Ingin Anak Semangat Belajar? Inilah 10 Rekomendasi Meja Belajar Karakter Anak Perempuan Paling Favorit (2020)

Ingin Anak Semangat Belajar? Inilah 10 Rekomendasi Meja Belajar Karakter Anak Perempuan Paling Favorit (2020)

Belajar secara online memang memiliki banyak kelebihan dan tidak dapat dipungkiri ada pula kekurangannya. Salah satu kekurangannya adalah jika anak Anda belajar di mana saja tanpa difasilitasi meja belajar karena hal ini dapat membuatnya mudah lelah. Daripada membuat anak Anda tidak nyaman, yuk cek dulu berbagai rekomendasi meja belajar anak ini.

Ciptakan Lingkungan Belajar yang Menyenangkan untuk Anak dengan Menyediakan Meja Belajar yang Tepat

Sekolah adalah tempat yang paling tepat untuk belajar karena suasana yang diciptakan sedemikian rupa, sehingga cocok menjadi tempat belajar. Namun tidak hanya di sekolah, di rumah pun anak-anak harus membiasakan diri untuk belajar dengan baik.

Itulah mengapa sebagai orang tua, kita perlu menyiapkan lingkungan rumah yang mendukung dan menyenangkan bagi anak, guna menghidupkan semangat belajarnya. Belajar mestinya menjadi aktivitas yang seru dan menyenangkan, bukan menjadi kegiatan yang membosankan apalagi menjadi beban.

Upaya untuk membangkitkan semangat belajar dapat dilakukan dengan cara memberikan fasilitas-fasilitas penunjang kegiatan belajar anak. Meja belajar adalah salah satunya. Pilih meja belajar yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sebab idealnya, belajar memang lebih baik dilakukan di meja belajar daripada dengan rebahan di kasur maupun di sofa. Selain menjaga postur tubuh dan meningkatkan konsentrasi, masih ada banyak manfaat dari kehadiran meja belajar untuk anak Anda.

Para Bunda Perlu Tahu Nih Perlunya Meja Belajar untuk Anak!

Lebih Berkonsentrasi

Kehadiran meja belajar dapat membuat anak lebih berkonsentrasi. Suasana belajar di meja belajar akan mirip dengan suasana di sekolah. Dibandingkan dengan duduk di lantai atau rebahan di kasur, belajar di meja belajar tentu lebih nyaman dan tidak membuat badan lebih cepat pegal.

Sebaiknya, tempatkan meja belajar di ruangan belajar sendiri atau di kamar tidur anak. Hindari meletakkan meja belajar di ruang tengah atau di ruang keluarga, karena kegiatan belajar mereka akan terganggu dengan aktivitas anggota keluarga lain yang ada di ruangan tersebut.

Dengan demikian anak Anda dapat lebih berkonsentrasi karena merasa nyaman secara fisik dan suasana belajar sudah terbangun dengan baik.

Belajar Tetap Semangat

Fasilitas dan suasana belajar yang tepat akan membangkitkan semangat anak untuk belajar. Ketika memilih model meja belajar, libatkan juga keinginan anak sebagai bahan pertimbangan. Tanyakan meja belajar seperti apa yang ia inginkan dan mengapa ia menginginkan meja belajar tersebut.

Mereka akan merasa bahwa meja belajar tersebut benar-benar milik mereka dan menjadi area tanggung jawab mereka. Kita juga dapat mengajarkan mereka untuk tidak menyia-nyiakan barang pembelian. Karena sudah dibelikan sesuai dengan keinginan, ajarkan mereka untuk menggunakan meja tersebut untuk belajar dengan sebaik-baiknya.

Tidak Mudah Lelah

Ada beberapa tipe belajar anak. Ada yang gemar belajar dengan tengkurap, duduk di lantai, atau bahkan tiduran di kasur. Namun, belajar dengan posisi-posisi tersebut akan membuat tubuh cepat pegal dan akhirnya menurunkan daya konsentrasi anak ketika belajar.

Jika anak Anda memiliki kebiasaan belajar seperti itu, sebaiknya ajak dia untuk mengubah kebiasaannya pelan-pelan dengan belajar di meja belajar. Duduk di kursi belajar dan menggunakan meja belajar akan mengurangi rasa pegal dan membuat tubuh lebih nyaman.

