10 Rekomendasi Gadget Indonesia yang Kualitasnya Tak Kalah dari Merek Luar (2019)

10 Rekomendasi Gadget Indonesia yang Kualitasnya Tak Kalah dari Merek Luar (2019)

Berbagai jenis gadget kini bisa ditemukan dengan mudah di pasaran. Kalau kamu sedang mengincar gadget dengan harga yang hemat, kamu bisa pilih gadget keluaran lokal yang kualitasnya tak kalah dengan merek internasional.

Meski Didominasi Merek Internasional, Smartphone Lokal juga Tak Kalah Saing

Sumber gambar www.liputan6.com

Smartphone merupakan benda yang tidak bisa jauh dari kehidupan keseharian kita. Sebagian besar dari kita bahkan sangat bergantung pada smartphone dalam menyelesaikan pekerjaan keseharian.

Alat canggih yang satu ini memang menjadi gadget serbaguna, selain bisa untuk mendukung aktivitas komunikasi, smartphone juga bisa menjadi penghibur yang efektif dengan adanya game, musik, dan fitur menarik di dalamnya.

Bicara soal smartphone, di negara kita pengguna smartphone kebanyakan memilih produk smartphone dari luar negeri. Kendati demikian, ada juga sebagian besar penduduk yang memakai smartphone buatan lokal. Tidak kalah canggih dengan smartphone produksi mancanegara, smartphone lokal hadir dengan jeroan canggih yang membuat performanya layak diadu dengan pesaing internasionalnya.

Banyaknya pengguna smartphone lokal membuat kita tahu bahwa smartphone lokal tidak kalah eksis dengan smartphone merek mancanegara. Bersama BP-Guide mari intip merek gadget Indonesia yang sudah mendunia.

Merek Gadget Indonesia yang Sudah Mendunia

Evercross

Sumber gambar www.suara.com

Evercoss awalnya memakai nama Cross Mobile. Pada tahun 2013, namanya mulai berubah Evercoss. Produk Evercoss dibuat di Indonesia, mereka menawarkan aneka ponsel, tablet, serta smartphone berkualitas prima. Hal yang menarik adalah mereka berani membanderol produknya dengan harga yang terjangkau sehingga banyak disukai masyarakat Indonesia. Evercoss berani menawarkan harga terjangkau karena memang menyasar kalangan menengah ke bawah.

Didirikan tahun 2008 di Jakarta, perusahaan ini juga menghasilkan berbagai macam perlengkapan elektronik. Kendati perusahaan ini berasal di Indonesia dan membangun pabrik yang didirikan di Semarang, Jawa Tengah, namun untuk smartphone-nya kebanyakan dirakit di Republik Rakyat Tiongkok dengan teknologi asal Jerman.

Pabrik di Semarang didirikan dengan tujuan untuk melakukan pengawasan yang lebih ketat terhadap produknya. Selain itu pabrik juga didirikan di Indonesia untuk mendukung pembangunan di Indonesia dengan membantu membuka lapangan kerja bagi masyarakat lokal.

Mito

Sumber gambar inet.detik.com

Mito Mobile adalah salah satu penjual ponsel lokal pertama di Indonesia. Sudah berdiri sejak 2006 lalu, Mito memiliki visi yang kuat untuk menjadi yang terbaik di Indonesia. Merek yang satu ini banyak mengeluarkan produk seperti smartphone dan tablet. Produknya berkualitas dan menghadirkan teknologi tinggi. Selain inovatif, produknya dibanderol dengan harga yang ramah di kantong.

Di tahun 2012 lalu, Mito sukses menjadi Top 3 vendor ponsel terbesar di Indonesia. Ini berkat pertumbuhan market share yang makin tinggi dan channel distribusi yang merata di seluruh Indonesia sehingga Mito berhasil meraih prestasi tersebut. Selain itu Mito juga telah meraih penghargaan seperti The Most Favourite, Best Seller Mobile, dan The Most Innovative Phone.

Advan

Sumber gambar www.youtube.com

Advan adalah salah satu merek yang menghadirkan peralatan elektronik terkini di Indonesia. Produk Advan yang paling laris adalah smartphone dan juga tablet. Berkat kegigihan Advan dalam menciptakan produk yang inovatif, mereka pernah mendapat penghargaan sebagai merek dengan penjualan Tablet PC No. 1 di Indonesia dan Asia Pasifik.

