Belajar Lebih Nyaman dengan 10 Rekomendasi Lampu Belajar LED! (2020)

Belajar Lebih Nyaman dengan 10 Rekomendasi Lampu Belajar LED! (2020)

Lampu LED menjadi lampu pilihan untuk belajar. Lampu belajar LED memiliki harga lebih terjangkau dan bisa lebih nyaman untuk mata meski digunakan dalam waktu lama. Yuk, simak rekomendasi lampu belajar LED dari kami!

Meski Siang, Lampu Belajar Tetap Wajib Digunakan

Lampu belajar adalah lampu yang diletakkan di atas meja kerja atau meja belajar. Lampu ini unik dengan bentuk kecil dan penyangga yang bentuknya mulai beraneka ragam. Bahan pembuatan bodi lampu belajar sangat beragam dan lampunya pun beragam, bisa lampu biasa atau lampu LED.

Fungsi utama dari lampu belajar adalah untuk membuat kita bisa lebih berkonsentrasi saat bekerja, belajar, dan megerjakan hal lainnya. Dengan sumber cahaya yang pas dari lampu belajar, maka kita bisa beraktivitas dengan baik di meja belajar atau meja kerja kita.

Penggunaan lampu belajar umumnya hanya pada malam hari. Padahal, meski siang hari pun kita wajib memakai lampu belajar lho. Ini karena sekarang ini rumah atau gedung kerja kita sudah semakin berhimpitan. Hal ini membuat cahaya matahari tak leluasa masuk ke ruang dalam rumah dan gedung. Akibatnya cahaya dalam ruang jadi kurang dan kita jadi kerepotan saat akan belajar atau bekerja.

Penerangan dari lampu biasa kurang menunjang kegiatan kita. Pencahayaan yang buruk dalam ruangan akan mempengaruhi kesehatan mata. Ini membuat mata jadi mudah lelah dan penglihatan jadi kabur. Untuk itulah penggunaan lampu belajar sangat diperlukan. Dengan bantuan lampu belajar, maka aktivitas bekerja dan belajar bisa berjalan dengan baik dan mata jadi lebih terlindungi.

Keuntungan Memakai Lampu LED sebagai Lampu Belajar

Bicara soal lampu belajar, banyak orang lebih memilih lampu LED ketimbang lampu biasa untuk dipakai dalam lampu belajarnya. Tak heran sih karena lampu LED memang memiliki banyak keunggulan. Salah satunya adalah harganya jauh lebih terjangkau dan lebih hemat tenaga. Lampu LED hanya memakai menggunakan 1/30 energi yang biasa dibutuhkan sebuah bohlam pada umumnya.

Keunggulan lain dari lampu belajar LED adalah ukurannya lebih kecil. Ini membuatnya jadi lebih mudah digunakan di area mana saja dan cocok dipakai untuk aneka jenis lampu belajar. Biasanya ukuran lampu LED hanya 3 hingga 8 mm.

Keuntungan lain dalam memakai lampu belajar LED adalah lampunya bisa memancarkan cahaya ke arah yang spesifik sehingga tidak terlalu memancarkan panas. Lampu LED akan tetap dingin dan bisa sangat efisien digunakan. Lampu LED juga terbilang cukup tahan lama karena bisa bertahan dari 30.000 hingga 50.000 jam pemakaian.

Kelebihan lainnya dari lampu belajar LED adalah lampunya bisa memancarkan cahaya putih. Ini adalah cahaya yang sempurna baik untuk bekerja, belajar, dan aktivitas yang lainnya. Warna lampu semacam ini bikin kita lebih fokus dan tak bikin mata cepat lelah.

Tips Memilih Lampu Belajar LED

Pilih yang Dilengkapi Pengaturan Cahaya

Pastikan untuk memilih lampu belajar LED yang dilengkapi dengan pengaturan cahaya. Lampu belajar yang terlalu terang tentu akan menyilaukan mata dan membuat kita jadi cepat lelah. Sementara lampu yang terlalu redup juga bikin kita jadi cepat lelah dan mata jadi terasa pedih. Maka dari itu penting untuk membeli lampu belajar LED yang bisa diatur cahayanya supaya mata kita lebih nyaman.

Dengan adanya lampu belajar LED yang bisa disesuaikan cahayanya, maka Anda juga bisa memakainya untuk fungsi lainnya. Misalnya saja untuk tidur. Anda tinggal ganti tingkat kecerahan jadi yang paling redup supaya lampu belajar bisa beralih fungsi jadi lampu tidur.

Pastikan Desain Gagang Fleksibel

Lampu belajar LED tentunya dilengkapi dengan gagang alias penyangga lampu. Usahakan untuk memilih gagang yang fleksibel dan bisa diputar kemana saja. Dengan gagang yang fleksibel, Anda bisa memakai lampu belajar LED dengan berbagai posisi yang bikin Anda nyaman.

