Buat WFH Lebih Nyaman dengan 10 Rekomendasi Meja Kerja Minimalis Berikut! (2020)

Buat WFH Lebih Nyaman dengan 10 Rekomendasi Meja Kerja Minimalis Berikut! (2020)

Pandemi memang membuat kita jadi harus bekerja dari rumah dan membatasi aktivitas di luar rumah. Untuk Anda yang WFH, Anda perlu melengkapi kebutuhan agar bekerja jadi lebih produktif. Salah satunya adalah memilih meja kerja yang tepat. Nah, simak tips memilih meja kerja dari kami dan juga rekomendasinya untuk Anda!

Pandemi yang Berlanjut Membuat Kita Harus WFH

Sejak pertengahan Februari sebuah virus bernama Corona atau Covid -19 menyerang dan menjadi pandemi global. Meski diperkirakan jumlah yang terinfeksi makin berkurang, namun hingga saat ini masyarakat dan para ahli masih terus waspada akan penyebaran virus yang lebih meluas. Karena kondisi seperti ini maka physical distancing atau karantina jadi pilihan yang diambil pemerintah guna mencegah makin parahnya pandemi.

Pandemi ini membuat kita memasuki era normal baru dimana kita harus terbiasa mencuci tangan lebih sering, memakai masker kemana saja, dan meminimalisasi kegiatan berkumpul-kumpul. Dengan keadaan normal baru ini, banyak juga hal yang berubah, dari kegiatan keseharian, aktivitas perekonomian, dan lain sebagainya. Salah satunya adalah sekolah-sekolah ditutup dan pembelajaran dilakukan dari rumah.

Bukan hanya anak sekolah yang disarankan belajar dari rumah, namun para pekerja kantoran pun dianjurkan untuk mulai bekerja secara remote dari rumah masing-masing. WFH alias Work From Home tidak akan mengurangi produktivitas kita. Meski bekerja dari rumah, kita tetap bisa melakukan rapat, diskusi, dan lain sebagainya.

Tentu saja ini tidak lepas dari peran teknologi yang ada sekarang ini. Kita bisa tetap bekerja dengan aneka aplikasi, gadget, dan jaringan internet yang tersedia. Kita tetap berharap pandemi segera berlalu agar semua aktivitas kembali seperti semula. Namun, selama pandemi masih seperti saat ini, maka WFH menjadi pilihan yang tidak tergantikan.

Tips Tetap Produktif Selama WFH

Saat melakukan WFH, banyak dari kita yang mungkin merasa kesulitan karena belum terbiasa, terutama soal waktunya. Di awal WFH mungkin kita jadi sulit menyesuaikan mana yang harus dilakukan dulu, pekerjaan kantor, ataukah pekerjaan rumah, hingga menghabiskan waktu bersama keluarga. Tak jarang jam kerja jadi makin berantakan karena waktu untuk keluarga, waktu istirahat, dan waktu bekerja jadi tercampur jadi satu. Tenang saja, Anda bisa tetap produktif dengan tips berikut ini!

Pertama Anda tentu harus menyiapkan diri sebaik mungkin. Ada baiknya jika Anda membuat jadwal juga sehingga waktu Anda lebih teratur untuk istirahat, keluarga, dan untuk pekerjaan. Persiapkan juga siri Anda sebaik mungkin. Hindari memakai pakaian yang terlalu santai seperti piyama, daster, atau pakaian yang terlalu kasual. Usahakan untuk selalu mandi, sarapan, berpakaian sopan, dan bila perlu berhias sedikit untuk memunculkan suasana siap bekerja.

Kedua, Anda wajib memiliki ruang kerja pribadi di rumah. Dengan adanya ruang khusus seperti ini maka produktivitas Anda di rumah bisa makin lancar. Anda lebih berkonsentrasi pada apa yang harus Anda kerjakan di ruangan tersebut. Adanya ruang kerja juga akan membuat keluarga jadi paham bahwa Anda sedang bekerja dan tidak bisa diganggu. Dengan begini, Anda bisa lebih cepat menyelesaikan pekerjaan dan bisa melakukan aktivitas lainnya.

Ketiga, Anda wajib membuat batasan jam kerja. Anda harus tetapkan kapan memulai dan kapan mengakhirinya. Ini akan membuat hidup jadi lebih teratur juga. Jangan sering menunda-nunda pekerjaan yang bisa dilakukan saat ini. Jika bisa dilakukan maka segera lakukan agar Anda bisa menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktu yang sudah Anda tetapkan.

