Tips Memperindah Ruangan Kamar dengan Wallpaper yang Keren Beserta 10 Rekomendasi Produk (2020)

Tips Memperindah Ruangan Kamar dengan Wallpaper yang Keren Beserta 10 Rekomendasi Produk (2020)

Ruangan kamar atau ruangan lainnya bisa menjadi tampak lebih indah dan tidak monoton dengan cat yang indah dan penataan interior yang baik. Nah, selain dengan cat, ada lagi cara lain untuk memperindah dinding ruangan yakni menggunakan wallpaper yang keren dan tepat.

Penggunaan Wallpaper Adalah Solusi yang Tepat untuk Menambah Keindahan Sebuah Ruangan

Sumber gambar www.dekoruma.com

Kadang-kadang setelah menata ruang tamu, ruang tidur, atau ruang lainnya, terasa masih ada yang kurang. Ternyata ruangan masih terlihat polos karena kurang hiasan atau justru karena dindingnya satu warna.

Nah, untuk menghilangkan kebosanan Anda pada warna yang monoton, Anda bisa mencoba menggunakan wallpaper di ruangan tertentu. Memberikan wallpaper menjadikan adanya suasana baru di ruangan tersebut.

Wallpaper ruangan juga memiliki corak dan motif yang banyak variannya. Tentunya, akan sangat pas bila Anda memilih motif yang tepat sesuai tempatnya. Hal yang menjadi aneh bila Anda memilih motif karakter kartun atau anime misalnya, untuk ruang tamu.

Cara Tepat Memasang Wallpaper pada Dinding

Persiapan dan Pengukuran

Sumber gambar www.dekoruma.com

Sebelum memasang wallpaper di dinding Anda, tentunya Anda memerlukan persiapan tertentu. Terpenting adalah melakukan pengukuran dinding yang akan dipasang wallpaper. Jadinya, Anda tidak akan membuang uang karena membeli wallpaper yang terlalu panjang atau terlalu lebar.

Anda juga mesti mempersiapkan beberapa bahan-bahan dan alat-alat yang diperlukan. Setelah membeli wallpaper tersebut, Anda perlu berbagai bahan seperti plumb bob, pisau atau cutter, gunting, meteran, pensil, kain perca, kuas aplikasi wallpaper, dan lem wallpaper.

Tentunya Anda mesti mempersiapkan secara matang sebelum akhirnya mulai memasang wallpaper yang Anda inginkan.

Pemasangan

Sumber gambar jawaracorpo.com

Setelah persiapan dan pengukuran dilakukan, maka Anda masuk dalam tahap berikutnya, yakni pemasangan. Pemasangan mesti dilakukan berhati-hati dan pastikan wallpaper tidak miring dan rapi.

Untuk memastikan wallpaper terpasang rapi dan lurus, Anda bisa membuat garis bantu dengan benang yang diberikan pemberat di atasnya. Dengan demikian, garis yang dibuat benar-benar lurus. Setelah itu, Anda bisa mempertegasnya dengan pensil.

Kemudian, oleskan lem wallpaper dengan kuas khusus untuk wallpaper. Kuas cat bisa berpotensi meninggalkan bulu-bulunya terlepas dan lem tidak teroles rapi. Ingat lagi, jangan berikan lem berlebih karena bisa membuat kertas wallpaper jadi rusak dan keriput.

Kemudian, potong wallpaper dengan panjang yang sesuai dengan ukuran tadi. Lalu, bentangkan dari atas ke bawah dengan bagian lantai diberi alas agar lem wallpaper tidak menempel. Pasangkan perlahan dan pastikan tidak ada gelembung di dinding. Terakhir, setelah terpasang ratakan dengan roller.

Penyesuaian

Sumber gambar www.liputan6.com

Setelah terpasang, ambil kain perca untuk merapikan bagian ujung-ujung wallpaper Anda. Lekukan yang berlebih bisa segera dipotong dengan cutter atau gunting. Pastikan Anda memotong dengan rapi dan lurus, bila perlu dengan bantuan garis yang dibuat dengan penggaris.

Untuk menempel lembaran berikutnya, lihat dulu pola yang sudah terpasang agar tersambung alias bertemu. Bagian yang sudah terpotong baik di bagian atas maupun bagian bawah sebaiknya juga diikuti oleh wallpaper berikutnya.

Pastikan juga, wallpaper tidak saling menindih, tapi juga tidak renggang. Karena itu, wallpaper pertama mesti sangat lurus dan bisa diikuti wallpaper lembaran yang berikutnya. Apabila ada gelembung udara yang tidak sengaja masuk, maka gosok dengan halus menggunakan kain perca agar gelembung udara tersebut keluar dari tepian wallpaper.

