10 Rekomendasi Lampu Belajar yang Pas untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar dan Kerja Anda (2020)

10 Rekomendasi Lampu Belajar yang Pas untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar dan Kerja Anda (2020)

Lampu belajar atau lampu kerja adalah jenis lampu yang biasa digunakan di meja. Tentunya kebutuhan lampu meja menjadi sangat penting untuk belajar dan bekerja selama masa pandemi ini. Berikut beberapa ulasan dan rekomendasi terkait lampu belajar yang bisa Anda pertimbangkan.

Banyak Sekali Jenis Lampu Penerangan yang Kita Gunakan Pada Saat Ini

Penemuan lampu menjadikan dunia menjadi lebih bercahaya. Teknologi menjadikan lampu terus berkembang dan menjadi lebih baik. Mulai dari penemuan lampu LED, lampu hemat energi, dan sebagainya.

Dulu, lampu masih membutuhkan daya yang besar untuk menyala. Namun saat ini energi yang dibutuhkan untuk menyalakan lampu justru semakin hemat. Maka, Anda bisa menggunakan banyak lampu di rumah namun pengeluaran tetap irit.

Lampu menjadi sesuatu hal yang wajib dipasang di setiap ruangan. Itulah kenapa lampu juga dipertimbangkan dalam desain interior dalam rumah.

Beberapa Jenis Lampu Penerangan yang Sering Kita Gunakan di Dalam Rumah Saat Ini

Lampu Gantung

Lampu gantung adalah jenis lampu yang mampu menerangi ruangan meski jarak antara langit-langit rumah dengan lantai sangat jauh. Bila rumah Anda memiliki langit-langit yang tinggi, maka lampu gantung adalah jenis lampu yang paling pas untuk menerangi rumah Anda.

Lampu satu ini juga kerap menjadi elemen penting dalam dekorasi. Sebab, dengan lampu ini rumah menjadi lebih artistik. Itulah kenapa lampu gantung didesain seindah mungkin.

Ditambah lagi, cahaya dari lampu gantung juga lebih bisa difokuskan ke satu titik. Jadinya, lampu gantung membuat Anda bisa mengarahkan cahaya ke tempat yang lebih membutuhkan. Misalnya di ruang makan, maka lampu gantung bisa diarahkan khusus ke atas meja makan.

Lampu Lantai

Berbeda dengan lampu gantung, maka lampu lantai justru berada di lantai. Tingginya biasanya sekitar 1,5 meter hingga setinggi manusia biasa. Tujuannya juga untuk menyinari satu ruangan.

Lampu ini juga berfungsi memberikan kehangatan dari sudut ke seluruh ruangan. Biasanya, lampu ini berada di dekat kursi yang bisa menjadi lampu fokus ketika Anda sedang membaca.

Lampu ini juga didesain cantik dan mengagumkan. Hal itu menjadikan lampu lantai juga bisa menjadi salah satu item yang memperindah interior ruangan Anda. Ditambah lagi, ada berbagai jenis dari lampu ini yang dilengkapi dengan fitur dimmer, yang menjadikan Anda mampu mengatur intensitas cahayanya.

Lampu Belajar

Lampu belajar atau juga sering disebut lampu kerja sebenarnya juga berupa sebuah lampu lantai. Hanya saja ukurannya lebih kecil dan pendek. Jadinya, biasa diletakkan di atas meja.

Lampu ini memiliki batang yang bisa diarahkan ke arah yang Anda inginkan. Itu perbedaan lampu belajar atau lampu kerja dengan lampu meja yang cenderung statis.

Lampu ini dibutuhkan agar Anda dapat membaca atau bekerja dengan baik dan mendapatkan pencahayaan yang cukup. Ditambah lagi, lampu ini juga menerangkan ttik yang diperlukan, sehingga membantu kerja lampu utama.

Rekomendasi Lampu Belajar Murah untuk Menemani Aktivitas Anak Belajar di Rumah

Yeelight LED Rechargeable Clip

Lampu pertama yang direkomendasikan adalah Yeelight LED Rechargeable Clip-on Table Lamp. Produk satu ini merupakan lampu belajar yang dilengkapi dengan USB Cable untuk pengecasan.

Kelebihan lain dair lampu ini adalah baterainya yang tahan lama. Baterai jenis lithium-ion satu ini bisa bertahan hingga 14 jam non stop. Ketika sudah habis, bisa di-charge ulang.

