10 Rekomendasi CCTV dengan Berbagai Fitur Canggih yang Bisa Melindungi Rumahmu (2019)

10 Rekomendasi CCTV dengan Berbagai Fitur Canggih yang Bisa Melindungi Rumahmu (2019)

Keamanan adalah faktor utama yang harus dipastikan agar tidak terjadi hal yang merugikan di rumahmu. Dengan kecanggihan teknologi, kamu bisa memasang kamera CCTV untuk memastikan keadaan rumah tetap aman meski kamu tinggal pergi. BP-Guide punya rekomendasi CCTV terbaik untuk melindungi rumahmu.

Sistem Pengawasan CCTV Dapat Melindungi Kediamanmu dari Hal yang Tidak Diinginkan

Sumber gambar which.co.uk

Keamanan adalah hal utama bagi tempat tinggal. Jika dulu satpam banyak dipekerjakan untuk menjaga keamanan rumah, di era teknologi canggih seperti sekarang banyak orang mulai mengandalkan penggunaan CCTV. Bahkan kini kombinasi petugas keamanan dan CCTV banyak jadi pilihan, terutama untuk gedung perkantoran atau apartemen.

CCTV atau kamera pengawas tentu punya banyak kelebihan. Benda ini dapat memantau selama 24 jam non-stop, juga mereka ulang kejadian jika diperlukan. Tidak heran penggunaan CCTV sangat diandalkan untuk mengantisipasi kriminalitas kapan saja dan di mana saja. Kini CCTV tidak hanya bisa ditemukan di ruang publik saja, tetapi juga di kediaman pribadi dengan alasan keamanan.

Pastikan Hal Ini Sebelum Membeli CCTV

Spesifikasi Kamera

Sumber gambar falcsec.com

Sebelum memasang CCTV, kamu harus memilih jenis kamera yang pas. Ada kamera yang khusus digunakan untuk outdoor jika kamu ingin memasangnya di luar rumah. Kamera jenis ini biasanya dilengkapi dengan fitur tahan cuaca atau weatherproof IP66 dan IP67 serta pelindung untuk cuaca ekstrem seperti hujan dan panas matahari.

Untuk CCTV indoor atau di dalam rumah, sebaiknya pilih yang disertai dengan infrared agar dapat menangkap gambar di ruangan minim cahaya. Untuk masalah harga, kamera indoor jelas lebih murah dibandingkan dengan kamera outdoor.

Setelah menentukan jenisnya, perhatikan juga spesifikasi kameranya. Kamera dengan spesifikasi tinggi tentu bisa menghasilkan gambar yang lebih jernih dan terang.

Cara dan Posisi Meletakkan

Sumber gambar lsasecurity.com

Hal penting lain yang harus diperhatikan sebelum membeli CCTV adalah tempat pemasangannya. Kamu harus tahu tempat mana saja yang ingin dipasangi kamera CCTV, lalu hitung berapa jumlah kamera yang dibutuhkan. Agar keamanan lebih terjaga, sebaiknya pemasangan CCTV dilakukan di dalam dan luar rumah sekaligus.

Pastikan jumlah kamera yang akan dipasang sesuai dengan kebutuhanmu. Pasang di sudut-sudut strategis seperti pintu gerbang dan pintu rumah, sehingga jika terjadi tindak kejahatan dapat tertangkap oleh kamera CCTV.

Kamera CCTV dengan dimensi kecil cocok dipasang di tempat tersembunyi, namun kualitas gambarnya tidak begitu bagus. Sebaliknya kamera CCTV berukuran besar dapat menangkap gambar dengan lebih baik, namun lokasinya tidak bisa disembunyikan.

Akses Virtual

Sumber gambar time2technology.com

Karena teknologi sudah sangat canggih, kamu harus bisa memanfaatkannya secara maksimal. Kamera CCTV di rumahmu sebaiknya bisa diakses kapan saja dan di mana saja melalui layar smartphone atau tablet. Dengan demikian saat kamu bepergian, kamu masih bisa mengontrol kondisi rumahmu secara rutin.

Kemudian hasil rekaman CCTV sebaiknya bisa disimpan dalam jangka waktu tertentu. Jika ingin fitur seperti ini, biasanya ada biaya tambahan yang harus dibayar oleh pengguna. Oleh sebab itu pemasangan CCTV harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Indoor atau Outdoor

Sumber gambar bluesecurity.co.za

Seperti yang sudah dibahas, lokasi pemasangan kamera sangat menentukan spesifikasi yang dibutuhkan oleh pengguna. Kamera indoor dan outdoor jelas berbeda, karena fungsi dan kegunaannya juga tidak sama.

Kamera outdoor harus tahan banting terhadap segala cuaca. Setidaknya harus dilengkapi dengan fitur weatherproof untuk menghadapi terik matahari dan hujan deras. Itulah mengapa CCTV outdoor biasanya dilengkapi semacam topi khusus untuk melindungi lensanya. Kamera outdoor juga dilengkapi dengan infrared yang jumlah sensornya lebih banyak dibandingkan kamera indoor.

