Ingin Tampilan Ruang Makin Keren? Pilih 9 Rekomendasi OLED TV untuk Lengkapi Ruangan Berikut (2020)

Ingin Tampilan Ruang Makin Keren? Pilih 9 Rekomendasi OLED TV untuk Lengkapi Ruangan Berikut (2020)

Televisi adalah salah satu alat elektronik yang tak bisa dipisahkan dari setiap rumah. Dengan berkembangnya teknologi, jenis TV makin beragam. Jika ingin memiliki TV modern dengan tampilan yang keren, tak ada salahnya cek rekomendasi OLED TV terbaik pilihan BP-Guide berikut!

Televisi Sudah Jadi Barang Wajib yang Harus Dimiliki Setiap Rumah

Sumber gambar www.yangcanggih.com

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, televisi adalah media hiburan dan komunikasi yang sangat menyenangkan. Punya televisi di setiap rumah pun wajib hukumnya. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, fitur TV pun berkembang dengan pesat.

TV bukan sekadar alat untuk menonton tayangan saja tetapi bisa menjadi media untuk berselancar di internet. Berbagai fitur terbaru yang ditawarkan oleh produsen TV pasti membuat Anda bingung. Tidak hanya fitur saja yang beragam, TV juga dijual di pasar dengan harga yang bervariasi pula.

Ragam Teknologi TV Modern Saat Ini

TV Plasma

Sumber gambar www.lg.com

TV plasma hadir dalam layar yang datar, desainnya lebih modern, dan lebih menghemat tempat. Keunggulannya adalah gambat HD yang lebih jernih dan tajam. Jenis TV ini diciptakan oleh tiga ilmuwan asal University of Illinois, Amerika Serikat tahun 1964. Mereka adalah Donald Blitzer, Robet Wilson, dan Gene Slottow. Saat itu kualitas gambarnya masih hitam putih.

TV plasma full color muncul pertama kali pada 1992, dikeluarkan oleh Fujitsu. Perusahaan tersebut kemudian diakuisisi oleh Panasonic pada 1997, menjadikan Panasonic sebagai salah satu pionir dalam produksi TV plasma.

TV LCD

TV LCD muncul lebih dulu sebelum TV Plasma. Sayangnya, popularitas TV LCD mengalami penurunan setelah munculnya TV plasma karena berbagai fitur canggih yang ditawarkan. Namun demikian, TV LCD kembali menanjak popularitasnya karena harga yang dinilai lebih ekonomis dan mengalami banyak perubahan.

Kelebihan dari TV LCD adalah dapat menghasilkan gambar dengan warna yang lebih realistis dengan teknologi anti glare dan tidak memancarkan radiasi sama sekali, sehingga lebih aman untuk mata. Konsumsi daya listrik TV LCD juga jauh lebih rendah dibandingkan TV plasma.

TV LED

Sumber gambar www.amazon.in

Kemunculan TV LED di jagat teknologi pertelevisian sangat menggemparkan. Kehadirannya dimotori oleh produsen elektronik terkemuka dunia seperti LG, Samsung, dan Toshiba. TV LED adalah pengembangan dari TV LCD dengan banyak kelebihan dan kecanggihan yang menguntungkan.

Dengan tingkat kontras yang lebih tinggi dari TV plasma dan TV LCD, warna yang bisa dihadirkan jauh lebih tajam dan nyata. Belum lagi konsumsi daya listrik yang lebih rendah 20-30% dibandingkan dengan TV LCD. Cahaya yang dihasilkan oleh TV LED juga tidak berbahaya seperti TV generasi sebelumnya.

TV OLED

Sumber gambar www.lg.com

TV OLED merupakan pengembangan dari TV LED. Perbedaannya terletak pada karbon yang digunakan. TV OLED TV atau Organic Light-Emitting Diode menggunakan karbon organik. Teknologi ini kali pertama dikembangkan oleh LG dan Sony.