Jika Tidak Yakin Bisa Memasangnya, Serahkan pada Ahlinya

Sumber gambar www.leofurniture.net

Apabila Anda masih belum yakin bisa memasang wallpaper dengan baik, maka serahkan pada orang yang lebih ahli. Biasanya, penjual wallpaper akan memiliki tenaga ahli untuk pemasangan wallpaper itu di dinding rumah Anda.

Apabila Anda sudah melihat wallpaper Anda tertekuk, keriput, atau ada gelombang udara sejak awal pemasangan, maka usianya tidak akan begitu lama. Tidak hanya itu, kebanyakan orang yang memasang wallpaper sendiri pertama kali juga bisa merobek wallpaper tersebut ketika memasangnya.

Biar Selalu Tampak Indah, Wallpaper juga Harus Dirawat

Cek Kondisi Kelembapan Dinding

Sumber gambar www.leofurniture.net

Merawat wallpaper dinding bisa dikatakan sama kesulitannya dengan memasangnya. Bahkan, perawatan tersebut sudah harus dilakukan sejak pertama kali wallpaper tersebut dipasang.

Pertama pastikan pada waktu pemasangan wallpaper, dinding Anda tidak dalam keadaan lembap, berair, atau basah. Karena wallpaper sangat rentan pada dinding yang basah. Pastikan juga Anda melakukan pengeringan terhadap dinding untuk berjaga-jaga apabila terjadi kondisi terburuk.

Berikutnya, Anda mesti memastikan bahwa dinding sebaliknya alias dinding yang berada di balik dinding yang diberi wallpaper tidak akan tembus air ketika hujan. Karena itu, penggunaan cat waterproof di bagian luar juga bisa melindungi dinding Anda. Sedangkan di dinding yang akan dipasang wallpaper, Anda bisa melapisi dengan cat yang sama.

Bersihkan Secara Rutin

Sumber gambar www.genpi.co

Ada wallpaper yang memiliki serat alami. Biasanya, terbuat dari pohon kelapa, bambu, dan sebagainya. Kelebihan dari wallpaper yang ini adalah antikuman juga antilumut dan jamur.

Wallpaper jenis ini biasanya harganya akan lebih tinggi. Namun, kekurangannya adalah cukup sulit dibersihkan. Sebab, ada serat dan celah alami yang bisa menjadi tempat berkumpulnya debu.

Anda bisa menggunakan kain yang diberikan air sampai lembap, agar mampu mengangkat debu yang menempel di wallpaper Anda. Selain itu, pembersihan juga mesti dilakukan secara rutin.

Hilangkan Noda dengan Jeruk Nipis

Sumber gambar www.merdeka.com

Selain itu, untuk pembersihan yang lebih maksimal, Anda bisa mencoba menggunakan jeruk nipis. Apalagi untuk wallpaper berbahan kain dan serat alami.

Cara menyiapkannya Anda perlu memeras jeruk nipis dan menyisihkan seratnya. Kemudian campurkan dengan air hangat lalu ambil spons lembut untuk mengusapkannya ke dinding. Berikutnya, untuk noda yang lebih bandel, Anda bisa gunakan kain halus untuk menggosoknya.

Anda juga bisa menggunakan sikat, namun jangan terlalu keras. Gosok dengan halus agar wallpaper Anda tidak rusak.

Bersihkan Wallpaper dengan Air Hangat dan Sabun Khusus

Sumber gambar www.harapanrakyat.com

Bila Anda kesulitan mencari jeruk nipis, maka Anda bisa mencari sabun khusus untuk wallpaper di toko terdekat. Sabun khusus ini tidak membuat tekstur wallpaper menjadi rusak. Biasanya sabun atau pembersih khusus tersebut memiliki formula tertentu yang mampu membersihkan noda, mengatasi dan mencegah jamur, serta menjaga warna dari wallpaper tersebut.

Setelah mendapatkan sabun yang dimaksud, maka gunakan air hangat lalu campurkan dengan merata. Untuk membersihkannya, gunakan sikat lalu gosok dengan perlahan. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air bersih setelah itu. Gunakan pula handuk kering untuk membersihkannya sekaligus mengeringkannya.

Pilihan Wallpaper Dinding Kamar yang Eye Catching

Tridee Plain Wood–POE05

Wallpaper pertama yang direkomendasikan adalah Wallpaper Foam 3D Kayu Ptih White Wood Tridee Plain. Tampilannya atau teksturnya terlihat 3 dimensi yang tentunya menjadikan dinding Anda menjadi semakin menarik.