Berbeda lagi dengan kamera indoor yang tidak membutuhkan terlalu banyak fitur. Namun satu yang pasti, kamera indoor harus dilengkapi infrared. Gunanya untuk menangkap gambar dengan jelas dalam keadaan gelap. Ini akan sangat berguna di malam hari saat lampu dipadamkan.

Format Rekaman

Sumber gambar microtechbd.net

Membeli kamera CCTV jangan hanya memperhitungkan kejernihan gambarnya saja. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah resolusi dan ketajaman gambar yang baik. Sehingga saat dilihat di TV atau monitor HD, gambarnya tidak akan pecah atau buram.

Resolusi standar untuk kamera CCTV biasanya 420 TVL, sedangkan resolusi tinggi minimal adalah 500 TVL. Kualitas gambar tidak hanya dipengaruhi oleh jenis kamera saja, tetapi juga DVR atau alat perekam yang digunakan. Semakin canggih DVR, maka semakin jernih pula gambar yang tampak di layar monitor.

10 Kamera CCTV Canggih Saat Ini

Nest Cam Outdoor Security Camera

Sumber gambar www.tokopedia.com

Nest, produsen kamera berkualitas menawarkan solusi keamanan untuk tempat tinggalmu. Kamera outdoor keluaran mereka sudah dilengkapi fitur waterproof yang sangat kuat, termasuk sistem mounting dengan magnet. Maksimalkan kerja kamera dengan kontrol suara Alexa yang dijual terpisah.

Kamera dengan resolusi HD 2.0 megapiksel ini sudah dilengkapi dengan IPCC-7210W HDPro dengan zoom hingga 4 kali. Fitur lainnya antara lain adalah Nightvision dengan 8 inframerah, Blueiris kompatibel, dan IP Camera. Agar dapat mengakses fiturnya secara lengkap, kamu perlu membayar biaya berlangganan bulanan.

Nest Cam Outdoor dengan dimensi 3,5x2,8x2,8 inci dapat dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 3.967.000.

Swann Bullet Camera

Swann yang fokus dengan teknologi keamanan pertama kali berdiri di Australia. Kini produknya sudah mendunia, terbukti dengan penggunaan di lebih dari 40 negara di dunia. Swann bisa kamu andalkan untuk melindungi keamanan rumah atau kantor.

Swann 720P HD Bullet Security Camera, Pro-T850 adalah salah satu produknya. Kamera HD ini mampu memberikan pengawasan yang lebih baik dan terperinci. Kelebihannya adalah dapat mendeteksi orang, hewan, dan objek lain yang menghasilkan panas di tubuhnya.

Gambar yang dihasilkan memiliki resolusi tinggi setara 720p atau 1000 TVL, sehingga tetap jernih di layar manapun. Kombinasikan dengan DVR produksi Swann untuk hasil yang lebih optimal.

Harga Rp. 1.500.000

Lorex Security Camera

Sumber gambar www.ebay.com

Hadir dalam dua model yaitu bullet dan dome, kamera CCTV Lorex menawarkan perlindungan penuh pada kantor atau rumahmu. Semua kebutuhanmu, baik itu kamera indoor sederhana atau kamera outdoor yang tangguh, dapat dipenuhi oleh Lorex.

Security Camera Lorex membutuhkan pemasangan sederhana dengan kabel minimal, bahkan kamu bisa memasangnya sendiri tanpa bantuan teknisi lho. Untuk kualitas gambar tidak perlu dipertanyakan lagi. Lorex dapat memberikan gambar jernih di segala kondisi.

Lorex LW3211 kompatibel dengan alat perekam Lorex MPX untuk menghasilkan rekaman gambar beresolusi tinggi. Fitur kamera ini sudah tergolong lengkap, yaitu didesain anti rusak dengan fitur wireless. Dapatkan hanya di eBay dengan harga sekitar Rp 1.600.000.

Ring Spotlight Camera

Sumber gambar shop.ring.com

Lindungi rumahmu kapan saja dan di mana saja dengan Ring Spotlight Camera. Keunggulan dari kamera CCTV ini adalah dapat diakses dari smartphone atau tablet dan kamu bisa berbicara dengan siapa saja yang ada di dalam kamera CCTV, lho. Berguna banget untuk kamu orang tua muda yang meninggalkan anak di rumah saat bekerja.

Fitur lampu sorot internal memastikan gambar yang ditangkap oleh kamera tajam di sepanjang waktu, termasuk di ruangan gelap. Jika ada orang mencurigakan di kamera, kamu bisa menakuti mereka dengan alarm 100 desibel. Melalui aplikasi yang bisa diunduh di smartphone, CCTV dapat diatur setiap saat.

Kamu bisa membeli kamera ini di Ring dengan harga sekitar Rp 1.400.000.

Zmodo Security Camera System

Sumber gambar www.zmodo.com

Zmodo adalah produsen berbagai perangkat pintar yang berpusat di Cina. Kini produknya telah menjangkau pasar global yang meliputi Eropa, Australia, dan Amerika Utara. Zmodo selalu memberikan produk keamanan terbaik untuk pelanggan mereka dengan dukungan seumur hidup. Dengan sertifikasi ISO9000, Zmodo telah mematenkan banyak fitur.

