Percantik Setiap Ruang di Rumah Anda dengan 10 Rekomendasi Wallpaper Dinding Ini! (2020)

Percantik Setiap Ruang di Rumah Anda dengan 10 Rekomendasi Wallpaper Dinding Ini! (2020)

Wallpaper dinding bisa mempercantik ruangan. Anda tak perlu repot menghias ruang dengan aneka tempelan lagi jika sudah ada wallpaper dinding. Simak tips memilih wallpaper dinding dari kami ya! Jangan lupa cek juga rekomendasi wallpaper dari kami!

Wallpaper Dinding Berfungsi Lebih dari Sekadar Dekorasi Ruang

Mendekor rumah memang bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan menambahkan wallpaper dinding. Sekarang ini wallpaper dinding tersedia dalam berbagai jenis dan model. Ada yang model tempel layaknya stiker dan ada pula model bahan vinyl yang berkesan elegan. Desain wallpaper pun sangat beragam, mulai dari yang simpel hingga yang bergambar pemandangan 3D. Dengan adanya wallpaper dinding, ruangan jadi lebih enak dipandang.

Wallpaper dinding memiliki banyak fungsi. Salah satunya adalah bisa membuat dinding lebih bervariasi dan jauh dari kesan monoton. Anda bisa memilih motif stripe, polkadot, daun, bunga, dan lain sebagainya. Ini membuat dinding lebih berwarna dan terisi. Adanya wallpaper dinding membuat Anda tak perlu repot memasang lukisan, foto, dan lainnya untuk mengisi dinding yang kosong. Jika ingin mengisi foto dan pajangan lain pun tidak perlu banyak-banyak karena kesannya sudah ramai.

Fungsi lain wallpaper dinding selain memperindah dekorasi ruang dan membuat dinding jauh dari kesan monoton adalah untuk menutupi kekurangan pada dinding. Tak jarang cat mudah mengelupas dan membuat tampilan dindin jadi kurang menarik. Dengan wallpaper dinding, Anda tidak perlu repot mengecat ulang dinding bahkan dalam waktu yang lama karena wallpaper dinding awet digunakan.

Mengenal Aneka Jenis Bahan Wallpaper Dinding

Wallpaper dinding bisa dibuat dari beragam bahan. Anda bisa memilih jenis wallpaper dinding berdasarkan kebutuhan. Sebelum memilih wallpaper dinding, sebaiknya kita kenali dulu aneka jenis bahan wallpaper yang ada agar Anda tidak salah pilih.

Pertama, ada bahan kertas yang paling banyak digunakan. Kelebihannya adalah jenisnya banyak dan motifnya bisa dicetak sesuai selera. Warna yang dihadirkan juga sangat beragam. Kekurangannya adalah bahan ini mudah rusak karena air dan noda.

Kedua, ada bahan kain yang terbilang lebih awet dari bahan kertas. Bahan yang satu ini tidak mudah rusak. Bahkan jika terkena debu bisa dicuci sampai bersih. Kekurangan wallpaper bahan kain adalah desainnya terbatas karena sulit mencetak serat kain menjadi bentuk tertentu.

Bahan lain yang digunakan untuk wallpaper dinding adalah bahan vinyl. Bahan yang satu ini awet dan mudah dibersihkan. Wallpaper juga tidak mudah kotor dan berjamur. Sayangnya, bahan vinyl tidak memiliki banyak pola yang bisa disesuaikan dengan interior dari ruangan. Untuk memasangnya juga harus memakai teknik khusus agar bisa melekat sempurna.

Foil juga bisa menjadi bahan wallpaper dinding. Bahan yang satu ini banyak digunakan karena bisa memberikan efek kilap. Logam tipis yang satu ini bisa tahan dengan suhu, air, dan kotor sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Sayangnya, bahan foil mudah sekali robek saat dipasang. Pemasangannya juga harus sangat berhati-hati.

Kemudian, ada juga bahan fiber glass untuk wallpaper dinding. Bahan yang satu ini tahan panas karena terbuat dari serat kaca yang kuat. Bahan ini juga mudah dibersihkan dari air, noda, dan minyak. Bahan fiber glass juga dikenal tahan pengeroposan dan tahan jamur. Kekurangannya adalah motifnya sederhana dan cukup mahal harganya.

