Ciptakan Ruangan Semakin Indah dengan 10 Rekomendasi Tirai Plastik yang Mudah Digunakan di Dalam Rumah (2023)

Ciptakan Ruangan Semakin Indah dengan 10 Rekomendasi Tirai Plastik yang Mudah Digunakan di Dalam Rumah (2023)

Tirai memiliki banyak fungsi yang sangat dibutuhkan sebagai pelengkap dekorasi rumah. Banyaknya motif tirai plastik yang bagus bisa kamu sesuaikan dengan ruangan di rumahmu. Yuk, cek dulu berbagai rekomendasi tirai plastik ini!

Penggunaan Tirai di Dalam Rumah Bisa Digunakan untuk Keamanan

Tirai menjadi salah satu item hunian yang pasti dimiliki oleh setiap rumah. Biasa digunakan sebagai penutup jendela, tirai nyatanya memiliki fungsi keamanan tersendiri. Benda ini memastikan semua aktivitas di dalam rumah tak dapat dilihat orang lain yang melintas. Sehingga, privasi dapat lebih terjaga.

Selain untuk melengkapi keamanan rumah, tirai biasa digunakan sebagai pengganti vertical blind. Vertical blind memang mampu menutupi jendela dengan baik, namun dari segi estetika, penggunaan tirai atau gorden lebih direkomendasikan. Selain itu, tirai juga bisa menjadi pembatas antar ruangan di dalam rumah, sehingga rumah lebih terlihat luas dan indah.

Beberapa Fungsi Tirai yang Perlu Kamu Ketahui

Yang Pasti untuk Menutup Jendela

Saat ini, ada berbagai macam jenis tirai yang dijual di pasaran. Bila dilihat lagi dari fungsinya, sebenarnya tirai memiliki banyak kegunaan. Tentu saja, fungsi utama tirai adalah sebagai penutup jendela. Bukan rahasia lagi bahwa penggunaan tirai pada jendela dimaksudkan untuk menjaga privasi. Dengan menggunakan tirai, berbagai aktivitas yang dilakukan di dalam rumah tidak akan mudah diketahui orang lain.

Selain untuk menjaga privasi, tirai juga berperan penting dalam mengatur intensitas cahaya yang masuk ke dalam rumah. Dengan demikian, Anda bisa mengatur banyaknya sinar matahari yang diinginkan di dalam ruangan. Tak hanya itu, saat jendela terbuka, angin tetap bisa masuk ke dalam ruangan meskipun tirai dalam kondisi tertutup.

Motif Tirai Dapat Mempengaruhi Mood

Sebelum membeli tirai, sebaiknya Anda melakukan seleksi terlebih dahulu pada motif, model, serta warna. Sebab, ketiga aspek tersebut mampu memberikan pengaruh pada mood penghuni rumah. Setiap warna memberikan mood yang beragam, begitu pula pada aneka motif yang memberikan kesan berbeda pada rumah.

Bagi Anda yang memiliki banyak aktivitas di luar rumah, tirai dengan warna lembut, misalnya saja biru akan memberikan kesan yang menenangkan. Sedangkan, bagi Anda yang menginginkan kesan hangat dan menyenangkan dalam rumah, tirai dengan warna cerah, seperti oranye patut dipilih.

Untuk pilihan motif, pilihlah sesuai dengan kondisi dan warna dinding rumah. Apabila dinding rumah Anda berwarna polos, tirai dengan motif tertentu bisa dipilih agar rumah tidak terkesan sepi.

Membuat Ruangan Menjadi Lebih Hangat

Ketika musim penghujan datang, secara otomatis suhu lingkungan menjadi lebih dingin. Perubahan suhu secara signifikan tak jarang membuat daya tahan tubuh menjadi terganggu. Untuk menjaga tubuh tetap fit, menjaga suhu ruangan tetap stabil memiliki peran yang penting.

Di musim hujan, penghangat ruangan biasa digunakan agar tubuh tak kedinginan. Namun, tak semua rumah memiliki alat yang satu ini. Salah satu cara mudah dan hemat untuk menjaga ruang tetap hangat adalah menggunakan tirai sebagai penutup celah rumah. Penggunaan tirai di rumah ternyata mampu menghalau udara dingin dari luar masuk ke rumah, sehingga rumah menjadi lebih hangat.

Menghalangi Debu Masuk ke Dalam Rumah

Tak hanya menghalau cahaya masuk ke dalam ruangan, tirai juga berperan dalam menghalangi debu masuk ke dalam rumah. Ketika jendela terbuka, angin bisa dengan mudah masuk ke dalam ruangan. Penggunaan tirai sendiri dirasa mampu menghalau debu, sehingga angin yang masuk ke dalam ruangan lebih bersih dan segar.

Mengingat fungsinya sebagai penghalau debu, maka kebersihan tirai juga perlu diperhatikan. Semakin lama tirai digunakan, maka semakin banyak debu yang menempel di permukaannya. Agar udara yang masuk ke dalam ruangan tetap bersih, maka tirai perlu diganti secara rutin. Tak hanya itu, pemilihan bahan tirai juga perlu diperhatikan untuk memaksimalkan fungsi penyaringan udara.

