10 Rekomendasi Genset Rumahan yang Akan Membuat Kamu Aman Ketika Mati Lampu (2020)

10 Rekomendasi Genset Rumahan yang Akan Membuat Kamu Aman Ketika Mati Lampu (2020)

Di era teknologi canggih seperti sekarang ini, listrik menjadi kebutuhan utama. Kini kamu tidak perlu khawatir lagi jika listrik dari PLN mati sewaktu-waktu karena ada genset rumahan yang bisa menyelamatkan kamu dari pemadaman. Yuk, simak rekomendasi produknya dari BP-Guide berikut ini.

Sekarang Ini, Mesin Genset Memiliki Peran yang Sangat Penting Bagi Masyarakat

PLN adakah pemasok listrik utama di Indonesia yag menyediakan listrik untuk kebutuhan rumahan. Namun tidak bisa dipungkiri, aliran listrik PLN kadang tidak stabil dan sering terjadi pemadaman. Padahal listrik adalah kebutuhan yang tidak bisa digantikan oleh apapun. Listrik di dalam rumah harus menyala selama 24 jam penuh untuk mendukung berbagai macam aktivitasmu.

Agar aliran listrik di rumah tidak terganggu meski aliran listrik PLN sering padam, kamu bisa melengkapi rumah dengan genset. Genset ini sudah sangat umum digunakan di daerah-daerah terpencil di Indonesia, dimana aliran listrik sangat terbatas. Selain itu, kamu yang berencana mengadakan hajatan besar juga harus menyiapkan genset sendiri supaya listrik tetap lancar.

Untuk sehari-hari, genset bisa membantu penerangan di dalam rumahmu, juga memberikan daya listrik yang cukup untuk alat elektronik berkekuatan besar. Karena aliran listrik dari genset cenderung stabil, berbagai macam alat elektronik di rumah pun akan jauh lebih awet.

Tips Memilih Genset yang Cocok Untuk di Rumah

Pastikan Dulu Kebutuhan Listrik

Membeli genset jangan sembarang pilih yang paling murah atau yang terbaik, karena belum tentu cocok dengan listrik rumahmu. Itulah mengapa kamu harus tahu dulu berapa kapasitas daya listrik di rumahmu. Jangan sampai kamu membeli genset yang kapasitasnya lebih rendah dari daya listrik di rumahmu.

Cara yang paling sederhana yang bisa kamu lakukan adalah menghitung seluruh daya barang elektronik yang ada di rumah, mulai dari lampu yang tidak memakan banyak daya hingga alat elektronik yang besar seperti lemari es dan mesin cuci. Dengan adanya genset, kamu tidak perlu khawatir lagi listrik di rumahmu akan padam saat semua alat elektronik menyala dalam waktu bersamaan.

Sesuaikan Dengan Daya Listrik

Daya genset yang ideal untuk sebuah rumah adalah yang kapasitasnya 10% lebih besar dari total keseluruhan daya listrik. Gunanya adalah untuk mengantisipasi kelebihan beban listrik yang mungkin terjadi, sehingga listrik tidak akan padam ketika digunakan.

Akan lebih baik lagi jika kelebihan daya genset yang digunakan mencapai 20 hingga 30 persen dari hitungan daya listrik rumahmu. Dengan adanya kelebihan beban, kamu tidak perlu khawatir lagi listrik di rumahmu akan mati tiba-tiba.

Ukuran Berat Genset

Aspek lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan saat membeli genset adalah ukuran beratnya. Genset yang ringan namun berdaya besar biasanya harganya sangat mahal, karena lebih mudah dan fleksibel digunakan. Namun jika kamu membeli genset yang besar dan berat, pastikan genset dilengkapi juga roda untuk memudahkan kamu memindahkannya.

Selain itu, ukuran kVA pada genset juga harus ikut diperhitungkan. Angka kVA tidak selalu menunjukkan nilai watt sebenarnya. Jadi kamu harus mengkonversi kVA ke watt dengan acuan 1 kVA sama dengan 0,8 kW atau 800 watt.

Jenis Mesin

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli genset dari toko, pastikan kamu sudah bertanya secara detail tentang spesifikasi genset tersebut. Misalnya tentang mesin genset, yang merupakan aspek terpenting. Jika kamu ingin menggunakan genset di musim panas, pastikan mesin genset tidak jadi terlalu panas saat bekerja.

Tanyakan juga tentang suku cadang dan bagian-bagian dalam genset. Sehingga jika genset mengalami kerusakan, kamu tidak akan bingung untuk memperbaikinya. Akan lebih baik lagi jika toko memberikan garansi kerusakan genset dalam jangka waktu tertentu.

Bahan Bakar dan Waktu Pakai

Untuk bisa bekerja dengan maksimal, genset memerlukan bahan bakar sebagai sumber energi. Ini juga sangat penting lho. Bahan bakar yang murah dan bisa bertahan lama, tentu akan menguntungkan kamu sebagai pengguna. Jangan lupa untuk memastikan kamu punya cadangan bahan bakar di rumah agar bisa mengisinya kembali ketika genset kehabisan bahan bakar.