Keunggulan dari Advan adalah mereka sukses mengembangkan sistem operasinya sendiri yang diberi nama IDOS. Sistem ini lebih praktis dan mudah digunakan selain itu juga bisa menjaga data lebih aman serta dengan tampilan User Interface yang modern.

Polytron

Sumber gambar selular.id

Polytron dikenal sebagai perusahaan elektronik besar di Indonesia. Berdiri di Kudus Jawa Tengah, perusahaan ini sudah ada sejak tahun 1975 lalu.

Awalnya perusahaan ini menghasilkan berbagai macam perlengkapan elektronik seperti televisi, radio, dan lain sebagainya. Kemudian seiring perkembangan zaman, mereka juga menghasilkan telepon genggam. Merek ini melakukan proses pengembangan, perakitan, hingga desain produk di Indonesia.

Kini Polytron telah memiliki 3 lokasi pabrik yang berlokasi di Jawa Tengah. Merek ini juga menghasilkan sendiri lebih dari 50 persen komponen bahan baku yang digunakan oleh produk Polytron.


Zyrex

PT. Zyrexindo Mandiri Buana merupakan sebuah perusahaan komputer asal Indonesia. Didirikan di Jakarta tahun 1996, perusahaan ini menghasilkan berbagai macam perlengkapan komputer.

Zyrex menghadirkan aneka produk seperti handphone seluler, notebook, netbook dan tablet PC. Selain itu merek ini juga menghadirkan dekstop, nettop, server, dan aneka aksesori lainnya.

Merek ini berani menawarkan produk dengan harga murah dibandingkan pesaingnya. Meski harganya terjangkau, mereka tetap memprioritaskan kualitas dari produknya loh. Bahkan salah satu keunggulan smartphone buatan Zyrex adalah spesifikasinya yang cukup garang.

10 Rekomendasi Produk Gadget Buatan Indonesia

Evercross - Winner Tab 5

Sumber gambar oketekno.com

Evercoss menghadirkan Winner Tab 5 untuk kamu. Smartphone ini memiliki desain simpel yang tampak elegan dengan material polikarbonat dengan pilihan warna hitam dan putih. Dengan dimensi 201,5 x 140 mm, smartphone ini memiliki ketebalan mencapai 10,5 mm. Produk seberat 358 gram ini hadir dengan panel IPS TFT LCD capacitive touchscreen 7,9 inci.

Untuk masalah jaringan, smartphone ini didukung jaringan 3G HSDPA dan 2G GSM. Produk dengan dua slot SIM ini memiliki speed HSPA untuk akses internet. Selain itu juga dibekali dengan Wi-Fi, GPS navigasi, dan lainnya.

Smartphone yang memakai processor Quad-core ARM Cortex-A7 ini dilengkapi dengan chipset MediaTek. Kinerja smartphone didukung RAM 1 GB dan juga memori internal 8GB. Produk Android Lollipop ini memorinya bisa diperluas dengan memakai microSD hingga kapasitas mencapai 32 GB.

Produk ini dibekali kamera 2MP di belakang dan kamera depan 1,3MP. Daya smartphone didapat dari baterai 3600 mAh sehingga kamu akan bisa memainkannya dalam waktu lama. Dapatkan di Lazada dengan harga Rp 865.000.

Evercross - One X

Sumber gambar id.priceprice.com

Evercoss One X ini bisa menjadi pilihan gadget Indonesia selanjutnya. Smartphone dengan layar 4.5 Inch FWVGA IPS 480 x 854 Pixels ini akan memanjakan mata kamu dengan layar yang bening dan nyaman di mata. Hadir dalam dua varian warna hitam dan putih, produk ini berbahan plastik dengan lapisan doff pada bagian casing penutup belakang.

Smartphone berukuran 6.6 x 0.9 x 13.3mm ini nyaman digenggam dan mudah dibawa kemana saja. Produk ini memakai prosesor Quad Core Cortex A7 1,3 GHz dan dilengkapi chipset SoC MediaTek MT6582 dan GPU Mali 400MP2. Untuk menjalankan operasi sistem, smartphone Android Lollipop ini dibekali RAM 1GB dan memori internal 8GB. Kalau masih kurang, kamu juga bisa memperluas memori dengan memakai slot microSD yang dapat menampung hingga 32 GB.

