10 Rekomendasi Kacang Kulit yang Cocok untuk Camilan Sehat (2021)

10 Rekomendasi Kacang Kulit yang Cocok untuk Camilan Sehat (2021)

Kacang kulit bukan camilan baru untuk kita. Sejak dulu banyak orang gemar ngemil kacang kulit karena unik. Ada sensasi tersendiri saat kita membuka kulit kacangnya lalu melempar biji kacang ke dalam mulut. Untuk kamu penggila kacang kulit, wajib sedia kacang kulit di rumah atau tas kamu. Nah, intip yuk deretan kacang kulit yang bisa memuaskan hasrat ngemilmu!

Kacang Kulit Jadi Camilan Wajib Saat Santai

Santai akan terasa kurang jika belum ngemil. Kita sebagai orang Indonesia lekat dengan kebiasaan ngemil. Dengan ngemil, rasanya perut jadi cepat kenyang dan bisa mengganjal perut sebelum jam makan utama tiba. Jenis camilan yang kita konsumsi pun beragam. Ada camilan kering, ada juga berupa camilan kue basah.

Nah, salah satu jenis camilan kering yang kerap kita konsumsi adalah kacang kulit. Camilan yang satu ini cocok di segala suasana. Mau saat perjalanan, menonton drama, hingga menonton pertandingan sepak bola, kacang kulit jadi andalan.

Rasa kacang kulit yang gurih bikin nagih dan bikin kita tak berhenti mengunyah. Tapi tahukah kamu apa saja kandungan dari kacang kulit yang bisa kita jadikan camilan? Kacang kulit berasal dari kacang tanah yang merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, protein, dan vitamin B. Kaya akan vitamin, folat, dan serat, kacang kulit jadi jenis kacang-kacangan yang baik dikonsumsi untuk menunjang kesehatan kita. Jadi, jangan ragu untuk ngemil kacang kulit, ya!

Manfaat Mengonsumsi Kacang Kulit

Menurunkan Kolesterol dan Gula Darah

Manfaat mengonsumsi kacang kulit yang pertama adalah mampu menurunkan kolesterol. Hal ini karena adanya kandungan asam lemak tak jenuh di dalam kacang kulit. Saat kolesterol menurun, maka risiko penyakit jantung bisa ditekan. Kamu jadi lebih sehat dan terbebas dari risiko panyakit jantung koroner.

Mengonsumsi kacang kulit juga bisa menurunkan gula darah. Kacang kulit akan mencukupi nutrisi tubuh. Di dalamnya ada mangan yang mampu menyerap kelebihan kalisum maupun glukosa. Kadar gula darah jadi stabil dan risiko diabetes pun menurun.

Melancarkan Pencernaan

Dalam 100 gram kacang kulit terkandung 8,5 gram serat. Ini bisa mencukupi 25 persen kebutuhan serat harian pada laki-laki dan 33 persen dari kebutuhan serat harian pada wanita. Saat kebutuhan serat kita tercukupi, maka pencernaan kita jadi lebih sehat karena lancar. Saat pencernaan lancar maka kadar kolesterol berkurang dan risiko obesitas, stroke, serta diabetes pun bisa ditekan.

Kamu yang sedang diet juga aman mengonsumsi kacang kulit. Ini karena kacang bisa jadi pengganti makanan ringan dengan jumlah yang terbatas. Jika ingin menjadikan kacang kulit sebagai camilan diet, maka cukup konsumsi 28 gram tiap hari dalam seminggu.

Baik untuk Kulit

Kacang kulit juga bisa menunjang kesehatan kulit. Dari penelitian didapatkan bahwa ada molekul antiviral resveratrol yang tinggi pada kacang kulit. Senyawa ini sebelumnya ditemukan pada anggur merah. Fungsi dari senyawa tersebut adalah untuk melawan tanda penuaan. Zat tersebut juga bisa memimalkan kerusakan kulit serta mencegah kanker kulit.

Kacang kulit juga kaya akan vitamin E, vitamin B, dan riboflavin. Ini bisa membantu mengurangi garis serta kerutan pada kulit. Kita juga bisa menjaga kulit dari paparan radikal bebas penyebab kerusakan kulit karena kacang kulit kaya akan vitamin B6 dan nutrisi lainnya.

Tips Memilih Kacang Kulit

Saat akan membeli kacang kulit, kamu tetap wajib pilah pilih. Ini karena tak setiap kacang kulit terasa enak dan bisa melengkapi nutrisi tubuh kita. Maka dari itu, hati-hati saat memilih kacang kulit yang akan dikonsumsi.

