Butuh Camilan Kaya Nutrisi? 10 Rekomendasi Camilan Kacang Mede Berikut Cocok untuk Anda! (2020)

Butuh Camilan Kaya Nutrisi? 10 Rekomendasi Camilan Kacang Mede Berikut Cocok untuk Anda! (2020)

Kacang mede bisa jadi camilan sehat selain jadi bahan untuk sokelat dan kue kering. Nah, intip sederet manfaat dari kacang mede yuk! Jangan lupa cek rekomendasi kacang mede yang bisa jadi camilan sehat dari kami!

Kacang Mede, Camilan Enak yang Tinggi Nutrisi

Ngemil snack seperti sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia. Snack yang rasanya gurih akan lebih disukai karena bisa bikin nagih. Nah, sebaiknya saat ngemil, Anda memilih camilan yang bisa menyehatkan juga. Salah satu contohnya adalah ngemil kacang-kacangan seperti, kacang mede.

Kacang yang satu ini berasal dari pohon jambu monyet. Buah jambu monyet mirip lonceng dan ujung buahnya berbentuk kacang runcing melengkung. Jika buahnya matang, maka kacang akan dipisahkan dari buah lalu dikeringkan. Selanjutnya, kacang bisa diolah sesuai selera, bisa digoreng, dioven, dan lain sebagainya.

Kacang mede bisa jadi bahan campuran cokelat, kue, sambal, atau bahkan dicemil sebagai kacang biasa. Tekstur kacang ini renyah dan memiliki rasa yang gurih. Bukan hanya rasanya yang enak, camilan ini rupanya juga kaya nutrisi loh.

Kacang mede dikenal kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Dalam kacang mede terdapat tembaga, fosfor, seng, magnesium, besi, dan selenium untuk menjaga fungsi tubuh. Selain itu, ada juga kandungan vitamin E, K, dan B6 untuk membuat tubuh makin sehat.

Banyak orang berusaha menghindari kacang mede karena dianggap tinggi kalori dan tinggi lemak. Padahal jika dikonsumsi dalam jumlah sewajarnya, camilan ini tetap bisa menyehatkan karena kaya akan zat besi yang bisa membantu pembentukan hemoglobin. Kacang mede juga juga kaya akan karbohidrat, protein, folat, niasin, dan asam pantotenat sehingga membuatnya makin bagus untuk kesehatan.

Manfaat Mengonsumsi Kacang Mede

Menyehatkan Jantung

Mengonsumi kacang mede tak selalu membahayakan. Asalkan kita tahu batasannya, maka kita bisa mendapatkan manfaat baik dari kacang mede. Salah satu manfaat baik dari mengonsumsi kacang mede adalah menyehatkan jantung.

Dalam kacang mede terdapat asam oleat yang bisa meningkatkan kesehatan jantung. Asam oleat juga bisa mengurangi kadar asam trigliserida yang memicu penyakit jantung. Selain itu, ada juga magnesium dalam kacang mede yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah sehingga bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Vitamin dan mineral pada kacang mede juga terbilang sangat bagus untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

Menurunkan Berat Badan

Kacang mede juga cocok untuk para pelaku diet loh. Riset dari American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa tubuh akan butuh banyak energi untuk mencerna kacang mede dan kalori yang tak semuanya bisa terserap tubuh. Ini akan membuat Anda jadi merasa kenyang lebih lama. Selain itu, hal ini juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Kacang mede bisa jadi camilan tepat karena mengandung lemak monoansaturated. Lemak yang satu ini bisa menurunkan berat badan dan kadar lemak dalam tubuh. Rutin makan kacang mede lebih dari dua kali dalam seminggu dapat membantu menjaga berat badan tetap stabil. Kandungan protein dalam kacang mede bisa mencegah kita makan lebih banyak karena kita jadi lebih cepat kenyang. Supaya hasil lebih maksimal, dianjurkan untuk mengimbangi nutrisi lain dari jenis makanan yang berbeda dan berolahraga secara teratur.

