Lengkapi Meja Belajar dengan 10 Rekomendasi Lampu Belajar Berikut (2020)

Lengkapi Meja Belajar dengan 10 Rekomendasi Lampu Belajar Berikut (2020)

Lampu belajar memang wajib dimiliki guna menunjang kenyamanan beraktivitas di meja belajar. Simak tips dari kami dalam memilih lampu belajar yang nyaman untuk mata. Ini supaya Anda tidak salah ilih lampu belajar yang tepat untuk Anda dan buah hati.

Cahaya Lampu Membantu Mata Melihat Lebih Baik

Cahaya membantu manusia untuk melihat. Baik cahaya lampu atau cahaya matahari sama-sama membantu manusia untuk bisa melihat lebih baik dengan pantulannya pada permukaan benda. Saat pagi hingga sore, cahaya matahari bisa membantu kita untuk melihat lebih baik. Namun saat malam hari, kita bisa mengandalkan lampu sebagai sumber cahaya untuk membantu penglihatan kita.

Cahaya lampu membuat kita bisa beraktivitas di dalam ruangan. Dengan adanya cahaya, kita jadi bisa lebih konsentrasi dan bisa lebih produktif untuk bekerja dibanding saat kita berada di ruang yang gelap atau remang-remang. Pencahayaan lampu yang baik juga bisa memelihara kesehatan mata kita.

Cahaya lampu dibutuhkan untuk berbagai aktivitas kita di rumah. Namun, setiap aktivitas membutuhkan kecerahan lampu yang berbeda-beda. Untuk kamar tidur misalnya, sebaiknya memilih lampu yang dilengkapi dimmer sehingga cahayanya bisa diatur sesuai kebutuhan. Untuk di ruang tamu dan ruang makan, cahaya lampu bisa dipilih yang cerah agar bisa lebih jelas.

Sementara untuk di ruang belajar, sebaiknya memakai lampu khusus untuk belajar. Ini supaya bisa membaca, menulis, dan mengerjakan tugas dengan lebih berkonsentrasi. Sebaiknya hindari pencahayaan yang terlalu terang karena bisa membuat penglihatan jadi buram. Ada baiknya juga menghindari pencahayaan yang terlalu redup karena bisa membuat mata cepat lelah.

Jenis lampu yang ada di pasaran sangat beragam. Kita harus mengetahui jenisnya agar kita bisa memutuskan mana yang cocok untuk ruang tidur, ruang dapur, kamar mandi, hingga untuk lampu belajar. Dengan memilih jenis lampu yang pas, maka kita bisa beraktivitas dengan baik.

Pertama, ada lampu pijar yang merupakan jenis penerangan yang paling umum. Bohlam pijar sering juga disebut lampu halogen. Bohlam seperti ini banyak digunakan dalam berbagai ruangan. Meski terbilang paling murah, namun lampu ini juga dikenal paling boros. Lampu pijar perlu dialiri energi listrik yang besar untuk menghasilkan pancaran sinar. Dengan cahaya kuning kemerahan, cahayanya sedikit panas dan bisa bikin ruangan terasa lebih hangat.

Selajutnya, ada jenis lampu flouresen padat. Ini merupakan jenis lampu yang bisa menggantikan bohlam pijar. Lampu semacam ini dikenal lebih hemat energi dan masa pakainya lebih tahan lama 10 kali lipat daripada bohlam pijar. Di dalamnya terdapat uap argon dan merkuri yang disimpan dalam tabung berbentuk spiral. Aliran listrik akan memanaskan campuran uap tersebut dan memancarkan cahaya. Warna cahaya yang dihasilkan adalah putih terang.

Terakhir, ada jenis lampu LED yang bisa Anda andalkan. Lampu ini adalah yang paling hemat energi. Lampu LED juga terbilang lebih tahan lama dibanding lainnya. Sinar cahaya yang dihasilkan pun paling terang. Lampu LED paling baik untuk memancarkan cahaya hanya ke arah tertentu.

Tetap Gunakan Lampu Belajar Meski Siang Hari

Untuk aktivitas belajar, membaca, menulis, bekerja, hingga mengerjakan tugas memang paling pas kalau dilakukan di meja belajar. Dan untuk itu, lampu belajar dibutuhkan. Dengan adanya lampu belajar, maka kegiatan belajar jadi lebih bersemangat. Selain itu, lampu belajar juga bikin kita semakin berkonsentrasi. Lampu belajar bikin mata juga lebih nyaman sehingga beraktivitas juga bisa bertahan lama di meja belajar.

Lampu belajar wajib digunakan bahkan meski di siang hari. Ini karena ada alasan medis di baliknya. Pemakaian lampu belajar siang hari adalah untuk bikin pencahayaan di meja belajar jadi lebih baik sehingga mata kita jadi lebih nyaman melihatnya. Konstruksi dari rumah atau gedung membuat cahaya matahari tidak bisa sepenuhnya masuk ke dalam rumah. Apalagi jika jendelanya kecil. Ini membuat kita membutuhkan cahaya tambahan yang didapat dari lampu.

