10 Rekomendasi Lampu Belajar Jepit yang Cocok untuk Penerang Ruangan (2020)

10 Rekomendasi Lampu Belajar Jepit yang Cocok untuk Penerang Ruangan (2020)

Saat belajar mungkin kita membutuhkan lampu tambahan agar bisa membaca atau menulis dengan lebih jelas. Berikut ini rekomendasi lampu baca jepit dari BP-Guide. Selamat menyimak!

Pencahayaan Dalam Ruangan sangat Penting untuk Sebuah Rumah

Penerangan sudah menjadi salah satu kebutuhan umum bagi banyak orang. Lampu juga menjadi salah satu elemen penting untuk meningkatkan nilai estetika hunian yang berdampak pada para penghuninya secara psikologis. Dengan penerangan yang baik, suasana hangat yang berdampak pada kenyamanan dan mood akan terjadi dengan sendirinya.

Lampu yang digunakan di dalam rumah sebenarnya tidak boleh diabaikan penempatannya. Jenis lampu yang pas dan diletakkan pada tempat yang sesuai akan menjadikan ruangan terlihat lebih berbeda dan menarik.

Saat mendekorasi rumahmu, sebaiknya maksimalkan fungsi sebuah lampu. Beberapa hal yang patut diperhatikan antara lain adalah teknik pencahayaan, pemilihan bahan, kualitas lampu, penempatan, serta proses pemilihan lampu.

Tips Memasang Lampu yang Baik

Batasi Pencahayaan yang Masuk

Acap kali seseorang hanya memperhatikan pilihan warna dan intensitas cahaya saat membeli lampu, sedangkan aspek kesehatan mata jarang diperhitungkan. Padahal menurut sebuah penelitian dari Australian National University menyatakan bahwa paparan lampu yang terang selama 45 jam dalam seminggu dapat meningkatkan risiko gangguan mata, seperti katarak dan pterigium.

Sebagai tips pertama, kamu harus membatasi pencahayaan yang masuk ke ruangan. Siasati dengan menggunakan cahaya dari ruangan lain atau sinar matahari dari luar ruangan.

Hindari Menggunakan Bohlam yang Cahayanya Neon Terang

Pemakaian bohlam berwarna neon terang atau memancarkan cahaya biru sangat tidak direkomendasikan. Bukan tanpa alasan, lampu jenis ini sering menyebabkan mata silau dan lelah, bahkan kamu akan merasa sakit kepala atau migrain.

Agar mata bisa menyesuaikan pencahayaan di dalam setiap ruangan, hal-hal ini dapat kamu lakukan. Pilihlah penerangan cahaya putih yang mirip sinar matahari alami, supaya mata dapat menyesuaikan diri dengan baik dan tidak mudah lelah. Selanjutnya cobalah pasang bohlam dengan jenis dan intensitas pencahayaan yang serupa di semua ruangan, sehingga mata tak terus-menerus menyesuaikan diri.

Sesuaikan dengan Warna Dinding

Apabila berniat mendekorasi ulang ruangan, sesuaikan antara warna dinding dan lampu yang akan kamu pilih. Demi kenyamanan mata, kamu juga bisa mengubah warna dinding rumahmu. Pilihlah warna dinding yang cenderung netral, seperti pink pastel, peach, atau persik, serta krem hangat. Warna-warna tersebut memiliki nuansa cenderung teduh, sehingga lebih mudah diterima oleh mata.

Tips untuk Memasang Lampu di Kamar Tidur

Pasanglah Bohlam dengan Daya Kecil

Sumber gambar www.amazon.com

Elemen pencahayaan pada sebuah kamar adalah poin yang sangat penting. Untuk sebuah kamar, setidaknya kamu wajib menyediakan lampu khusus baca dan bohlam sebagai penerangan ruang.

Lampu yang terlalu terang akan membuatmu kurang rileks saat beristirahat, sehingga di dalam kamar sepertinya wajib untuk memasang bohlam dengan watt kecil. Bohlam tersebut bisa dipasang pada tengah langit-langit ruangan. Pasang juga bohlam tambahanyang ditempatkan secara strategis, supaya pancaran sinar dari atas tetap jatuh ke bawah mata.

Jangan Pilih Lampu LED yang Memancarkan Cahaya Biru

Jangan pilih lampu LED untuk kamar tidurmu! Berdasarkan studi dalam jurnal tahun 2017 dari University of Grenada di Spanyol, cahaya LED terbukti mengurangi produksi hormon melatonin atau hormon mengantuk, sehingga seseorang akan butuh waktu yang lama untuk mulai tertidur.