Rekomendasi Genset Untuk Memenuhi Kebutuhan Listrik di Rumah Kamu

SOGO NAGOYA GL1200 GENERATOR GENSET

SOGO NAGOYA GL1200 GENERATOR GENSET mampu menghasilkan output daya yang besar, hingga 800 watt. Genset ini adalah pilihan yang tepat untuk memberi suplai listrik yang stabil di rumahmu. Tipe mesin genset adalah 2 tak dengan kapasitas 64 cc. Mode strater genset adalah manual dengan sistem pendinginan fly wheel menggunakan kipas.

Keunggulan genset ini selain dayanya yang besar adalah kapasitas tangki mencapai 4.5 liter dengan konsumsi rata-rata harian hanya 0.6 liter saja. Kebisingan genset sendiri adalah 57 dB sejauh 7 meter.

Harga Rp. 1.070.000-1.340.000

HYUNDAI HDG 3800x GENSET

Rekomendasi genset berikutnya datang dari Hyundai, perusahaan otomotif terkemuka di Korea Selatan. Tentu saja produk Hyundai yang paling dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah mobilnya. Ini karena Hyundai mampu memproduksi hingga 1.6 juta unit mobil tiap tahunnya.

Ternyata produk Hyundai tidak sebatas mobil saja, tetapi genset juga. HYUNDAI HDG 3800x GENSET dilengkapi mesin 4 tak dengan bahan bakar bensin. Beberapa kelebihan dari genset produksi Hyundai ini adalah modelnya yang praktis, suara tidak berisik, irit bahan bakar, dan juga ringan. Daya maksimum genset ini adalah 3000 watt dengan daya maksimum 2700 watt.

Kapasitas mesinnya sendiri adalah 212 cc dengan kapaitas tangki bahan bakar 15 liter. Fitur lainnya adalah double starter dengan recoil dan electric starter. Tidak hanya untuk rumah, genset berdaya besar ini juga digunakan untuk kantor, toko, dan ruko.

Harga Rp. 5.950.000-6.800.000

HONDA EU10i GENSET

Merek Honda tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Sebagai salah satu produsen otomotif terbesar di dunia, produk Honda sudah dipasarkan ke berbagai negara. Selain kendaraan bermotor dan berbagai macam suku cadangnya, Honda juga memproduksi genset yang memberikan suplai lebih stabil.

HONDA EU10i GENSET, generator dengan bahan bakar bensin yang dibekali dengan teknologi inverter yang canggih. Fungsi dari teknologi inverter adalah mampu memberikan output yang stabil, sehingga sangat aman untuk berbagai macam alat elektronik di rumahmu. Kebisingan genset yang rendah juga menjadi keunggulan produk ini. Sementara itu, rata-rata output yang dihasilkan oleh genset ini adalah 900 watt.

Genset ini memiliki sistem penyalaan recoil dan sistem pengapian fully transitioned. Kapasitas oil pada genset ini adalah 250 ml sedangkan kapasitas bahan bakarnya adalah 2.1 liter.

Harga Rp. 11.351.000-14.236.740

YAMAHA EF 5500 FW GENSET

Genset selanjutnya datang dari merek terkenal lainnya, yaitu Yamaha. Nama dari genset ini adalah YAMAHA EF 5500 FW GENSET. Genset canggih dari Yamaha ini dilengkapi dengan teknologi Future Wave (FW) yang bisa meminimalisir distorsi gelombang listrik untuk menghasilkan aliran listrik yang lebih stabil.

Genset ini bisa digunakan secara pribadi di rumah, di pertokoan, hingga perkantoran. Untuk urusan kualitas dan keamanan produk tidak perlu diragukan lagi. Semua produk generator listrik Yamaha lulus uji ISO 8528. Dibekali dengan mesin 4 tak, daya maksimal listrik yang bisa dihasilkan oleh genset ini adalah 3800 watt.

Jaminan garansi 1 tahun membuatmu semakin nyaman untuk menggunakannya. Spare part atau suku cadangnya pun sangat mudah ditemukan di pasaran.

Harga Rp. 11.775.000-13.450.000

ALDO GASOLINE GENERATOR ET-1500

Buat kamu yang punya bisnis atau memiliki banyak alat elektronik di dalam rumah, maka kamu akan membutuhkan genset untuk memastikan suplai listrik berjalan lancar. ALDO GASOLINE GENERATOR ET-1500 bisa jadi rekomendasi yang pas jika kamu membutuhkan daya listrik yang besar.

Genset ini mampu memberikan daya listrik hingga 750 watt. Selain itu, harganya juga cukup terjangkau untuk genset di kelasnya. Genset merek impor ini menjadi salah satu merek yang kualitasnya layak dipertimbangkan. Kapasitas tanki bensin pada genset ini adalah 5 liter, sementara sistem penyalaan mesinnya adalah recoil.

