10 Rekomendasi Meja Belajar untuk Belajar dan Bekerja di Rumah (2020)

10 Rekomendasi Meja Belajar untuk Belajar dan Bekerja di Rumah (2020)

Meja belajar adalah item penting untuk dimiliki di rumah. Anda wajib tahu tips memilih meja belajar dari kami! Intip juga rekomendasi meja belajar dari kami!

Meja Belajar jadi Salah Satu Furnitur Penting Penunjang Belajar

Belajar memang bisa dilakukan di mana saja. Bisa di kamar tidur, di ruang tamu, di depan televisi, bahkan di kebun. Namun, supaya konsentrasi belajar atau bekerja jadi lebih meningkat, maka alangkah baiknya jika belajar dan bekerja dilakukan di meja belajar. Ini bisa menunjang kenyamanan fisik maupun kenyamanan batin.

Belajar dengan posisi tengkurap atau sambil ngemil biasanya malah membuyarkan konsentrasi. Selain itu, tubuh jadi mudah pegal dan sakit meski baru belajar atau bekerja sebentar saja. Jika sudah begini maka kegiatan baik belajar atau bekerja jadi terhenti dan kita jadi malas melanjutkannya.

Meja belajar bisa jadi penunjang penting untuk bekerja dan belajar. Di meja belajar anak bisa lebih konsentrasi melakukan kegiatan belajarnya. Orangtua pun bisa memanfaatkan meja belajar untuk bekerja dan melakukan tugas kantor di meja belajar agar lebih fokus dan lebih cepat selesai.

Dengan bekerja dan belajar di meja belajar maka kita bisa lebih cepat menemukan hal yang kita butuhkan. Mulai dari buku, peralatan tulis, dan lain sebagainya sudah dekat dalam jangkauan kita jadi kita tidak perlu bangkit dari duduk dan berjalan kesana kemari mengambil kebutuhan.

Belajar dan bekerja di meja belajar juga membuat kita jadi tidak mudah lelah dan jadi bisa lebih cepat menyelesaikan pekerjaan. Ini juga akan membuat kita untuk belajar bertanggung jawab yakni membersihkan meja usai memakainya supaya meja tetap rapi dan bisa digunakan kapan saja dibutuhkan.

Tips Memilih Meja Belajar

Pilih dari Bahannya

Ketika memilih meja belajar, kita bisa memilih dari bahannya. Supaya lebih awet, tidak ada salahnya memilih bahan yang kuat dan kokoh. Anda bisa memilih bahan kayu utuh atau bahan kayu yang solid. Bisa juga untuk memilih meja belajar berbahan aluminium, besi, dan semacamnya. Bahan yang kokoh membuatnya lebih awet untuk digunakan belajar dan bekerja. Ada beberapa jenis pelapis yang bisa digunakan untuk meja belajar, mulai dari pernis,politore, pelitur air, cat duco, dan lain sebagainya.

Meja belajar kebanyakan terbuat dari bahan kayu. Meski memiliki banyak kelebihan, meja belajar bahan kayu umumnya rentan terhadap air sehingga lebih cepat rusak. Maka dari itu, banyak produsen meja belajar yang melengkapi produk meja belajar kayunya dengan pelapis yang berfungsi untuk memperindah, sekaligus menambah ketahanan meja dari serangan rayap, jamur, maupun mikroorganisme lain.

Perhatikan Ukurannya

Hal lain yang perlu diperhatikan saat kita memilih meja belajar adalah ukurannya. Pastikan Anda menyesuaikan dengan luas ruangan tempatnya diletakkan. Jangan sampai ukuran meja belajar terlalu besar sehingga ruangan terkesan sempit. Ruangan yang sempit membuat suasana belajar atau bekerja jadi kurang nyaman. Sebagai pertimbangan, jika ingin meja yang besar bisa gunakan meja lipat sehingga usai dipakai bisa dilipat dan tidak memakan banyak tempat.

Jika ruangan ukuranya luas, maka Anda wajib mempertimbangkan jarak antara meja dan kursi. Pilih kursi dengan desain ergonomis dan ketinggian yang bisa diatur dengan mudah supaya bisa disesuaikan saat digunakan oleh Anda atau oleh buah hati.

Selain wajib memperhatikan ukuran meja dengan ruangan, perhatikan juga ukuran meja untuk pemakai meja. Jika untuk anak-anak sebaiknya memakai meja dengan ukuran lebar 90 hingga 110 cm. Cek juga ketinggian kaki meja dan pastikan posisi lutut serta siku tangan sudah nyaman. Ini supaya anak jadi lebih bersemangat belajarnya.

Pilih Model dan Warna Sesuai Kebutuhan

Anda bisa juga memilih model dan warna meja belajar sesuai dengan kebutuhan. Jika untuk digunakan umum, dalam artian untuk anak yang sudah remaja dan orangtua, maka ada baiknya memilih warna netral dan model yang disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya dengan banyak laci, atau dengan tempat keyboard supaya bisa meletakkan komputer dan keyboard juga pada mejanya.

