Tetap Terang Saat Listrik Padam, Ini 10 Rekomendasi Lampu Emergency Terbaik untuk Anda (2020)

Tetap Terang Saat Listrik Padam, Ini 10 Rekomendasi Lampu Emergency Terbaik untuk Anda (2020)

Lampu emergency menjadi pilihan yang tepat agar rumah tetap terang dan kita bisa melakukan aktivitas ketika listrik padam. Apalagi ketika musim hujan dan banjir sering melanda, maka pemadaman listrik yang tak diduga seringkali terjadi. Butuh lampu darurat di rumah Anda? Simak ulasan dan rekomendasinya berikut ini.

Lampu Emergency Sangat Dibutuhkan Dalam Kondisi Darurat

Lampu emergency terkadang dianggap tidak terlalu penting. Padahal saat listrik di rumah Anda padam, Anda akan kesulitan untuk menemukan sumber cahaya. Jika Anda mengandalkan lilin sebagai sumber cahaya, Anda harus mencari lilin terlebih dahulu kemudian korek, barulah lilin dapat dinyalakan.

Jika lilin dan korek letaknya berdekatan, tidak akan sulit. Tetapi jika lilin dan korek terletak di tempat yang berbeda, Anda harus jalan meraba-raba terlebih dahulu untuk menemukannya. Berjalan di kegelapan dapat membahayakan Anda dan juga dapat merusak barang-barang yang ada di rumah.

Solusi dari masalah ini adalah menggunakan lampu emergency. Praktis dihidupkan dan mudah ditemukan, sehingga Anda tidak perlu lagi berjalan meraba-raba di dalam kegelapan.

Memilih Lampu Emergency yang Tepat

Perhatikan Kapasitas Baterainya

Listrik yang padam terkadang tidak dapat diprediksi durasinya. Terkadang hanya sebentar, tetapi bisa juga terjadi seharian. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena lampu emergency tetap bisa hidup karena dayanya diambil dari baterai. Agar lampu emergency dapat digunakan secara optimal, Anda perlu memilih lampu yang memiliki baterai dengan kapasitas yang besar.

Lampu emergency yang memiliki kapasitas baterai yang besar biasanya dapat digunakan hingga 12 jam. Agar lampu emergency dapat bertahan, sebelum digunakan harus diisi dayanya minimal 6 jam. Bila Anda ingin kebutuhan penerangan di rumah Anda terpenuhi saat listrik padam, Anda perlu memiliki lampu emergency lebih dari satu.

Pilih Berdasarkan Jenis

Lampu emergency memiliki berbagai jenis dengan sistem pencahayaan yang berbeda. Jenis pertama adalah lampu emergency plafon. Lampu jenis ini bisa diletakkan di plafon dengan sistem pencahayaan yang sama seperti lampu ruangan biasa. Lampunya akan otomatis hidup saat listrik di rumah Anda padam.

Jenis kedua adalah lampu emergency portable. Lampu emergency jenis ini adalah jenis yang paling populer dan paling banyak digunakan karena mudah dibawa-bawa. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk pengganti senter. Terdiri dari berbagai bentuk dan model, yaitu jinjing, senter, dan headlamp.

Jenis yang terakhir adalah lampu darurat LED. Lampu emergency ini menggunakan sistem pencahayaan dengan teknologi LED. Sehingga cahaya yang dihasilkan lebih terang, tetapi tidak menyilaukan. Tidak hanya itu saja, daya yang dibutuhkan juga lebih sedikit, sehingga lebih hemat daya.

Perhatikan Fitur yang Ada

Sumber gambar https://www.pexels.com/

Tidak hanya sebagai penerang saja, sekarang lampu emergency telah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Awalnya fitur yang disematkan pada lampu emergency hanyalah fitur pengaturan cahaya. Fitur ini membuat Anda bisa mengatur intensitas cahaya yang sesuai dengan kenyamanan mata Anda.

Namun, semakin berkembangnya teknologi, semakin canggih pula fitur dari lampu emergency. Ada lampu darurat yang dibekali dengan fitur radio. Sehingga Anda tidak hanya dapat menggunakannya sebagai sumber cahaya, tetapi Anda bisa mendengarkan radio saat lampu di rumah Anda padam.

Ada pula fitur kipas angin. Fitur ini cocok untuk Anda yang tinggal di daerah yang panas. Saat listrik padam, AC dan kipas angin Anda juga akan padam. Hal ini membuat hawa rumah berubah menjadi panas. Maka dari itu, sebelum membeli lampu emergency, Anda perlu melihat fitur-fitur apa saja yang ditawarkan oleh produk tersebut.

Simpan di Tempat yang Tepat

Agar lampu emergency Anda lebih awet dan tidak mudah rusak, Anda perlu memperhatikan tempat penyimpanannya. Tempat penyimpanan yang salah dapat membuat umur dari lampu emergency menjadi lebih pendek.

Simpanlah di tempat yang memiliki suhu stabil, karena perubahan suhu dapat membuat komponen baterai lampu emergency menjadi cepat rusak. Hindari pula tempat penyimpanan yang berdekatan dengan steker lain, karena dapat memicu korslet atau kerusakan komponen lampu emergency Anda.