Lampu LED memiliki pancaran cahaya biru. Cahaya tersebut akan membuatmu lebih sulit tidur karena memiliki efek yang berhubungan dengan cara kerja jam biologis tubuh yang disebut ritme sirkadian. Mengingat hal tersebut, lampu tidur dengan nyala merah lebih direkomendasikan karena mampu merangsang produksi melatonin sepanjang malam.

10 Rekomendasi Lampu Belajar Jepit

JE Hitam Arsitek Duduk atau Jepit Lampu Belajar

JE Hitam Arsitek Duduk atau Jepit Lampu Belajar adalah lampu duduk yang bisa jadi lampu tidur untuk kamarmu. Dengan model yang elegan dan harga ekonomis, lampu ini sangat ideal dijadikan penerangan sekaligus hiasan. Bisa dipakai dengan cara diletakkan di atas meja atau dijepit pada ujungnya supaya tak memakan tempat.

Dibuat dari bahan stainless warna hitam, lampu tersebut terlihat sangat kokoh namun tetap fleksibel. Lampu dengan tinggi 55 cm ini sudah dilengkapi tombol on/off. Maksimal daya lampu ini adalah 60 watt.

Harga Rp. 123.000-155.000

Remax RT - E195 Dawn Led Eye Protection Lamp Playwood Lampu Meja Belajar dengan Klip

REMAX Dawn Led Eye Protection Lamp RT-E195 (Plywood) adalah lampu LED meja yang memiliki desain klip pada bagian bawah dan bentuk yang sangat simpel. Lampu tersebut bisa diletakkan di atas meja atau dijepit pada sisi media datar. Lehernya sangat fleksibel, sehingga memungkinkanmu untuk mengatur posisinya sesuai kebutuhanmu.

REMAX Dawn Led Eye Protection Lamp RT-E195 (Plywood) punya tiga tampilan warna cahaya dengan tingkat keterangan yang berbeda dan bisa disesuaikan. Lampu ini juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas 700 mAh.

Harga Rp. 114.000-158.000

XA Lampu Meja LED USB Cas Ulang dengan Saklar On/Off Sentuh + Dimmer Proteksi Mata + Klip Jepit

Ingat bahwa kualitas pencahayaan dari lampu sangat penting untuk mata, sehingga wajib bagimu menyediakan penerangan yang cukup untuk ruangan. Tidak terlalu terang atau gelap, supaya mata tak mudah lelah dan mengalami kerusakan.

XA Lampu Meja LED USB menjadi salah satu rekomendasi lampu meja berbahan plastik yang praktis karena posisnya bisa dipindah dengan mudah, berkat klipnya. Klip ini memungkinkanmu meletakkan lampu USB tersebut di meja, tempat tidur, bahkan kursi, sehingga ideal digunakan untuk membaca dan bekerja.

Kelebihan XA Lampu Meja LED USB tidak hanya ada pada desain yang cantik dan elegan saja. Lampu ini juga sudah dibekali teknologi nan canggih. Dengan harga terjangkau, lampu tersebut sudah dilengkapi fitur 3 mode level cahaya yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan, isi ulang, pelindung mata, dan saklar sentuh. Dimensi lampu XA ini adalah 45 x 9 x 6 cm, sedangkan kapasitas baterai yang dimilikinya sekitar 1.200 mAh.

Harga Rp. 117.360-199.500

Koocu 7000 Kotak Jepit Meja Universal Lampu Led

Proses belajar dan bekerja di dalam kamar tak akan terganggu berkat penerangan dari Lampu LED Jepit Meja Universal KOOCU 7000. Bobotnya hanya 680 gram dengan dimensi 20,5 x 14 x 12 cm. Lampu ini sangat praktis karena bisa diletakkan di mana saja. Penggunaannya cukup fleksibel karena hanya dijepitkan pada pinggiran meja.

KOOCU 7000 juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Leher yang bisa ditekuk sesuai kebutuhan akan memudahkanmu dalam mengatur arah lampu dan pencahayaan. Lampu ini juga hemat energi karena sudah menggunakan bohlam LED yang disertai dengan saklar on/off.

Harga Rp. 190.000-235.000

Lampu Meja Jepit Flexible Fiting E27

Rekomendasi lampu meja LED lainnya adalah Lampu Meja Jepit Flexible Fiting E27 atau Clamp Fleksibel Fitting E27. Daya maksimal lampu ini adalah 60 watt.

Lampu Meja Jepit Flexible Fiting E27 tersedia dalam varian warna hitam dan putih. Material utama yang digunakan untuk lampu tersebut adalah plastik dan stainless steel pada bagian leher. Penggunaannya cukup simpel, kamu cukup menjepitkannya sesuai kebutuhan. Lampu tersebut dilengkapi dengan fitting E27, saklar on/off, steker listrik, serta kabel sepanjang 100 cm.