Tips Memilih Wallpaper Dinding

Cek Kondisi Dinding

Ketika akan memilih wallpaper dinding sebaiknya Anda cek dulu kondisi kelembapan dindingnya. Jika dinding terlalu lembap maka wallpaper dinding jadi lebih cepat rusak. Untuk dinding yang terlalu lembap, Anda bisa memperbaiki dulu kelembapan dindingnya dengan melapisi dinding memakai cat khusus anti-lembap. Baru jika sudah terlapisi dengan baik, maka bisa dipasangi dengan wallpaper favorit.

Jangan lupa juga mengecek kondisi permukaan dinding. Pastikan permukaan dinding sudah halus dan rata. Makin halus permukaannya maka wallpaper makin rekat menempel dan makin mudah ditempel. Bersihkan juga permukaan dinding dari debu, kotoran, dan juga lapisan cat. Ini supaya pemasangan wallpaper lebih mudah dan hasilnya bisa lebih bagus.

Pilih Wallpaper Sesuai Luas Ruangan

Ketika memilih wallpaper dinding juga wajib disesuaikan dengan luas ruangan. Untuk ruang minimalis dan sempit, sebaiknya Anda memakai wallpaper dinding berwarna cerah. Anda bisa memilih warna seperti kuning, biru muda, putih, merah muda, dan warna cerah lainnya. Hindari motif yang terlalu penuh. Gunakan motif polos atau motif yang simpel supaya ruangan tidak terkesan terlalu ramai dan terlalu sempit. Ruangan dengan wallpaper motif minim atau tidak ada motif sama sekali bisa membuatnya terkesan lebih lapang.

Sementara itu, untuk ruangan yang luas, Anda bisa memakai wallpaper dengan motif penuh. Anda bebas memilih wallpaper seperti apa saja. Anda bisa memilih warna gelap seperti biru tua, hijau tua, ungu, dan warna tua lainnya. Boleh juga memakai warna pastel jika lebih suka kesan lembut dan kalem. Motifnya pun bisa dipilih sesuka hati. Anda bisa memilih motif bunga, panorama pemandangan, dan lainnya.

Jika ruangan yang akan dipasangai wallpaper ternyata beratap rendah, maka Anda bisa memilih wallpaper dengan motif vertikal. Anda bisa juga memilih motif abstrak memanjang ke atas atau motif pohon. Ini akan menciptakan kesan ruangan lebih tinggi. Untuk warnanya, Anda bisa memilih warna yang lebih tua dibandingkan dengan warna langit-langit di ruangan tersebut.

Pilih Wallpaper dari Cara Pemasangannya

Secara umum, wallpaper bisa dibedakan jadi dua jenis dari cara pemasangannya. Ada wallpaper stiker yang tinggal tempel dan ada juga jenis yang membutuhkan perekat khusus untuk menempelkannya. Wallpaper stiker dikenal lebih praktis dan lebih mudah dipasang. Ini karena di bagian belakangnya dilengkapi dengan perekat.

Anda tidak perlu lagi menambahkan lem perekat. Yang wajib diwaspadai saat memasang wallpaper stiker adalah jika memasangnya tidak pas atau ada yang berkerut, kita jadi harus melepas dan memasangnya lagi dari awal. Ini agak sulit dilakukan karena walpaper mungkin saja meninggalkan bekas pada dinding. Wallpaper stiker paling cocok untuk jenis dinding yang tidak terlalu luas.

Untuk area dinding yang luas sebaiknya Anda memakai jenis wallpaper yang memakai perekat khusus. Wallpaper semacam ini butuh ketelitian untuk memasangnya agar motifnya bisa pas tanpa terlihat seperti sambungan dengan lainnya. Lem untuk wallpaper semacam ini mudah larut dengan air sehingga jika ada noda lem, Anda bisa mudah membersihkannya dengan air saja.

