Awasi Penggunaan Listrik di Rumah Anda dengan 10 Rekomendasi Perlengkapan Listrik Ini

Awasi Penggunaan Listrik di Rumah Anda dengan 10 Rekomendasi Perlengkapan Listrik Ini

Listrik telah menjadi kebutuhan hidup manusia saat ini, Mustahil rasanya hidup tanpa listrik, karena banyak peralatan rumah tangga yang membutuhkan dukungan listrik agar bisa berjalan. BP-Guide menghadirkan perlengkapan listrik yang paling banyak digunakan di rumah serta fungsi dari masing-masing alat tersebut.

Cek Penggunaan Listrik di Rumah supaya Terhindar dari Hal-hal yang Tidak Diinginkan

Sumber gambar erawatch-network.eu

Hidup di zaman modern seperti ini, mustahil rasanya segala sesuatu dapat dilakukan tanpa dukungan listrik. Kini semua perlengkapan rumah tangga sangat bergantung pada listrik. Sebut saja rice cooker, setrika, TV, dan masih banyak lagi.

Keberadaan listrik di rumah memang membuat hidup semakin mudah. Namun jika tidak digunakan dengan baik dan benar, listrik bisa sangat berbahaya, lho. Misalnya saja, banyak kasus kebakaran yang diakibatkan oleh korsleting listrik. Mengingat listrik bisa mengalir melalui kawat, logam, dan benda basah, gunakan listrik dengan benar dan bijaksana.

Tips Menggunakan Listrik Rumah Tangga yang Aman

Gunakan Peralatan Listrik yang Memiliki Sertifikasi

Sumber gambar poskotanews.com

Seperti yang diketahui, listrik adalah kebutuhan bagi semua masyarakat. Namun jika tidak dipasang dengan benar atau tidak menggunakan peralatan yang memenuhi standar, aliran listrik di rumah bisa membahayakan Anda dan keluarga.

Untuk menjamin keamanan, pastikan Anda hanya menggunakan peralatan listrik yang telah memenuhi standar SNI. Sertifikasi resmi dari pemerintah tersebut sangat penting karena menunjukkan bahwa produk yang dipakai telah lolos uji kualitas dan memenuhi standar keamanan yang telah ditentukan.

Jauhkan Perlengkapan Listrik dari Jangkauan Anak-anak

Sumber gambar firstchoicepower.com

Anak-anak punya rasa ingin tahu yang sangat besar. Inilah mengapa sangat berbahaya jika menempatkan stop kontak atau peralatan listrik lainnya dalam jangkauan mereka. Sedikit saja Anda lengah, anak-anak akan menyentuh atau memasukkan sesuatu ke dalam lubang colokan.

Jika Anda memiliki anak kecil di rumah, gunakan stop kontak yang dilengkapi pelindung serta letakkan stop kontak sejauh mungkin dari jangkauan anak-anak. Kemudian segera ganti kabel yang terkelupas atau robek dan jangan letakkan benda apa pun yang dialiri listrik di tempat yang rawan basah.

Cek Perlengkapan Listrik secara Berkala

Sumber gambar youtube.com

Pengecekan secara berkala perlu dilakukan untuk mengetahui apakah terjadi keausan atau gangguan listrik pada instalasi listrik di rumah Anda. Pengecekan biasanya dilakukan 10 hingga 15 tahun setelah pemasangan.

Anda juga harus mengecek peralatan listrik di rumah secara rutin untuk menghindari bahaya akibat gangguan arus atau bahkan kebakaran. Cek stop kontak, sambungan listrik, dan saklar di rumah. Jika sudah aus, maka segera lakukan penggantian demi melindungi keluarga Anda.

Daftar 10 Perlengkapan Listrik Rumah Tangga yang Sering Digunakan di Rumah

KWH meter

Sumber gambar tokopedia.com

Meter listrik adalah alat yang digunakan untuk mengukur besaran daya yang digunakan pada sebuah rumah. Pada alat ini terdapat sederet angka yang terus berubah sesuai dengan daya listrik yang digunakan. Satuan yang digunakan untuk mengukur adalah kWh (kilowatt hour).