Berbeda jika meja diperuntukkan bagi anak-anak usia TK atau SD. Mereka tentu ingin mejanya menarik supaya lebih semangat belajar. Anda bisa memilihkan meja dengan desain karakter yang fun. Warna mejanya pun bisa disesuaikan dengan warna favorit anak. Selain itu, pastikan juga modelnya menarik sehingga anak bisa lebih lama belajarnya karena menyukai desain meja belajarnya.

Cek Kelengkapan Elemen

Pastikan untuk mengecek kelengkapan elemen yang ditawarkan pada sebuah meja belajar. Misalnya elemen laci untuk meletakkan kalkulator, dokumen dan lain sebagainya. Lalu ada juga elemen khusus rak untuk meletakkan kebutuhan seperti alat tulis.

Ada juga elemen menarik yang ditawarkan pada beberapa jenis meja belajar. Salah satunya adalah lapisan permukaan bebas noda. Dengan adanya lapisan ini, maka Anda dan buah hati bebas untuk menulis, belajar, dan lainnya sembari minum teh, ngemil, dan lain-lain tanpa takut menodai meja belajarnya.

Usahakan memilih meja belajar yang lengkap dijual satu set dengan kursinya. Ini akan membuat Anda tidak perlu repot mencari pasangan kursi yang pas dengan meja belajarnya. Selain itu, meja yang dijual satu set dengan kursi tentu memiliki desain yang sama dengan meja sehingga bisa menjadi dekorasi ruang yang saling melengkapi.

Cara Merawat Meja Belajar agar Awet

Meja belajar akan lebih awet jika kita tahu cara merawatnya. Ajarkan juga si kecil merawat meja belajarnya supaya ia memiliki rasa tanggung jawab merawat apa yang dimilikinya. Cara merawat mejanya cukup mudah kok.

Rutinlah untuk membersihkan meja belajar setiap selesai memakainya. Segera lap dan keringkan jika meja ketumpahan air atau remahan kue. Genangan air yang tidak segera dikeringkan bisa bikin lembap meja belajar dan memicu pertumbuhan jamur.

Anda bisa emmakai campuran pasta gigi dan baking soda untuk menghilangkan bekas noda membandel pada meja belajar. Supaya meja belajar lebih bersih, tidak ada salahnya juga untuk melapisi meja belajar dengan cairan pelapis minimal satu bulan sekali.

Ini Dia Meja Belajar yang Bisa Jadi Pilihan Anda

Olympic Kids Study Desk Big

Olympic Kids Study Desk Big ini bisa jadi pilihan tepat. Meja belajar ini cocok untuk anak-anak. Terbuat dari bahan particle board yang kuat dan tahan lama, meja ini dilapis finishing paper dan offset printing terbaik dan berkualitas.

Desain mejanya menarik dengan karakter kesukaan anak-anak. Ada pilihan karakter Rapunzel, Mickey Mouse, Princess, Avengers, dan lainnya.

Produk ini bisa jadi tempat belajar dan menyimpan buku-buku pelajaran anak-anak. Ukuran meja belajar ini adalah 47 x 120 x 140 cm dengan berat 45 kg. Space meja cukup lebar dan ada laci untuk menyimpan dokumen.

Harga Rp. 815.000-1.355.000

Meja Belajar SD 5115

Meja Belajar SD 5115 ini bisa jadi piihan selanjutnya. Produk yang satu ini hadir dengan gaya modern klasik yang keren. Desainnya keren sehingga cocok untuk anak remaja dan orangtua. Produk ini memiliki motif sandalwood dengan varian warna yang menarik.

Meja belajar ini hadir dalam ukuran 120 cm x 40 cm x 156 cm. Terbuat dari particle board, mejanya dilaminasi paper sehingga lebih kokoh dan kuat.

Produk ini bisa juga jadi meja komputer yang nyaman. Meja lengkap dengan laci. Produk ini knock down sehingga harus dirangkai sendiri.

Harga Rp. 1.195.000-2.646.000

Meja Belajar Ikea Micke

Jangan lewatkan juga produk Meja Belajar Ikea Micke. Ini merupakan meja belajar yang simpel dan tidak memiliki banyak ruang penyimpanan. Hanya ada satu laci dan satu lemari kecil.

Produk ini memiliki ukuran 105 x 50 x 75 cm dengan berat 25 kg. Meja belajar yang satu ini mudah untuk dirakit sendiri. Produk ini terbuar dari bahan plastik ABS dengan warna putih. Meja belajar ini bagian kakinya terbuat dari bahan berlapis serbuk epoxy.

Harga Rp. 1.599.000-2.249.000

Meja Belajar SDC 5104

Meja Belajar SDC 5104 juga bisa jadi pilihan Anda. Produk yang satu ini adalah meja komputer yang bisa praktis jadi meja belajar atau meja kerja. Meja yang satu ini memberi ruang untuk penempatan CPU dan keyboard.

