10 Rekomendasi Meja Belajar Minimalis yang Cocok untuk Anak Milenial Saat Ini (2020)

10 Rekomendasi Meja Belajar Minimalis yang Cocok untuk Anak Milenial Saat Ini (2020)

Sistem kegiatan belajar dan mengajar yang lebih banyak dilakukan di rumah membuat anak-anak sebisa mungkin harus merasa nyaman selama belajar. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah tempat mereka belajar. Nah, kali ini BP-Guide punya pilihan meja yang minimalis dan cocok untuk anak. Yuk, cek dulu!

Meja Memiliki Fungsi yang Penting Dalam Sebuah Rumah

Setiap rumah pasti memiliki meja sebagai perabotannya. Menunjang berbagai macam kegiatan, meja dibutuhkan karena fungsi praktis dan dekoratifnya. Perlu diketahui, bahwa meja hadir dalam beberapa jenis menurut fungsi dan peletakannya. Tidak hanya meja ruang tamu, ada pula meja makan, meja rias, meja kerja, hingga meja belajar.

Untuk memaksimalkan fungsinya, tentu perlu untuk menyesuaikan pemilihan meja dengan maksud pemakaian. Misalnya saja untuk meja makan maka dipilih meja berukuran besar agar cukup untuk seluruh anggota keluarga. Sedangkan, meja belajar sebaiknya dipilih yang memiliki ketinggian sesuai dengan badan agar belajar lebih nyaman.

Beberapa Jenis Meja di Rumah yang Sesuai dengan Peruntukannya Masing-masing

Meja Makan

Meja makan adalah salah satu jenis meja yang pasti ada di dalam rumah. Diletakkan di ruang makan, meja ini digunakan untuk meletakkan aneka masakan untuk disantap bersama dengan keluarga. Baik ukuran, jenis, serta model meja makan pun beragam.

Pemilihannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan jumlah pemakai. Bagi rumah yang memiliki banyak anggota keluarga, meja dengan ukuran besar lebih direkomendasikan. Akan lebih baik jika memilih meja dengan permukaan kaca untuk memudahkan pembersihan. Sedangkan bagi anak kos, ada meja makan portabel yang bisa dilipat saat tidak digunakan untuk menghemat ruang penyimpanan.

Meja Ruang Tamu

Setiap rumah pasti memiliki ruang tamu yang berfungsi untuk mempersilakan tamu yang berkunjung. Maka dari itu, sudah sewajarnya ruang tamu dilengkapi furnitur berupa meja dan kursi. Agar ruang tamu tampak estetis, pemilihan meja dan kursi ruang tamu perlu disesuaikan dengan konsep rumah.

Selain untuk menerima tamu, ruangan ini juga kerap dijadikan tempat bersantai bagi keluarga sambil minum teh. Keberadaan meja sangat membantu untuk meletakkan minuman serta camilan.

Meja Belajar

Kegiatan belajar adalah salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan dalam pendidikan. Sehingga, diperlukan motivasi dan juga semangat untuk melakukannya agar mampu menyerap pengetahuan dengan baik.

Agar lebih semangat, suasana belajar tentu harus nyaman dengan ditunjang perlengkapan yang memadai. Salah satu kebutuhan dalam belajar adalah meja. Meja belajar berperan dalam menciptakan posisi belajar yang ideal, sehingga lebih nyaman dalam berkegiatan. Dalam memilih meja belajar, tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk anak-anak, meja belajar portabel dirasa cukup karena bisa mudah dipindahkan apabila si kecil mulai bosan. Sesuaikan pula pemilihannya dengan konsep rumah, misalnya saja meja belajar minimalis untuk rumah dengan gaya minimalis.

Rekomendasi Meja Belajar Minimalis

Meja Belajar Kika Minimalis dengan Lemari Laci Susun

Dekoruma Kika merupakan produk multifungsi, bisa untuk meja belajar maupun meja kerja. Hadir dengan ukuran 120 x 50 x 74,5 cm, ada cukup banyak ruang untuk berbagai stationery, buku, atau laptop.

Ditambah lagi adanya laci, bermanfaat untuk menyimpan barang. Tak perlu khawatir jika kamu ingin belajar/bekerja sambil ngopi, laminasi HPL yang ada membuat meja lebih awet jika terkena sedikit tumpahan air. Segera pesan sebelum kehabisan, ya.

Harga Rp. 1.199.000-2.047.000

Meja Belajar Minimalis Rocco - MTSL-2

Rumah dengan gaya minimalis tentunya lebih cocok dengan barang-barang yang memiliki ukuran tidak terlalu besar. Selai menghemat ruang, pemilihan ini juga bertujuan untuk menyesuaikan konsep rumah.

Untuk pemilihan meja belajar, Meja Belajar Minimalis Rocco - MTSL-2 adalah salah satu produk yang direkomendasikan. Produk ini hadir dalam ukuran 83,7 x 49,7 x 91,5 cm yang sesuai dengan konsep rumah minimalis.