Produk satu ini memiliki ketebalan 8,5 mm hingga 10mm. Dengan ketebalan tersebut, wallpaper ini bisa tahan terhadap benturan. Kelebihan lainnya, bahan pembuatnya adalah bahan-bahan alami jadinya tidak berbahaya, termasuk untuk anak-anak.

Produk ini hadir dalam warna matte yang tidak begitu mengkilat, namun terlihat begitu nyata. Motif kayu yang dihadirkan tampak begitu timbul, jadi seakan dinding rumah terbuat dari kayu. Kelebihan lainnya adalah kedap suara serta anti air. Ditambah lagi, sangat mudah dibersihkan.

Harga Rp. 102.000-119.560

LUXURIOUS LUX 10-55 PRB Motif Damask Wallpaper Sticker Dinding

Produk yang direkomendasikan berikutnya adalah Lux 10-55 PRB Luxurious Wallpaper Sticker Damask Pink. Wallpaper yang satu ini cukup tebal sehingga tidak mudah robek dan tahan benturan. Produk ini juga tahan terhadap air.

Produk satu ini juga dilengkapi dengan lem, jadinya Anda mudah memasangnya sendiri tanpa perlu tukang atau orang yang ahli di bidangnya. Lemnya sangat lengket, namun tidak merusak dinding.

Bahan pembuatnya adalah PVC vinyl yang sangat berkualitas. Jadinya, produk ini sangat tahan lama bahkan hingga bertahun-tahun. Anda tinggal membersihkan dinding yang akan ditempeli wallpaper agar terhindar dari debu, lalu lepaskan stikernya dan pasang perlahan-lahan.

Harga Rp. 52.000-120.000

Tokuniku 7065 3D Self Adhesive Fashion Modern Stripe

Produk berikutnya adalah Tokuniku Wallpaper 3D Self Adhesive Fashion Modern Stripe Sky Blue 7065. Produk satu ini menghadirkan warna yang minimalis yakni biru muda, namun menghadirkan kesan yang elegan dan mewah.

Produk ini terbuat dari bahan vinyl berkualitas tinggi, tebal, dan tidak mudah robek. Tidak hanya itu, bagian permukaannya juga sangat halus ketika disentuh.

Motifnya juga timbul dan memberikan kesan 3 dimensi. Kelebihan lainnya adalah sudah dilengkapi dengan lem, jadinya mudah dipasang bahkan tanpa bantuan tukang.

Harga Rp. 118.500-150.000

AY6017 Happy Kitchen

Ingin wallpaper unik dengan motif yang menarik? Produk yang bisa Anda pertimbangkan adalah Unik Wall Sticker Wallsticker Dekorasi Dinding Happy Kitchen AY6017. Produk ini dibuat dari bahan PVC yang tahan lama, tahan air, serta mengkilat.

Kelebihan lainnya adalah ada lem langsung di bagian belakang. Caranya tinggal melepaskan stikernya lalu tinggal memasangnya di dinding. Kelebihan lainnya adalah wall sticker ini mudah dilepas dan dipasang lagi bila ingin dipindahkan.

Wallpaper ini terdiri dari beberapa lembar yang bersatu menjadi rangkaian tema yang unik. Wallpaper ini bisa ditempel di jenis dinding apa saja, mulai dari tembok, keramik, sampai papan sekalipun. Hanya saja, sebaiknya ketika akan dipasang kondisi dinding tidak mengelupas, bertekstur, lembap, dan tidak rata untuk hasil terbaik.

Harga Rp. 15.400-34.000

Luxurious LUX 5-27 PRB

Berikutnya ada Luxurious Wallpaper LUX 5-27 PR yang bisa Anda pertimbangkan. Dengan motif bata merah menjadikan ruangan Anda semakin artistik, vintage, dan tentunya menarik. Anda bisa memberikan kesan industrial dengan paduan interior yang tepat.

Produk satu ini berukuran 45 cm x 5 meter yang bisa Anda pasang di berbagai jenis dinding. Kelebihan lainnya adalah sudah tersedia lem sendiri di belakang wallpaper sehingga mudah dipasang.

Produk ini aman karena tidak merusak tembok. Sebaiknya, sebelum dipasang bersihkan dulu dinding yang akan dipasangi wallpaper. Kemudian, lepaskan stiker dari kertas perekat dan tempelkan di dinding perlahan-lahan sambil terus ditekan-tekan lembut dengan lap.

Harga Rp. 65.000-96.000

OEM Motif Garis Wallpaper Dinding - Hitam Putih

Berikutnya ada wallpaper stiker dinding motif garis-garis tebal hitam dan putih. Produk satu ini terbuat dari bahan PVC yang bertekstur. Kelebihannya adalah kuat dan tidak mudah robek. Produk ini sudah dilengkapi lem langsung, jadi tinggal pasang saja di berbagai jenis dinding.

