Kurangi Risiko Kerusakan Mata Saat Belajar dan Membaca dengan 9 Rekomendasi Lampu Belajar Berkualitas (2020)

Kurangi Risiko Kerusakan Mata Saat Belajar dan Membaca dengan 9 Rekomendasi Lampu Belajar Berkualitas (2020)

Ketika belajar terutama di malam hari, maka pencahayaan yang baik sangat dibutuhkan. Jadinya, proses belajar tidak membuat mata cepat lelah dan mengantuk. Ditambah lagi, mata tidak rusak karena cahaya yang dibutuhkan cukup. Berikut BP-Guide akan mengulas dan memberikan rekomendasi lampu belajar yang tepat untuk Anda.

Lampu Belajar Menjadi Teman yang Tepat untuk Belajar dan Bekerja

Membaca membutuhkan cahaya yang cukup. Jangan pernah membaca dengan keadaan cahaya yang suram, apalagi gelap gulita dengan hanya mengandalkan lampu senter dari ponsel. Karena itu, lampu belajar sangat dibutuhkan agar proses belajar menjadi semakin aman.

Lampu belajar kerap digunakan saat belajar dan bekerja. Karena itu letaknya berada di atas meja belajar dengan kemiringan yang tepat dan mengarah ke bacaan Anda. Jadi, mata tetap nyaman dan tidak terganggu ketika belajar. Meski demikian, hindari menggunakan lampu dengan bola lampu halogen. Sebab selain terlalu panas, lampu tersebut juga boros listrik.

Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Lampu Belajar

Memilih Lampu Belajar yang Tidak Tepat Bisa Merusak Mata

Penggunaan lampu belajar ditujukan agar mata tidak rusak ketika menulis, membaca, atau saat berada di depan laptop. Lampu kamar tentunya memiliki pencahayaan yang redup jadi sangat pas untuk tidur, namun kurang baik untuk belajar.

Cahaya dan kualitas penerangan sangat berdampak pada kesehatan mata penggunaanya. Mata yang terlalu redup menerima asupan cahaya akan sangat berdampak pada kesehatannya. Sebaliknya, terlalu terang juga ternyata berbahaya bagi mata.

Jadinya, agar mendapatkan kesehatan mata yang berkualitas tinggi, maka pastikan pencahayaan yang digunakan ketika belajar benar-benar tepat. Bila Anda memiliki ruang kerja atau ruang belajar di kamar, maka gunakan lampu belajar.

Pilih Kualitas Cahaya Lampu Belajar yang Menyehatkan, Tidak Mengandung Sinar UV dan Infrared

Pilihan lampu belajar yang tepat adalah yang tidak mengandung UV dan IR. UV adalah sinar ultraviolet dan IR adalah infra merah. Keduanya akan sangat berbahaya bagi mata, kulit, dan sebagainya.

Sinar UV B bahkan bisa menimbulkan kanker kulit bila terlalu lama terpapar. Jadi, lampu ruangan juga lampu belajar bila mengandung UV B maka sebaiknya dihindari atau bisa menggunakan tabir surya.

Nah, jadi pilih lampu yang bukan lampu pijar konvensional. Baik UV B maupun IR biasanya ditemukan di lampu pijar konvensional itu. Karena itu, bohlam yang digunakan sebaiknya adalah lampu hemat energi ketimbang lampu pijar konvensional.

Pilih Lampu Belajar dengan Bentuk dan Ukuran yang Sesuai

Memilih lampu belajar tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Berapa luas ruang belajar, berapa luas daerah yang butuh diterangi, dan tentunya berapa tinggi meja belajar anak. Semuanya berpengaruh pada ukuran lampu belajar yang diinginkan.

Bentuk lampu belajar biasanya condong ke bawah. Ada lampu belajar yang memiliki tiang yang mudah disesuaikan dengan kebutuhan. Ada pula lampu belajar yang sangat tinggi dan menerangi dari dalam cakupan yang cukup luas. Tentunya, hal itu bisa tidak berguna bila meja belajarnya berukuran kecil. Maka, pastikan Anda melihat spesifikasi lampu belajar yang diinginkan, baru membelinya.

Material Lampu Belajar Antipanas akan Meminimalkan Kemungkinan Meledak dan Pecah

Sering melihat kejadian lampu yang meledak atau putus? Hal itu bisa dikatakan wajar karena konversi energi listrik menjadi cahaya akan mengakibatkan munculnya energi panas. Energi panas itulah yang mampu meledakkan bohlam.

