. Jadi, Anda bisa mengatur tingginya mulai dari 60 hingga 72 cm untuk disesuaikan dengan tinggi orang yang menggunakannya.

Hal itu menjadikan meja ini bisa digunakan untuk meja belajar anak, juga bisa digunakan sebagai meja kantor orang dewasa. Produk ini terbuat dari bahan particle board, fibreboard, dan plastik ABS. Sedangkan kerangkanya terbuat dari baja.

Kombinasi dua warna menjadikannya semakin elegan. Paduan laci, rak, dan meja ini menjadikan Anda lebih mudah untuk mengatur barang di atasnya. Ditambah lagi, produk ini juga mudah dibersihkan.

Harga Rp. 1.299.000-2.050.000

Livien Patrick Meja Belajar

Berikutnya adalah meja belajar Patrick Modern Combi dari Livien Furniture. Produk satu ini menjadikan meja kerja dan rak dalam satu produk. Jadinya, selain bisa digunakan untuk bekerja, tapi juga bisa dengan mudah menyimpan dokumen yang dibutuhkan.

Produk satu ini hadir dalam warna putih yang menawan. Terbuat dari bahan kayu mahoni berkualitas tinggi dengan premium MDF serta kerangka yang kuat. Jadinya, lebih kuat dan tahan lama untuk digunakan dalam waktu yang lama.

Ditambah lagi, desainnya juga sangat menarik. Ruangan terkesan menjadi lebih luas, meski ruangan tersebut berukuran kecil. Ditambah lagi, laci dan raknya sangat memudahkan Anda mengorganisir barang serta menyimpan dokumen penting.

Harga Rp. 1.590.000-2.279.000
From our editorial team

Meja Minimalis Membuat Nyaman Belajar Sekaligus Memperindah Interior

Meja kerja atau meja belajar minimalis yang direkomendasikan BP-Guide di atas tentunya sangat bisa membuat Anda bisa menjadi lebih nyaman ketika menggunakannya. Tidak hanya itu, desainnya yang indah juga menjadikan ruangan menjadi lebih nyaman dan keren. Jadi, Anda bisa menjatuhkan pilihan Anda pada salah satu produk yang direkomendasikan BP-Guide di atas.