Ruangan Terasa Panas dan Pengap? 8 Rekomendasi Exhaust Fan Berkualitas Ini Bisa Jadi Solusinya (2020)

Ruangan Terasa Panas dan Pengap? 8 Rekomendasi Exhaust Fan Berkualitas Ini Bisa Jadi Solusinya (2020)

Ruangan di rumah yang pengap karena kurangnya sirkulasi udara akan membuat Anda dan keluarga jadi tidak nyaman. Selain itu kondisi ruangan yang pengap juga bisa memicu berbagai masalah kesehatan karena pertumbuhan bakteri dan jamur. Solusinya adalah menggunakan exhaust fan yang akan melancarkan sirkulasi udara sehingga ruangan terasa lebih sejuk, segar, dan bebas pengap.

Memasang Exhaust Fan Merupakan Cara Cerdas untuk Membuat Ruangan Bebas dari Pengap

Salah satu kriteria rumah sehat adalah memiliki sirkulasi udaranya baik. Untuk mendapatkan pertukaran udara yang bagus, rumah harus memiliki cukup ventilasi. Jika ternyata ruangan di rumah tidak memiliki cukup ventilasi yang membuat udara terasa pengap, solusinya bisa dengan memasang exhaust fan.

Exhaust fan merupakan kipas angin yang dipasang di loteng atau ventilasi rumah. Exhaust fan akan menjaga sirkulasi udara di dalam ruangan tetap baik sehingga udara dalam ruangan pun terasa segar. Exhaust fan turut menjaga suhu ruangan tetap sejuk dan tentunya kipas ini lebih hemat listrik ketimbang AC.

Manfaat Memasang Exhaust Fan di Rumah

Untuk Ventilasi Rumah

Untuk ruangan yang minim ventilasi, exhaust fan dapat menggantikan fungsi ventilasi untuk menyalurkan udara. Exhaust fan akan menarik udara segar dari luar ruangan dan mendorong udara dalam ruangan ke luar sehingga sirkulasi udara berjalan baik.

Volume udara yang ingin dimasukkan ke dalam ruangan juga bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Exhaust fan dapat digunakan pada ruangan mana saja, baik ruang tamu, kamar mandi, kamar tidur, dapur, dan ruangan lainnya.

Pendingin Udara

Exhaust fan juga dapat mendinginkan udara dalam ruangan karena cara kerjanya yang menyerap udara panas dalam ruangan ke luar. Lalu menggantinya dengan udara baru sehingga ruangan pun terasa lebih sejuk. Exhaust fan meski mirip dengan kipas angin namun lebih efisien dalam mengusir panas dari dalam rumah. Kipas angin biasa meski juga bisa mendinginkan namun dapat memicu masuk angin.

Memperlancar Sirkulasi Udara

Exhaust fan paling tepat dipasang pada ruangan dengan kelembapan tinggi dan kurang ventilasi. Exhaust fan tidak hanya membuat udara ruangan jadi lebih sejuk, namun juga menjaga sirkulasi udara ruangan agar tetap baik dan sehat. Exhaust fan mengusir kelembapan dalam ruangan sekaligus mengusir bau tak sedap dan udara kotor dalam ruangan.

Membebaskan dari Pengap

Ruangan yang kurang ventilasi dan jendela akan terasa pengap dan panas sehingga membuat kita merasa tidak nyaman. Untuk mendapatkan udara ruangan yang lebih segar dan sehat maka exhaust fan bisa dipasang pada langit-langit. Dengan begitu udara dalam ruangan jadi tak lagi pengap karena ada pertukaran udara yang baik.

Ragam Jenis Exhaust Fan yang Bisa Anda Pilih

Exhaust fan pun banyak jenisnya, mulai dari fungsi hingga ukurannya sehingga ketika membeli sebaiknya pilih yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk membantu Anda memilih exhaust fan yang tepat, berikut adalah beberapa jenis exhaust fan yang ada di pasaran.