Lampu ini juga memiliki tiga mode pencahayaan yakni mode belajar, mode kasual, dan mode lampu malam. Ditambah lagi, lampu ini memiliki suhu warna ilmiah serta aman untuk mata, karena tidak ada stroboskopik.

Harga Rp. 179.000-199.000

LED Clip Circle Design 5700-7300K Desk Lamp

Berikutnya ada lampu meja belajar LED Clip Circle Design 5700-7300K. Produk satu ini merupakan jenis lampu meja dengan lampu LED bulat yang menjadikan pencahayaan lebih merata. Tidak hanya itu, cahayanya juga sangat nyaman di mata Anda.

Kelebihan lainnya, lampu satu ini dilengkapi dengan klip sehingga bisa dijepit di ujung meja atau permukaan lainnya. Tampilannya simpel dan dilengkapi dengan neck yang fleksibel jadi bisa diarahkan ke mana saja.

Selain itu, bola lampunya juga dilengkapi dengan dimmer, jadinya bisa diatur intensitas cahayanya. Ada tiga jenis pencahayaan yang bisa Anda coba sesuai kebutuhan Anda. Untuk menyalakan lampu ini diperlukan baterai 18650 yang bisa diisi ulang.

Harga Rp. 79.000-101.500

Nordic Style Eye Protection Desk Lamp

Berikutnya ada Nordic Style Eye Protection Desk Lamp Lampu Meja Belajar White. Produk satu ini merupakan jenis lampu meja dengan USB untuk pengisian ulang. Baterai tipe 600 mAh yang bisa di-charge ulang menjadikan lampu satu ini sangat pas untuk kebutuhan Anda.

LED-nya berkualitas tinggi dengan 14 LED dan sangat terang. Tidak hanya itu, lampunya juga lebih tahan lama. Kelengkapan lainnya, lampu ini juga dilengkapi dengan perlindungan mata. Juga ada dimmer untuk mengatur intensitas cahaya dalam tiga jenis, yakni soft, kasual, dan terang.
Tidak hanya itu, lampu dengan dimensi 68 x 128 x 310 mm ini terbuat dari bahan ABS dan PC yang tahan lama serta awet. Bagian neck-nya bisa ditekuk dan diarahkan ke titik mana saja yang Anda butuhkan.

Harga Rp. 49.800-95.000

Eglo Firmo Lampu Meja Belajar Clip

Selanjutnya ada lampu meja bernama Eglo Firmo Lampu Meja Clip. Produk satu ini didesain modern dan bisa dipasang di ujung meja dengan klip. Lampunya memiliki daya maksimal hingga 40 watt.

Produk satu ini terbuat dari bahan stainless steel dan plastik yang berkualitas tinggi dan tipe fitting E27. Daya tahan lampu ini sangat tangguh sehingga awet digunakan dalam waktu lama.

Ditambah lagi produk satu ini mampu menjadikan interior menjadi lebih menarik. Tentunya desain yang menarik dari lampu ini menjadikan meja kerja Anda semakin memukau.

Harga Rp. 219.000-352.000

Remax RT-E185 Desk Lamp

Rekomendasi berikutnya adalah lampu meja belajar USB LED Display Eye Protection Touch Panel Sensitif Aman Mata Remax - RT E185. Produk satu ini merupakan lampu meja belajar yang didesain mewah dan keren serta ada eye protection yang menjadikan mata tetap nyaman.

Produk ini juga dilengkapi dengan layar LED yang memberi informasi yang dibutuhkan, seperti waktu, baterai, suhu, dan sebagainya. Untuk kendali, lampu ini menggunakan sistem touch switch.

Lampu ini juga sangat fleksibel sehingga bisa ditekuk dan diarahkan ke titik yang Anda butuhkan. Dengan jumlah LED 18 buah dan 250 lumens menjadikan warnanya begitu terang namun tidak menyilaukan. Setiap pembelian akan dilengkapi dengan kabel USB untuk charging, lampu Remax RT-E185, dan buku manual user.

Harga Rp. 160.000-197.800

Foomee YH12 Calendar Desk Lamp

Rekomendasi selanjutnya adalah Foomee YH12 Kalender Lampu Belajar. Produk satu ini merupakan lampu multi guna yang terbuat dari bahan ABS dan PS yang tahan lama dan awet.

