Yuk, Belajar Fotografi dengan  10 Rekomendasi Kamera Mirrorless yang Semakin Populer di Kalangan Anak Muda (2018)

Yuk, Belajar Fotografi dengan 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless yang Semakin Populer di Kalangan Anak Muda (2018)

Beragamnya jenis kamera terkadang akan membuat bingung, apalagi bagi orang yang tidak familiar dengan benda yang cukup mahal ini. Belakangan, kamera mirrorless punya popularitas yang tinggi, lho. Tertarik untuk mengasah skill fotografi dengan kamera ini? Yuk, cari tahu dulu tentang kamera mirrorless ini!

Kamera Mirrorless Akhir-akhir Ini Semakin Populer

Sumber gambar www.saveseva.com

Kamera mirrorless memang belakangan semakin populer. Tidak hanya di Indonesia, namun menjadi tren keseluruhan pasar digital still camera di kawasan Asia Tenggara. Di Indonesia, konsumen kamera mirrorless mengalami kenaikan 66%, berdasarkan data firma riset GfK.

Dalam setahun terakhir ini pangsa pasar kamera DLRS memang terus tergerus oleh produk-produk kamera mirrorless. Penjualan kamera DSLR mengalami penurunan hingga 15%. Sedangkan pangsa pasar kamera mirrorless justru bertambah hingga 16,5%, seperti yang dilansir oleh lembaga riset NPD Group.

Tips Menggunakan Kamera Mirrorless untuk Pemula

Sumber gambar kompas.com

Bagi para pemula, perlu diperhatikan tips-tips sebelum membeli kamera mirrorless. Jangan sampai Anda tertipu hanya karena harga yang lebih murah.

Kenali Perbedaan Kamera DSLR dan Mirrorless

Sumber gambar bukalapak.com

Kamera DSLR memakai cermin untuk memunculkan gambar pada view finder-nya (viewfinder optik) sedangkan pada kamera mirrorless, cermin dihilangkan dan menggunakan EVF (elektronik viewfinder). Perbedaan penggunaan cermin otomatis membuat ukuran, berat, dan harga kamera DSLR lebih besar dan lebih mahal dari kamera mirrorless.

Namun demikian, ukuran sensor keduanya sama sehingga tidak ada perbedaan pada kualitas foto. Perlunya baterai cadangan pada kamera mirrorless, karena baterai yang penuh pada kamera mirrorless lebih boros, hanya bertahan 3-4 jam. Baterai kamera DSLR yang penuh dapat bertahan hampir 24 jam.

Ketahui Tujuan Menggunakan Kamera

Sebelum memutuskan untuk membeli kamera, Anda perlu melihat alasan utama mengapa perlu membeli kamera. Apakah kamera nantinya akan digunakan untuk keperluan dokumentasi (acara keluarga, acara kantor, dsb.), untuk hobi fotografi dan berminat mendalaminya, atau juga karena Anda seorang mahasiswa yang mengambil mata kuliah fotografi.

Setelah mengetahui tujuan pembelian kamera, baru Anda dapat memilih jenis kamera sesuai kebutuhan Anda karena perbedaan jenis kamera tentu berbeda dalam fitur, kualitas, dan harga.

Jika hanya untuk dokumentasi pribadi, Anda dapat memilih kamera amatir yang harganya cukup terjangkau. Untuk memperdalam hobi fotografi dan mahasiswa yang mengambil mata kuliah fotografi, pilihlah kamera seri semi profesional. Jika sudah lebih serius Anda dapat memilih kamera profesional. Dengan cara-cara di atas diharapkan Anda tidak salah dalam membeli kamera.

Banyak Berlatih

Sumber gambar www.keypoo.com

Untuk dapat menjadi fotografer handal, perlu kesabaran dan ketekunan. Latihan membuat kemampuan Anda semakin bagus. Sebuah foto yang bagus tidak hanya perlu kamera modern dan berharga mahal, namun juga skill atau keahlian yang terus diasah agar bisa menghasilkan foto-foto yang bagus.

Sering berlatih atau hunting foto untuk melatih kepekaan dalam menangkap momen yang bagus dan bagaimana cara mengatur kamera agar pencahayaan dan lain-lain bisa pas, akan secara otomatis membentuk feeling Anda bermain untuk bisa mendapatkan foto yang bagus dan indah.

Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik untuk Pemula

Sumber gambar gotomalls.com

Banyak produk kamera mirrorless di pasaran dengan keunggulan-keunggulan berbeda. Namun, dari yang paling mahal atau pun yang paling murah, hasil foto kamera mirrorless tidak akan berbeda jauh, dengan catatan menggunakan ukuran sensor yang sama.

Sony Alpha A-6300

Sumber gambar www.bhphotovideo.com

Sony A6300 merupakan mirorrless penerus A6000 dengan spesifikasi prima dan harga terjangkau. Dengan teknologi autofocus, sensor CMOS Exmor APS-C 24,2 mp, ISO 100-51.200, dan sistem pengkabelan tembaga yang mampu mengumpulkan cahaya lebih efisien ke lensa dan mempercepat transfer foto.

Body terbuat dari campuran logam magnesium yang mampu menahan debu dan kelembapan, memiliki 9 tombol kustomisasi. Lubang bidik elektronik (viewfinder) menggunakan OLED dengan resolusi 2,3 juta titik dan perbesaran 0,7 kali dengan 120 frame per detik sehingga saat tracking subjek bergerak, tidak terlihat patah-patah.

Pada bagian belakang kamera ini, terdapat layar sentuh LCD berukuran 3 inci dengan resolusi 921 ribu titik yang bisa tilting. Anda bisa mendapatkan produk Sony Alpha A6300 - 24MP - Kit 16-50mm - Hitam dengan harga Rp 14.216.900 di Lazada.

Panasonic Lumix G80/G85

Sumber gambar i1.adis.ws

Lumix G80/G85 adalah penerus dari Lumix G7 dengan fitur lebih baru. Masih menggunakan sensor 16MP four thirds dan tanpa filter anti aliasing, namun telah dilengkapi dengan bodi yang lebih kuat, cocok untuk dipakai outdoor. Perpaduan teknologi OIS (Optical image stabilizer 2-exis) dan BIS (Body Image Stabilizaion, 5 exis) mampu meredam getaran saat pengambilan gambar sehingga hasilnya lebih lembut.

Panasonic Lumix DMC-G85 Micro Four Thirds With 12-60mm Mirrorless bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 13.499.000 di Tokopedia. Kamera ini dilengkapi dengan focus stacking sehingga depth of field pada gambar yang telah diambil untuk menentukan titik fokus, bisa menandai lebih dari satu titik fokus pada gambar.

Fitur lainnya adalah autofocus yang menggunakan teknologi depth from defocus, sehingga memudahkan merekam video tanpa harus kehilangan fokus objek. Viewfinder OLED merupakan fitur magnification hingga 0,74 kali dan layar LCD 3 inci yang mendukung kontrol sentuh. Fitur electomagnetic shutter memungkinkan tombol shutter akan lebih gampang sehingga dapat meminimalkan guncangan saat menekannya.

Fujifilm XA3

Sumber gambar www.dpreview.com

Untuk keperluan foto sehari-hari oleh masyarakat awam, kami rekomendasikan Fujifilm X-A3 yang merupakan seri entry level. Seri X dibuat sederhana dalam fitur-fitur dan display-nya karena memang diperuntukkan bagi mereka yang baru belajar memotret atau baru mencoba menggunakan kamera mirrorless.

Fuji X-A3 telah dilengkapi dengan sensor APS-C 24MP. Ukuran resolusi 24 MP ini sama dengan ukuran resolusi pixel untuk Fujifilm XT2 dan XPro2, seri pro dari mirrorless Fujifilm seri X. Dengan demikian pengguna Fujifilm seri XA3 bisa merasakan pengalaman menggunakan resolusi piksel yang sama dengan Fujifilm XT2 dan XPro2.

Fitur touchscreen pada XA3 dapat digunakan untuk mengakses menu pada LCD dan juga berfungsi sebagai shutter untuk mengambil gambar.

FUJIFILM XA3 KIT 16-50MM SILVER, dengan Garansi Distributor 1 tahun, bisa Anda dapatkan di Plaza Kamera dengan harga Rp 8.890.000.

Canon EOS M10

Sumber gambar www.imaging-resource.com

Untuk kategori mirorless, Canon hanya mengeluarkan produk Canon EOS M10. Dilengkapi dengan sistem fokus otomatis hybrid CMOS AF II dan sensor APS-C 18.0MP yang cepat membantu menangkap lebih banyak momen. Mudah digunakan, portabel, ringan, dengan kualitas gambar yang tinggi.