  • Exhaust Fan Dinding
    Exhaust fan yang dipasang pada dinding ini adalah model yang paling umum ditemukan di Indonesia. Pemasangannya mudah tanpa membutuhkan saluran pipa karena dipasang pada dinding yang langsung terhubung dengan luar ruangan. Exhaust fan untuk dinding ini akan membuang udara kotor dan bau dalam ruangan ke luar dan menggantinya dengan udara yang lebih bersih.
  • Exhaust Fan Langit-langit
    Exhaust fan ini dipasang pada plafon rumah dan cocok digunakan pada ruangan yang tidak langsung terhubung pada area luar rumah. Exhaust fan ini membutuhkan Mechanical Ventilation Heat Recovery System (MVHR) sebagai saluran pembuangan udara ke luar ruangan yang juga diletakkan di atas loteng.
  • Exhaust Fan Jendela
    Exhaust fan jenis ini pemasangannya pada bagian atas jendela rumah. Cocok untuk ruangan yang memiliki jendela seperti kamar tidur dan ruang tamu. Exhaust fan ini akan langsung membuang udara kotor dalam ruangan ke luar dan menggantinya dengan udara baru yang lebih segar.
  • Inline Exhaust Fan
    Exhaust fan jenis ini cocok digunakan untuk ruangan yang terisolasi dan tidak memiliki akses ke area terbuka, seperti di dalam gedung. Exhaust fan jenis ini berbeda dengan yang lainnya karena memiliki komponen tambahan seperti kipas penyedot, pipa, saringan dalam, dan saringan luar. Fungsi dari exhaust fan ini tidak hanya melancarkan sirkulasi udara, namun juga untuk menyedot debu dan uap air yang terkandung di udara dalam ruangan.
  • Exhaust Fan dalam Cooker Hood
    Kalau exhaust fan yang satu ini khusus dipasang di atas kompor. Fungsinya adalah untuk mengusir uap, asap, dan bau yang dihasilkan selama proses memasak. Exhaust fan dapat dipasang pada plafon maupun dinding dapur.
  • ,

Rekomendasi Exhaust Fan Berkualitas untuk di Rumah

Maspion CEF-2008 Ceiling Exhaust Fan

Maspion CEF-2008 Ceiling Exhaust Fan berfungsi untuk menyejukkan dan mengusir kelembapan dalam ruangan sehingga ruangan jadi bebas dari jamur. Exhaust fan ini dilengkapi dengan fitur low noise yang tidak berisik dan thermo fuse yang mencegah panas berlebih dan korslet.

Exhaust fan dengan ukuran 8 inci ini dapat dipasang pada plafon dan tembok. Mudah dibersihkan dan hemat energi. Dilengkapi pula dengan motor andal dan sistim pelumasan otomatis. Garansi resminya selama 3 tahun.

Harga Rp. 209.000-276.000

Exhaust Fan Ceiling 10 Inch KDK - 25TGQ

Exhaust Fan Ceiling 10 Inch KDK - 25TGQ, hadir dalam desain yang ramping dan elegan dengan proses pemasangan yang mudah.

Exhaust fan dilengkapi dengan thermal fuse sebagai pengaman dari panas dan korslet serta memiliki suara motor yang halus. Exhaust fan ini bekerja dengan mengeluarkan udara kotor dari dalam ruangan.

Baling-balingnya anti retak dan back cabinet-nya antikarat serta terbuat dari material non-toxic yang aman untuk kesehatan. Exhaust fan ini hemat energi karena hanya memakai daya listrik sebesar 26,5 watt.

Harga Rp. 260.000-499.000

Exhaust Fan Plafond 12" Sekai CEF1295 / CEF-1295

Exhaust Fan Plafond 12" Sekai CEF1295 / CEF-1295, memiliki embusan angin yang lebih kuat sehingga sirkulasi udara jadi lebih baik. Exhaust fan akan mengisap udara kotor dalam ruangan dan membuangnya keluar serta membawa udara segar masuk ke dalam ruangan.