Pertama, silakan cek bagian komposisi di balik kemasan kacang kulit. Di sana selain melihat bahan utama, kamu juga bisa melihat takaran sajian dan gizi yang tertera. Selain itu, kenali juga cara pembuatannya. Ada kacang kulit yang diolah dengan cara disangrai dan ada juga yang dioven. Kedua teknik ini akan menghasilkan rasa yang berbeda. Kacang yang disangrai terasa lebih gurih karena bebas minyak. Kacang yang dipanggang dengan oven menghasilkan kacang yang lebih sehat karena nutrisinya tak hilang selama dipanggang.

Selanjutnya, kamu bisa juga memilih kacang kulit dari segi rasanya. Dulu, rasa kacang kulit hanya ada rasa asli saja. Ini cocok untuk kamu yang tak suka rasa yang aneh-aneh. Kacang kulit rasa asli memang bisa memberikan sensasi yang tak membosankan saat dikonsumsi. Kini, ada juga varian rasa lain yang tersedia di pasaran. Contohnya saja rasa bawang, karamel, hingga vanilla. Berbagai kacang kulit dengan varian rasa baru ini tentu unik dan wajib kamu coba.

Berikutnya, saat memilih kacang kulit, kamu bisa pilih dari segi kemasannya. Jika tak ingin terlalu banyak ngemil, kamu bisa lirik ukuran 40 gram. Namun jika untuk liburan atau untuk dimakan bersama teman dan keluarga, kamu bisa pilih kemasan ukuran 200 gram ke atas.

Ini Loh, Deretan Kacang Kulit Enak untuk Camilan Sehat

Kacang Kulit Garuda Rasa Bawang

Kacang Kulit Garuda Rasa Bawang adalah pilihan utama untuk kamu pencinta kacang. Merek Garuda sudah tak perlu dipertanyakan lagi kualitasnya. Mereka memproduksi kacang kulit dengan bahan premium yang diolah higienis dengan teknologi terkini. Aromanya wangi bawang bikin kita tak sabar untuk segera mengonsumsinya. Kacang yang satu ini bikin kamu tak bisa berhenti ngemil. Cocok untuk kamu bawa piknik, nonton TV, bekerja, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 8.000-32.000

KACANG GARING DUA KELINCI

KACANG GARING DUA KELINCI menjadi andalan masyarakat Indonesia sejak dulu. Kacang kulit ini berkualitas dan bermutu tinggi. kamu bisa menikmatinya kapan saja diinginkan. Selain bisa jadi camilan di rumah, kamu juga bisa membawanya ke luar rumah atau bepergian. Ada berbagai kemasan mulai dari 40 gr, 70 gr, 180 gr, hingga 750 gr untuk kamu pilih.

Camilan sehat ini terbuat dari kacang tanah segar yang ditambah minyak nabati sehingga bisa memberi energi tambahan. Rasa kacangnya gurih dengan aroma yang wangi bikin kita semangat ngemilnya.

Harga Rp. 6.600-62.000

Kacang Kulit Mr. P

Kacang Kulit Mr. Prime boleh juga untuk kamu lirik jadi pilihan. Produk ini begitu unggul di pasaran dan banyak dicari. Ini karena selain rasanya enak dan bikin nagih, kacang kulit Mr. Prime mengandung berbagai vitamin dan mineral. Ada juga kandungan asam folat yang tinggi. Berbagai kandungan tersebut bisa menutrisi tubuh dengan lebih baik. Ibu hamil pun aman mengonsumsinya asalkan dalam jumlah terbatas.

Terbuat dari bahan kacang premium, dijamin kamu jadi tak bisa berhenti mengunyah kacang kulit yang satu ini. Diproduksi oleh PT. Mitrafoods, harganya terjangkau untuk isiannya yang banyak. Bawa saja kacang ini ke berbagai aktivitasmu, pastinya kamu makin semangat kala waktu istirahat tiba karena kamu bisa menikmati kacang ini.

Harga Rp. 41.000-86.000

Kacang Shandong Mr. Best

Kacang Shandong Mr. Best ini merupakan produk dari Malaysia. Kacang kulit ini terkenal di sana karena rasanya begitu enak. Kacang impor ini kaya akan vitamin A, B, E, dan K. Konsumsi rutin bisa bikin nutrisi tubuh bertambah. Kacang ini dikemas secara rapi dalam kemasan plastik yang dilengkapi zip lock. Ini menguntungkan kamu karena kamu bisa merapatkan zip lock-nya saat isinya belum habis sehingga kacang tetap renyah dimakan kapan saja. Bawa saja produk ini kemana pun kamu pergi. Siapa saja tentu tak menolak jika ditawari ngemil kacang kulit yang enak ini. Produk ini diproduksi secara higienis dan pilihan kacangnya berkualitas premium. Ini yang bikin rasa kacangnya gurih dan bikin nagih.