Tapi Jangan Lupa untuk Memilih Bahan yang Tepat untuk Setiap Tirai

Bahan Blackout

Kain blackout adalah bahan yang sering digunakan dalam industri tirai. Bahan yang mampu memblokir cahaya masuk ini dinilai paling tepat digunakan sebagai bahan pembuatan tirai.

Memiliki ketebalan tertentu, bobot tirai blackout cenderung lebih berat disbanding tirai berbahan kain biasa. Tak hanya baik dalam menghalau cahaya, bahan ini juga efektif meredam suara, sehingga cocok bagi Anda yang menginginkan suasana tenang di rumah.

Unggul secara fungsi, tirai blackout juga memiliki keunggulan secara visual. Memiliki fisik yang halus, bahan ini juga hadir dengan warna-warna elegan, seperti emas, perak, abu-abu metalik, dan cokelat. Memberikan kesan mewah, tirai blackout sangat dinamis dalam mempercantik interior rumah.

Bahan Kayu

Salah satu jenis tirai yang mudah dicari adalah tirai kayu. Tirai kayu direkomendasikan karena kemudahannya dalam mendapatkan produk. Dibanderol dengan harga yang murah, tak heran jika tirai kayu kerap dijadikan pilihan. Pemilik rumah dengan desain vintage atau natural biasanya memilih tirai ini karena memiliki penampilan yang menarik dan sesuai dengan konsep rumah.

Terlepas dari harga dan desain, pada dasarnya tirai haruslah bekerja sesuai fungsinya. Pemilihan tirai kayu tentu harus lebih selektif, karena mempengaruhi cahaya masuk. Selain itu, tirai kayu juga memerlukan perawatan khusus agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Bahan Plastik PVC

Plastik PVC menjadi bahan berikutnya yang biasa digunakan dalam membuat tirai. Dikenal pula sebagai strip curtains, tirai plastik PVC biasanya digunakan dalam aneka bidang usaha. Sebut saja gudang, pabrik, rumah sakit, rumah makan, hingga cold storage. Penggunaan tirai plastik PVC sendiri memiliki berbagai tujuan sesuai dengan jenis usaha.

Salah satu tujuan penggunaan produk ini adalah untuk menjaga suhu ruangan, misalnya saja pada usaha frozen food yang membutuhkan tirai plastik PVC sebagai pembatas cold storage. Selain itu, pada usaha pabrik dan gudang, penggunaan tirai ini dimaksudkan untuk menghalau debu dan polutan.

Banyak pula rumah makan pinggir jalan yang menggunakan tirai ini untuk menghalau debu dan kebisingan. Pada dasarnya, penggunaan tirai plastik PVC ini dimaksudkan untuk memaksimalkan produktivitas operasional.

Rekomendasi Tirai Plastik untuk Pemakaian Mudah saat di Rumah Saja

Tirai Plastik PVC Kris Venetian

Tirai Plastik PVC Kris Venetian adalah produk tirai plastik pertama yang direkomendasikan. Produk tirai siap pasang ini terbuat dari bahan PVC yang ringan dan tahan lama. Biasa dijadikan sebagai penutup jendela untuk menjaga privasi, Anda juga bisa mengatur intensitas cahaya yang dibutuhkan di dalam ruangan.

Dengan sekat horizontal dilengkapi tali, tirai ini mudah dibuka dan ditutup secara manual. Tirai ini juga dibekali stick pemutar untuk mengontrol cahaya masuk. Produk ini tersedia dalam warna abu-abu, hijau, coklat, dan putih yang bisa disesuaikan dengan interior rumah agar tampak estetk.

Harga Rp. 169.000-278.240

Tirai Plastik dengan Karakter Gambar

Mau memberi pembatas ruang, tapi bujet terbatas? Penggunaan tirai bisa menjadi solusinya. Selain terjangkau, penggunaan tirai juga memberikan kesan luas pada ruangan yang mungil, misalnya saja tempat bermain atau kamar tidur si kecil. Tirai Plastik dengan karakter gambar bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tengah mencari penyekat ruang untuk anak-anak.

Tirai berbahan mika plastik ini dibekali dengan gagang besi dan juga cincin pengait yang mudah diaplikasikan. Tidak mudah sobek dan luntur, produk ini aman dan cocok bagi anak-anak. Tirai unik ini hadir dengan berbagai karakter yang disukai si kecil, seperti Doraemon, Hello Kity, Spongebob, Mickey Mouse, dan masih banyak lagi.

Harga Rp. 28.999-52.600

Tirai Plastik PVC Curtain Blue

Tirai plastik kini banyak dipilih sebagai pembatas antar ruang untuk menjaga privasi satu sama lain. Selain tirai dengan motif tertentu, tirai transparan juga banyak beredar di pasaran. Mampu mempertahankan suhu ruang serta menghalau polutan, tirai plastik biasanya digunakan pada cold storage, gudang, pabrik, hingga rumah sakit.

