Meja Belajar Kayu yang Estetik dan Nyaman untuk Belajar Serta Bekerja (2020)

Meja Belajar Kayu yang Estetik dan Nyaman untuk Belajar Serta Bekerja (2020)

Meja berbahan kayu memang dikenal sebagai produk yang punya citarasa seni. Jadinya, mampu memberikan kesan yang elegan, artistik dan memukau di ruangan. Tidak hanya itu, tapi meja kayu juga sangat nyaman digunakan untuk bekerja atau belajar. Berikut beberapa rekomendasi meja belajar kayu yang bisa Anda pertimbangkan.

Belajar Makin Nyaman dengan Meja Belajar yang Tepat

Meja belajar menjadi salah satu item yang membuat anak-anak menjadi lebih nyaman belajar. Tentunya, dengan lebih nyaman belajar, maka hasilnya akan menjadi sangat maksimal. Bila Anda ingin mendukung proses pembelajaran anak, akan sangat baik bila Anda juga menyediakan meja belajar.

Meja belajar juga menjadikan anak lebih konsentrasi. Karena itu, Anda bisa memosisikannya di tempat yang pas. Tidak dekat dengan tempat makan, juga tidak dekat dengan tempat bermain.

Dengan demikian, Anda melatih kedisipilinan anak Anda untuk belajar. Karena anak harus tahu di mana ia harus duduk ketika akan belajar, lalu berkonsentrasi sampai waktu belajar selesai. Apalagi, desain meja belajar biasanya juga disesuaikan agar anak lebih nyaman termasuk ketika belajar dalam waktu yang lama.

Kelebihan Meja Belajar Kayu

Kokoh dan Kuat

Kenapa harus meja belajar kayu? Karena meja belajar kayu ini lebih kuat ketimbang meja yang bahannya plastik. Namun, akan lebih baik bila bahannya adalah kayu padat alias solid wood.

Meja belajar berbahan kayu padat akan jauh lebih tahan lama. Memang bobotnya berat, jadi sulit dipindahkan. Namun, hal itu justru menunjukkan meja tersebut sangat kuat dan juga lebih tahan lama.

Ada beberapa jenis kayu yang sering digunakan, misalnya kayu jati. Kayu jati adalah jenis kayu yang terbaik dan menjadikan meja lebih berat dan kuat serta tahan lama. Tidak hanya itu, seratnya juga menjadikannya tampilan meja menjadi begitu baik.

Tahan Hingga Bertahun-tahun

Maka meja belajar berbahan kayu akan lebih tahan lama. Apalagi bila terbuat dari kayu solid terbaik seperti mahoni, oak, dan jati. Bahkan, meja berbahan kayu masih lebih tahan lama dibandingkan yang berbahan besi misalnya.

Tentunya kayu jati di Indonesia memegang peranan sebagai kayu yang memiliki ketahanan paling kokoh. Selain itu, juga lebih kuat dari gangguan rayap serta cuaca lembap. Karena itu, meski harganya mahal, namun meja berbahan kayu yang satu ini menjadi pilihan banyak orang.

Ramah Lingkungan

Bahan kayu tentunya sangat alami. Ditambah lagi, bila cat dan pernis yang digunakan juga ramah lingkungan. Maka, produk yang dihasilkan akan sangat ramah bagi lingkungan.

Hutan yang digunakan untuk memproduksi kayu adalah hutan produksi. Biasanya, kayu seperti pinus menjadi pilihan paling utama. Alasannya adalah karena cepat tumbuh dan setelah ditebang langsung cepat ditanam untuk kembali dipanen. Hasilnya, tidak merusak habitat alami hutan yang dilindungi.

Lebih Elegan

Meja berbahan kayu, apalagi kayu jati misalnya biasanya akan didesain dengan baik. Lalu, disempurnakan dengan cat dan pernis sebagai finishing.

Furnitur kayu juga selalu terlihat elegan, sehingga memberikan kesan yang mewah. Karena itu Anda bisa menjadikan produk berbahan kayu ini sebagai dekorasi ruangan agar terkesan lebih mahal. Jadi, selain fungsional juga memiliki fungsi estetika, bukan?