Anda bisa memasangnya sendiri, karena sangat praktis. Produk dengan harga yang terjangkau ini juga bisa menempel di kulkas, lemari, kaca, dan apapun medianya selama permukaannya rata. Produk ini bisa dipasangkan dengan menempelnya perlahan lalu diratakan dengan lembut menggunakan kain lap.

Harga Rp. 29.900-55.000

DECO-003 Sticker Wallpaper

Berikutnya ada Wallpaper Dinding Stiker 10 Meter Deco 003. Ukurannya yang mencapai 10 meter dan lebarnya 45 cm menjadikan produk ini mampu menjadikan Anda mampu menghemat biaya mengecat dinding. Apalagi, produk yang satu ini harganya juga sangat terjangkau.

Produk ini sudah disertai lem khusus yang merekat dengan baik. Bobot per rol hanya 1 kg jadi biaya pengiriman cukup terjangkau.

Produk satu ini terbuat dari bahan PVC yang tidak transparan. Pilihan motifnya menarik menjadikan suasana ruangan menjadi lebih hidup.

Harga Rp. 30.000-55.000

Wallpaper Dinding 3D Warm Romantic Pink

Produk yang direkomendasikan berikutnya adalah wallpaper 3D Relief Warm Romantik 10x0,53m pink ori. Produk satu ini menghadirkan suasana yang elegan dan manis, namun tetap simpel dan minimalis.

Karena desain dan motifnya yang elegan, produk satu ini mampu menghadirkan suasana ruangan yang semakin menarik. Selain itu, produk ini juga cocok dipasang di berbagai jenis dinding dan di ruangan apa pun, mulai dari ruang tamu sampai kamar tidur.

Kelebihan lainnya adalah bahannya yang berkualitas tinggi. Jadinya, produk satu ini sangat tahan terhadap panas, lembap, juga tahan terhadap bakteri. Tidak hanya itu, wallpaper satu ini juga aman dari ngengat. Ditambah lagi, produk ini sangat mudah dibersihkan untuk tetap menjaga kecantikannya.

Harga Rp. 124.300-165.000

3D Non-Woven Modern Plain Stripe

Ingin wallpaper yang desainnya simpel? Produk yang bisa Anda pertimbangkan adalah Wallpaper 3D Non Woven Modern Plain Stripe. Produk satu ini merupakan wallpaper dengan dimensi 53cmx10 meter yang hadir dengan desain yang simpel namun elegan.

Produk ini terdiri dari berbagai varian warna yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan interior ruangan Anda. Warna yang tersedia antara lain putih, beige, pink, hijau, biru, dan abu-abu. Tidak hanya itu, paduan warnanya juga cantik menjadikan rumah Anda semakin mudah didekorasi. Kelebihan lainnya adalah produk ini sangat mudah dibersihkan.

Harga Rp. 120.000

Wallpaper Dinding Motif Galaxy Biru Planet Angkasa

Anak Anda bercita-cita menjadi astronot? Maka wallpaper Sticker Dinding Motif Galaxy Planet Angkasa Biru untuk Kamar Anak bisa menjadi pilihan yang tepat. Motifnya adalah luar angkasa, jadi ketika terpasang di kamar membuat anak merasa seperti astronot yang sedang bertualang di angkasa luas.

Tentunya, motif yang menarik ini mampu menjadikan kamar anak menjadi semakin menarik. Apalagi, wallpaper satu ini sudah menghadirkan tekstur yang menarik dari bahan PVC berkualitas tinggi. Gambar atau motifnya juga terbuat dari tinta terbaik sehingga tidak luntur.

Kelebihan lainnya adalah produk satu ini berkualitas tinggi bahkan premium grade AA+. Jadinya, tidak mudah robek dan tahan terhadap lembap. Ditambah lagi dengan lem perekat langsung di belakangnya, Anda tinggal memasang dengan praktis.

Harga Rp. 75.000-127.000
From our editorial team

Wallpaper yang Unik Jadikan Ruangan Semakin Berkesan

Wallpaper tentunya bisa menjadi salah satu solusi yang tepat untuk mengubah kondisi ruangan yang sudah lama ingin Anda dekorasi. Atau, mungkin Anda merasa ruangan tersebut terlalu monoton sehingga membutuhkan sentuhan baru. Tentunya, rekomendasi dari BP-Guide di atas bisa dipertimbangkan untuk menjadi pilihan yang jitu untuk ruangan Anda.