Anda bisa menyesuaikan arah cahaya yang nyaman untuk pose duduk dan untuk mata Anda supaya lebih nyaman. Gagang yang fleksibel juga membuat Anda lebih nyaman dalam mengatur ketinggian lampu.

Pilih Lampu dengan Fitur Pengaturan Tone Cahaya

Usahakan untuk memilih lampu belajar LED yang memiliki fitur tone cahaya. Adanya fitur ini memudahkan Anda supaya bisa mengubah warna cahaya dari lampu menjadi lebih putih atau kuning. Dalam lampu jenis LED ada 3 jenis warna yaitu daylight, cool white, dan warm white.

Fitur tone cahaya ini membuat Anda bisa menyesuaikan warna dengan situasi dan kebutuhan Anda. Setiap pilihan warna memberi kesan sendiri dan bisa digunakan untuk tujuan yang berbeda. Misalnya saja warna daylight, ini adalah warna yang bisa membuat Anda lebih berkonsentrasi saat membaca atau belajar. Warna daylight adalah warna kebiruan namun lebih pucat dari warna cahaya matahari.

Selanjutnya, ada warna cool white yang warnanya mirip cahaya matahari. Cahaya ini terasa natural dan cocok untuk aneka kegiatan. Satu lagi ada warna warm white. Cahaya warna ini lebih cederung kuning atau oranye. Cahaya warm white cocok untuk menemani saat tidur.

Ini Dia Produk Lampu Belajar LED untuk Anda

Aukey LED LT-T1

Lampu belajar Aukey LED LT-T1 ini bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini hadir dalam model yang keren dan modern. Ada fitur eye protection pada lampu ini yang membuat Anda lebih nyaman memakai lampu yang satu ini.

Anda bisa juga mengatur tingkat kecerahan cahaya lampu karena ada 5 tingkatan kecerahan yang bisa dipilih. Lampu belajar ini juga hadir dengan 4 mode lampu yaitu mode reading, study, rilkes, dan sleep.

Produk sudah lengkap dengan port USB untuk mengisi baterai perangkat USB. Anda tak perlu takut boros karena lampu ini hanya butuh daya 5 watt saja. Lampu ini mudah ditekuk sampai berotasi 180 derajat sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Harga Rp. 674.000-770.000

Remax RT-E185

Anda bisa juga memilih Remax RT-E185 sebagai pilihan. Produk yang satu ini hadir dengan tampilan yang berkesan modern. Anda bisa meletakkannya di meja untuk kesan ruangan minimalis nan elegan.

Lampu belajar LED ini unik karena dibekali teknologi eye protection jadi tak akan membuat sakit mata. Produk ini cocok untuk Anda dan buah hati. Bagian gagang lampu belajar ini bisa dilipat hingga 180 derajat.

Ada tombol on dan off layar sentuh untuk mengoperasikan lampu. Produk ini juga bisa menghadirkan informasi seperti waktu, tanggal, dan temperatur suhu ruangan yang makin membuatnya terlihat elegan.

Harga Rp. 161.000-227.000

Vivan LED VTL-F1

Anda jangan melewatkan Vivan LED VTL-F1 sebagai pilihan. Lampu belajar yang satu ini bisa Anda gunakan dan bisa juga digunakan buah hati. Produk ini hadir dengan kipas pada bagian tangkai lampunya.

Dengan power supply dari bateri, produk ini mampu bertahan selama 3 jam meski kipas dan lampu dinyalakan bersamaan. Arah cahaya lampu bisa diputar hingga 360 derajat. Desain lampu ini kecil namun sangat ergonomis.

Lampu ini nyaman untuk bekerja, belajar, dan mengerjakan aneka proyek. Selain cocok jadi lampu belajar, produk bisa juga jadi lampu tidur. Produk ini baterainya menggunakan daya sebesar 1200 mAh.

Harga Rp. 142.000-228.000

IKEA Forsa Work Lamp

Berikutnya ada IKEA Forsa Work Lamp yang cocok jadi pilihan. Produk yang satu ini hadir dengan desain klasik. Lampu keren ini memiliki tinggi 35 cm. Kabel lampu ini panjangnya 1,8 meter.

Anda yang ingin menambah kesan vintage pada ruangan bisa memakai produk yang satu ini. Bagian kepala lampu mudah diarahkan.

Lampu LED ini cocok untuk belajar si kecil dan bisa juga Anda gunakan bekerja. Bagian bodi lampu terbuat dari bahan yang kokoh dan tahan lama.

Harga Rp. 429.000-611.000

Lampu Belajar LED dengan Layar Sentuh dan Charger USB

Lampu Belajar LED dengan Layar Sentuh dan Charger USB adalah produk yang tak bisa dilewatkan. Lampu yang satu ini memakai baterai yang bisa diisi ulang.