Zmodo Security 1080p Outdoor WiFi Camera adalah salah satu produk unggulannya. Menawarkan rekaman gambar dengan resolusi 1080 HD yang super tajam, desainnya kokoh dan tidak mudah goyah. Kamera disertai dengan dukungan aplikasi smartphone sehingga dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Fitur unggulannya termasuk sensor gerakan dan night mode.

Kamera canggih ini bisa dibeli di Zmodo dengan harga sekitar Rp 1.100.000.

Arlo Pro 2

Sumber gambar www.bhinneka.com

Merek Arlo sejak lama fokus pada penciptaan teknologi untuk memudahkan hidup manusia. Salah satu produknya, Arlo Pro 2 adalah kamera CCTV yang bisa dipantau dari mana saja dan kapan saja. Mampu menghasilkan gambar kualitas HD dengan resolusi 1080p dan video dengan detail yang tajam.

Kamera nirkabel ini sudah dilengkapi dengan sensor CMOS dan kapasitas baterai hingga 2440 mAh. Dapatkan kamera CCTV canggih ini hanya di Bhinneka dengan harga Rp 8.085.000.

Netatmo Outdoor Security Camera

Sumber gambar www.amazon.com

Sebagi kamera CCTV untuk luar ruangan atau outdoor, Netatmo Outdoor Security Camera sangat bisa diandalkan. Dilengkapi teknologi HZO yang merupakan lapisan film tipis untuk perlindungan terhadap hujan, salju, debu, kotoran, dan kelembaban.

Kamera pintar ini dapat membedakan berbagai objek seperti manusia, hewan, dan mobil. Keunggulan lainnya adalah akses setiap saat melalui kamera smartphone. Fitur lainnya adalah lampu sorot terintegrasi yang bisa aktif saat diperlukan. Lampu ini bisa mencegah kehadiran pengunjung yang tidak diinginkan.

Di malam hari, kamera ini dapat bekerja dengan fitur infrared. Kualitas gambar yang dihasilkan melalui kamera 4 MP cukup jernih dan detail. Kamera ini bisa dibeli di Amazon dengan harga sekitar Rp 4.200.000.

Blink XT2

Sumber gambar www.tokopedia.com

Blink XT2 adalah kamera keamanan yang diciptakan untuk menjaga rumahmu. Chip baru pada kamera canggih ini dapat menghasilkan masa pemakaian baterai yang bertahan hingga 2 tahun. Fitur lainnya adalah peningkatan pada deteksi gerakan.

Kamera ini juga telah bersertifikasi IP65 yang artinya tahan terhadap cuaca ekstrem. Gambar yang dihasilkan memiliki resolusi hingga 1080p dengan fitur pembicaraan dua arah dengan perintah suara Alexa. Kamu bisa membeli kamera canggih ini hanya di Tokopedia dengan harga Rp 2.489.000.

Smonet Security Camera

Sumber gambar www.amazon.com

Security Camera dari Smonet hadir dengan fitur unggulan yang cukup lengkap. Mulai dari night vision, lensa sudut yang lebar, serta kualitas video hingga 720p. Keunggulan lainnya adalah kamera ini dapat mengintegrasikan hingga 8 kamera sekaligus ke dalam satu sistem yang sama. Keamanan rumah pun akan semakin terjamin.

Penyimpanan dengan hard drive kapasitas 4TB mampu menyimpan video dalam jangka waktu cukup lama. Kamera outdoor-nya tahan banting dengan sertifikasi IP66. Kamera canggih ini bisa dibeli di Amazon dengan harga sekitar Rp 3.000.000.

ADT Outdoor Camera

Sumber gambar www.amazon.com

ADT adalah produsen kamera keamanan yang telah hadir selama lebih dari 140 tahun. Produknya telah digunakan di lebih dari 200 lokasi di Amerika Serikat dan Kanada dengan lebih dari 7 juta pelanggan. ADT bekerja menggabungkan teknologi dan pengetahuan untuk menghasilkan sistem keamanan yang profesional.

ADT menyediakan 3 paket bagi pelanggan mereka yaitu Traditional, Control, dan Video Package dengan fitur yang berbeda-beda. Optimalkan penggunaan kamera dengan fitu Amazon Alexa dan aplikasi yang bisa diunduh lewat smartphone.

OC835 HD Indoor & Outdoor Night Vision Camera, salah satu produk unggulan ADT tersedia di Amazon dengan harga sekitar Rp 2.400.000.

From our editorial team

Meningkatnya Angka Kriminalitas Membuat CCTV Menjadi Kebutuhan Penting

CCTV adalah alat untuk melindungi keamanan rumahmu. Dengan banyaknya kasus kriminal yang terjadi, tentu CCTV sudah menjadi kebutuhan wajib. Sehingga saat kamu harus bepergian dalam waktu lama, misalnya mudik lebaran, kamu bisa merasa tenang karena rumahmu tetap diawasi. Yuk, pasang CCTV sesuai rekomendasi BP-Guide di atas!

Tag