Jangan lupa untuk meluangkan sedikit waktu untuk beristirahat kala bekerja. Meski produktif di rumah, bukan berarti Anda harus kerja seharian penuh. Anda juga butuh waktu istirahat sejenak agar otak bisa berkonsentrasi untuk selanjutnya. Anda bisa istirahat 10 hingga 20 menit.

Anda juga perlu suasana yang tenang dan mendukung untuk bekerja lebih produktif di rumah. Anda bisa memilih suasana di rumah yang sekiranya bikin Anda tenang dan semangat bekerja. Anda bisa mendengarkan musik yang menenangkan untuk mengaktifkan bagian otak sehingga mampu lebih berkonsentrasi.

Hal penting lain yang tidak boleh dilupakan agar bisa lebih produktif di rumah adalah melakukan olahraga ringan. Ketika bekerja di kantor, kita tentu lebih banyak duduk saja. Manfaatkan kesempatan WFH ini untuk memperbaiki kebiasaan duduk seharian. Sesekali berdirilah untuk mengambil minum, ke toilet, berjalan-jalan sebentar, stretching, dan melakukan gerakan kecil lainnya. Dengan begini, Anda bisa mendapatkan tubuh lebih bugar dan aktivitas bekerja di rumah menjadi tetap produktif.

Tips Memilih Meja Kerja Minimalis untuk WFH

Cek Ukurannya

Untuk bekerja di rumah, kita akan butuh peralatan yang memadai. Salah satunya adalah meja kerja. Nah, jika hendak membeli meja kerja, jangan asal saja. Anda harus memilih berdasarkan ukurannya dulu. Baik ukuran meja maupun ukuran ruang wajib disesuaikan agar bisa bekerja lebih baik.

Jika ruangannya tidak terlalu besar, maka pilihlah meja yang tidak menghabiskan banyak tempat. Ini supaya ruangan tidak tampak sumpek. Jika ruangan terlihat terlalu ramai, maka konsentrasi kita juga jadi terganggu.

Pilih yang ukurannya sudah cukup untuk tempat laptop, sekiranya berukuran 120 cm. Anda bisa memilih yang lebih kecil atau lebih luas sesuai kebutuhan. Semisal Anda butuh meja untuk sekaligus meletakkan dokumen, dan lainnya maka tidak masalah juga jika membeli meja yang ukurannya agak besar.

Namun, jika sangat menghemat tempat, Anda bisa memilih meja yang bisa dilipat. Dengan begini, meski ukuran mejanya besar, namun akan menghemat tempat karena Anda bisa melipat dan menyimpannya usai digunakan sehingga ruangan tetap terasa lapang.

Pilih Bahan Mejanya

Hal selanjutnya yang wajib dipertimbangkan saat memilih meja kerja adalah bahannya. Meja bisa dibuat dari bahan kayu, metal, kaca, besi, kayu MDF, dan lain sebagainya. Apapun bahan yang digunakan untuk meja kerja, pastikan bahannya kokoh dan bisa tahan lama digunakan. Dengan begini Anda tidak perlu khawatir meja cepat rusak dan tidak perlu membeli yang baru dalam waktu dekat.

Anda bisa juga memilih meja berdasarkan kesan yang ingin ditampilkan. Misalnya, Anda ingin menampilkan kesan vintage agar sesuai dengan desain ruangan, maka Anda bisa memilih meja kerja berbahan kayu yang terlihat natural. Atau misalnya, ruangan Anda bergaya industrial, maka Anda bisa memilih meja kerja dengan bahan besi.

Pastikan Ada Banyak Laci

Sumber gambar https://www.youtube.com

Pekerja kantoran tentulah butuh banyak dokumen dan butuh banyak peralatan tulis. Meski teknologi sudah canggih dan kita bisa membuat dokumen secara digital, tetap saja kadang kita butuh print out dokumen, dan butuh mencatat hal-hal penting.

Untuk Anda yang mengalami hal ini, maka saat memilih meja kerja, pastikan Anda memilih meja yang memiliki banyak laci. Anda bisa menyimpan aneka dokumen penting pada laci dan bisa menyimpan peralatan tulis Anda juga. Dengan begini dokumen dan file penting tidak akan tercecer dan meja juga terkesan lebih rapi.