Termasuk pada lampu belajar yang juga mampu menghasilkan energi panas. Karena itu, material yang paling pas untuk lampu belajar adalah material yang bisa menghindari panas merambat ke mana-mana.

Selain itu, lampu terbaru juga memiliki bahan isolator sehingga kemungkinan lampu meledak akan berkurang. Ditambah lagi, lampu juga akan menjadi lebih tahan lama.

Fitur Penunjang Seperti Dimmer pada Lampu Belajar akan Menjadi Nilai Tambah

Lampu belajar keluaran terbaru biasanya akan dilengkapi dengan dimmer. Tentunya, dengan demikian Anda bisa mengatur intensitas cahaya untuk lampu Anda. Hal itu akan sangat berguna bila Anda menginginkan intensitas cahaya tertentu. Tanpa dimmer, Anda tidak akan bisa mengatur cahaya lampu. Hal itu sangat berdampak ketika Anda membutuhkan cahaya lebih redup atau terang.

Ditambah lagi dimmer mampu membuat lampu belajar menjadi lebih irit daya. Dengan penggunaan cahaya yang tidak begitu terang ketika ruangan lebih terang, tentunya Anda lebih hemat energi. Jadi, akan sangat baik ketika Anda menggunakan lampu yang sudah memiliki fitur penunjang seperti dimmer.

Rekomendasi Lampu Belajar Terbaik

Lampu Belajar Sentuh touch 005 IP053

Pilihan pertama yang bisa Anda pertimbangkan adalah Lampu Belajar Sentuh touch 005 IP053. Produk satu ini selain memiliki harga terjangkau, juga memiliki banyak fitur yang sangat mendukung kinerja Anda.

Lampu ini memiliki tinggi maksimal 35 cm dan fleksibel sehingga bisa ditekuk sesuai kebutuhan dan keinginan. Lampu ini juga memiliki dimmer untuk mengatur intensitas cahaya.

Ada tiga mode untuk lampu belajar ini yaitu pencahayaan redup, sedan,g dan terang. Ditambah lagi, lampu ini memiliki sensor sentuh yang semakin memudahkan Anda mengatur dan menggunakannya.

Harga Rp. 42.500-51.000

Lampu Belajar SHIGEN SG-406

Lampu belajar berikutnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah Lampu Belajar Shigen STG-406. Produk satu ini merupakan pilihan lampu belajar dengan teknologi terkini.

Produk satu ini dibuat dengan material aluminium berkualitas tinggi. Hadir dalam warna silver yang indah dan memukau. Dengan model Pixar menjadikan produk ini juga semakin terlihat profesional.

Ada pula pilihan warna hitam dan merah yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda. Produk ini dilengkapi penjepit yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Ditambah lagi bila persediaan masih ada, Anda akan mendapatkan gratis bohlam LED.

Harga Rp. 142.500-233.500

Lampu Belajar V-9033 Van Star

Lampu berikutnya adalah Lampu Belajar V-9033 Van Star. Lampu satu ini merupakan pilihan lampu dengan tiga mode penerangan serta menggunakan baterai AA sebagai sumber daya.

Selain menggunakan baterai, Anda bisa juga menggunakan kabel USB sebagai sumber daya. Ditambah lagi dengan model lampu belajar yang keren menjadikan tampilannya memperindah ruangan Anda. Lampu memiliki tiga mode penerangan mulai dari terang, redup, dan sedang.

Lampu satu ini juga memiliki fitur tombol touchscreen yang memudahkan Anda mengaturnya. Bagian tiangnya elastis dan mudah dibengkokkan jadinya mudah untuk melakukan pengaturan untuk kemudahan dan kenyamanan Anda.

Harga Rp. 48.500-74.000

Aoki AK-6050 Lampu Belajar

Berikutnya ada lampu Aoki AK-6050 yang bisa menjadi pilihan bagi Anda yang sedang mencari lampu belajar terbaik dengan harga terjangkau. Lampu satu ini memiliki kelebihan desainnya yang fleksibel sekaligus portabel.

Kelebihan tersebut membuatnya menjadi mudah disesuaikan sesuai keinginan. Juga mudah digunakan dan dibawa ke mana saja, karena bisa menyala tanpa perlu dicolokkan ke sumber listrik.

Ditambah lagi, ada fitur plug USB yang menjadikan lampu ini bisa menyala dengan dicas seperti smartphone. Baterainya adalah jenis lithium yang bisa diisi ulang dengan kapasitas hingga 1800mAh. Jenis lampu yang digunakan adalah LED sehingga menjadikannya sangat terang.

