Kenali 4 Jenis Diffuser dan Coba 10 Rekomendasi Aromaterapi Diffuser yang Efektif Membersihkan Udara

Kenali 4 Jenis Diffuser dan Coba 10 Rekomendasi Aromaterapi Diffuser yang Efektif Membersihkan Udara

Wangi aromaterapi bisa memberikan suasana rileks dan menenangkan pikiran. Kalau ingin coba sensasi aromaterapi, kamu bisa gunakan metode diffuser untuk mendapatkan wanginya lho!

Selain Menyebarkan Aromaterapi, Diffuser juga Bisa Membersihkan Udara

Memiliki kesehatan fisik dan batin yang sehat dapat berpengaruh pada taraf kebahagiaan seseorang. Hal ini secara tidak langsung juga memberi dampak pada cara seseorang menjalani kehidupan sehari-hari. Mereka yang memiliki tingkat stres rendah bisa lebih menikmati hidup dan memungkinkan mendapat kesehatan fisik yang lebih baik daripada orang yang lebih rentan stres atau depresi.

Namun, tentu saja kehidupan manusia sehari-hari tidak lepas dari masalah. Mulai dari yang tampak sepele hingga masalah signifikan yang dapat mempengaruhi mood. Hal-hal kurang mengenakkan bisa saja terjadi di mana saja dan kamu butuh cara untuk melepas stres karena hal tersebut.

Untuk menyiasati stres, kamu bisa menggunakan waktu luang dan melakukan hobi. Selain itu, kamu juga bisa melakukan relaksasi, misalnya menggunakan aromaterapi dari minyak esensial.

Agar lebih mudah dalam melakukan relaksasi, kamu bisa menggunakan diffuser khusus untuk minyak esensial yang dirancang untuk mengubah minyak atsiri menjadi butiran kecil dan menyebarkannya ke penjuru ruangan. Diffuser aromaterapi ini juga memberi banyak manfaat.

Mulai dari membantu kamu agar tidur lebih mudah, menaikkan mood, melancarkan pernapasan, membantu mencegah penyakit, memperbaiki fungsi kognitif serta meringankan nyeri di bagian tubuh tertentu. Kamu bisa memilih aromaterapi yang sesuai kebutuhan lalu fungsikan menggunakan diffuser. Letakkan alat ini di ruang tidur atau ruang lain untuk mendapat kesegaran serta efek menenangkan yang bisa membantu kamu rileks sepanjang hari.

Cara Memilih Diffuser yang Tepat

Jangan Salah Pilih Antara Diffuser dan Humidifier

Memiliki bentuk dengan fungsi yang mirip, jangan sampai kamu salah membedakan antara diffuser dengan humidifier ketika akan membeli. Diffuser digunakan untuk memaksimalkan fungsi dari minyak esensial sebagai aromaterapi sementara humidifier atau pengatur kelembaban ini adalah alat yang bisa membantu ruangan mempertahankan tingkat kelembaban tertentu dan biasanya digunakan oleh mereka yang tinggal di iklim kering.

Humidifier sendiri memiliki beberapa manfaat lain seperti mengatasi dengkuran berlebih saat tidur, mengatasi masalah kulit kering, mimisan, membantu mengatasi gejala pilek, flu bahkan sinus yang tersumbat. Alat ini cocok bagi kamu yang punya masalah dengan udara kering dan ingin mempertahankan kelembaban untuk membantu menangani masalah kesehatan di rumah.

Cara kerja humidifier berbeda-beda tergantung dari jenisnya. Ada yang mengubah kabut dari air mendidih menjadi uap yang kemudian dilepas ke ruangan, ada juga yang menggunakan teknologi ultrasonik dengan diafragma logam untuk membuat getaran suara yang kemudian mendorong molekul kecil air atau kabut terlepas ke udara.

Penggunaan Air dan Ukuran

Saat akan membeli, bacalah terlebih dahulu deksripsi dari diffuser yang kamu pilih. Perhitungkan ukuran yang juga akan berpengaruh terhadap volume air atau minyak esensial yang akan digunakan.

Jika humidifier membutuhkan banyak air karena akan melepas uap ke udara untuk membantu mempertahankan kelembaban ruangan, maka diffuser membutuhkan air lebih sedikit yakni berkisar di antara 300-500 mililiter. Maka, diffuser umumnya memiliki bentuk atau ukuran lebih kecil terlebih jika hanya digunakan sebagai pengharum ruangan yang tidak membutuhkan air sama sekali.