Sesuaikan dengan Bujet

Saat membeli meja kerja, Anda bisa juga menyesuaikan dengan bujet yang Anda miliki. Jika sedang tidak punya banyak bujet namun kepepet membeli meja kerja, maka Anda bisa membeli meja kerja lipat kecil. Harganya sangat terjangkau dan tentunya bisa digunakan dengan baik. Anda juga bisa melipat dan menyimpannya saat tidak digunakan sehingga bisa sangat hemat tempat.

Jika bujet sudah mencukupi, Anda bisa memilih meja yang sesuai dengan bujet yang Anda miliki. Tidak perlu membeli meja kerja yang harganya melebihi bujet yang Anda siapkan karena hal ini hanya akan membuat kondisi keuangan Anda jadi kedodoran. Jadi pilihlah meja kerja dengan baik dan mempertimbangkan keadaan keuangan Anda.

Anda Bisa Lirik Rekomendasi Berikut untuk Bikin WFH Makin Semangat

Meja Kerja Minimalis Best Cooldesk Multifungsi

Meja Kerja Minimalis Best Cooldesk Multifungsi adalah rekomendasi pertama dari kami. Meja kerja yang satu ini hadir dalam ukuran 90 x 40 x 72 cm.

Meja komputer ini bisa juga digunakan untuk meja belajar anak, meja kerja, dan meja penyimpanan. Produk ini hadir dengan rak untuk memajang koleksi buku, dokumen, dan lain sebagainya. Anda bisa juga memajang foto keluarga pada rak untuk membuat Anda makin semangat bekerja.

Desain mejanya keren dan pastinya nyaman dipakai bekerja. Produk ini terbuat dari bahan partikel board yang kokoh dan tahan lama. Ini adalah meja yang harus Anda rakit sendiri di rumah. Perakitannya mudah karena sudah dilengkapi petunjuk pemasangan.

Harga Rp. 306.000-499.000

Best Bwork Meja Kerja Komputer Minimalis

Anda bisa juga menggunakan Best Bwork Meja Kerja Komputer Minimalis. Produk yang satu ini hadir dalam ukuran standar, yakni 120 x 43 x 120 cm. Meja yang satu ini desainnya simpel dan terkesan modern.

Ada pilihan warna walnut, putih, krem, dan abu-abu yang bisa dipilih. Meja ini terbuat dari bahan partikel board dengan kualitas terbaik. Meja memakai finishing taco sheet. Meja ini mudah untuk dipasang sendiri dan sudah disediakan instruksi perakitan dalam pembeliannya.

Harga Rp. 525.000-965.000

Meja Kerja Minimalis Best Multifungsi

Meja Kerja Minimalis Best Multifungsi sayang untuk dilewatkan. Meja kerja ini tersedia dalam dua pilihan warna yakni putih dan krem. Produk yang satu ini terbuat dari bahan partikel board grade A.

Meja ini kokoh dan nyaman digunakan. Desain produk ini cantik dan sangat modern. Ada juga manual instruksi pemasangan pada produk ini. Meja ini cocok untuk jadi meja kerja, dan meja penyimpanan karena dilengkapi laci juga.

Harga Rp. 425.000-611.000

Meja kerja AVS 1270 Kantor HPL Uni Home

Meja kerja AVS 1270 Kantor HPL Uni Home menjadi rekomendasi selanjutnya untuk Anda. Meja yang satu ini desainnya minimalis dan bisa medukung dekorasi minimalis ruang kerja Anda.

Ada sebuah laci pada meja ini sehingga Anda bisa menyimpan segala dokumen di dalamnya. Meja ini terbuat dari bahan kombinasi partikel board dan finishing HPL sehingga terkesan mewah. Ukuran mejanya adalah 120 x 75 x 75 cm.

Harga Rp. 55.000-910.000

Pira Metropolis - Taco Meja Kerja

Pira Metropolis - Taco Meja Kerja juga bisa jadi rekomendasi untuk Anda. Produk dengan desain minimalis ini bikin Anda makin nyaman bekerja. Anda bisa menata keperluan kerja dengan lebih rapi di meja ini. Ada sekat dan laci yang bisa dimanfaatkan untuk membuat dokumen dan peralatan kerja tersimpan dengan baik.

Meja ini dibuat dari bahan yang bagus dan kokoh, yakni bahan partikel board grade A. Bahannya juga sudah dilaminasi sehingga tidak mudah keropos dan tidak mudah berjamur. Ukuran mejanya adalah 120 cm x 51 cm x 95 cm. Meja yang satu ini bergaransi sehingga kita bisa memakainya dengan nyaman.