Harga Rp. 68.500-127.000

Lampu Belajar Surya SYD L4002

Produk berikutnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah Lampu Belajar Surya SYD L4002. Produk satu ini merupakan pilihan lampu belajar darurat yang memiliki fungsi AC/DC.

Produk ini dilengkapi dengan sensor sentuh yang memudahkan Anda menyalakan serta memadamkannya. Ditambah lagi, posisi pencahayaannya mudah diatur.

Selanjutnya, model pencahayaannya ring light memudahkan Anda mendapatkan cahaya yang baik, bahkan untuk selfie. Dilengkapi pula dengan dimmer serta ada tempat penyimpanan untuk meletakkan handphone, alat tulis, dan sebagainya.

Harga Rp. 85.000-166.000

Lampu Belajar Arsitek E27 Max 60Watt for Bardi Smart Lamp

Pilihan berikutnya yang bisa masuk dalam daftar Anda adalah Lampu Belajar Arsitek E27 Max 60watt. Produk satu ini merupakan jenis smart lamp yang keren dengan daya AC 220v 50-60Hz.

Produk satu ini dibuat dari bahan besi yang berkualitas tinggi dengan lapisan cat yang keren. Tidak hanya itu, produk ini juga sangat praktis serta sangat mudah dipasang.

Bagian kepala lampu memiliki diameter sekitar 15,7 cm sedangkan tatakannya memiliki diameter hingga 15,2 cm. Selain fleksibel digerakkan juga mudah dibawa ke mana saja. Produk dengan tinggi 45 cm ini memiliki berat 1,52 kg dan warna hitam yang memukau.

Harga Rp. 110.000-230.000

M41 Lampu Belajar VDR V009

Lampu selanjutnya yang juga bisa Anda pertimbangkan adalah M41 Lampu Belajar VDR V0009. Lampu dengan harga terjangkau satu ini memiliki kaulitas yang mumpuni.

Produk ini memiliki lampu dengan nyala yang terang karena bisa menggunakan jenis lampu LED maupun LHE. Fitting standart E27 bisa digunakan tanpa trafo. Selain itu juga tahan lama dan tidak mudah rusak.

Kelebihan lainnya adalah bentuknya yang simpel dan mudah diletakkan di mana saja. Saklar on/off serta desain leher fleksibel menjadikan produk ini semakin mudah digunakan. Ada pula tempat untuk meletakkan alat tulis serta handphone yang memudahkan kerja Anda.

Harga Rp. 50.000-226.000

Lampu Belajar Lipat Reida Type R-306 /Desk Lamp PLC LED

Sedang mencari lampu belajar lipat? Pilihan yang bisa Anda pertimbangkan adalah Lampu Belajar Lipat Reida Type R-306 Desk Lamp PLC LED.

Produk ini memiliki banyak kelebihan salah satunya menggunakan lampu PLC/LED. Ditambah lagi, lampu ini sangat hemat daya jadinya lebih hemat energi. Penggunaannya juga mudah serta bisa disesuaikan.

Produk satu ini juga memiliki harga yang sangat terjangkau jadi tidak menguras isi kantong Anda. Ditambah lagi, bentuknya yang ramping menjadikan produk ini mudah digunakan dan mudah diatur sesuai keinginan Anda.

Harga Rp. 32.800-32.900

Lampu Belajar Hokisun HKS 336

Berikutnya ada Lampu Belajar Hokisun HKS 336. Produk satu ini merupakan salah satu jenis lampu belajar elastis yang mudah digunakan. Ditambah lagi, lampu ini menyediakan tempat menyimpan alat tulis untuk memudahkan kerja atau proses belajar Anda.

Lehernya elastis sehingga mudah diatur posisi pencahayaannya. Akan sangat pas bila Anda menggunakan lampu dengan daya 5 hingga 9 watt.

Tidak hanya itu, produk ini dibuat dengan bahan plastik ABS yang tahan lama. Karena itu terasa lebih ringan serta mudah dipindahkan. Kelebihan lainnya adalah hadir dalam warna-warni yang menarik sehingga menjadikan ruangan semakin keren.

Harga Rp. 47.500-150.000
From our editorial team

Lampu Belajar yang Tepat Menjadikan Belajar Semakin Nyaman

Lampu belajar memang diciptakan untuk membantu Anda agar bisa belajar, membaca, dan bekerja dengan lebih nyaman. Lampu belajar menjadikan mata tetap sehat dan proses belajar menjadi tidak menyulitkan. Jadinya, pilih lampu belajar yang tepat untuk memudahkan aktivitas Anda.

Tag