Lampu satu ini menghadirkan cahaya berwarna kuning sehingga tidak menyilaukan dengan total 3 level pencahayaan di LED utama. Sedangkan bagian bawah bisa berubah warna untuk menjadikan Anda rileks.

Lampu ini disertai pula dengan layar sentuh untuk menghidupkan atau mematikannya. Di layar tersebut juga tertera kalendar, jam, serta suhu ruangan. Daya maksimum yang bisa digunakan untuk lampu ini adalah 40 W.

Harga Rp. 192.000-329.000

Lampu Meja Belajar Arsitek

Berikutnya ada Lampu Meja Belajar Arsitek Jiamei JM 800 yang menggunakan fitting standar E27. Bola lampu yang bisa digunakan bersama lampu meja ini maksimal 60 watt sehingga mampu mendukung keperluan cahaya untuk bekerja, belajar dan sebagainya.

Produk ini dilengkapi dengan 3 siku yang semuanya bisa ditekuk dan diatur posisinya. Tidak hanya itu, lampu ini juga bisa diletakan di atas meja atau dijepit diujung meja. Produk berwarna hitam ini juga memiliki kabel sepanjang 1,8 m.

Lampu ini dibuat dari bahan logam dan aluminium yang menjadikannya lebih kokoh, awet, dan tidak mudah rusak. Bagian kepala dan kakinya bisa diputar serta bisa pula diatur tinggi rendahnya.

Harga Rp. 123.000-323.000

VDR V-008PLC Leher Fleksibel Desk Lamp

Berikutnya ada VDR V-008PLC Lampu Meja Leher Fleksibel. Produk satu ini bisa digunakan untuk mendukung pekerjaan atau proses belajar Anda dan sangat cocok di letakkan di atas meja.

Lampu ini sudah menggunakan fitting standar E27 serta tanpa trafo sehingga mudah digunakan. Ditambah lagi, lampu ini dilengkapi dengan leher yang fleksibel dan bisa Anda atur sesuai kebutuhan Anda. Dayanya bisa disesuaikan dengan maksimal 15 watt.

Produk satu ini memiliki dimensi 16x40 cm serta desainnya simpel. Tidak hanya itu, produk ini juga portabel sehingga bisa Anda bawa ke mana saja serta ditempatkan di mana saja.

Harga Rp. 44.000-65.000

Kenmaster KM-880 LED Desk Lamp

Kenmaster Lampu LED Baca Reading LP KM-880 merupakan lampu belajar atau kerja yang portabel jadi bisa dibawa kemana saja serta ditempatkan di mana saja.

Lampu ini bisa menggunakan baterai, juga bisa menggunakan listrik. Jadinya, sangat pas untuk Anda yang berada di daerah yang sering padam listrik. Tidak hanya itu, bagian tengahnya sangat fleksibel jadi mudah diatur panjangnya juga arah sinarnya.

Produk ini memiliki 3 mode nyala yakni redup, terang, dan sangat terang. Meski diletakkan dalam mode sangat terang, namun lampu satu ini sudah dilengkapi dengan eye protection yang menjadikannya lebih nyaman di mata.

Harga Rp. 40.300-70.000

Maspion YS-901 C Desk Lamp

Lampu selanjutnya adalah Maspion Lampu Belajar YS - 901C. Lampu satu ini juga adalah jenis lampu belajar yang portabel sehingga bisa ditempatkan di mana saja. Sangat cocok diletakkan di atas meja belajar.

Kelebihan lainnya adalah lampu ini didesain fleksibel. Jadinya, Anda bisa mengatur tinggi rendahnya dan juga bisa diarahkan ke tempat yang dituju.

Lampu ini juga dilengkapi sistem dimmer untuk mengatur pencahayaan mulai dari minimal sampai maksimal. Anda bisa memasang bola lampu hingga maksimal 60 watt dengan daya maksimal 220 volt. Lampu ini juga sangat mudah difungsikan serta mudah digunakan.

Harga Rp. 126.600-301.000

Tips Memilih Lampu Belajar Murah untuk Pemakaian yang Tahan Lama

Pilih Ukuran yang Sesuai dengan Meja Belajar

Pertama pastikan dulu ukuran dari lampu yang Anda akan beli sesuai dengan ukuran meja belajar Anda. Ukuran tersebut harus proporsional, dengan pertimbangan barang-barang yang ada di atas meja belajar atau meja kerja Anda.