Memberikan Kesan Hangat Dalam Ruangan

Kayu memang memberikan kesan kehangatan dan menenangkan. Karena itu, memilih kayu akan sangat baik untuk menjadi furnitur di rumah Anda. Meski sudah digunakan dalam waktu lama, namun kesan tersebut tidak pudar.

Bahkan, bila perawatannya baik dan teratur, maka kesannya justru akan semakin kuat. Jadi, hidupkan nuansa alami di ruangan Anda dengan furnitur berbahan kayu.

Kekurangan Meja Belajar Kayu

Mudah Tergores

Meskipun memiliki banyak kelebihan seperti di atas, namun ada juga beberapa kelemahan dari meja atau furnitur berbahan kayu. Salah satunya adalah mudah tergores. Apalagi bila meja tersebut memang kurang kokoh.

Meja yang kurang kokoh biasanya dibuat dari bahan kayu yang kurang berkualitas. Hal tersebut terlihat dari harga yang lebih murah.

Meski demikian, tidak juga menjadi jaminan bahwa kayu yang berkualitas tinggi tidak mudah tergores. Bagian cat luarnya bisa jadi mudah tergores, bahkan dengan kuku sekali pun.

Tidak Tahan di Kondisi Ruangan Lembap

Kelemahan kayu adalah mudah lembap. Itulah kenapa kayu jangan diletakkan di tempat yang mudah terkena hujan, cipratan air, dan sebagainya.

Bila kayu tersebut lembab, maka yang terjadi adalah kayu akan menjadi melengkung. Tidak hanya itu, kayu yang lembab juga akan mudah retak dan rusak. Apalagi bila kelembaban itu berpadu dengan suhu yang rendah, bisa memancing datangnya jamur dan rayap ke kayu.

Hal itu dikarenakan sifat kayu yang menyerap air. Jadi, hindari kayu dari tempat yang memiliki kelembaban yang tinggi.

Harga Relatif Mahal

Kekurangan lain dari furnitur berbahan kayu adalah harganya yang lebih mahal. Untuk meja berbahan kayu, harganya akan lebih tinggi ketimbang meja berbahan besi, plastik, dan sebagainya.

Apalagi bila kayu yang digunakan adalah kayu berkualitas tinggi. Misalnya pada meja jati yang berumur tua. Bila Anda menemukan produk berbahan kayu jati namun harganya lebih murah, biasanya kayu jati yang digunakan adalah yang berusia lebih muda. Maka, kualitasnya pun akan berbeda.

Bahkan kayu kelas kedua, yang kualitasnya di bawah jati misalnya, juga masih dibanderol cukup mahal. Lihat saja berapa harga meja atau furnitur berbahan kayu mahoni, maple, pinus, sungkai, dan sebagainya. Masih cukup mahal, bukan?

Tips Merawat Meja Belajar Kayu Agar Tetap Awet

Letakkan di Tempat Kering

Hal pertama yang mesti Anda lakukan agar furnitur kayu tetap tahan lama adalah menyimpannya di tempat yang kering. Tidak hanya kering, tapi suhunya mesti normal.

Selain tidak tahan dengan lembab dan suhu yang terlalu rendah, kayu juga sangat rentan bila berhadapan dengan suhu yang tinggi. Karena itu, meski meletakkannya di tempat kering bukan berarti bisa terpapar sinar matahari langsung.

Jadi agar aman, furnitur kayu mesti diletakann di tempat yang terlindung dari sinar matahari juga hujan. Suhu yang rendah akan membuat jamur, serangga, dan sebagainya akan merusak kayu Anda.

Alasi Dengan Karpet Atau Kain untuk Meminimalisir Kerusakan

Kayu memiliki bobot yang berat. Apalagi untuk furnitur berbahan kayu yang berkualitas tinggi. Semakin keras dan padat kayu tersebut, maka bobotnya tentu akan semakin berat.