Kecepatan Penguapan

Sumber gambar www.baremetics.com

Kecepatan menguap dari diffuser cenderung lebih gesit daripada humidifier. Minyak esensial yang dilepas dari diffuser bisa menguap dalam waktu relatif singkat apalagi jika menguap di ruangan yang tidak terlalu besar. Kamu bisa menggunakan diffuser di kamar untuk memberi kesegaran yang cepat sementara humidifier bisa membantu melembapkan ruangan yang lebih besar.

Beberapa Jenis Diffuser yang Bisa Dicoba

Ceramic Diffuser

Sumber gambar www.tuckedinbed.com

Bagi kamu yang ingin menambah nilai estetika ruangan di rumah, diffuser keramik atau ceramic diffuser bisa jadi pilihan. Umumnya diffuser berbahan keramik ini memiliki bentuk artistik dan indah sehingga tidak hanya memiliki daya guna untuk membantu mengharumkan ruangan tapi juga bisa memberi kecantikan ekstra pada desain interior ruangan.

Ceramic diffuser bekerja dengan cara menguapkan minyak esensial kemudian menyebarkannya melalui udara ke seluruh ruangan. Diffuser jenis ini cocok untuk ruang-ruang kecil seperti kamar tidur dan cara menjalankannya cukup mudah. Kamu bisa menuang 1-2 tetes minyak esensial pilihan. Tinggal memilih, jenis minyak aromaterapi apa yang diinginkan untuk memberi efek berbeda di tiap-tiap ruangan.

Reed Diffuser

Sumber gambar www.dealdey.com

Reed diffuser atau biasanya disebut juga dengan diffuser buluh, bekerja dengan cara menyerap minyak esensial kemudian menebarkan aromanya ke udara. Diffuser jenis ini bisa jadi alternatif yang lebih aman daripada lilin aromaterapi. Kamu bisa menggunakan reed diffuser dan menempatkannya di ruang mana pun karena diffuser ini bisa bertahan sampai seluruh aroma dari minyak esensial menguap.

Diffuser buluh umumnya sudah dikemas dengan minyak esensial yang ditaruh dalam bejana. Jadi, menggunakannya akan lebih mudah, hanya dengan melepas sumbat dan masukkan buluh yang ada. Namun, jika dikemas secara terpisah, kamu bisa menambah beberapa tetes minyak dalam bejana yang tersedia dan simpan sisanya untuk digunakan di hari lain.

Nebulizer Diffuser

Sumber gambar thewirecutter.com

Jenis yang satu ini cocok bagi kamu yang memiliki masalah pernapasan. Nebulizer diffuser menggunakan proses nebulasi untuk memecah minyak esensial menjadi partikel sangat kecil yang kemudian dilepas dengan tingkat penguapan cenderung lebih cepat dan terjadi dalam waktu relatif singkat.

Banyak kalangan berpendapat jika diffuser jenis ini jadi yang terbaik di antara diffuser minyak aromaterapi lain karena tidak mengubah komposisi kimiawi minyak esensial. Alat ini bisa memecah molekul tanpa campuran dan memberi hasil partikel berukuran kecil bagi paru-paru dan membantu tubuh menyerap lebih cepat.

Ultrasonic Diffuser

Sumber gambar www.airlifebetter.com

Seperti namanya, diffuser ini menggunakan frekuensi elektronik guna membuat getaran di dalam air yang kemudian menghasilkan kabut halus dari air dan minyak esensial untuk dilepas ke udara. Jenis yang satu ini juga bermanfaat untuk membantu mengatasi udara kering di dalam rumah atau ruangan karena bisa membantu melembabkannya.

Jika kamu mencari diffuser yang tahan lama dengan harga lebih murah, ultrasonic diffuser ini bisa jadi pilihan yang pas. Bahkan, beberapa jenis ultrasonic diffuser juga dirancang untuk bisa mati secara otomatis guna mengendalikan jumlah minyak yang terurai ke udara.

10 Rekomendasi Diffuser yang Bisa Dicoba

Bathaholic Reed Diffuser Healing Grass

Sumber gambar www.tokopedia.com

Tidak ada salahnya jika kamu membeli diffuser aromaterapi terlebih jika kamu cenderung mudah lelah, stres atau membutuhkan rasa rileks setiap saat. Kamu bisa memilih Bathaholic Reed Diffuser Healing Grass yang praktis dan mudah digunakan. Diffuser yang satu ini cenderung lebih aman digunakan karena tidak membutuhkan api atau listrik. Kamu bisa meletakkannya di kamar mandi atau menggunakannya saat berendam dan nikmati sensasi relaksasi yang menenangkan.