Harga Rp. 34.900-73.000

Lampu Meja Klip Jepit USB 28 LED

Lampu Led Klip USB 28 LED YHX-187 merupakan lampu meja berpenjepit pada bagian dasar yang memiliki 28 lampu LED. Cahaya yang dihasilkan sangat terang, sehingga cocok digunakan sebagai sumber penerangan untuk membaca, belajar, atau bekerja. Tidak hanya menggunakan kabel USB sebagai sumber daya, lampu tersebut juga dilengkapi dengan 3 buah baterai AAA.

Berkat klip yang kuat, Lampu Led Klip USB 28 LED YHX-187 dapat ditempatkan di mana saja. Lampu ini sudah dilengkapi dengan kabel USB sepanjang 100 cm, leher fleksibel setinggi 23 cm, dan platform LED sekitar 4 x 9 cm.

Harga Rp. 45.500-160.000

Yage Lampu Jepit Belajar Tidur 3 in 1 Arsitek Kerja Murah Portable Bagus

YG-T10 merupakan seri lampu meja USB dari Yage. Desainnya sangat unik karena bohlamnnya berbentuk melingkar, sehingga cahaya yang dihasilkan merata dan nyaman untuk mata. Ada 3 level kecerahan lampu yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Selain menggunakan sumber daya dari lisrik yang dialirkan oleh USB sebesar 2 watt, lampu belajar YG-T102 juga dilengkapi dengan baterai isi ulang 1.200 mAh. Daya pada baterai tersebut bisa bertahan selam 3 jam nonstop pada pengaturan cahaya terang dan 5 jam untuk cahaya lembut. Tinggi lampu ini adalah 45 cm.

Harga Rp. 88.000-161.700

Surya SYD L2001 Lampu Belajar Cas L 2001

Selain dapat digunakan sebagai sumber penerangan praktis, Surya SYD L2001 Lampu Belajar Cas L 2001 LED juga bisa dijadikan alternatif sebagai lampu darurat. Berkat suplai dari baterai lithium berdaya 1.200 mAh, lampu tersebut mampu menyala selama 10 jam dan dapat diisi ulang hingga lebih dari 1.000 kali.

Surya SYD L2001 Lampu Belajar Cas L 2001 LED memiliki berbagai fitur menarik. Mulai dari penggunaan lampu LED hemat energi yang tahan lama, tombol sensor sentuh, penjepit, kabel USB, serta tombol pengatur 3 tingkat kecerahan. Untuk mengisi dayanya hingga penuh, diperlukan waktu hingga 8 jam dan hanya perlu isi ulang setiap 3 bulan atau saat cahaya mulai meredup, supaya baterai tetap awet.

Harga Rp. 65.000-81.180

Jiamei Lampu Meja - Baca - Belajar Jepit Switch JM-108S

Jiamei JM-108S adalah lampu belajar modern yang hemat energi. Berdaya 60 watt, lampu ini tak akan berkedip dan memberikan nyala sempurna. Tak hanya itu saja, JM-108S sudah dilengkapi dengan teknologi elektronik frekuensi tinggi dan tombol on/off untuk mempermudah pengoperasian.

Sangat praktis digunakan, lampu dari Jiamei ini dapat diatur dalam posisi duduk atau dijepit. Bahan besi digunakan pada bagian kap, sedangkan alasnya menggunakan material plastik.

Harga Rp. 36.260-53.000

Lampu REIDA Type 803



Hadir dengan desain yang moderen dan ramping, Lampu Belajar Jepit Capit REIDA Type 803 menjadi rekomendasi terakhir lampu belajar jepit kali ini. Lampu PLC/LED juga digunakan sebagai sumber pencahayaan dari REIDA Type 803 karena lebih hemat energi. Kemudahan saat mengatur posisinya tak lepas dari bahan dasar kaleng yang dipakai pada lampu tersebut serta keberadaan penjepitnya. Lampu ini tersedia dalam pilihan beberapa varian warna, yaitu pink, hijau, dan kuning.

Harga Rp. 38.400-65.000
From our editorial team

Pemilihan Lampu Baca yang Tepat Dapat Menyediakan Penerangan Maksimal

Aktivitas membaca bisa menjadi sangat tidak menyenangkan jika lampu baca yang digunakan tidak memiliki kualitas yang baik. Oleh karenanya, diperlukan lampu baca yang memiliki kualitas baik seperti rekomendasi BP-Guide di atas.