Aliran udara keluar masuk dari Exhaust fan ini juga bisa diatur sesuai kebutuhan. Materialnya terbuat dari plastik dan dilengkapi dengan pengaman untuk menghindari korslet. Exhaust fan terbaik dari Sekai dengan konsumsi daya sebesar 38 watt.

Harga Rp. 185.000-290.000

Miyako KET-1203 Exhaust Fan

Udara dalam ruangan yang lembap dapat memicu pertumbuhan jamur yang mengganggu kesehatan. Bahkan juga dapat menyebabkan cat tembok jadi mengelupas.

Untuk menghalau udara lembap dalam ruangan, Miyako KET-1203 Exhaust Fan bisa jadi pilihan. Kipas berukuran 12 inci ini aman digunakan karena dilengkapi dengan thermal fuse untuk menghindari dari kebakaran akibat kelebihan tegangan.

Harga Rp. 255.000-336.000

KDK Exhaust Fan Kamar Mandi 4 inch - 10 EGSA

Pilihan exhaust fan terbaik untuk kamar mandi adalah KDK Exhaust Fan Kamar Mandi 4 inch - 10 EGSA. Exhaust fan ini efektif untuk mengusir bau, uap panas dari air hangat, dan kelembapan dari kamar mandi. Exhaust fan ini didesain ringkas sehingga juga dapat dipasang pada ruangan lain yang berukuran 15 meter persegi.

Pipe hood dilengkapi dengan daun telinga untuk menghindari air hujan dan uap jatuh ke tembok dan meninggalkan bekas. Mesin motornya halus dan memiliki garansi selama 5 tahun, sedangkan untuk spare part bergaransi selama 2 tahun.

Harga Rp. 415.000-554.000

Maspion MV-200 NEX Exhaust Ventilating Fan

Exhaust fan terbaik dan multifungsi yang bisa Anda pasang pada ruangan di rumah adalah Maspion MV-200 NEX Exhaust Ventilating Fan.

Exhaust fan berukuran 8 inci ini akan menjaga sirkulasi udara dalam ruangan tetap sejuk, bersih, dan segar.

Exhaust fan ini dilengkapi dengan sistem pelumas otomatis dan sekring pengaman panas. Suara motornya juga halus dan tidak bising.

Harga Rp. 260.000-363.000

Mitsubishi EX-30RHK5T Ventilating Wall Exhaust Fan

Mitsubishi EX-30RHK5T Ventilating Wall Exhaust Fan juga menjadi pilihan yang bagus. Exhaust fan untuk dinding ini berukuran 12 inci dengan motor yang lebih awet dan tidak berisik.

Exhaust fan juga dirancang tahan terhadap panas dengan fungsi putaran 2 arah, yakni untuk keluar dan masuk. Exhaust fan ini hemat energi karena hanya mengonsumsi daya listrik sebesar 31 watt.

Harga Rp. 393.000-400.000

Panasonic FV15TGU1W Exhaust Fan

Sumber gambar https://www.blibli.com

Exhaust fan terbaik dengan desain yang modern adalah Panasonic FV15TGU1W Exhaust Fan. Exhaust fan ini lebih aman dari kebakaran karena motor dapat berhenti otomatis setelah mencapai batas maksimal.

Bau tak sedap, udara kotor, dan debu dari dalam ruangan bisa hilang sehingga udara jadi lebih segar dan bersih. Exhaust fan ini hemat listrik namun memiliki daya isap yang lebih besar dan stabil. Exhaust fan yang awet ini bisa Anda beli di Blibli seharga Rp 263.500.

From our editorial team

Pasang Exhaust Fan pada Rumah yang Minim Ventilasi

Rumah yang tidak memiliki ventilasi udara yang memadai akan membuat udara di dalamnya terasa pengap dan tak sehat. Sebagai solusinya, Anda bisa memasang exhaust fan di rumah yang menggantikan fungsi dari ventilasi untuk melancarkan sirkulasi udara dalam rumah. Dengan begitu, udara di rumah jadi lebih sehat, segar, dan bersih yang tentunya membuat keluarga di rumah merasa lebih nyaman.