Terbuat dari particle board dan rubber wood pada kaki, produk ini juga dilengkapi dengan paper laminated yang tahan air. Meja belajar dari Rocco ini disertai pula dengan penjepit tablet dan lubang mug yang praktis.

Harga Rp. 287.000-500.000

Wall Decorc Floating Desk Steffy Minimalis Meja Dinding

Punya ruangan sempit, tapi butuh meja untuk belajar atau bekerja di kamar? Wall Decorc Floating Desk Steffy Minimalis Meja Dinding adalah solusinya. Produk ini merupakan meja gantung yang bisa dilipat saat tidak digunakan, sehingga tidak memenuhi ruangan.

Meja lipat gantung ini terbuat dari material multipleks tebal dan PVC sheet yang kokoh. Ukurannya cukup praktis, yaitu 81 x 41 x 1.5 cm yang kuat menahan beban hingga 20 kg. Produk ini tersedia dalam warna hitam dan putih yang netral untuk berbagai konsep ruangan.

Harga Rp. 180.000-222.000

Meja Belajar Kozu Minimalis dengan Rak Serbaguna 4 Susun

Meja belajar yang disertai rak untuk menyimpan buku memang praktis digunakan. Namun, meja belajar jenis ini biasanya memiliki ukuran besar yang memakan tempat.

Tak perlu khawatir, kini telah hadir Meja Belajar Kozu Minimalis dengan Rak Serbaguna 4 Susun. Meja ini cocok bagi hunian mungil untuk menghemat ruangan. Produk ini tersedia dalam ukuran 100 x 55 x 120 cm yang ideal.

Terbuat dari material PB board, paper lamination, logam, dan MDF membuatnya lebih kokoh, sehingga aman untuk menyimpan perlengkapan belajar atau bekerja. Bergaya Jepang-Skandinavia, produk keluaran Heim Studio ini direkomendasikan bagi pemilik rumah minimalis.

Harga Rp. 1.299.000-2.439.800

Meja Belajar Sano Kayu Olahan Minimalis Tanpa Laci dan Rak Buku

Rekomendasi meja belajar minimalis berikutnya adalah Meja Belajar Sano Kayu Olahan Minimalis Tanpa Laci dan Rak Buku. Produk ini merupakan keluaran Heim Studio yang berukuran 120 x 55 x 75 cm.

Meja ini terbuat dari PB board dan paper lamination yang aman jika terkena air. Direkomendasikan bagi para profesional muda, meja ini juga menghadirkan fleksibilitas dalam bekerja serta menyimpan dokumen. Meja dengan warna cokelat yang netral ini dapat dirakit dengan mudah.

Harga Rp. 699.000-749.000

Meja Belajar Minimalis Expo SD1222

Meja Belajar Minimalis Expo SD1222 adalah meja belajar minimalis berikutnya yang direkomendasikan. Produk ini memiliki ukuran 120 x 50 x 75 cm yang ideal. Dengan ukuran tersebut, meja ini sesuai untuk menunjang kenyamanan belajar anak. Produk bergaya minimalis ini terbuat dari bahan partikel combi MDF dan logam pada bagian kakinya.

Harga Rp. 1.185.000-1.543.000

Meja Belajar Hairpin Minimalis

Bosan dengan warna meja belajar yang itu-itu saja? Kamu bisa memilih produk Meja Belajar Hairpin Minimalis yang hadir dalam aneka warna finishing yang elegan. Warna yang ditawarkan, antara lain clear glossy, clear doff, hitam doff, hitam glossy, candy brown, rotan brown, red mahoni, dan jati merah.

Tidak hanya unggul dari segi warna, produk ini juga terbuat dari kayu pinus yang ringan, kokoh, dan awet. Meski memiliki ukuran yang cukup besar, meja ini memiliki konsep minimalis yang sesuai untuk hunian mungil. Perawatannya pun mudah, cukup bersihkan menggunakan kain kering secara rutin tiap minggu.

Harga Rp. 750.000-750.000

Meja Belajar Minimalis LHP70

Meja belajar dengan ukuran kecil paling dicari untuk rumah bergaya minimalis. Bagi yang tengah mencari produk yang sesuai, Meja Belajar Minimalis LHP70 adalah jawabannya. Produk ini berukuran 60 x 40 x 70 yang ringkas dan sederhana.

Terbuat dari kayu dengan kaki-kaki besi membuat meja ini ringan dan kokoh. Aman untuk meletakkan barang-barang, meja ini bahkan bisa menampung beban hingga 80 kg.

Meja ini tersedia dalam beberapa warna menarik, yaitu serat kayu muda, serat kayu tua, hitam, putih, dan abu-abu tua. Kamu juga bisa memesan warna sesuai dengan keinginan untuk menyesuaikan ruangan.