Untuk kamera, produk dibekali dengan kamera belakang 5MP dan kamera depan 2MP. Smartphone ini dilengkapi kapasitas baterai sebesar 1780 mAh yang bisa bikin kamu puas memainkannya. Dapatkan produk di Tokopedia dengan harga Rp 790.000.

Mito - Tablet T85

Sumber gambar shopee.co.id

Mito T85 ini hadir dalam warna hitam yang berkesan elegan. Smartphone Dual GSM ini memiliki fitur unik seperti Smart Wakeup Feature dan Face Unlock Access. Hadir dengan layar 7 inci, produk ini memiliki resolusi 1024 x 600 pixel.

Untuk memori, kamu bisa mendapatkan RAM 1GB dengan ROM seluas 8GB pada smartphone ini. Memakai sistem operasi Android 8.1 Go Edition, produk ini dibekali prosesor Quad Core 1.3 GHz.

Ada kamera depan 2 MP dan kamera belakang 2 MP untuk mengabadikan momen penting dalam hidup kamu. Dengan baterai 2300mAh, produk ini bisa bertahan lama kala dipakai. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 799.000.

Mito - Z1 Plus

Sumber gambar techlector.com

Mito Z1 Plus ini juga cocok untuk menjadi pilihan smartphone keren untuk kamu. Desainnya modern dengan casing belakang berwarna gradasi sehingga tampak elegan. Memiliki layar IPS 5,7 inci, produk ini hadir dengan resolusi 1440 x 720 piksel yang bikin nyaman mata untuk memandang layarnya.

Smartphone ini dibekali ROM 16GB dan RAM 3GB. Memakai prosesor quad-core ARM Cortex-A7, produk ini mengandalkan sistem operasi Android 8.1 Oreo. Saat memakai produk ini kamu bisa memakai fitur Smart Wakeup dan Face Unlock jug,a loh.

Untuk mengabadikan momen indah dalam hidup, kamu bisa mengandalkan kamera belakang 8MP dan kamera depan 5MP pada smartphone ini. Produk ini juga dilengkapi baterai berkapasitas 2500mAh yang tahan lama. Kamu bisa membelinya di Bukalapak dengan harga Rp 925.000.

Advan i10

Sumber gambar id.priceprice.com

Advan Vandroid i10 ini merupakan produk selanjutnya yang bisa kamu lirik. Dengan bezel tebal, produk ini berkesan kokoh dan tangguh. Tidak ada tombol fisik home dan navigasi di bawah layar. Kamu bisa menemukan tombol daya berdampingan dengan tombol pengatur volume pada ruas kanan.

Port audio sejajar dengan port microUSB di sisi atas. Bagian slot kartu SIM dan microSD berada di bagian belakang tablet berdekatan dengan tombol pengatur volume.

Hadir dengan layar 10 inci, produk ini memakai MediaTek Quad Core 1.0GHz. Produk ini disertai juga dengan memori internal 16GB dan RAM 2GB. Produk Android Nougat dengan UI IDOS ini dibekali dengan baterai berkapasitas daya 6.000mAh.

Hal yang unik dari produk ini adalah adanya aneka fitur Panduan Muslim yang lengkap. Kamu bisa mendapatkan fitur Alquran, Petunjuk Arah Kiblat, Pengingat Waktu Sholat hingga fitur kalender islam dalam produk yang satu ini. Dapatkan di Shopee dengan harga Rp 2.279.000.

Advan G2 Plus

Sumber gambar id.priceprice.com

Advan G2 Plus bisa juga kamu lirik sebagai pilihan yang unggul. Smartphone dengan layar IPS 5,7 inci ini begitu elegan berkat kaca lengkung 2.5D yang disematkan.

Advan G2 Plus ini dibekali RAM 3GB dan ROM 32GB. Dengan memakai OS IDOS 8.1 berbasis Android Oreo 8.1, produk ini sangat mulus untuk melakukan aneka aktivitas. Dari segi kamera, kamu akan dimanjakan dengan kamera 8MP untuk selfie dan kamera belakang 8MP.