Bathaholic Reed Diffuser Healing Grass cukup dicelupkan ke dalam botol dan tunggu hingga wanginya menyebar ke penjuru ruangan. Memiliki wangi aromaterapi dari campuran sereh, diffuser ini bisa memberi rasa segar dengan cepat. Bisa diperoleh melalui Lazada seharga Rp 346.000 atau melalui Tokopedia dan Bukalapak dengan harga Rp 180.000.

SVASTI Anarkali Cold Diffuser Cokelat Muda

Sumber gambar www.bukalapak.com

Tidak hanya uap yang hangat, diffuser juga bisa menghasilkan es dingin. Diffuser ini cocok bagi kamu yang menginginkan kesejukan secara ekstra dan cepat. Sebagai pilihan, kamu bisa coba Svasti Anarkali Cold Diffuser Cokelat Muda berikut ini. Terbuat dari bahan poliresin dengan daya tampung mencapai 160 mililiter dan daya 12 Watt, diffuser ini bisa kamu letakkan di ruang kantor atau kamar.

Svasti Anarkali Cold Diffuser Cokelat Muda memiliki bentuk yang indah sehingga bisa dijadikan sebagai pemanis ruangan. Memiliki mode interval hingga 6 jam, kamu bisa menikmati udara sejuk dengan aroma menenangkan seperti mint atau lavendel. Produk ini bisa dibeli melalui Rupa Rupa dengan harga Rp 725.000.

SVASTI Mohini Cold Diffuser Cokelat

Sumber gambar www.dekoruma.com

Saat akan menuang minyak esensial atau air ke dalam diffuser, sebaiknya kamu membaca buku petunjuk atau label yang tersedia. Isilah air atau minyak esensial sesuai anjuran dan letakkan diffuser di tempat datar yang aman. Jika bahannya mudah pecah, ada baiknya kamu meletakkan di tempat-tempat yang tidak mudah dijangkau anak-anak atau hewan peliharaan.

Bagi kamu yang mencari diffuser sekaligus bisa berfungsi sebagai humidifier, Svasti Mohini Cold Diffuser Cokelat bisa jadi pilihan tepat. Didesain dalam bentuk modern yang minimalis, diffuser ini menghasilkan uap dingin dan bisa dimaksimalkan manfaatnya bagi kesehatan. Kamu bisa menggunakannya di dalam kamar atau ruang lain yang butuh kesejukan ekstra. Produk ini hadir di Dekoruma seharga Rp 725.000.

Uchi Portable Humidifier and Aroma Diffuser - Wooden

Sumber gambar uchii-store.com

Saat menstruasi, wanita terkadang mengalami nyeri yang hebat pada bagian perut. Untuk mengatasinya secara alami, bisa menggunakan minyak aromaterapi seperti lavender atau kamomil. Caranya cukup mudah, yakni dengan mencampur minyak esensial ke dalam air hangat kemudian celupkan handuk untuk membuat kompres hangat. Letakkan di perut hingga rasa sakitnya mereda atau berkurang.

Selain kompres, cobalah untuk lebih rileks dengan menggunakan diffuser aromaterapi seperti Uchi Portable Humidifier and Aroma Diffuser-Wooden yang bekerja multifungsi ini. Didesain minimalis dan cantik dengan sentuhan kayu, produk ini bisa membantu udara di ruangan jadi lebih bersih dan dapat membantu kamu merasa lebih nyaman. Bisa dipesan di Blibli seharga Rp 272.300 atau senilai Rp 527.500 di Dekoruma.

USB Volcano Aromatherapy Diffuser

Sumber gambar fjb.kaskus.co.id



Untuk diffuser berkualitas, kamu bisa coba USB Volcano Aromatherapy Diffuser ini. Didesain modern dengan bentuk unik menyerupai gunung berapi, diffuser ini juga berfungsi untuk menjaga kelembapan udara di dalam ruangan agar tetap jernih dan segar. Produk dengan tombol sentuh dan bisa mati otomatis ini dilengkapi juga dengan 7 variasi cahaya malam yang cantik. Bisa dipesan melalui Blibli dan Tokopedia seharga Rp 170.00 atau di Shopee dengan harga Rp 167.000.