Belajar Bertanggung Jawab

Memberikan meja belajar sendiri kepada anak seolah-olah memberikan wilayah kekuasaan baru untuknya. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk mengajarkan tanggung jawab kepada anak.

Anak bertanggung jawab untuk merawat dan membersihkan barang-barang miliknya. Selain tanggung jawab, kita juga dapat mengajarkan kedisiplinan kepadanya untuk belajar dan menyimpan barang di tempat yang sudah disediakan.

Mudah Menemukan Kebutuhannya

Jangan asal pilih meja belajar tanpa memerhatikan kebutuhan belajar anak. Memilih meja belajar yang terlalu kecil ataupun terlalu besar justru bisa menjadi bumerang tersendiri. Meja belajar yang terlalu kecil membuat anak kurang leluasa sedangkan meja belajar yang terlalu besar memakan terlalu banyak ruang dan bisa jadi tidak terpakai secara optimal.

Idealnya, pilih ukuran meja belajar yang sesuai dengan kebutuhan belajarnya. Tidak hanya buku dan alat tulis, tapi juga tas, sepatu, dan lain-lain. Dengan meletakkan seluruh kebutuhan belajar anak di satu area, maka anak akan lebih mudah mencari barang-barangnya ketika dibutuhkan. Saat belajar pun, mereka tidak perlu bolak-balik beranjak dari tempat duduknya untuk mencari berbagai kebutuhan belajarnya.

Beberapa Pilihan Model Meja Belajar Anak Perempuan

Meja Belajar dengan Tema Klasik Ala Negeri Gongeng

Sumber gambar https://id.pinterest.com

Apakah anak Anda menyukai kisah-kisah putri kerajaan dalam dongeng? Mungkin model meja belajar yang satu ini cocok untuk anak Anda. Desainnya yang sangat anggun dan klasik, tidak akan ketinggalan zaman meski dipakai dalam waktu yang cukup lama. Setiap sisinya juga memiliki banyak pernak-pernik dan detail yang menarik. Meja belajar ini juga bisa mempercantik ruang belajar anak Anda.

Meja Belajar dengan Warna-warna Pastel

Model meja belajar yang satu ini cocok untuk anak Anda yang menyukai warna-warna lembut. Selain itu, warna pastel juga memberikan kesan ruangan yang lebih rileks dan tenang dibandingkan dengan warna-warna terang.

Jangan lupa untuk memikirkan tentang pencahayaan di meja belajar agar tidak mengganggu kemampuan penglihatan anak. Anda juga dapat menambahkan rak di bagian atas meja belajar untuk memberikan lebih banyak ruang karena anak akan lebih leluasa menyimpan buku ataupun alat tulis di rak tersebut.

Meja Belajar Vintage

Model vintage tidak selalu memberikan kesan ketinggalan zaman. Dengan ornamen dan warna yang tepat, meja belajar model vintage justru akan menambah kesan klasik di dalam ruang belajar. Biasanya, meja belajar model ini memiliki laci di bagian bawah meja.

Selain membelinya, Anda juga dapat membuat sendiri dengan memanfaatkan furnitur-furnitur bekas yang sudah tidak terpakai. Gunakan kayu yang terlihat seratnya atau yang sudah tampak usang. Hal ini sekaligus dapat menghemat pengeluaran Anda.

Meja Belajar Anak Karakter

Sudah tidak heran jika anak-anak memiliki karakter favorit sendiri sesuai dengan film kartun atau animasi yang mereka tonton. Karakter-karakter ini kemudian banyak dijadikan model meja belajar untuk memancing anak agar lebih rajin belajar. Dengan melihat karakter favoritnya di meja belajar, anak akan merasa lebih memiliki meja belajar tersebut dan semangat untuk merawatnya.

Meja Belajar Lipat

Sumber gambar https://uwitan.id/

Meja belajar model lipat cocok dipakai untuk Anda yang memiliki ruang terbatas, misalnya di apartemen. Selain tidak memakan banyak tempat, meja ini juga dapat disimpan ketika tidak digunakan.

Bahkan, sekarang banyak juga meja belajar lipat yang menyediakan laci-lacil kecil untuk keperluan menyimpan alat belajar seperti buku dan alat tulis.

Karena tingkat fleksibilitasnya yang cukup tinggi, Anda dapat mengajak anak Anda belajar di berbagai tempat menggunakan meja tersebut, mulai di kamar tidur sampai di teras rumah.