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Kacang mede juga bisa meningkatkan kepadatan tulang loh. Kacang ini kaya akan zat tembaga. Satu ons kacang mede mengandung 622 mikrogram tembaga. Orang dewasa berusia 19 tahun ke atas membutuhkan tembaga sebanyak 900 mikrogram, sehingga satu ons kacang mede akan bisa memenuhi lebih dari setengah kebutuhan tembaga setiap hari.

Zat tembaga bisa menggantikan jaringan ikat dan kolagen yang rusak. Jika tubuh kekurangan zat tembaga maka akibatnya bisa mengurangi kepadatan tulang sehingga meningkatkan risiko osteoporosis. Kacang mede kaya magnesium juga sehingga bisa membantu pembentukan tulang. Magnesium juga akan membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga tulang menjadi lebih kuat.

Menjaga Kesehatan Mata

Bukan hanya sayuran seperti wortel dan tomat saja yang bagus untuk mendukung kesehatan mata. Anda juga bisa menyehatkan mata dengan rutin megonsumsi kacang mede. Ini karena dalam kacang mede terdapat senyawa lutein dan zeaxanthin. Kedua senyawa tersebut bisa menjadi antioksidan yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Kedua senyawa itu juga bisa melindungi mata Anda dari kerusakan ringan. Risiko katarak juga bisa dicegah berkat adanya senyawa lutein dan zeaxanthin. Dengan begini, risiko Anda mengalami kebutaan bisa dicegah.

Tips Memilih Kacang Mede yang Bagus

Ketika membeli kacang mede tentu Anda tak ingin kecewa. Anda tentu ingin produk yang bagus supaya bisa menunjang kesehatan Anda dan keluarga. Maka dari itu perhatikan cara memilih kacang mede yang bagus ya.

Yang pertama adalah pilih yang kacang medenya utuh. Ini penting karena kacang mede utuh bisa berpengaruh pada kesempurnaan tampilan dan rasanya. Kacang yang tidak utuh dan terpecah belah terkesan rusak dan sudah lama tersimpan.

Selanjutnya, pilih kacang mede yang warnanya putih kecokelatan. Hindari kacang mede yang memiliki warna putih pucat. Kacang mede semacam ini dikhawatirkan sudah dicampur dengan pemutih. Pilih yang warnanya alami putih kecokelatan supaya lebih aman.

Tips selanjutnya adalah memilih kacang mede yang tak memiliki cacat bekas ulat. Ada kalanya kacang mede memiliki bekas dimakan ulat terlihat bolong pada bijinya. Hindari memilih yang semacam ini supaya lebih aman untuk kesehatan.

Cara Menyimpan Kacang Mede Agar Awet

Kacang mede juga perlu disimpan dengan benar supaya rasanya tetap enak sampai pada saat kita mengonsumsinya. Kacang ini tinggi akan lemak sehingga bisa cepat basi jika disimpan terlalu lama dengan cara yang tak benar. Simpanlah kacang mede di tempat yang kering, sejuk, dan gelap. Ada baiknya Anda menyimpannya pada wadah yang kedap udara dan kering supaya kacang mede tersebut tak berjamur dan tak melempem.

Selanjutnya, usahakan untuk menyimpannya dalam suhu ruang. Jika disimpan dala suhu ruang, maka kacang mede bisa bertahan hingga 6 bulan lamanya. Jika hendak menyimpannya lebih lama, Anda bisa menyimpannya pada freezer. Namun, tetap pastikan bahwa Anda menaruhnya di dalam wadah kedap udara.

10 Rekomendasi Kacang Mede untuk Camilan atau Hidangan

Kacang Mede Madu Wijen

Rekomendasi kacang mede untuk Anda pertama adalah Kacang Mede Madu Wijen. Ini tentu bisa jadi camilan yang unik dan menyehatkan. Bukan sekadar kacang mede biasa, kacang yang satu ini dibalur dengan madu dan ditaburi dengan wijen. Kita semua tahu wijen dan madu kaya manfaat untuk tubuh. Paduan kacang mede, wijen, dan madu tentu bisa jadi pilihan camilan sehat. Rasanya manis kombinasi gurih dan ada aroma ahrumnya wijen bikin camilan ini sangat nagih.