Nah, tentunya bobot yang berat tersebut akan sangat berbahaya bagi lantai Anda. Baik lantai keramik, semen, apalagi lantai kayu. Oleh karena itu, akan sangat baik bila Anda memilih untuk memberikan lapisan kain, seperti ambal, karpet, atau kain biasa di bawahnya.

Jadinya, furnitur tidak langsung mengenai lantai. Apalagi bila Anda ingin memindah-mindahkan furnitur kayu Anda. Tentunya, hindari langsung menggeret di atas lantai tanpa alas terlebih dulu.

Jauhkan dari Segala Cairan

Kayu sangat mudah terkena noda cat, cairan, dan sebagainya. Seperti ada noda lingkaran yang kerap ditemukan di atas meja yang berasal dari gelas kopi atau minuman lainnya. Karena itu, meja harus dihindari dari cairan apa pun itu. Namun apabila sudah terlanjur dan ada bekas yang tidak bisa hilang bila diusap dengan jari atau air, maka Anda bisa menggunakan biji kemiri.

Biji kemiri dibakar terlebih dulu, sampai minyaknya keluar. Anda bisa menggunakan palu atau martil untuk menghancurkan biji tersebut, lalu serpihannya diusapkan di noda yang membandel.

Bersihkan Secara Berkala

Meja dan furnitur kayu mesti mendapatkan perawatan secara rutin. Caranya adalah dengan membersihkannya dengan la, atau kemoceng untuk membersihkan dari debu.

Hal itu harus dilakukan agar debu tidak bertumpuk dan akhirnya malah merusak keindahan furnitur tersebut. Anda bisa juga menggunakan kuas kecil agar mampu menggapai celah-celah terkecil.

Bila Anda menggunakan cairan pembersih furnitur, semprotkan jangan terlalu banyak. Lalu, lap dengan lap kering dan pastikan Anda mesti membersihkannya sampai benar-benar kering.

Gunakan Obat Anti Rayap Atau Anti Jamur

Anda bisa juga menggunakan anti rayap dan anti jamur di furnitur Anda. Hal itu berlaku bila Anda tinggal di daerah yang cukup rendah suhunya. Sebab, bisa menjadikan furnitur kayu rentan terserang jamur dan rayap.

Tapi, usahakan memilih anti rayap dan anti jamur yang ramah lingkungan jadi aman untuk anak-anak Anda. Atau, Anda bisa juga memesan ketika masih belum dicat agar menggunakan cat yang mengandung repellent.

Cat yang mengandung repellent akan sangat ampuh dan menjadikan furnitur Anda terbebas dari jamur dan rayap. Jadinya, lebih tahan lama, awet, dan tentunya terlindungi dengan baik.

Belajar Lebih Nyaman Dengan 10 Rekomendasi Meja Belajar Kayu Terbaik

Meja Belajar Kayu Jati

Produk pertama adalah Meja Belajar Bahan Kayu Jati. Produk satu ini diproduksi oleh mebel Jepara. Jepara tentunya sudah dikenal sebagai sentral pengrajin kayu jati yang kenamaan.

Meja belajar satu ini hadir dalam desain yang minimalis namun tetap keren dan elegan. Finishing-nya melamine dan bisa dipesan sesuai permintaan.

Ukuran meja ini adalah 120 cm (panjang) x lebar sekitar 45 hingga 50 cm. Tingginya sekitar 150 cm yang sangat pas untuk posisi belajar. Sedangkan bahan kayu jati yang digunakan adalah kayu jati yang sudah tua dan berkualitas tinggi.

Harga Rp. 1.799.000-2.700.000

Meja Belajar SDC 5104

Produk berikutnya adalah Meja Belajar dan Meja Komputer. Produk satu ini dibuat dari bahan kayu cendana.

Kayu cendana atau sandalwood ini masih menjadi kayu dengan permintaan tertinggi di dunia. Selain itu, sangat sulit diolah sehingga hanya yang ahli di bidangnya saja yang mampu mengolah kayu satu ini.