LCD 3.0″ Touchsceen bisa dilipat ke atas dan monitor LCD jika dimiringkan 180 derajat dapat mengaktifkan efek potret diri secara otomatis. Built-In Wi-Fi Connectivity NFC dan Video Full HD 1080p di 30/24 fps dengan kualitas gambar yang baik dan memberikan kemudahan mentransfer gambar.

Anda juga akan mendapatkan 1 tahun garansi resmi dari Datascrip. CANON EOS M10 BLACK KIT EF-M15-45MM dengan harga Rp 5.255.000 bisa Anda dapatkan di Plaza Kamera.

Fuji X-T10

Sumber gambar dpreview.com

Kamera mirorless terbaru Fujifilm X-T10 dengan fisik mungil dan harga terjangkau. Cocok untuk pengguna pemula yang kreatif. Dilengkapi dengan sensor X-trans CMOS II 16 MP dan EXR Processor II.

Selain itu, masih ada fitur Digital Split Image dan Focus Highlight Peaking yang mampu merekam Full HD movie (1080/60p, 36Mbps bitrate) dengan built-in microphone stereo. Ditambah dengan 2.36M dot OLED viewfinder elektronik dengan 0.62x (equiv.) pembesaran tetap jernih.

Masih ada ISO 200-6400, plus 100 - 51200 expanded (JPEG only), zona baru AF in AF-S/AF-C; wide (tracking) untuk AF-C, eye detection. Sebagai tambahan, konektivitas Wi-Fi dengan remote control dari smartphone atau tablet. FUJIFILM X-T10 KIT 18-55MM, bisa Anda dapatkan di Toko Camzone dengan harga Rp 12.950.000.

Olympus E-PL7

Sumber gambar keyassets.timeincuk.net

Olympus Pen E-PL7 kit 14-42mm II R didesain dalam bentuk compact dan LCD layar sentuh 3.0" yang dapat berputar 180 derajat. Memungkinkan untuk shutter release dan flip ke atasnya dapat dipakai untuk pemotretan di sudut rendah.

Olympus E-PL7 dilengkapi juga dengan fitur sistem MFT/Micro Four Third menawarkan sensor CMOS dengan image stabilisation 3-axis beresolusi 16MP, di mana pengambilan gambar bisa mencapai 8 fps terus menerus. Optimalisasi Sensor Live CMOS 16MP untuk kinerja maksimal semua lensa digital M.Zuiko dalam kondisi pengambilan gambar apa pun.

Image stabilization VCM (Voice Coil Motor) meminimalkan munculnya guncangan kamera dengan lensa yang digunakan dan mengkompensasi gerakan kamera yang biasanya terjadi ketika bekerja dengan tembakan tele, makro, dan eksposur panjang.

Sistem FAST (Frequency Acceleration Sensor Technology). FAST (Frequency Acceleration Sensor Technology) dapat bekerja saat mengambil gambar terus menerus hingga 8 fps dan grid mencakup seluruh frame, serta pelacakan AF untuk manfaat bekerja dengan subjek yang bergerak. Selain itu ada juga Small Target AF yang dapat digunakan untuk memperoleh fokus di area yang lebih kecil untuk meningkatkan akurasi.

Video Full HD yang mampu merekam video 1080p 1920 x pada 30 fps. Sistem ini menyimpan file sebagai format file MOV dan juga akan merekam audio stereo dengan mikrofon built-in. Dengan beberapa pilihan resolusi yang tersedia, 1280 x 720 dan 640 x 480.

Konektivitas Wi-Fi. Dengan aplikasi Olympus Gambar Share, kontrol nirkabel dari kamera E-PL7 ini sangat mudah melalui perangkat mobile iOS dan Android. Perangkat mobile dapat digunakan untuk melihat komposisi, memilih titik AF yang spesifik, dan menjepret melalui aplikasi intuitif. Anda dapat mengirimkan gambar secara langsung ke perangkat mobile dari kamera dan gambar geotag dengan aplikasi tersebut.

Ada pula fitur prosesor gambar TruePic VII yang memungkinkan perbaikan sensitivitas dan kecepatan read-out dengan hasil bidikan gambar yang jelas dan detail, meski dalam cahaya rendah pada kecepatan ISO hingga 25600, dan membantu continuous shooting dengan kecepatan 8 fps dan reproduksi warna.