TV OLED jauh lebih hemat listrik dibandingkan TV LED karena diklaim dapat menghasilkan cahaya sendiri. Warna yang dihasilkan juga lebih realistis sehingga tampak sama dari segala sudut. TV OLED dijual dengan harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan TV LED TV. Sayangnya, harga jual kembalinya turun sangat drastis.

Rekomendasi TV OLED Terbaik Saat Ini

LG C8 OLED TV 55 inch

Bicara soal TV tentu tidak bisa meninggalkan brand yang satu ini. OLED TV dari LG termasuk salah satu yang paling diburu oleh konsumen. Ini tidak lepas dari ragam varian layar TV yang bisa disesuaikan dengan bujet dan kebutuhan masing-masing.

LG C8 OLED TV hadir dalam ukuran 55 inci yang super besar. Fitur yang ditawarkan juga sangat menarik, antara lain Active HDR dengan Dolby Vision yang mendukung konten premium.

Gambar adegan yang dihasilkan jauh lebih hidup, memberikan pengalaman menonton yang berbeda. Teknologi Dolby Atmos menghasilkan suara tiga dimensi yang unik dan jelas. Nikmati tontonan dengan resolusi 4K dari layar TV ini.

Harga Rp. 19.500.000-24.999.000

Panasonic OLED TH55FZ950G Smart TV (55 Inch)

Panasonic termasuk produsen elektronik dengan produk yang berkualitas dan memuaskan. Seri televisi TV OLED dari Panasonic dilengkapi dengan teknologi 4K UHD untuk gambar yang lebih terang dan nyata.

Resolusi layar 3840 x 2160 menjamin tontonan yang luas dan lega dari segala sudut. Fitur Hexa Chrome Drive Pro memberikan keindahan dengan 6-Colour Reproduction untuk warna yang lebih akurat. Nikmati pengalaman menonton yang tak terlupakan dengan TV canggih ini.

Harga Rp. 29.500.000

Sony 55 inch OLED Smart TV UHD KD-55A8F

Urusan TV canggih, Sony adalah salah satu pionir yang tidak pernah berhenti dalam mengembangkan teknologi terbaru. Seri TV OLED yang satu ini hadir dengan 4K HDR Processor X1™ Extreme yang mampu memproses gambar secara real-time dan lebih detail.

Warnanya pun lebih nyata dan natural dengan teknologi TRILUMINOS dari Sony. TV ini bahkan direkomendasikan oleh Netflix untuk pengalaman menonton yang lebih seru. Dari segi suara, TV ini dibekali dengan teknologi canggih, sehingga terdengar jernih dan nyaman di telinga.

Harga Rp. 25.310.000-34.750.000

Sony OLED KD-65A9G 65 inch UHD 4K Smart TV

Smart TV berukuran 65 inci ini menampilkan gambar hingga resolusi terkecil, membuat pengalaman menjadi semakin nyata. Dilengkapi dengan berbagai teknologi terbaru dan tercanggih dari Sony, antara lain Sound-from-Picture Reality yang memberikan performa audio-visual paling memikat.

Prosesor Gambar X1 Ultimate menghasilkan warna yang pekat dan natural, sementara Pixel Contrast Booster dapat meningkatkan kontras warna dalam luminasi tinggi.

Ada juga Netflix Calibrated Mode yang dikembangkan khusus untuk mereproduksi gambar tajam dari tayangan Netflix. Nikmati pula sensasi menonton serasa di bioskop dengan fitur Dolby Atmos.

Harga Rp. 59.499.000

LG OLED TV 55EG910 55 inch

Curved TV adalah salah satu teknologi yang sangat diminati dalam dunia pertelevisian saat ini. Layar melengkung memberikan tampilan yang lebih luas dan tajam, sehingga menonton dari sudut manapun tetap terasa nyaman. Anda bisa mendapatkan TV seperti ini pada produk LG OLED TV 55EG910 55inch.