Rekomendasi Meja Belajar Karakter Anak Perempuan Paling Favorit

Meja Belajar Anak Napolly Karakter Lucu

Meja belajar dengan desain yang sangat ceria ini cocok untuk anak usia 5 tahun ke bawah yang sedang belajar menulis dan membaca. Tersedia dalam berbagai model untuk anak perempuan maupun anak laki-laki.

Bagian daun meja dapat dibuka dan digunakan untuk menyimpan beberapa peralatan tulis dan gambar. Produknya berukuran 45 x 30 x 20 cm dengan material plastik polypropylene yang kokoh. Produk ini cukup praktis karena dapat dilipat, sehingga mudah dibawa dan dirapikan.

Harga Rp. 80.000-173.000

Meja Belajar Karakter Hello Kitty Magnolia

Selain bentuk dan warna yang cantik, kita juga pastinya menginginkan meja belajar dengan material terbaik agar tahan lama. Begitulah yang ditawarkan dengan meja belajar yang satu ini.

Bukan material sembarangan, meja belajar ini dibuat menggunakan material particle board pilihan dengan ketebalan 12 mm. Meski harganya terjangkau, material ini cukup menjanjikan untuk membuat meja belajar anak Anda lebih awet.

Setelah selesai dirangkai, meja belajar ini memiliki ukuran 114 x 51 x 140 cm. Warna merah muda yang cerah dengan beberapa ornamen Hello Kitty akan sangat bagus untuk merangsang kreativitas anak Anda dan menambah semangat belajarnya.

Harga Rp. 645.000-825.000

Meja Belajar Karakter Sofia

Kita beranjak ke sebuah meja belajar dengan gambar karakter Sofia dan didominasi warna ungu di setiap permukanannya. Meja belajar ini berdimensi 111 x 42 x 128 cm dengan material particle board premium.

Particle board adalah salah satu jenis kayu dengan harga terjangkau, padat namun tetap ringan, dan dapat dicat atau dilapisi pernis untuk mempercantik tampilannya.

Kualitas finishing dan printing gambar pun cukup tinggi, membuat warna dan gambar meja belajar lebih tahan lama. Desainnya juga cukup dinamis dan dirancang sedemikian rupa, sehingga anak Anda lebih nyaman belajar.

Harga Rp. 625.000-655.000

Meja Belajar Karakter Cewek Barbie

Meja belajar berikutnya adalah sebuah meja belajar dengan gambar karakter terpopuler di kalangan anak-anak perempuan, yaitu Barbie. Untuk menambah rasa semangat belajar anak, kita dapat memberikan beberapa ornamen dan hiasan di meja belajarnya.

Salah satunya adalah dengan meletakkan karakter Barbie di bagian laci dan lemari meja belajar berdimensi 113 x 50 x 137 cm ini. Tidak hanya tampilannya yang menarik karena desainnya yang elegan, meja belajar ini juga dipastikan memiliki kualitas yang terbaik dengan material tebal.

Harga Rp. 650.000-659.000

Meja Belajar Karakter Grace MB 159

Meja belajar untuk anak berbeda dengan meja belajar untuk orang dewasa. Jika meja belajar untuk orang dewasa umumnya memiliki bentuk yang simpel dan warna yang lebih netral, meja belajar untuk anak biasanya memiliki desain dan warna-warna yang lebih menarik.


Meja belajar ini memiliki bentuk yang ringkas dan warna cerah. Meja dengan dimensi 105 x 40 x 120 cm ini dilengkapi dengan beberapa laci, rak, dan lemari. Karena terbuat dari material particle board yang berkualitas, maka produk ini dijamin lebih tahan lama. Tidak hanya itu, harganya pun ramah di kantong.

Harga Rp. 450.000-732.000

Meja Belajar Karakter Bear MB 328

Biasanya, meja belajar anak dilengkapi dengan beberapa fitur seperti laci dan rak-rak untuk menyimpan buku maupun alat tulis. Fitur-fitur ini akan sangat membantu mengembangkan anak menjadi pribadi yang lebih rapi dan tertata.

Fitur-fitur unggulan tersebut juga ditawarkan oleh meja belajar dengan tema beruang menggemaskan berwarna pink dan putih yang satu ini. Permukaannya telah diberi lapisan anti noda, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika meja ketumpahan sesuatu. Meja berukuran 105 x 40 x 120 cm ini juga memiliki sistem knockdown, yaitu mudah dibongkar pasang, bahkan oleh orang awam sekali pun.