Mini Wattmeter KWH watt meter AC 220V 50Hz Din Rail 23A Single Phase dijual di Tokopedia dengan harga Rp 175.000. Berikut spesifikasi produknya:

  • Tegangan nominal (Un) 220V AC
  • Tegangan operasional 220V AC + -10%
  • Arus dasar (Ib) 5 A
  • Nilai arus maksimum (Imax) 32 A
  • Jangkauan operasional saat ini 0,25A - 45A
  • Lebih dari saat ini menahan 960A untuk 0,01s
  • Jangkauan frekuensi operasional 50 / 60HZ
  • Konsumsi daya internal '1W / 10VA
  • Uji tingkat flash output (RED LED) 1000 impuls per kWh (0,5Wh / imp)
  • Tingkat output pulsa (pin 20 & 21) 1000 pulsa per kWh (0,5Wh / imp)
  • Indikator catu daya (LED Hijau) Meter tersambung dan berfungsi OK
  • Indikator konsumsi (LED MERAH) Berkedip saat menjalankan beban
  • Mode tampilan data 5 + 1 digit untuk layar LCD
  • Penyimpanan data Data dapat disimpan lebih dari 20 tahun ketika pemadaman listrik.

MCB (Miniature Circuit Breaker)

Sumber gambar tokopedia.com

Miniature circuit breaker atau yang disingkat MCB adalah alat untuk memutus aliran daya listrik secara otomatis. Aliran listrik akan terputus jika daya yang digunakan telah melebihi batas. Selain itu, fungsi MCB adalah sebagai sakelar utama listrik di dalam rumah. Jika sakelar dalam posisi off, maka aliran listrik di seluruh rumah akan otomatis terhenti.

MCCB Schneider EZC100B3060 (60A) / No Fuse Breker dijual di Tokopedia dengan harga Rp 415.000. Berikut spesifikasi produknya:

  • EasyPact Moulded Case Circuit Breaker (MCCB)
  • Kapasitas Pemutusan: 18 kA pada 380/415 VAC
  • Thermal magnetic trip unit, tidak dapat disetel (non adjustable)
  • Fixed type, front connection
  • Satu ukuran (Frame size) untuk semua rating
  • Memenuhi standart IEC 60947-2

Saklar / Switch

Sumber gambar shopee.co.id

Sakelar memiliki fungsi untuk menyambung atau memutus aliran listrik. Sakelar dibedakan menjadi 4 jenis berdasarkan tegangannya, yaitu sakelar bertegangan rendah, menengah, tinggi, dan sangat tinggi. Sakelar mungkin adalah peralatan listrik yang paling banyak dijumpai di rumah.

SW Toggle 6P On-Off BESAR Switch Saklar Togel tersedia di Shopee dengan harga Rp 12.500. Terdapat berbagai jenis sakelar yang dapat dipilih antara lain Circuit Breaker, Mercury Switch, Wafer Switch, DIP Switch, Surface Mount Switch, Reed Switch, dan masih banyak lagi. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Stop Kontak

Sumber gambar lazada.co.id

Stop kontak menghubungkan suatu benda dengan daya listrik agar dapat berfungsi. Caranya adalah dengan menancapkan kabel dan steker pada stop kontak yang tersedia.

Terdapat 2 jenis stop kontak yaitu stop kontak kecil dengan dua lubang untuk menyalurkan listrik berdaya rendah. Kedua adalah stop konak besar dengan dua kanal AC yang dilengkapi lempeng logam di sisi atas dan bawah untuk daya listrik yang lebih besar.

STOP KONTAK OUTBOW series dapat dibeli di Lazada dengan harga Rp 30.000. Produk ini telah dilengkapi sertifikasi SNI, dengan terminal kontak kuningan untuk konduktivitas listrik daya tinggi. Dapat dipasang langsung di dinding dengan menggunakan sekrup.

Steker

Sumber gambar bukalapak.com

Steker sering disebut dengan colokan karena bentuknya adalah 2 buah colokan yang terbuat dari logam untuk menghubungkan suatu alat dengan aliran listrik agar dapat berfungsi.

Steker dapat dibedakan menjadi 2 jenis berdasarkan fungsi dan bentuknya yaitu steker kecil untuk alat listrik berdaya rendah seperti lampu atau radio dan steker besar untuk listrik berdaya besar seperti microwave, lemari es, mesin cuci, dan masih banyak lagi.