JvGood Ultrasonic Aroma Diffuser

Sumber gambar www.lazada.com.my

JvGood Ultrasonic Aroma Diffuser ini mampu bekerja secara terus menerus hingga 5 jam. Alat ini memiliki kapasitas 300 mililiter dengan desain ultrasonik sehingga alat tidak berisik dan lebih tenang. Disertai dengan 7 lampu LED yang bisa disesuaikan, produk ini bisa kamu pesan melalui Lazada dengan harga Rp 269.000.

URPOWER 2nd Version Essential Oil Diffuser Aroma Essential

Sumber gambar www.amazon.com

Urpower 2nd Version Essential Oil Diffuser Aroma Essential didesain minimalis dan modern, alat ini mudah digunakan. Cukup menambah air sekitar 100 mililiter dengan beberapa tetes minyak esensial pilihan dan setel diffuser yang bisa mengharumkan hingga 6 jam ini. Alat bisa mati secara otomatis ketika tidak ada air sehingga aman dari risiko terjadinya kebakaran.

Produk ini juga bisa membantu mengurangi sinus kering, membantu tidur kamu jadi lebih baik, membantu menjaga kelembapan udara di ruangan serta membantu mengatasi batuk. Bisa dipesan melalui Weshop seharga Rp 250.010 atau di Harga Dunia senilai Rp 504.000.

ASAKUKI Ultrasonic Essential Oil Diffuser

Sumber gambar www.amazon.com

Sedang pilek dan enggan minum obat kimia? Kamu bisa coba mengatasinya dengan mengonsumsi bahan-bahan alami untuk meringankan. Salah satunya dengan menggunakan minyak esensial eukaliptus. Minyak ini tidak hanya bisa membantu meringankan pilek tapi juga bersifat menolak serangga dan bisa memberi efek segar.

Kamu bisa menggunakan minyak esensial ini dengan memakai Akasuki Ultrasonic Essential Oil Diffuser. Desainnya yang imut dan minimalis ini juga dapat mempercantik ruangan. Mudah dibersihkan dan digunakan. Cukup dengan menuang beberapa tetes minyak esensial pilihan kemudian isi dengan air dan nyalakan alat. Bisa diperoleh di Ebay seharga Rp 378.636 atau di Amazon dengan harga Rp 397.220.

OliveTech Aroma Ultrasonic Essential Oil Diffuser

Sumber gambar www.amazon.com

OliveTech Aroma Ultrasonic Essential Oil Diffuser didesain elegan dengan bentuk artistik seperti bunga gandum ini bisa membantu memberi nuansa santai dan tenang. Kamu bisa menuang beberapa tetes minyak esensial dan nyalakan alat untuk memberi aroma menenangkan di penjuru ruang mandi. Diffuser ini juga dilengkapi dengan 7 lampu LED yang bisa kamu sesuaikan. Produk ini bisa diperoleh di Amazon dengan harga Rp 472.891 dan di Ebay seharga Rp 563.636.

PureSpa Essential Oil Diffuser

Sumber gambar www.amazon.com

Kamu bisa maksimalkan nuansa santai dan rileks menggunakan PureSpa Essential Oil Diffuser. Nikmati sensasi menenangkan yang dibantu alat berdaya tampung 100 mililiter ini. Tahan hingga 7 jam, diffuser ini juga bisa membantu mengatasi hidung tersumbat, asma dan membantu mengatasi kulit kering.

Mudah digunakan dengan adanya gelas ukur, perangkat ini juga dilengkapi dengan adaptor AC serta dapat menghasilkan kabut dingin untuk memberi efek menyegarkan. Bisa membantu mengurangi aroma tak sedap, diffuser ini dapat dipesan melalui Walmart dan Amazon seharga Rp 458.611.

From our editorial team

Pilih Diffuser Sesuai Kebutuhan dan Bujet

Diffuser bisa jadi salah satu media untuk menyebarkan aromaterapi sekaligus membersihkan udara dari bakteri dan virus. Untuk mendapatkan diffuser yang tepat, kamu bisa mempertimbangkan ukuran dan sesuaikan dengan luas ruangan. Jangan lupa juga untuk memilih diffuser sesuai bujet yang kamu miliki supaya tetap hemat dan tidak memberatkan pengeluaran.