Meja belajar ini hadir dalam warna french walnut yang memukau. Ukurannya adalah 120 x 48 x 135 cm. Jadinya, ini tentu menjadi meja belajar yang bisa Anda pertimbangkan untuk menghiasi ruangan Anda.

Harga Rp. 1.434.000-2.108.000

Meja Belajar Kayu Trembesi

Berikutnya ada Meja Kerja, Meja Kantor, Meja Belajar dan Meja Keluarga Kayu Trembesi. Bahannya adalah kayu trembesi yang terkenal dengan daya tahannya yang kuat. Kualitas kayu trembesi bahkan setara dengan kayu jati.

Kayu trembesi ini diolah menjadi meja kayu dengan kaki-kaki yang dibuat dari bahan besi. Dicat duco yang ramah lingkungan dan mendukung tampilan artistik meja yang begitu memukau.

Produk satu ini juga begitu tebal dan kokoh. Tampilannya begitu artistik sehingga mampu menjadikan tampilan ruangan menjadi tambah indah. Produk ini memiliki panjang 100 cm dengan lebar antara 40 hingga 50 cm, serta ketebalan bahan 5 cm.

Harga Rp. 1.200.000-3.600.000

Meja Tulis Jati Belanda

Berikutnya ada Meja Jati Belanda yang merupakan meja kayu yang kuat dan tahan lama. Produk ini memiliki panjang sekitar 80 cm, lebar 45 cm, dan tingginya sekitar 70 cm, dan terbuat dari bahan kayu jati belanda. Kayu jati belanda memang bukan kayu jati, apalagi berasal dari Belanda.

Kayu ini merupakan kayu sungkai atau pinus yang biasa dibuat menjadi kayu palet. Dulunya, digunakan untuk mengirim barang ke luar negeri, khususnya barang yang perlu perlindungan kayu. Salah satunya sering dikirim ke Belanda, dari orang-orang Belanda yang berada di Nusantara tempo dulu.

Makanya kayu ini disebut sebagai jati belanda. Namun untuk kekuatannya tentu saja tidak bisa dianggap remeh. Kayu jati belanda menjadi salah satu kayu yang berkualitas tinggi dan menjadikan produknya juga tahan lama.

Harga Rp. 396.000-588.000

Meja 1/2 Biro Kayu Padat

Berikutnya ada Meja Kerja 1/2 Biro berbahan kayu. Meja satu ini berukuran 120 x 60 x 75 cm yang dibuat dari bahan kayu solid dan padat. Jadi bukan serbuk kayu seperti meja 1/2 biro pada umumnya.

Hadir dalam warna cokelat yang memukau menjadikan tampilannya menarik dan juga tahan lama. Terkait meja 1/2 biro, ini merupakan jenis meja kerja di kantoran yang ukurannya 1/2 dari ukuran biasa. Dengan kata lain, ukurannya di bawah 150 cm (panjang).

Meja satu ini berbeda dengan meja kerja pada umumnya, karena ukurannya yang lebih kecil. Sehingga bisa hemat tempat. Perbedaan utama dengan meja kerja biasa adalah, tidak ada laci untuk menyimpan brankas di bagian bawahnya.

Harga Rp. 725.600-1.100.000

Meja Belajar Kayu Solid 88 cm

Meja berikutnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah Meja Belajar Komputer Kayu Solid. Produk satu ini merupakan meja berbahan lapisan kayu solid yang dipadukan dengan MDF 18 mm.

Produk ini memiliki panjang sekitar 88 cm, sedangkan lebarnya 50 cm dan tingginya 76 cm. Finisihing-nya natural sehingga serat-serat kayu masih terlihat dan menjadikannya lebih artistik.

Produk ini dilengkapi dengan laci yang relnya merupakan rel laci Huben. Begitu pula kunci laci tersebut juga Huben. Karena itu, Anda bisa aman menyimpan berkas, dokumen dan sebagainya di laci meja ini.