Anda bisa mendapatkan Camera Olympus E-PL7 Kit 14-42mm II R_Putih dengan spesifikasi seperti di atas dengan harga Rp 8.200.000 di Lazada.

Panasonic GF8

Sumber gambar www.imaging-resource.com

Panasonic Lumix DMC -GF8 dalah salah satu kamera mirorless yang memiliki fitur modern namun mudah dalam penggunaannya. Fitur-fitur yang terdapat dalam kamera ini antara lain sensor 16MP dan sistem lensa Micro Four Thirds yang dapat diganti sesuai kebutuhan. Lalu LCD touchscreen 3 inchi yang dapat dilipat, menjadikan kamera ini dapat dipakai selfie.

Selain itu, tombol shutter dengan tambahan fitur face shutter, memungkinkan untuk memotret dengan menggunakan gestur tangan, tanpa menekan tombol shutter. Untuk lensa, menggunakan Lumix G Vario 12-32mm f/3.5-5.6 ASPH, dengan fungsi serbaguna untuk berbagai jenis kebutuhan pemakaian. Plus sistem 5-axis sensor-shift image stabilization, menghasilkan gambar yang diambil minim getaran dan tajam.

Kamera ini sudah trintegrasi WiFi, dapat melakukan transfer data dari kamera langsung ke perangkat pribadi Anda seperti smartphone atau tablet. Anda bisa mendapatkan Panasonic Lumix GF 8 di Tokopedia dengan harga Rp 5.865.000.

Fujifilm X-A2

Sumber gambar www.dpreview.com

Pilihan lainnya dari Fujifilm adalah kamera mirorless Fujifilm tipe X-A2. Bentuknya compact, tidak terlalu ringan dan tidak terlalu berat, mudah masuk ke dalam tas dan cocok untuk traveling. Meskipun minim viewfinder, dapat diakali dengan mengombinasikan lensa bawaan standard dan lensa generasi terbaru XC 16-50mm OIS II. Fujifilm X-A2 16-50mm warna silver, bisa Anda dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 7.039.000.

Samsung NX3000

Samsung NX3000 dilengkapi dengan fitur-fitur seperti sensor besar APS-C CMOS 20 MP, crop factor 1,5x, dengan hasil foto setara DSLR. Masih ada fungsi dasar yang lengkap seperti ISO 25.600, burst cepat, WB lengkap, dan video full HD stereo.

Tombol cukup banyak seperti Fn, Custom, AF, drive, dan roda di belakang dan roda P/A/S/M di atas. Scene mode berguna (waterfall, light trace, sunset, dsb) dan sweep panorama yang fungsional. Terakhir ada fitur Wifi dan NFC. Anda bisa mendapatkan Samsung NX3000 di Qoo10 dengan harga Rp 6.024.600.

Sony A5100

Sumber gambar pisces.bbystatic.com

Sony juga mengeluarkan produk mirorless yang dapat menjadi pilihan yaitu Sony A5100. Ukurannya kecil dan ringan, dengan baterai dan lensa kit 16-50mm f/3.5-5.6 OSS. Dilengkapi dengan sensor gambar APS-C 24 MP, prosesor BionZ-X dan autofocus hybrid yang dapat mengikuti subjek yang bergerak.

Fitur-fitur lain yang terdapat dalam produk ini adalah Gapless On-Chip Lens Design, 3.0″ 921.6k-Dot Tilting Touchscreen LCD, Built-In Wi-Fi Connectivity dengan NFC, Manual Focus Peaking, Zebra Function, Pop-Up Flash, dan Power Zoom Lever.

Dengan garansi resmi 1 tahun dari Sony Indonesia, Anda juga bisa mendapatkan memory card 16 GB dan tas kamera standar, dengan hanya menambah Rp 100.000. Kamera ini dapat dibeli melalui situs Plaza Kamera dengan harga Rp 5.999.000.

From our editorial team

Sudah Memutuskan Kamera yang Mana?

Pada intinya, semua kamera yang direkomendasikan BP-Guide memiliki kelebihan masing-masing yang pastinya sesuai dengan tujuan Anda untuk memiliki kamera. Jadi, pastikan Anda tahu dengan benar tujuan dari memiliki kamera mirrorless.