Memilih Lampu Belajar yang Baik untuk Kesehatan Mata

Pastikan Memiliki Pencahayaan yang Menyehatkan

Ketika memilih lampu belajar, pastikan lampunya memiliki pencahayaan yang menyehatkan untuk mata. Pilih intensitas cahaya yang tidak terlalu terang maupun terlalu rendah. Anda wajib tahu bahwa beberapa lampu menghasilkan sinar ultraviolet yang sangat berisiko terhadap kesehatan tubuh.

Akan lebih baik jika memakai lampu LED. Jenis lampu ini berbahan semikonduktor yang bisa meminimalisasikan dampak buruk terhadap kesehatan. Lampu LED tidak mengandung merkuri sehingga pancaran yang dihasilkan juga tidak ditumpangi oleh sinar UV yang berbahaya untuk kesehatan.

Pilih yang Ada Fitur Dimmer

Anda baiknya memiliki lampu belajar yang memiliki dimmer. Ini adalah fitur untuk menyesuaikan intensitas cahaya yang ingin digunakan. Dengan adanya fitur ini, Anda bisa menyesuikan cahaya sesuai dengan kondisi ruangan. Saat ruangan terlalu gelap atau terlalu terang, Anda tinggal sesuaikan pencahayaan yang bisa membuat mata jadi nyaman.

Memiliki Reflektor yang Bagus

Perlu juga untuk memiliki lampu belajar dengan reflektor yang bagus. Reflektor adalah bahan yang fungsinya untuk memantulkan cahaya ke objek tujuan.

Beberapa orang sering mengabaikan fungsi yang satu ini. Padahal reflektor sangat penting. Makin bagus reflektornya maka makin bagus pantulan cahaya yang dihasilkan.

Pilih Ukuran dan Pastikan Memiliki Penyangga Fleksibel

Pilih juga ukuran lampu belajar yang pas dengan kebutuhan Anda. Perkirakan ngira seberapa besar ukuran fisik sebuah lampu belajar yang pas untuk meja belajar Anda. Hindari ukuran yang terlalu kecil atau terlalu besar karena akan mengganggu kenyamanan aktivitas.

Anda juga bisa memilih yang memiliki penyangga fleksibel. Lampu dengan penyangga membuat Anda lebih mudah menata ulang posisi lampunya. Anda bisa dengan mudah mengarahkan lampunya ke arah yang diinginkan. Anda bisa merundukkan atau menegakkan badan lampu serta memutar kap sesuai posisi objek yang diinginkan.

10 Rekomendasi Lampu Belajar IKEA Terbaik untuk Anda

IKEA Varva

IKEA Varva ini juga bisa jadi pilihan kamu. Produk yang satu ini memakai lampu LED sehingga lebih sehat untuk mata. Lampu belajar dari IKEA ini cocok untuk membaca, bekerja, dan aktivitas lainnya di atas meja belajar.

Produk yang satu ini juga bisa menjaga mata agar tidak cepat lelah tentunya. Desain lampu baca ini juga sangat menarik. Lampu belajar yang satu ini hadir dengan dimmer. Ini bisa membuat Anda mengatur tingkat kecerahannya.

Harga Rp. 69.000-107.000

IKEA Forsa

IKEA Forsa merupakan produk yang cocok untuk bekerja dan belajar. Lampu kerja yang satu ini desainnya klasik dan menarik. Produk dari IKEA ini kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Produk ini bisa Anda gunakan untuk mendesain ruangan secara apik. Lampu ini memiliki tinggi 35 cm dan mempunyai panjang kabel 1,8 m. Kepala lampunya bisa digerakkan dan cahayanya dapat diposisikan sesuai keinginan.

Bohlam lampunya dijual terpisah. Produk ini cocok memakai lampu tipe LED. Dengan daya 40 watt, lampu ini hemat listrik. Produk ini terbuat dari baja yang kokoh dan tahan lama. Ukuran lampu ini adalah 35 cm x 15 cm x 12 cm.

Harga Rp. 429.000-788.000

IKEA Arod

IKEA Arod juga merupakan pilihan yang tepat. Lampu yang satu ini bisa memberi cahaya yang terarah untuk belajar dan bekerja. Produk yang satu ini memiliki tangkai dan kepala lampu yang bisa disesuaikan.

Lampu yang satu ini memiliki tinggi 53 cm dengan diameter dasar 23 cm. Lampu juga hadir dengan panjang kabel 1,5 m. Untuk memakai lampu ini dibutuhkan daya 13 watt.

Supaya lebih bagus, Anda bisa memakai bohlam LED E27 600 lumen bola putih opal untuk produk yang satu ini. Reflektornya berbahan aluminium dengan powder coating sehingga bagus dan tahan lama.