Harga Rp. 354.000-450.500

Meja Belajar Minimalis Industrial MB03

Meja Belajar Minimalis Industrial MB03 adalah rekomendasi meja belajar berikutnya untuk hunian mungil. Produk dengan dimensi 120 x 54 x 74 cm ini dilengkapi dengan rak sebagai penyimpanan.

Didesain dengan konsep industrial terbaru, tak heran jika meja ini menjadi pilihan para profesional muda. Produk ini terbuat dari multipleks tebal dengan lapisan HPL taco yang tahan air.

Awet dan kokoh, meja ini juga dilengkapi rangka besi holo dilapisi cat powder coating yang tidak mudah terkelupas.

Harga Rp. 1.190.000-1.190.000

Meja Belajar Kittitas Minimalis Di Rumah - Kayu Jati

Rekomendasi meja belajar minimalis yang terakhir adalah Meja Belajar Kittitas Minimalis Di Rumah - Kayu Jati. Didesain elegan, meja ini cocok untuk menunjang estetika ruangan bergaya minimalis. Ukurannya juga ideal untuk belajar maupun bekerja, yaitu 100 x 50 x 75 cm.

Meja belajar ini terbuat dari kayu jati yang bermutu. Produk ini juga dilengkapi beberapa fitur menarik, seperti baki keyboard, laci gantung, slot file, dan scrollwork kaki. Meja dengan finishing doff ini cocok untuk kamu yang memiliki karakter teratur.

Harga Rp. 2.500.000-2.600.000

Tips Merawat Meja Belajar agar Selalu Bersih dan Awet

Pisahkan Barang Disesuaikan dengan Kategori

Tidak hanya bahan, perawatan juga menjadi faktor penting dalam mempertahankan keawetan meja. Untuk merawat meja ada beberapa hal yang bisa dilakukan, salah satunya adalah memisahkan barang sesuai dengan kategorinya. Misalnya saja mengelompokkan dokumen, alat tulis, dan juga perlengkapan lain di atas meja. Untuk barang yang berat, sebaiknya diletakkan di rak bagian bawah. Dengan demikian, bentuk meja belajar tidak akan berubah akibat tertekan beban berat.

Menggunakan Wadah Khusus

Agar meja belajar tetap awet, sebaiknya jangan meletakkan sembarang benda di atasnya. Gunakan pula wadah khusus untuk menyimpan perlengkapan, sehingga penyimpanan menjadi lebih ringkas. Kamu juga bisa memanfaatkan laci agar alat tulis lebih terorganisir.

Kumpulkan pula benda-benda kecil, seperti klip, spidol, hingga flashdisk di satu wadah, sehingga mudah ditemukan dan tidak tercecer. Buku-buku juga bisa diletakkan dalam keranjang khusus agar tidak mempersempit meja belajar.

Jangan Meletakkan Barang yang Tidak Perlu

Kerapian meja belajar adalah salah satu faktor yang berpengaruh pada fokus dan semangat belajar. Maka dari itu, pastikan meja belajar selalu riapi dengan tidak menempatkan barang yang tidak perlu di atasnya. Pilihlah barang-barang yang sering dipakai untuk diletakkan di meja. Sementara barang-barang lain bisa disimpan di laci atau kotak khusus.

Pastikan untuk Membersihkan Meja Belajar secara Rutin

Kebersihan adalah hal penting dalam menjaga keawetan meja. Sering digunakan, sudah pasti meja rentan kotor akibat debu dan kotoran. Apalagi pada meja dengan banyak benda di atasnya. Maka dari itu, bersihkan meja belajar secara rutin agar kegiatan belajar menjadi lebih aman dan nyaman.

Setidaknya sekali dalam seminggu rapikan perlengkapan belajar di atas meja sembari membersihkan permukaannya. Sortir pula barang-barang yang tidak digunakan untuk dibuang, seperti isi pulpen yang telah habis, kertas bekas, serta sampah lainnya.

Segera Rapikan Meja Belajar Setelah Digunakan

Apa yang kamu lakukan seusai belajar? Kebanyakan orang hanya akan mematikan lampu belajar, menutup buku, lalu beranjak pergi setelah selesai belajar. Padahal, agar meja belajar tetap bersih dan terawat, disarankan untuk langsung merapikan meja seusai memakainya. Luangkan waktu lima menit untuk mengatur meja kembali. Meja yang teratur akan lebih mudah untuk dibersihkan.

From our editorial team

Pastikan Ukuran Meja Belajar Sesuai dengan Tubuh Anak

Meja belajar menjadi salah satu furnitur yang harus diperhatikan agar anak dapat belajar di rumah dengan lebih nyaman. Pemilihannya pun tidak bisa asal-asalan, ya, karena ukurannya harus disesuaikan dengan tubuh anak. Pastikan juga pilih meja yang paling nyaman sehingga saat belajar anak tidak mudah lelah.

Tag