Membeli lampu yang terlalu kecil atau terlalu besar untuk ukuran meja Anda tentunya tidak akan efektif. Anda perlu memperkirakannya dengan tepat, seberapa cahaya yang dibutuhkan, juga besar kecil atau tinggi rendahnya meja tersebut.

Jadi, jangan hanya karena Anda hanya suka bentuknya, namun ternyata ukurannya tidak pas dengan meja Anda. Di pasaran, lampu belajar mulai dari yang sangat kecil sampai yang sangat besar semuanya tersedia. Anda hanya tinggal memilih mana yang ukurannya paling pas dengan kebutuhan Anda.

Pilih Lampu Belajar yang Fleksibel

Lampu meja yang Anda pilih mesti fleksibel. Jadinya, Anda bisa mengatur cahaya lampu dengan tepat dan mengatur posisinya sesuai arah yang Anda butuhkan.

Jadi, hindari membeli lampu meja yang kaku dan tidak bisa dipindahkan. Penyangga lampu mesti fleksibel, jadinya Anda bisa terus mengatur posisi, ketinggian, dan arah cahayanya kapan pun Anda mau.

Pilih Material yang Baik

Produk terbaik adalah produk yang dibuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi. Dengan bahan berkualitas tinggi, maka hasilnya juga akan berkualitas dan tahan lama.

Lampu mengalirkan energi cahaya yang sangat berpotensi menjadi energi kalor. Maka bola lampunya akan menjadi sangat panas, apalagi jaraknya dekat. Masalahnya, lampu meja berbahan kurang baik atau bermutu jelek juga akan sangat mudah rusak karena panas ini.

Ditambah lagi, ketika tangan Anda menyentuh lampu meja tersebut seperti ingin mematikan, menurunkan intensitas cahaya, dan sebagainya juga akan terdampak pada panas yang merambat di materialnya. Jadi, untuk menghindari hal tersebut, pilih lampu meja berbahan baik serta dilapisi pelapis antipanas.

Cari Lampu dengan Reflektor yang Baik

Lampu meja berkualitas biasanya dilengkapi dengan reflektor atau pemantul cahaya. Dengan reflektor tersebut cahaya diarahkan ke titik yang sama. Lampu belajar mesti memiliki fitur yang satu ini.

Pantulan cahaya yang mengarah ke satu titik menjadikan cahayanya lebih terang dan berkumpul. Jadi, meski daya lampunya rendah, misalnya 15 watt, namun karena terkumpul maka penerangannya bisa maksimal.

Lampu dengan reflektor yang kurang baik akan mengakibatkan cahaya terpecah alias terpendar ke mana-mana tanpa titik fokus. Jadinya, pantulan cahayanya kurang terang dan tidak menjadikan hasil belajar atau bekerja Anda menjadi lebih maksimal.

Memiliki Pencahayaan yang Bersahabat dengan Mata

Masalah utama dari pencahayaan adalah bisa berbahaya bagi mata. Cahaya lampu meja akan sangat dekat dengan mata Anda. Apalagi untuk lampu dengan daya yang lebih tinggi.

Sinar ultraviolet yang dikeluarkan lampu sangat berbahaya bagi mata Anda. Tidak hanya itu, sinar UV ini juga berbahaya bagi tubuh, meski dalam jangka panjang.

Karena itu, Anda mesti mencari produk yang dilengkapi dengan fitur eye protecting. Hasilnya, kualitas cahaya lampu tetap terjaga namun dapat melindungi mata Anda. Lampu tersebut juga tidak berkedip serta tidak memancarkan radiasi berbahaya bagi mata. Misalnya ada sinar UV, infra merah, dan sebagainya.

From our editorial team

Lampu Belajar Berkualitas Memberikan Cahaya yang Baik untuk Mata

Lampu belajar atau lampu meja tentunya menjadi pilihan yang pas untuk mempermudah proses belajar Anda. Dengan pencahayaan yang pas tentunya menjadikan Anda bisa menjadi lebih nyaman. Tidak hanya itu, mata juga terjaga kesehatannya. Rekomendasi dari BP-Guide di atas tentunya bisa menjadi pilihan jitu bagi Anda.