Harga Rp. 22.000-59.000

Tong Garden Shandong Groundnuts

Tong Garden Shandong Groundnuts bisa jadi camilan nikmat kala senggang. Dikemas dalam ukuran 120 gram, kamu mudah membawanya ke mana saja. Masukkan ke dalam tas untuk bisa kamu cemil di perjalanan. Boleh juga untuk teman ngemil saat kamu sedang bekerja atau belajar. Produk yang satu ini memiliki rasa asin. Paduan aroma bawang yang khas dengan gurihnya kacang membuat kita tak bisa menolak kelezatan kacang kulit ini. Ukuran kacangnya cukup besar dan bisa dipastikan bikin kita puas memakannya.

Harga Rp. 14.000-23.000

Camel Shandong Groundnuts

Camel Shandong Groundnuts merupakan camilan sehat untuk kamu lirik jadi teman saat santai. Produk ini dikenal akan pembuatannya yang higienis dengan teknologi tinggi. Kacang kulit Camel diolah tanpa tambahan pengawet dan perasa buatan. Kacangnya dipilih dari yang paling bagus sehingga bisa dibilang produknya premium. Cocok untuk dikonsumsi kamu yang sedang diet. Aman dikonsumsi kapan pun kamu inginkan. Hadir dengan rasa asli, kacang dikemas dalam ukuran 150 gram.

Harga Rp. 33.000-55.000

Merpati Kacang Kulit

Merpati Kacang Kulit tergolong kacang kulit yang tak biasa. Ini karena ada corak unik khas Minahasa dari kacangnya. Selain enak dicemil sendiri, kamu juga bisa memberikannya sebagai produk oleh-oleh pada sahabat, teman, atau keluarga. Camilan dari Manado ini beda dari kacang kulit umumnya. Isian kacangnya kulitnya hadir dengan corak garis berwarna ungu. Hadir dengan rasa asli, dalam satu kemasan isinya 400 gram. Rasanya enak dan kamu pasti ketagihan usai mencoba mengonsumsinya.

Harga Rp. 70.000-120.000

Boby Kacang Kulit Garing

Ada banyak sekali pilihan produk kacang kulit enak yang bisa kamu coba. Salah satunya, Boby Kacang Kulit Garing. Kacang yang satu ini dikemas dalam plastik yang padat dengan isiannya. Dalam satu plastik isi 100 gram. Kacang ini ekonomis dan mudah dibawa kemana saja. Letakkan di tas kamu, sehingga kamu bisa ngemil kacang ini di mana saja kamu inginkan. Produk ini begitu lezat disantap karena rasanya gurih. Dipastikan kamu tak bisa berhenti ngemilnya.

Harga Rp. 6.000-12.000

Kacang Jambu Kacang Kulit

Kacang Jambu Kacang Kulit termasuk kacang sehat yang bisa kamu konsumsi. Kacang yang satu ini memiliki keunikan dari segi aroma. Ada wangi smoky yang kental saat membuka bungkus dan mencium aroma kulit kacangnya. Diolah dengan cara dioven, kacang ini rasanya khas dan enak. Kamu bisa membelinya dalam kemasan kecil 100 gram. Rasa kacangnya asli jadi sudah dipastikan cocok dengan lidah kamu. Ini adalah camilan enak untuk menemani aneka aktivitas kamu.

Harga Rp. 5.000-15.000

Champion Kacang Kulit Rasa Vanilla

Kacang kulit rasanya gitu-gitu aja? Hm... kamu perlu coba kacang kulit rasa baru. Bagi pencinta vanilla, kamu bisa lirik Champion Kacang Kulit Rasa Vanilla. Aroma kacang kulit ini begitu menggoda selera saat bungkusnya dibuka. Aroma vanilla yang semerbak membuat kita jadi lebih rileks. Rasa kacangnya juga enak dengan sensasi manis dari vanilla. Ini bikin kamu tak bisa berhenti ngemil kacang kulit yang satu ini. Dikemas dalam kemasan plastik ukuran 50 gram. Kamu bisa membawanya kemana saja untuk dinikmati kala kamu butuh camilan enak.

Harga Rp. 58.000-61.000
From our editorial team

Batasi Ngemil Kacang Kulit

Segala sesuatu memang sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan. Kacang kulit memang enak dan bikin nagih. Namun, kamu harus memiliki batasan saat mengonsumsinya. Agar tak mengonsumsi berlebihan, kamu bisa mengambil kacang kulit dan tempatkan pada mangkuk kecil. Habiskan perlahan dan batasi untuk sehari, satu mangkuk kecil saja. Atau jika ingin bepergian, kamu bisa menempatkan kacang dalam wadah-wadah plastik kecil agar lebih mudah dibawa. Ingat untuk tidak mengonsumsi lebih dari satu atau dua bungkus plastik kecil kacang kulit dalam sehari agar nutrisi terpenuhi dan tetap tidak berlebihan.