Kamu tidak perlu bolak baling mengisi daya karena kapasitas baterainya cukup besar yakni 4.000 mAh. Kamu bisa membelinya di Bukalapak dengan harga Rp 1.310.000.

Polytron - Prime 7 Pro

Sumber gambar id.priceprice.com

Polytron menghadirkan produk Prime 7 Pro untuk kamu. Hadir dengan layar FHD 5.5 inci, produk ini sudah memiliki resolusi Full HD 1920×1080 piksel dan desain lengkung 2.5D. Makin terkesan tangguh, smartphone ini dibekali Corning Gorilla Glass dan juga body metal yang memiliki ketebalan 8.9 mm.

Dengan memakai Fira OS, smartphone ini memakai sistem operasi Android Nougat. Dibekali dengan DTS Sound, Prime 7 Pro ini mampu menghadirkan suara bass yang mantap dan suara vokal yang jernih dan jelas.

Bagi yang gemar berfoto, produk yang satu ini memiliki kamera beresolusi 13MP untuk kamera depan. Produk yang satu ini memiliki baterai 5000mAh sehingga lebih awet baterainya. Kamu bisa membelinya di Bukalapak dengan harga Rp 1.350.000.

Polytron - Rocket T7

Sumber gambar id.priceprice.com

Polytron Rocket T7 ini bisa menjadi pilihan kamu berikutnya. Smartphone ini hadir dengan layar IPS 5 inci dengan resolusi 1280 x 720 piksel. Desain smartphone begitu premium dengan bahan plastik yang dilapisi film transparan keras yang dilaminasi pada bagian permukaan luarnya.

Dibekali dengan chipset Mediatek MT6737, produk ini memakai Android Nougat untuk sistem operasinya. Ada RAM 2 GB dan juga memori internal 16GB pada smartphone yang satu ini. Produk dengan jaringan 4G LTE ini bikin kamu lebih nyaman berkomunikasi dan browsing dengan internet.

Kamera belakangnya memiliki resolusi 13MP sedangkan kamera depan memiliki resolusi 5MP untuk kebutuhan fotografi kamu. Sementara untuk baterai, produk ini dibekali baterai berdaya 2650mAh. Kamu bisa membelinya di Shopee dengan harga Rp 825.000.

Zyrex - ZA966 Pro

Sumber gambar hargamoe.com

Zyrex OnePhone ZA 966 Pro ini jangan sampai kamu lewatkan sebagai produk berkualitas. Smartphone 2G Dual GSM ini hadir dengan IPS layar sentuh seluas 3,5 inci. Dengan dimensi 116.8 x 61 x 8.3 mm, produk ini nyaman digenggam dan dibawa kemana saja.

Produk ini memakai sistem operasi Android Jellybean. Baterai produk ini berdaya 1000mAh sehingga tahan lama digunakan. Kamu bisa membelinya di Shopee dengan harga Rp 329.000.

Zyrex - SA 7321

Sumber gambar id.priceprice.com

OnePad SA 7321 Tablet Zyrex ini juga merupakan gadget Indonesia yang keren abis. Produk in hadir dengan desain simpel namun menawan dengan layar berukuran 7 inci. Smartphone dual processor ini memakai Android Ice Cream Sandwich sebagai sistem operasinya. Dengan dual SIM, produk ini mempermudah komunikasi kamu. Tablet ini dibekali pula dengan RAM 512MB dan ROM seluas 8GB.

Kamu bisa mengandalkan kamera depan 0,3MP dan kamera belakang 2MP untuk mengambil gambar. Smartphone dengan baterai 2800mAh ini akan bikin kamu betah memainkannya dalam waktu lama. Kamu bisa membelinya di Bukalapak dengan harga Rp 850.000.

From our editorial team

Pilih Gadget Lokal Berkualitas jika Tak Punya Banyak Bujet

Jika kamu membutuhkan gadget yang canggih tetapi tak punya banyak uang untuk membeli smartphone atau gadget keluaran merek internasional ternama, kamu bisa jatuhkan pilihan pada ponsel lokal yang tak kalah keren. Ada banyak gadget lokal yang dijual di pasaran dan ada baiknya sebelum membeli kamu teliti terlebih dahulu semua spesifikasi, keunggulan, serta kelemahan gadget tersebut.