Harga Rp. 500.000-1.000.000

Meja Kerja Minimalis Komputer BEST Meja Kios Meja Kasir Multifungsi

Anda bisa melirik Meja Kerja Minimalis Komputer BEST sebagai pilihan selanjutnya. Meja kerja yang satu ini memiliki ukuran 80 x 40 x 75 cm. Anda bisa memakainya sebagai meja tulis, meja belajar, dan meja penyimpanan.

Produk dilengkapi dengan 2 laci besar untuk menyimpan aneka peralatan tulis dan dokumen. Produk ini adalah produk rakitan yang harus dirakit sendiri. Perakitannya mudah karena sudah dibekali instruksi perakitan.

Harga Rp. 198.000-297.000

Meja Kios MK 84 - Meja Kerja Minimalis

Meja Kios MK 84 - Meja Kerja Minimalis menjadi rekomendasi kami selanjutnya. Meja kerja ini bisa dimanfaatkan sebagai meja tulis atau meja belajar.

Produk ini terbuat dari bahan partikel board dengan daun meja berbahan PVC. Ada warna krem dan hitam yang bisa dipilih. Ukuran meja ini adalah 80 x 40 x 75 cm.

Anda bisa menyimpan aneka peralatan tulis dan dokumen pada laci yang tersedia. Meja juga dibekali kunci sehingga dokumen Anda lebih aman di dalam laci. Desain meja ini elegan dan simpel sehingga bisa menjadi dekorasi menarik dari ruang minimalis Anda.

Harga Rp. 235.000-409.000

Meja Kerja Minimalis Mlt70

Meja Kerja Minimalis Mlt70 tentu tidak bisa dilewatkan sebagai pilihan. Meja kerja yang satu ini hadir dalam ukuran 60 x 40 x 70 cm. Produk ini simpel dengan desainnya yang kompak.

Ini cocok untuk ruangan yang sempit atau minimalis. Meja ini terbuat dari bahan kayu yang kokoh. Kaki-kaki mejanya terbuat dari besi baja 10mm yang diperkuat dengan besi baja 8mm.

Meja ini sangat kuat dan bisa menapung beban sampai 80 kg. Meja memakai finishing PVC bermotif sehingga terkesan lebih indah. Anda juga bisa meminta finishing polos jika tidak suka yang bermotif. Ada 4 pilihan warna yang tersedia untuk meja kerja ini.

Harga Rp. 298.000-786.000

Prissilia Home Living Tentacool Meja Kerja

Prissilia Home Living Tentacool Meja Kerja adalah produk keren untuk Anda. Meja yang satu ini bentuknya unik dan bikin Anda jadi semangat kerja. Anda bisa memakainya untuk meja belajar atau bisa juga jadi meja rias. Meja ini hadir dengan 2 laci serbaguna.

Produk ini terbuat dari bahan kayu pinus yang dilapis veneer dengan kilap transparan. Ukuran meja ini cukup lebar jadi nyaman digunakan dalam berbagai aktivitas. Meja 110 x 50 x 75 cm ini memiliki bobot 18 kg. Meja ini hadir dengan warna natural dan cocok untuk menghias ruang bernuansa klasik.

Harga Rp. 1.000.000-2.350.000

Starlight Meja Laptop Portable Roda Serbaguna Meja Belajar Lipat HML201

Starlight Meja Laptop Portable Roda Serbaguna Meja Belajar Lipat HML201 menjadi rekomendasi terakhir kami. Meja keren yang satu ini bisa digunakan dalam tiga cara yang berbeda, Anda bisa meninggikan dan menurunkan tinggi mejanga.

Produk ini juga dilengkapi dengan roda sehingga mudah dipindahkan kemana saja. produk ini hadir dalam kombinasi warna putih dan warna kayu natural. Ukuran meja ini adalah 40 x 60 cm.

Harga Rp. 218.000-273.000
From our editorial team

Lengkapi Peralatan WFH agar Makin Produktif

Untuk Anda yang bekerja di rumah, usahakan untuk melengkapi segala kebutuhan untuk bekerja. Anda bisa mulai membeli meja dan kursi kerja. Jangan lupa juga membeli rak penyimpanan, peralatan tulis, dan lain sebagainya. Dengan melengkapi kebutuhan WFH, maka Anda bisa tetap produktif meski pekerjaan dilakukan dari rumah. Tentu Anda tidak perlu membelinya sekaligus, Anda bisa mulai dengan membeli mejanya terlebih dahulu. Anda bisa mengecek rekomendasi meja dari kami di atas untuk membantu Anda bekerja dengan lebih baik!

Tag