Posisi penyimpanan lampu emergency haruslah strategis dan mudah dijangkau. Jangan sampai saat mati lampu, Anda kesulitan saat menemukannya. Usahakan posisi dari lampu emergency Anda tidak terlalu jauh dari tempat Anda biasa duduk sehingga mudah dijangkau dalam keadaan darurat.

Rekomendasi Lampu Emergency dengan Harga Terjangkau

Lampu Emergency Luby

Lampu Emergency Luby 8 Watt adalah lampu empat sisi yang hemat energi serta memiliki kualitas yang terjamin. Menggunakan teknologi LED yang dapat menghasilkan cahaya putih yang terang tetapi tidak menyilaukan.

Lampu yang ramah lingkungan ini bekerja lebih dari 100.000 jam, karena memiliki daya dari baterai lithium isi ulang berkapasitas 4000 mAh yang dapat diisi ulang hingga 1000 kali. Lampu emergency dari Luby ini hanya mengkonsumsi daya sebesar 8 Watt.

Konsumsi daya yang rendah membuat lampu ini sangat hemat energi dan tidak membuat tagihan listrik Anda membengkak. Lampu yang memiliki desain yang dinamis ini dilengkapi dengan pegangan yang nyaman. Tekan tombol pada bagian atas untuk mengatur cahaya menjadi dua sisi atau empat sisi.

Harga Rp. 115.000-150.000

E48 Moegen/ Viva/ MG-836 Lampu Emergency Rechargeable

Produk berikutnya adalah Lampu Emergency Fitting + remote 32 SMD LED 30 SMD Cahaya Putih + 6 SMD Cahaya kuning. Dengan total 32 SMD LED yang menjadikan lampu ini mampu memberi cahaya yang dibutuhkan saat lampu padam. Lampu satu ini juga langsung otomatis menyala ketika listrik mati.

Selain 30 SMD cahaya putih yang terang, Anda juga bisa menjadikan lampu ini sebagai lampu tidur. Sebab, ada 6 SMD cahaya kuning yang cahayanya ringan dan juga lembut.

Proses pemasangan lampu juga sangat mudah. Anda tinggal memasangnya pada fitting lampu, tanpa perlu instalasi tambahan atau perubahan lainnya. Saat listrik kembali menyala, Anda bisa mematikan lampu satu ini menggunakan remote, dengan cara menekan tombol off.

Harga Rp. 34.999-71.200

Emergency LED Surya SQL L 3001

Lampu emergency selanjutnya adalah Lampu Surya SQL L3001/Emergency Lamp/Lampu Darurat. Lampu satu ini menggunakan baterai Lead-Acid 4V yang berkapasitas 2000mAh. Baterai ini adalah jenis baterai yang sangat awet, bahkan bisa tetap efektif digunakan meski sudah diisi ulang hingga 500 kali.

Jenis lampu yang digunakan adalah SMD LED yang menjadikan lampu ini jauh lebih terang cahayanya, tapi hemat energi. Akan sangat baik apabila Anda melakukan penngisia daya terhadap lampu ini dalam waktu tiga bulan sekali. Untuk penggunaan pertama, silahkan isi ulang dulu baterainya selama 10 jam.

Selain itu, agar lebih tahan lama, Anda bisa mulai melakukan pengisian daya selanjutnya ketika lampu mulai meredup. Lampu ini juga ditujukan untuk penggunaan dalam ruangan, jadi hindari terkena air hujan atau lain-lain. Bagian tombol bawahnya bisa digeser untuk mendapatkan tingkat intensitas cahaya yang berbeda.

Harga Rp. 42.000-48.000

Luby L-692 Lampu Emergency

Ingin mendapatkan lampu sekaligus kipas angin emergency? Produk Lampu Emergency Luby 692 yang dilengkapi dengan kipas mini Fan Portable Luby Powerbank bisa menjadi pilihan utama. Produk ini dilengkapi dua buah lampu tipe LED SMD 5 watt yang cahayanya sangat terang. Tidak hanya itu, juga ada senter 2 Cob dengan kapasitas 3 watt yang terletak di atas kipas.

Kipas yang dimiliki produk ini desainnya unik, lengkap dengan pilihan 2 speed. Sebagai tenaga utama, lampu ini dilengkapi dengan baterai yang tahan lama dan mampu diisi ulang hingga 500 kali, dengan daya 2200 mAh. Produk satu ini didesain mampu bertahan dan tidak mudah rusak. Charger-nya dilengkapi dengan colokan USB.

Harga Rp. 80.000-82.999

CMOS Lambu Emergency HK-270 S

Berikutnya adalah lampu emergency CMOS HK-270S. Produk dengan dimensi 15 x 15 x 25,5 cm ini mengunakan lampu jenis LED High Bright yang sangat membantu memberikan cahaya yang dibutuhkan ketika terjadi pemadaman listrik. Penyinarannya bisa ke seluruh ruangan sehingga jangkauan cahaya yang lebih maksimal.