Selain itu, fitur Self Lighting Pixels memberikan kecerahan yang pas untuk mata, gambarnya lebih terasa nyata dan natural. Smart TV ini juga dilengkapi dengan WebOS untuk akses yang lebih mudah pada berbagai fitur terbaru.

Harga Rp. 20.159.000-26.444.000

LG 55EG9A7T Oled Smart TV 55 inch

Fitur yang ada pada Smart TV LG ini bisa dibilang cukup lengkap. Dengan lebar layar 55 inci, TV ini sudah memiliki WebOS, magic remote, ultra surround sound, bluetooth, dan masih banyak lagi.

Perfect Black Amazingly Vivid Colours memberikan miliaran warna yang sangat beragam. Kualitas gambar yang ciamik diimbangi dengan audio sound yang menggema di seluruh ruangan.

Pengalaman menonton pun menjadi lebih menyenangkan. Desain yang tipis dan elegan membuat TV ini dapat menjadi elemen dekorasi yang sangat menarik di rumah.

Harga Rp. 14.888.000-20.900.000

LG OLED65E7T OLED UHD 4K Smart TV (65 Inch)

Sumber gambar Blibli

TV OLED seri E dari LG punya kelebihan layar yang sangat tipis dan ringan dengan desain modern. Resolusi 4K pada TV menampilkan gambar yang lebih hidup dan nyata. Jumlah pixel-nya mencapai 3 juta, menghasilkan gambar yang lebih jernih dan halus.

Teknologi OLED menjamin gambar yang yang terang dan nyaman di mata. Seri ini juga sudah dilengkapi dengan user interface yang bersahabat dan mudah dioperasikan, bahkan oleh para pemula.

Pilih konten yang diinginkan dengan satu langkah mudah. TV ini bisa dibeli di Blibli seharga Rp 35.000.000 atau di Bukalapak seharga Rp 39.500.000.

Sony Bravia A9F OLED 65 inch

Sumber gambar Tokopedia

TV OLED dari Sony yang satu ini memiliki lebih dari 8 juta piksel yang bisa memancarkan cahaya sendiri, menghasilkan gambar yang lebih tajam, cerah, dan lebih realistis. Fitur Acoustic Surface Audio membuatmu serasa sedang menonton pertunjukan langsung dengan suara multidimensi yang menghanyutkan. Speaker BRAVIA mampu memancarkan suara yang jernih dan terang.

Fitur 4K X-Reality PRO memberikan detail gambar yang sangat mengagumkan, didukung dengan Dolby Visio untuk pengalaman menonton serasa di bioskop. Nikmati layar yang lega seluas 65 inci untuk seluruh keluarga. Produk ini tersedia di Blibli seharga Rp 53.145.000 atau di Tokopedia seharga Rp 59.900.000.

LG OLED77C9PTA 77 inch

Dua keunggulan TV ini adalah layar seluas 77 inci dan kualitas audio yang sangat kuat. Tidak hanya canggih, TV ini bisa memberikan pengalaman menonton yang benar-benar baru. Gambarnya sangat tajam dan detail dengan suara memukau yang terasa nyaman di telinga.

Teknologi 4K Cinema HDR dapat menyajikan visi para kreator tanpa berkurang sedikitpun. Alogaritma deep learning AI pada TV menghasilkan proses yang cepat tanpa mengurangi kualitasnya. Desainnya sangat cantik dan minimalis, membuat tampilan rumah menjadi lebih keren.

Harga Rp. 149.950.000
From our editorial team

Pilih TV Sesuai dengan Ukuran Ruangan

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat membeli sebuah televisi adalah kesesuaian ukuran TV dengan ruangan di rumah. Hal ini penting karena jika ruangan yang ada kecil, namun memaksakan membeli TV dengan ukuran besar, maka mata menjadi tidak nyaman. Begitu pula sebaliknya, jangan membeli TV berukuran standar untuk ruangan berukuran besar.