Sesuaikan dengan Karater dan Tema Ruangan

Ketika memilih wallpaper dinding, ada baiknya untuk menyesuaikan dengan karakter dan tema ruangan. Anda bisa memilih desain dan motif yang sekiranya mendukung tema pada ruangan tersebut. Semisal untuk ruangan berkesan vintage, maka Anda bisa memasang wallpaper dinding dengan aksen kayu-kayuan atau bata.

Untuk ruang bertema natural, Anda bisa memasang wallpaper dengan pemandangan alam. Sementara untuk ruang makan misalnya, Anda bisa mencari wallpaper dinding bertemakan dapur, bisa bergambar makanan, peralatan makan, atau buah-buahan.

Ini Dia Rekomendasi Wallpaper Dinding yang Bagus

3D Self Adhesive Fashion Modern Strip

3D Self Adhesive Fashion Modern Stripe merupakan wallpaper pertama rekomendasi kami. Produk yang satu ini bisa memberi nuansa segar dan cerah pada ruangan. Warnanya begitu cerah sehingga bisa memberi kesan ruangan lebih luas. Motifnya simpel namun bisa membuat ruang tampak lebih elegan.

Wallpaper 3D ini memakai permukaan berlapis vinyl sehingga lebih awet. Bahan ini lebih tahan api, kedap suara, dan mudah dibersihkan. Anda bisa memasangnya di mana saja, di ruang tamu, kamar tidur, ruang belajar, dan lainnya. Ukuran wallpaper ini adalah 53 cm x 5 m. Selain warna biru, ada pilihan warna putih, kuning, abu-abu, dan merah muda.

Harga Rp. 118.000-154.000

Wallpaper 3D Wallpaper Custom Wallpaper Dinding Pemandangan Alam 2

Berikutnya ada Wallpaper 3D Custom Pemandangan Alam. Wallpaper yang satu ini tidak diragukan lagi bisa memberi kesan lebih nyata pada ruangan. Pemandangannya cukup indah dan memukau sehingga bisa menjadi dekorasi ruangan yang memuaskan.

Produk ini cocok dipasang di kafe atau di ruang keluarga. Wallpaper bahan vinyl ini warnanya tajam sehingga tampak lebih indah. Gambarnya adalah jendela besar terbuka dengan pemandangan danau dan bukit. Pastinya ini bisa memberi kesan menenangkan pada siapa saja yang melihatnya.

Harga Rp. 115.000-242.000

LY1004 Wallpaper Motif Serat Kayu Wood Modern Foam 3D

LY1004 Wallpaper Motif Serat Kayu Wood Modern Foam 3D bisa jadi pilihan selanjutnya. Produk yang satu ini terbuat dari bahan foam PE dengan ketebalan 6 hingga 9 mm. Wallpaper dinding ini sangat ringan.

Produk sudah ada lemnya sehingga Anda tinggal menempelnya. Wallpaper ini tahan lama dan waterproof. Produnya 3D embossed sehingga terkesan sangat nyata. Wallpaper ini lentur dan mudah dipotong sehingga pemasangannya lebih mudah. Ukuran produk ini adalah 70 x 77 cm.

Harga Rp. 38.000-42.000

Wallpaper Dinding Foam Brick Korean Style 3D Motif Bata Timbul Merah

Anda juga bisa memakai Wallpaper Dinding Foam Brick Korean Style 3D Motif Bata Timbul Merah. Ini sangat cocok untuk rumah bergaya industrial atau klasik. Wallpaper yang satu ini terbuat dari bahan vinyl waterproof. Ukuran wallpapernya adalah 70 x 77 cm.

Produk sudah dilengkapi dengan perekat sehingga tinggal dipasang saja. Wallpaper ini tidak mudah sobek dan bisa ditempel di berbagai media datar seperti dinding, kaca, lemari, dan lainnya.

Harga Rp. 65.000-105.000

DECO-003 Sticker Wallpaper

Anda bisa juga memilih DECO-003 Sticker Wallpaper. Produk yang satu ini bisa menghadirkan suasana ruang yang tenang. Background wallpaper ini putih dengan motif bunga sehingga terkesan nyaman dan bisa menenangkan hati.