Harga Rp. 683.000-1.400.000

IKEA Jansjo

IKEA Jansjo juga bisa dilirik sebagai pilihan. Lampu ini memakai LED sehingga lebih tahan lama. Produk dari IKEA ini kualitasnya nomor satu. Terbuat dari bahan baja yang kuat, rangka lampunya fleksibel dan bisa ditekuk ke arah yang diinginkan.

Dengan memakai USB sebagai sumber daya, lampu ini cocok dipasang di laptop atau powerbank. Produk yang satu ini memiliki tingkat kecerahan 10 lumen. Dengan USB sebagai konektor, lampu belajar ini nyaman digunakan untuk aktivitas di atas meja belajar.

Harga Rp. 165.000-229.000

IKEA Tertial

IKEA Tertial juga bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini sudah hadir di IKEA sejak tahun 1998 dan masih sangat diminati hingga sekarang. Terbuat dari bahan baja klasik, desain lengannya bisa disesuaikan.

Bagian kepalanya juga bisa diarahkan sehingga bisa dengan mudah mengakomodasi aktivitas Anda. Produk memiliki diameter kap lampu 17 cm dengan panjang kabel 1,5 m. Lampu ini disarankan memakai bohlam LED E27 400 lumen.

Harga Rp. 185.000-350.000

IKEA Svallet

IKEA Svallet juga bisa jadi pilihan yang pas. Produk ini cocok diletakkan di meja belajar untuk berbagai aktivitas. Lampu keren ini bisa memberikan cahaya fungsional yang terarah.

Lampu ini juga sangat mudah dipadukan dengan interior. Produk setinggi 35 cm ini memiliki diameter dasar 16 cm. Desain lampunya klasik sehingga bisa mempercantik interior desain di rumah.

Harga Rp. 88.000-130.000

IKEA Nyfors

IKEA Nyfors juga bisa jadi pilihan. Lampu belajar keren ini memiliki kualitas yang bagus seperti produk IKEA lainnya. Lampu ini dilengkapi dimmer sehingga bisa diredupkan dan dicerahkan sesuai kebutuhan.

Dengan dimmer sentuh variabel built-in, Anda jadi lebih mudah memadamkan, menyalakan dan meredupkan lampu dengan sentuhan simpel. Produk bisa mencharge smartphone dan lainya melalui port USB built-in pada lampu.

Bagian tangkai dan kepala lampu dapat disesuaikan sehingga Anda bisa lebih mudah bekerja dan beraktivitas. Ada gorden kain untuk memberi pencahayaan yang membaur dan dekoratif.

Harga Rp. 1.100.000-2.200.000

IKEA Lagra

IKEA Lagra ini adalah produk selanjutnya yang kami rekomendasikan. Lampu yang satu ini bisa bikin Anda dengan mudah mengarahkan cahaya dimana diperlukan karena kepala lampu dapat disesuaikan. Lampu ini fungsional untuk bekerja, membaca, belajar, dan lainnya.

Dengan tinggi 42 cm, lampu ini memiliki panjang kabel 2 meter. Produk ini memiliki diameter kap lampu 9 cm. Kualitas produk tidak perlu diragukan lagi karena produk IKEA dijamin bermutu tinggi.

Harga Rp. 102.000-174.000

IKEA Kvart

IKEA Kvart menjadi rekomendasi selanjutnya untuk lampu belajar. Desainnya simpel namun keren dan bisa mempercantik ruangan. Lampu ini memiliki tangkai lampu dapat disesuaikan.

Anda jadi bisa mengarahkan cahayanya kemana saja. lampu dengan tinggi 44 cm ini memiliki panjang kabel 1,9 meter. Produk ini bisa jadi teman belajar anak atau cocok juga jadi teman Anda saat bekerja.

Harga Rp. 146.000-220.000

IKEA Krux

IKEA Krux juga bisa jadi pilihan. Produk ini kap lampunya bisa disesuaikan. Lampu ini cocok untuk bekerja dan belajar. Produk yang satu ini memiliki tinggi 38 cm dengan panjang kabel 1,8 meter.

Dalam pembelian sudah termasuk bohlam LED. Bohlam ini sudah terpasang tapi dapat diganti saat diperlukan. Daya tahan LED kurang lebih 25.000 jam.

Harga Rp. 399.000-749.000
From our editorial team

Gunakan Lampu Belajar yang Bikin Mata Nyaman

Menggunakan lampu pada meja belajar memang sangat bermanfaat untuk keperluan belajar, membaca, dan bekerja. Selain bisa membuat proses belajar lebih mudah, juga bisa membuat pekerjaan lebih produktif dan cepat. Karena lampu pada meja belajar tergolong penting, maka Anda wajib memilih produk lampu belajar terbaik untuk Anda gunakan. Yang paling utama, pilihlah produk yang memberi rasa nyaman di mata. Untuk rekomendasinya, cek di atas ya!