Proses pengisian ulang 24 jam untuk baterai 6v 4,5Ah yang bertahan hingga 25 jam. Tidak hanya itu, dengan proteksi keamanan untuk charger, menjadikan daya yang bocor tidak akan terjadi. Produk ini juga mudah dibawa bepergian alias portabel, sehingga bisa difungsikan sebagai senter.

Harga Rp. 85.000-90.000

Kenmaster Lampu Emergency Camping Lantern KM-5550

Berikutnya ada produk Kenmaster Lampu Emergency Camping Lantern KM-5550. Produk ini bisa digunakan untuk lampu camping, senter, lentera, sekaligus lampu kelap-kelip. Karena bisa diisi ulang dan portabel, maka produk ini juga tepat untuk dijadikan lampu emergency di rumah Anda.

Produk ini bisa bertahan hingga 2 jam penggunaan. Untuk proses isi ulang, terdapat kabel charger yang disediakan. Produk ini juga sudah teruji untuk penggunaan luar ruangan juga dalam ruangan.

Harga Rp. 60.000-81.000

Lampu Emergency Plus Senter Mitsuyama MS-6033

Berikutnya ada Lampu Emergency Mitsuyama MS-6033. Produk satu ini dilengkapi dengan senter. Untuk lampu utama adalah jenis lampu LED yang bercahaya terang. Sedangkan untuk senter memiliki daya 1 watt, namun memberikan cahaya yang terang. Ada dua pilihan warna, yakni putih dan kuning yang bisa digunakan sesuai penggunaan.

Lampu ini bisa menggunakan baterai cas atau baterai jenis AA 3 buah agar bisa dioperasikan. Cahayanya mampu mencapai objek hingga 150 meter, sehingga super terang. Meski sangat terang, namun lampu ini hemat energi.

Harga Rp. 37.000-82.000

Lightspro LP520 Lampu Emergency

Mencari lampu emergency yang murah namun berkualitas bagus? Anda bisa mempertimbangkan Lightspro LP520. Produk satu ini adalah jenis lampu LED dengan total 20 + 4 LED yang bisa diisi ulang.

Produk ini memiliki dimensi 7,3 x 6,5 x 13 cm. Untuk lampu utama adalah 20 LED yang mampu memberikan cahaya yang terang dan lebih merata. Sedangkan fungsi berikutnya adalah sebagai senter, dengan 4 LED yang daya cahayanya juga mumpuni. Lampu satu ini memiliki ketahanan menyala hingga 4 jam, setelah pengisian penuh.

Dengan warna cahaya yang putih, menjadikan rumah And tetap terang ketika listrik padam. Tidak hanya itu, produk ini dilengkapi pula dengan kabel cas untuk proses pengisian yang lebih cepat dan mudah.

Harga Rp. 39.500-47.000

Mini Lampu Lentera Senter Emergency LED Solar Rechargeable

Produk berikutnya adalah Prime Mini Lampu Lentera Senter Emergency LED Solar Rechargeable. Produk satu ini dilengkapi dengan senter yang sangat terang.

Lampu utama adalah LED yang yang bisa menghasilkan cahaya yang terang dan merata. Karena produk ini memiliki daya yang besar setelah dicas ulang, maka bisa juga menjadi powerbank untuk produk lain yang hemat energi.

Kelebihan lainnya adalah bisa diisi ulang dengan listrik atau menggunakan solar sebagai bahan bakar utama. Dengan konsumsi daya yang cukup rendah, produk ini memiliki daya tahan yang luar biasa. Produk ini bisa Anda gunakan untuk 100 ribu jam pemakaian.

Harga Rp. 28.500-32.500

Senter Lampu Emergency Small SUN K-004

Lampu emergency berikutnya adalah Senter Emergency SMALL SUN K-004. Produk yang satu ini adalah jenis lampu dan senter emergency yang super terang dengan kualitas yang mumpuni dan harga yang terjangkau.

Bagian fokus lampu terbuat dari alumunium. Jarak tembus cahayanya mencapai 300 meter untuk penerangan yang maksimal.

Produk satu ini menggunakan baterai 18650 yang bisa dilepas pasang serta bisa diisi ulang. Kapasitas baterai ini adalah 1800 mAh. Anda bisa menggunakan adaptor yang tersedia di dalam kemasan untuk mengisi ulang.

Pengisian juga ditandai dengan lampu indikator berwarna merah yang akan berubah menjadi hijau bila telah penuh. Produk ini bisa bertahan selama 4 jam setelah pengisian ulang hingga penuh.

Harga Rp. 45.000-152.000
From our editorial team

Lampu Emergency, Peralatan yang Tepat untuk Situasi Darurat

Dalam situasi darurat seperti pemadaman listrik, kebeadaan lampu emergency sangat dibutuhkan. Untuk itu, Anda mesti menyiapkan setidaknya satu buah lampu emergency di rumah Anda. Beberapa dari produk yang direkomendasikan BP-Guide di atas tentunya bisa menjadi bahan pertimbangan jitu untuk Anda.

Tag