Produk ini lebih pas untuk ruang belajar atau kamar tidur. Terbuat dari bahan PVC, wallpaper ini tebal, anti air, tahan api, dan lebih mudah dibersihkan. Pemasangannya mudah karena sudah ada perekat pada wallpapernya. Anda bisa memasanganya di dinding, meja, pintu, dan lainnya.

Harga Rp. 55.000-90.000

Wallpaper 3D Warm Romantic Pink

Wallpaper 3D Warm Romantic Pink adalah wallpaper dinding selanjutnya yang bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini bisa memberi suasana romantis pada ruangan. Wallpaper paling cocok ditempel pada kamar tidur.

Warna pinknya menenangkan dan bisa memberi kesan kalem pada ruangan. Produk ini memakai lem berperekat khusus yang harus dibeli sendiri. Panjang wallpaper ini 10 meter dengan lebar 3 cm. Terbuat dari bahan non woven sehingga tahan lama digunakan.

Harga Rp. 170.000-241.000

Meth WPS183 Cream n Silver Leaf Wallpaper

Meth WPS183 Cream n Silver Leaf Wallpaper tentu bisa jadi pilihan selanjutnya. Wallpaper yang satu ini hanya bisa ditempel pada dinding yang memakai cat tembok. Produk tidak akan bisa menempel pada dinding dengan cat aquaproof dan tembok lembab.

Wallpaper dinding ini belum diberi lem sehingga harus beli lem sendiri secara terpisah. Produk semacam ini tidak akan merusak dinding saat dilepas jadi lebih mudah dibersihkan. Wallpaper ini memiliki ukuran 45 cm x 5 meter.

Harga Rp. 29.000-115.000

Wallpaper Stiker Dinding Motif Polkadot Cakra

Wallpaper Stiker Dinding Motif Polkadot Cakra ini juga menarik untuk ditempel di rumah. Produk yang satu ini hadir dalam ukuran 45 cm x 10 m. wallpaper ini sudah ada lem sehingga Anda tinggal tempel saja.

Produk mudah dipasang dan bisa dipasang sendiri. Wallpaper ini bertekstur sehingga terkesan lebih elegan. Bahan wallpapernya tebal dan anti air. Anda bisa menempelnya pada aneka objek mulai dari dinding, atap, papan kayu, dan lainnya.

Harga Rp. 34.000-92.000

Wallpaper Vinyl 53 cm x 10 m

Wallpaper Vinyl 53 cm x 10 m ini juga wajib dilirik jadi pilihan. Wallpaper dinding ini memiliki permukaan yang bertekstur sehingga kesannya lebih indah. Produk ini tebal karena terbuat dari bahan vinyl. Wallpaper ini desainnya elegan.

Anda bisa memakainya untuk perkantoran, sekolahan, kampus, perbankan, perumahan, klinik, dan lainnya. Produk ini sebaiknya tidak ditempel pada dinding yang lembap. Pada produk ini belum ada lemnya sehingga harus beli dan pasang sendiri. Motif yang tersedia sangat beragam sehingga Anda bisa memilih sesuai kebutuhan.

Harga Rp. 84.000-170.000

Wallpaper Kayu Garis Vintage

Wallpaper Kayu Garis Vintage ini keren untuk dipasang di rumah atau di kafe. Dengan motif kayu, produk ini cocok untuk ruang berkesan vintage dan natural.

Wallpaper ini tidak perlu lem lagi dan bisa langsung ditempel. Produk ini terbuat dari bahan PVC yang kuat. Wallpaper ini bertekstur jadi terkesan lebih elegan.

Harga Rp. 40.000-98.000
From our editorial team

Wallpaper Dinding Mudah Diganti Saat Rusak

Dinding yang dihias memakai wallpaper dinding bisa lebih mudah diganti. Ini tidak akan memakan banyak dana seperti jika kita mengganti cat dinding. Waktu penggantian wallpaper dinding pun lebih cepat jika dibandingkan harus mengecatnya ulang. Jadi jika wallpaper Anda rusak atau semisal Anda bosan dengan desainnya, Anda bisa dengan mudah menggantinya.