Produk ini dilengkapi dengan empat buah rak yang sejajar dengan tatakan mejanya. Meja ini juga bisa diisi dengan buku dan berbagai peralatan tulis.

Terbuat dari bahan kayu palet, produk ini memiliki ukuran 120 x 48 x 135 cm. Rangka mejanya kokoh sehingga meja tahan lama digunakan.

Harga Rp. 1.395.000-1.700.000

JYSK Office Desk Icon

JYSK Office Desk Icon ini juga bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini hadir dengan ukuran 120 x 60 x 75 cm. Meja belajar ini terbuat dari bahan metal kombinasi MDF sehingga kokoh dan tahan lama digunakan.

Meja ini cocok jadi meja belajar ataupun meja kerja di rumah. Produk yang satu ini desainya modern dengan perpaduan warna yang menarik sehingga bisa jadi dekorasi rumah yang indah.

Ada dua buah laci tarik ukuran sedang pada produk ini sehingga Anda bisa menyimpan barang pada meja yang satu ini.

Harga Rp. 2.079.000-3.685.000

Meja Belajar Komputer Benkyo Chitose

Anda tentu tidak akan melewatkan Meja Belajar Komputer Benkyo Chitose. Produk yang satu ini cocok untuk anak-anak. Meja belajar yang satu ini terbuat dari bahan kayu dengan warna yang atraktif.

Meja ini dilengkapi dengan rak panjang di bagian atas untuk memajang jam weker, suvenir, foto, dan lainnya. Produk ini terbuat dari bahan particle board. Meja belajar juga hadir dengan dua susun laci yang cukup besar sehingga bisa dipakai menyimpan buku dan lainnya.

Harga Rp. 1.965.000-2.149.000

BWORK Meja Kerja & Belajar

BWORK Meja Kerja & Belajar adalah pilihan selanjutnya untuk Anda. Produk yang satu ini terbuat dari bahan particle board dengan kualitas yang bagus.

Meja ini dilapis dengan bahan finishing taco sheet sehingga membuatnya lebih tahan lama. Model produk ini minimalis dengan banyak pilihan warna.

Pemasangan meja ini cukup simpel sehingga bisa dilakukan sendiri. Produk ini bisa memudahkan Anda belajar dan bekerja.

Harga Rp. 529.000-1.072.000

Meja Belajar Olympic Sds Ezo

Meja Belajar Olympic Sds Ezo tentu bisa jadi pilihan selanjutnya. Meja belajar anak-anak ini hadir dalam ukuran 43 x 90 x 120.5 cm dengan berat 30 kg.

Produk yang satu ini terbuat dari bahan particle board yang memakai finishing paper dan offset printing. Meja yang satu ini memilii space meja yang lebar.

Ada juga laci untuk menyimpan keperluan belajar lainnya. Bahan kakinya kokoh sehingga meja tidak akan mudah ambruk.

Harga Rp. 530.000-815.000

Meja Belajar SD 1512

Jangan lewatkan juga untuk memakai Meja Belajar SD 1512. Produk meja belajar yang satu ini hadir dengan tampilan yang mewah.a da juga rak di bagian atas yang dilengkapi tutup kaca sehinggabisa menjadi tempat pajangan foto dan lainnya.

Meja ini juga memiliki lemari kecil untuk diisi buku dan lain sebagainya. Ada juga dua buah laci untuk menyimpan aneka alat tulis. Terbuat dari bahan particle board laminasi paper, meja yang satu ini tahan lama digunakan. Produk ini hadir dengan ukuran 121 x 44 x 150 cm.

Harga Rp. 1.265.000-2.990.000

The Olive House Queen Anne Desk Set

The Olive House Queen Anne Desk Set tentu bisa jadi pilihan. Produk ini cocok untuk anak perempuan. Desainnya klasik dan elegan sehingga cocok untuk ruangan bertema vintage atau shabby chic.

Produk ini terbuat dari bahan kayu berkualitas. Meja belajar yang satu ini sudha hadir lengkap dengan kursinya yang juga berdesain klasik. Produk ini memiliki 4 buah laci dengan macam-macam ukuran dan tiga rak yang susunannya menyamping.

Harga Rp. 3.253.000-4.015.000
From our editorial team

Perhatikan Penempatan Meja Belajar

Bukan hanya memilih meja belajarnya saja yang wajib diperhatikan. Penempatan meja belajar juga wajib diperhatikan. Jangan sampai pencahayaan di bagian meja belajar kurang hanya karena salah menghadap atau salah peletakkan mejanya. Tentukan sudut yang nyaman untuk anak. Pastikan juga meja belajar anak tidak terlalu terpapar sinar matahari supaya anak lebih nyaman belajar saat pagi atau saat sore hari agar ia tidak silau.

Tag