Bagi Anda yang membutuhkan tirai plastik transparan sebagai pembatas ruang, Tirai Plastik PVC Curtain Blue adalah salah satu produk yang direkomendasikan. Sebagai pengganti pintu, tirai ini mempermudah akses keluar masuk ruangan. Tirai Plastik PVC Curtain Blue tersedia dalam berbagai ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Harga Rp. 35.000-450.000

Tirai Plastik Hello Flamingo

Pemasangan pintu kerap menjadi masalah yang penting untuk apartemen dengan ukuran yang terbatas. Meski demikian, pembatas ruang tetap diperlukan dengan alasan menjaga privasi.

Penggunaan tirai adalah salah satu solusi untuk memberikan sekat antar ruang. Dari berbagai produk tirai, Tirai Plastik Hello Flamingo bisa menjadi pilihan bagi Anda yang membutuhkan sekat ruang.

Tirai Plastik Hello Flamingo adalah tirai berbahan plastik yang mudah dipasang dan digunakan. Produk dengan motif flamingo ini memiliki desain menarik yang membuat ruangan menjadi lebih estetik.

Tak hanya itu, motif dari tirai ini juga disukai anak-anak, sehingga bisa menjadi pilihan pula bagi Anda yang membutuhkan tirai untuk sekat ruang bermain hingga kamar tidur anak.

Harga Rp. 45.000-84.000

Tirai Plastik Kamar Mandi Motif Kotak

Saat ini banyak rumah yang menggunakan desain kamar mandi dengan area basah dan kering agar aktivitas harian lebih efektif. Namun, tak jarang area kering menjadi basah lantaran terciprat oleh air shower.

Untuk menjaga area kering dari cipratan air, tirai mandi menjadi salah satu solusinya. Tentu saja, agar kamar mandi tetap estetik, pemilihan tirai mandi pun harus selektif.

Tirai Plastik Kamar Mandi Motif Kotak adalah salah satu produk tirai kamar mandi yang patut dipilih. Desainnya dan motifnya yang sederhana bisa menyatu dengan konsep kamar mandi apa pun.

Produk ini terbuat dari bahan polyethylene vinyl acetate nontoxic, sehingga aman digunakan untuk waktu yang lama. Tak hanya estetik, tirai ini juga mudah dipasang lantaran memiliki 12 ring bawaan.

Harga Rp. 58.900-126.000

Tirai Lipat Ikea Putih

Tirai lipat adalah salah satu jenis tirai yang kerap dipilih oleh orang-orang bergaya hidup simpel. Selain mudah diaplikasikan, tirai ini juga bisa dipotong sesuai dengan kebutuhan.

Tirai Lipat Ikea Putih adalah salah satu produk tirai lipat yang paling direkomendasikan untuk dipasang di jendela. Keunggulan dari tirai keluaran Ikea ini adalah pemasangannya yang mudah, bahkan tidak memerlukan bor untuk memasangnya.

Dibekali dengan klip, Anda bisa membuka tirai dan menguncinya pada posisi yang diinginkan. Tirai ini juga bisa ditutup sepenuhya dengan cara mengencangkannya ke bawah bingkai jendela dengan menggunakan pengait dan simpul.

Dapat didaur ulang, bagian dasar produk ini terbuat dari poliester, sedangkan bagian plastiknya terbuat dari polipropilena. Tak perlu dicuci, tirai ini bisa dibersihkan dengan cara dilap menggunakan kain.

Harga Rp. 54.750-64.900

Tirai Kamar Mandi PVC

Tak hanya diaplikasikan pada jendela, tirai juga kerap dibutuhkan di dalam kamar mandi. Penggunaan tirai di kamar mandi dimaksudkan untuk memisahkan area basah dan kering, sehingga bisa digunakan untuk beraktivitas di kamar mandi secara bersama tanpa mengganggu privasi satu sama lain.

Berada di area yang basah, pemilihan tirai untuk kamar mandi sebaiknya terbuat dari bahan anti air. Salah satu produk yang bisa dipilih adalah Tirai Kamar Mandi PVC. Berbahan polyethylene vinyl acetate nontoxic, tirai penutup ini mampu membuat area kering kamar mandi tetap bersih dari cipratan air.

Produk yang sudah dilengkapi dengan pengait ini didesain modern, sehingga membuat tampilan kamar mandi lebih gaya. Pilihan motifnya pun beragam, antara lain sunflower, starfish, box hitam putih, lingkaran hijau, lingkaran cokelat, purple flower, segi enam, dan hibis. Ragam pilihan motif tersebut dapat disesuaikan dengan suasana kamar mandi agar lebih dinamis.

Harga Rp. 34.500-63.000
From our editorial team

Pilih Tirai Sesuai Ruangan dan Tema Rumahmu, Ya!

Ada berbagai macam bahan dan motif tirai yang bisa kamu sesuaikan dengan konsep ruangan di rumahmu. Pilih warna yang senada dengan berbagai furnitur di ruangan tersebut agar terlihat selaras. Setiap ruangan harus ditata dengan rapi agar selalu terasa nyaman saat beraktivitas bersama keluarga tercinta.