Harga Rp. 460.000

Meja Belajar Karakter Partikel Merk Jasmine

Meja belajar berdimensi 120 x 40 x 120 cm ini dilengkapi dengan loker dan lemari untuk memudahkan anak menyimpan seragam, tas, buku, bahkan sepatu.

Meja belajar ini dapat membantu Anda menghemat lebih banyak ruang karena juga sekaligus berfungsi sebagai lemari. Tersedia dalam beberapa pilihan warna seperti pink, biru, hijau, dan oranye, untuk kemudian dapat Anda sesuaikan dengan tema kamar maupun kesukaan anak.

Harga Rp. 449.000-450.000

Meja Belajar Karakter Frozen

Frozen merupakan salah satu film animasi sukses yang diproduksi oleh Walt Disney Studio. Ceritanya sendiri sebenarnya diangkat dari sebuah novel dongeng karya Hans Christian Andersen berjudul The Snow Queen. Frozen memiliki beberapa karakter yang cukup ikonik seperti Anna, Elsa, dan Olaf.

Tema Frozen banyak juga diadaptasi menjadi meja belajar. Tak melulu berwarna pink, meski berwarna biru seperti ciri khas Frozen, meja belajar ini tetap menunjukkan sisi girly dari tema dan gambar karakter yang disajikan. Meja ini dibuat dari material particle board dengan ketebalan 12 mm dan memiliki dimensi 105 x 40 x 125 cm.

Harga Rp. 600.000-765.000

Meja Belajar Lipat Anak Karakter Lucu Kuda Pony

My Little Pony adalah salah satu karakter kartun favorit anak-anak perempuan karena tampilannya yang imut dan menggemaskan. Karakter ini datang dari serial My Little Pony: Friendship is Magic, yang merupakan pengembangan dari beberapa animasi generasi sebelumnya sejak tahun 1983 dan bentuk adaptasi dari sebuah mainan yang diciptakan oleh Hasbro, perusahaan mainan terbesar di Amerika Serikat.

Oleh karena kepopulerannya itu, banyak juga pengrajin meja belajar yang memasukkan karakter ini ke dalam produk mereka untuk menyasar anak-anak perempuan. Meja belajar unik dengan tema My Little Pony ini terbuat dari kayu yang dilaminasi oleh art paper. Uniknya, bentuk dari meja belajar mengikuti bentuk karakter yang dipilih.

Ada beberapa karakter lain yang diadaptasi menjadi meja belajar seperti Spiderman, Doraemon, Pororo, dan lain sebagainya. Untuk membuatnya berdiri tegak, meja belajar berukuran 32 x 48 cm dengan tinggi 21 cm ini ditopang dengan kaki meja berbahan aluminium dengan alas karet, sehingga kokoh dan tidak licin.

Tingkat fleksibilitasnya pun tinggi karena dilengkapi dengan pegangan untuk memudahkan Anda ataupun anak Anda membawanya ke mana-mana.

Harga Rp. 40.000-80.400

Meja Belajar Karakter Princess Cewek Pink

Meja belajar tidak harus selalu berdesain kaku dengan banyak laci sebagai media penyimpanan. Sebaiknya, Anda sesuaikan saja dengan usia anak Anda.

Begitu pula dengan meja belajar berdimensi 120 x 40 x 120 cm ini, yang cocok untuk dipakai oleh anak-anak usia 8 sampai 10 tahun. Kualitas partisinya tebal, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan cepat rusak atau lapuk.

Memiliki gambar bertema Princess di seluruh meja dan warna pink yang mendominasi, meja ini bagus untuk mengasah kreativitas anak dengan warna-warna cerahnya.

Harga Rp. 467.000-505.000
From our editorial team

Libatkan Anak saat Memilih Meja Belajarnya

Ajak anak Anda untuk memilih meja belajarnya agar ia semakin bersemangat untuk mengikuti pelajaran dan bertanggung jawab sepenuh hati untuk kebersihan meja belajarnya sendiri. Pastikan untuk selalu mendampingi anak Anda saat belajar terutama jika anak Anda masih usia TK atau SD, ya. Yuk, siapkan meja belajar yang jadi favorit anak Anda.

Tag