Harga Rp. 1.575.000-1.632.000

Meja Lipat Kayu Mahoni

Meja berikutnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah Meja Lipat Generasi ke-2 dari Barokah Woodcraft. Produk satu ini merupakan meja kerja yang bisa dilipat dan dibuat dari bahan kayu mahoni.

Finisihing-nya Mowilex woodstain waterbased yang merupakan plitur air. Meja ini memiliki panjang 56 cm dan lebar 34 cm dengan kaki yang bisa dilipat. Bila dilipat maka tingginya hanya 6 cm, sedangkan bila berdiri tingginya mencapai 25 cm.

Bahan kayu mahoni dikenal dengan kekuatannya, sehingga meja ini menjadi lebih kokoh. Hasilnya, meja ini mampu menahan beban hingga lebih dair 50 kg di atasnya. Bagian papannya sangat flat jadinya sangat nyaman untuk digunakan menulis atau menggunakan mouse komputer.

Harga Rp. 116.885-251.000

Meja Laptop Kayu Jati

Berikutnya ada Meja Belajar/Meja Laptop Jati Blora. Produk satu ini merupakan meja kerja atau meja laptop yang terbuat dari bahan kayu jati asli dari Blora. Kayu jati yang dipilih tentunya hanya kayu yang berkualitas tinggi saja.

Kayu jati blora memiliki karakter serat yang menarik dan artistik. Tidak hanya itu, kayu ini juga sudah dikeringkan dengan oven sehingga tidak retak atau disambung. Selain itu, kayu ini juga menjadikan begitu tahan lama.

Proses pengerjaannya menggunakan mesin yang modern. Finishing-nya dengan pelitur yang menjadikannya begitu natural dan elegan serta pengerjaannya halus. Meja ini juga bisa dilipat jadi bisa ditempatkan di mana saja.

Harga Rp. 110.000-199.000

Meja Belajar Komputer SD 1512

Sedang mencari meja berbahan particle board? Meja Belajar Expo SD 1512 bisa menjadi pilihan yang tepat. Desainnya modern dan juga minimalis menjadikannya terlihat menarik. Hadir dalam warna kayu cendana yang memikat mata.

Meja ini berukuran 121 x 44 x 150 cm. Bahan particle board yang dipilih menggunakan mesin modern yang menjadikannya cukup kuat. Tentunya sangat mendukung aktivitas belajar anak-anak.

Produk ini juga sangat pas untuk diletakkan komputer di atasnya. Juga dilengkapi dengan tempat penyimpanan, tempat mouse, dan sebagainya. Jadinya aktivitas belajar anak menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Harga Rp. 1.345.000-2.990.000

Meja Kursi Belajar Jati Ukir Jepara

Berikutnya ada meja dengan ukiran jepara. Jepara memang dikenal sebagai kota pengrajin dan pengukir kayu. Bahkan, sudah menjadi salah satu kota di dunia yang terkenal dengan ukirannya.

Karena itu, hasilnya begitu memukau. Motif khas Jepara seperti tangkai relung, jumbai, dan trubusan sudah dikenal dan menjadi komoditi ekspor dari Jepara ke seluruh dunia. Baik benua Eropa maupun Amerika, sudah banyak jadi peminat produk ukiran kayu dari Jepara.

Bahan yang digunakan juga kayu jati yang berkualitas tinggi. Dengan finisihing melamin menjadikannya leibh kuat dan awet. Tentunya, desainnya yang elegan menjadikan meja satu ini sangat pas untuk menghias ruangan sekaligus jadi tempat belajar anak Anda.

Harga Rp. 2.700.000
From our editorial team

Meja Belajar yang Elegan Jadikan Minat Belajar Semakin Tinggi

Meja belajar yang tepat tidak hanya menjadikan Anda semakin nyaman belajar, tapi juga meningkatkan keindahan ruangan. Jadinya, mood untuk belajar semakin naik, sehingga hasil belajar semakin optimal. Rekomendasi meja kayu di atas tentunya juga bisa memberikan kesan hangat di ruangan Anda.