Steker Kaki 3 Ke Kaki 2 Colokan Sambungan Listrik Colokan 3 Ke 2 tersedia di Bukalapak dengan harga Rp 21.000. Steker dengan tegangan 220 hingga 250 V ini bisa digunakan di lebih dari 10 negara termasuk Perancis, Jerman, Portugal, Spanyol, Belanda, dan masih banyak lagi. Tersedia konverter tegangan dan adaptor steker yang bisa dipakai saat Anda berkunjung ke luar negeri.

Fitting

Sumber gambar bukalapak.com

Fitting adalah nama dari alat yang digunakan untuk menaruh bohlam. Ada 2 jenis fitting yang berbeda, yaitu fitting berbentuk ulir dan fitting berbentuk sumpit. Sementara berdasarkan penempatannya, fitting dibedakan menjadi fitting lampu plafon, fitting lampu gantung, dan fitting lampu kombinasi.

Konverter Fitting Lampu E14 to Fitting E27 tersedia di Tokopedia dengan harga Rp 8.500. Fitting ini cocok digunakan di berbagai macam lampu dengan fitting standar 27. Agar lebih aman, tempelkan fitting ini pada plafon sebelum diberi lampu.

Klem

Sumber gambar www.tokopedia.com

Klem adalah penjepit setengah lingkaran yang fungsinya untuk merapikan jalur kabel. Ukurannya pun bermacam-macam, sesuai dengan ukuran kabel yang dipasang. Manfaat dari klem adalah mengikat kabel agar tidak berserakan. sehingga tidak berbahaya untuk manusia.

Klem Kabel Listrik Paku Beton Ukuran 10mm dapat dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 3.000. Berisi 36 buah klem per pak, tanpa garansi, serta terbuat dari paku baja dan plastik berkualitas.

Stavolt

Sumber gambar tokopedia.com

Stavolt adalah alat yang sangat diperlukan di dalam rumah, terutama untuk peralatan rumah tangga yang memerlukan tegangan besar seperti kulkas, TV, dan masih banyak lagi. Fungsi stavolt adalah menstabilkan tegangan listrik dan menghasilkan output yang normal. Stavolt bekerja otomatis ketika tegangan mendadak naik atau turun. Nama lain dari stavolt adalah stabilizer.

Stavolt Listrik 1500 Watt Awet & Berkualitas dapat dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 55.000. Alat ini memiliki input AC 110V - 220V ( 50 Hz - 60Hz) dan Output Power Max 1500 Watt. Dapat digunakan pada berbagai barang elektronik seperti TV, kulkas, setrika, dan masih banyak lagi.

Electric Saver

Sumber gambar tokopedia.com

Electric Saver atau alat penghemat energi berfungsi untuk menurunkan penggunaan arus listrik. Penggunaan alat ini sangat bermanfaat untuk sektor industri dan bangunan komersial lainnya untuk menghindari denda penggunaan daya reaktif. Sementara untuk penggunaan dalam rumah tangga tidak berpengaruh terlalu besar.

Alat Penghemat Listrik / Home Electric Saver dapat dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 85.000. Dibuat dengan teknologi Jerman, alat ini mampu menghemat listrik hingga 400-800 watt. Berfungsi untuk mengurangi tarikan awal dan memperpanjang umur peralatan listrik.

Junction Box

Sumber gambar tokopedia.com

Kotak sambungan listrik atau junction box berfungsi sebagai wadah sambungan listrik, menyembunyikan kumpulan jaringan kabel agar tidak terlihat, serta mencegah terjadinya gangguan dari luar. Alat ini biasanya ditempelkan atau ditanam pada tembok.

Plastic Junction Box 125x125x75 tersedia di Tokopedia dengan harga Rp 97.000. Dimensi produk adalah 125x125x75 mm. Dapat digunakan pada bangunan domestik atau komersial. Digunakan untuk mewadahi sakelar, soket, dan kabel penghubung.

From our editorial team

Kenali Fungsinya, Cek Kelayakannya

Listrik memang sangat berguna bagi kehidupan, tapi juga bisa berbahaya jika tidak dicek secara berkala. Setelah membaca artikel dari BP-Guide di atas, Anda kini bisa mengecek kelayakan alat listrik di rumah Anda sekaligus memahami masing-masing fungsinya.