Anda bisa memakainya di rumah, di kantor, atau utuk meja belajar anak. Lampu LED ini hemat daya dan juga ramah lingkungan. Produk ini dibekali dengan dimmer.

Lampu ini terbuat dari bahan ABS kombinasi akrilik dan metal. Ada warna biru, pink, dan hijau yang bisa dipilih dari lampu belajar keren ini.

Harga Rp. 198.000-330.000

Philips Dyna LED 67413

Philips Dyna LED 67413 menjadi produk keren yang bisa diandalkan. Lampu belajar LED ini ukurannya kecil namun memiliki banyak sekali kelebihan.

Selain bisa menghadirkan cahaya putih terang, lampu ini juga membuat suasana jadi makin nyaman. Anda bisa memakainya di siang hari atau malam hari.

Lampu ini akan bertahan sampai 15.000 jam atau sekitar 15 tahun. Dengan daya 4 watt, lampu ini cukup hemat energi. Lampu ini nyaman di mata dan cocok untuk anak-anak hingga dewasa.

Harga Rp. 365.000-947.000

IKEA Jansjo Lampu USB LED

Jangan lewatkan juga IKEA Jansjo Lampu USB LED. Lampu keren yang satu ini kualitasnya tak perlu diragukan. Produk ini bisa tahan selama 25.0000 jam.

Lampu LED hemat energi ini terbuat dari bahan yang berkualitas seperti, akrilik, baja, dan ABS. desain lampu ini simpel dengan model memanjang.

Satu ujungnya adalah LED bohlam da ujung lainnya adalah USB. Produk keren ini cukup dicolokkan ke komputer saja untuk dinyalakan.

Harga Rp. 103.000-158.000

Eglare Icolor Schematic

Eglare Icolor Schematic menjadi produk keren untuk Anda. Lampu belajar LED ini cocok untuk anak sekolah atau untuk Anda yang sudah bekerja.

Produk ini ramah lingkungan dan bisa membuat mata nyaman selama pemakaian. Lampu dengan ukuran 39,3 x 13,5 x 42,4 cm ini cocok untuk menghias meja Anda dan membuat ruangan berkesan minimalis modern.

Ada fitur Correlated Color Temperature dan juga fitur dimana Anda bisa mengubah warna lampunya menjadi warna warm white, netral, atau cool white. Lampu yang satu ini memakai daya 8 watt.

Harga Rp. 570.000-622.000

Xiaomi Mi Smart Folding LED Eye Protection Desk Lamp

Xiaomi Mi Smart Folding LED Eye Protection Desk Lamp jelas bisa jadi pilihan. Desain lampu ini simpe dan ramping sehingga tak memakan banyak tempat.

Lampu ini cocok untuk menemani anak belajar dan Anda saat bekerja. Dengan warna putih, lampu ini terkesan sangat minimalis dan elegan. Lampu LED ini tak menimbulkan flicker saat menyala sehingga mata jadi nyaman saat beraktivitas di bawah lampu.

Ada fitur Adjustable Color Temperature untuk membuat Anda bisa mengganti suhu cahaya yang cocok dengan suasana ruangan. Kecerahan lampu juga bisa diatur dengan produk yang satu ini.

Lampu memiliki teknik pendinginan berkat adanya desain internal lampu yang membuat panas akan tersebar secara merata. Ini akan membuat lampu jadi lebih awet digunakan.

Harga Rp. 569.000-875.000

Philips Scope LED

Lampu belajar LED berikutnya adalah Philips Scope LED. Lampu keren yang satu ini bisa menghasilkan cahaya terang berwarna putih alami.

Desain lampu ini simpel dan berkesan elegan. Ini merupakan lampu hemat energi yang bisa membuat Anda hemat biaya pengoperasian.

Cahaya lampu bisa lebih merata sehingga mata jadi lebih nyaman saat memandangnya. Produk ini cocok untuk anak sekolah atau Anda yang sudah bekerja.

Harga Rp. 759.000-950.000
From our editorial team

Pilih Lampu Belajar LED Berdasarkan Sumber Dayanya

Saat memilih lampu belajar LED ada baiknya Anda memilih berdasarkan sumber dayanya alias power supply. Lampu belajar kebanyakan memakai steker atau USB. Namun, ada juga lampu belajar LED yang portable. Biasanya lampu portable ini memakai daya berupa baterai yang bisa diisi ulang. Untuk Anda yang gemar berpindah-pindah sat belajar, membaca, dan bekerja, maka bisa memilih lampu LED dengan sumber daya baterai yang rechargeable. Sayangnya, lampu belajar semacam ini tak terlalu tahan lama digunakan karena Anda harus mencharge ulang saat dayanya habis. Jadi, pilih lampu dari sumber daya sesuai kebutuhan Anda ya.

Tag