Harga Rp. 2.204.430-2.863.999

HARGEN PORTABLE GENSET(2500 Watt)

Kalau genset yang satu ini adalah genset portabel yang cukup praktis. Keunggulan utama dari HARGEN PORTABLE GENSET adalah kedap suara, sehingga tidak akan berisik dan tidak mengganggu orang-orang di sekitar saat beroperasi. Pengoperasian genset juga praktis, sehingga cocok untuk digunakan di rumah, kantor, rumah sakit, home industri, hingga pabrik.

Genset ini punya model terbuka sehingga mampu menciptakan daya listrik yang besar. Kapasitas maksimum yang bisa dikeluarkan oleh genset ini adalah 2800 watt. Tipe starternya adalah recoil dan electric dengan kapasitas tanki bahan bakar sebesar 15 liter.

Harga Rp. 900.000-5.100.000

GENSET FIRMAN FPG1500L

Jika genset merek Honda terlalu mahal dan tidak sesuai dengan budgetmu, maka kamu bisa mencari alternatifnya yaitu merek Firman. GENSET FIRMAN FPG1500L adalah genset dengan harga yang lebih terjangkau dan bervariasi, tergantung pada daya yang mampu dikeluarkan. Kapasitas mesin pada genset ini adalah 100 cc dengan daya maksimum yang mampu dikeluarkan adalah 220 V.

Genset dengan penyalaan manual ini dilengkapi dengan sistem peringatan oli dan tegangan regulator otomatis (AVR) dengan tingkat kebisingan rendah 63 dB. Dengan semua kelebihan yang ditawarkan oleh genset ini, harganya tidak akan menguras dompet dan kualitasnya pun terjamin.

Harga Rp. 2.406.000-4.929.000

MULTIPRO GENSET LISTRIK 2 TAK

Satu lagi rekomendasi genset portabel yang praktis dan mudah digunakan. MULTIPRO GENSET LISTRIK 2 TAK adalah genset yang tangguh dan hemat bahan bakar. Untuk menghasilkan listrik, genset ini membutuhkan bensin dengan campuran oli samping. 3 liter bensin mampu menyalakan genset selama 3 jam lamanya.

Sistem penyalaan mesin ini adalah recoil yang lebih ringan dibandingkan denagn genset 2 tak dari merek lainnya. Daya output maksimum yang mampu dihasilkan oleh genset ini adakah 850 watt dengan frekuensi rata-rata 50 Hz. Genset ini bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, pertokoan, hajatan, hingga dibawa saat camping. Fitur lain dari genset ini adalah colokan untuk battery charger dengan tegangan 12V.

Harga Rp. 1.299.900-2.002.000

KRISBOW GENSET (2800 Watt)

Krisbow adalah merek berbagai macam kebutuhan rumah tangga yang semua produknya berkualitas tinggi. Tidak terkecuali genset serbaguna ini. KRISBOW GENSET hadir dengan mesin single cylinder 4 tak, dilengkapi pendingin udara yang mampu mencegah genset agar tidak terlalu panas. Tipe oli yang digunakan adalah SAE 20-50 dengan kapasitas mesin 208 cc.

Daya output maksimal yang bisa dihasilkan oleh genset adalah 2800 watt dengan maksimal output yang direkomendasikan adalah 2500 watt. Genset dengan frekuensi 50 Hz ini memiliki voltase 220 V dengan kecepatan mesin 3000 rpm. Kapasitas tanki bahan bakarnya sendiri adalah 15 liter.

Harga Rp. 900.000-5.520.000

DAIMARU DM 1200

Terakhir ada rekomendasi genset mini yang praktis dan fleksibel. DAIMARU DM 1200 hadir dengan harga terjangkau dan mampu menghasilkan daya maksimal sebesar 800 watt dengan rekomendasi output sebesar 600 watt. Keunggulan dari genset ini adalah tidak bising dan irit bahan bakar. Selain itu, ukurannya yang mini tidak akan memakan banyak tempat dan mudah dipindahkan.

Tanki bensin yang cukup besar memberikan waktu beroperasi yang lebih lama untuk genset ini. Namun jam kerja maksimal genset ini adalah 7 jam saja. Sementara itu, sistem penyalaan genset adalah manual.

Harga Rp. 875.200-1.300.000
From our editorial team

Agar Lebih Tenang dan Nyaman, Jangan Lupa Sediakan Genset di Rumah

Tidak bisa dipungkiri, genset telah menjadi kebutuhan tersendiri di rumah. Pastikan kamu nyaman dan tenang dalam menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa khawatir listrik di rumah akan padam tiba-tiba. Dari seluruh rekomendasi genset serbaguna BP-Guide di atas, pilih yang paling pas dengan budget dan kantongmu ya!