Harga Rp. 55.000-74.000

Kacang Mede Oven

Kacang Mede Oven juga bisa jadi pilihan selanjutnya untuk Anda. Kacang mede yang satu ini cocok untuk dicamil bersama teman atau keluarga. Kacang mede ini jelas lebih sehat dikonsumsi sebab cara pengolahannya tidak digoreng melainkan di panggang. Soal rasa, Anda tak perlu ragu lagi. Produk ini memiliki rasa asin gurih yang nikmat. Dijamin nagih dan pastinya seluruh keluarga menyukainya.

Harga Rp. 75.000-97.000

Kacang Mede Goreng Tepung 250 gram Mete 1/4 kg

Untuk Anda yang bosan dengan camilan kacang mede yang itu-itu saja, coba deh yang satu ini. Ada Kacang Mede Goreng Tepung yang wajib dicoba. Camilan ini istimewa sebab kacang medenya dibalur dengan tepung krispy. Rasanya renyah dengan tekstur kriuk yang sangat menggoda. Aromanya harum dan rasanya gurih. Kacang mede yang satu ini dijamin bikin Anda ingin terus ngemil. Kacang medenya berkualitas super sehingga sangat memanjakan lidah.

Harga Rp. 42.000-79.000

500Gram (1/2Kg) Kacang Mede Pedas Goreng

Jangan lewatkan juga Kacang Mede Pedas Goreng. Produk yang satu ini sangat cocok untuk penggemar camilan pedas. Rasa gurihnya kacang mede berpadu dengan pedasnya bubuk cabai bikin nagih. Produk ini renyah dan kriuk teksturnya sehingga bikin nagih. Racikan bumbunya pas dan cocok dengan lidah sehingga bikin tak berhenti ngemil. Produk ini cocok juga dimakan sebagai lauk pendamping nasi dan lainnya karena rasa pedasnya begitu nikmat.

Harga Rp. 75.000-140.000

Kacang Mete Mede Super Wonogiri Mentah 1kg

Kacang Mete Mede Super Wonogiri Mentah 1kg ini juga bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini cocok untuk Anda olah menjadi camilan. Anda bisa menggorengnya atau memanggangnya. Anda bisa juga mengolahnya jadi aneka kue kering. Kacang mede yang satu ini masih segar dan terjamin mutunya. Produk diambil langsung dari produsen mete Wonogiri. Kacang medenya dikenal memiliki citarasa manis dan gurih yang nikmat. Produk ini dikemas aman sehingga kualitas terjaga hingga tangan konsumen. Kacang ini dijamin tak cepat melempem.

Harga Rp. 130.000-247.000

Green Farm Cashewnut Roasted Salted

Green Farm Cashewnut Roasted Salted ini juga bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini terbuat dari kacang mede pilihan. Anda bisa menjadikannya camilan sehat untuk keluarga. Produk ini diolah higienis sehingga aman dikonsumsi. Rasanya sangat enak dan bikin nagih. Anda bisa membawa kacang mede ini untuk jadi camilan kala santai atau kala bepergian. Anda bisa juga mencampurnya dengan oatmeal untuk sarapan.

Harga Rp. 45.000-103.000

Kangaroo Salted Cashew 100G

Kangaroo Salted Cashew 100G ini tentu tak bisa dilewatkan sebagai pilihan. Kacang mede yang satu ini dibuat di Malaysia. Produk ini diolah dengan higienis sehingga keamanannya terjamin. Rasa kacang ini gurih dan bikin nagih. Anda bisa menjadikannya camilan sehat untuk keluarga. Produk ini diolah dengan tepung gandum, gula, garam, dan minyak kelapa sawit. Sekali mencobanya, tentu Anda tak bisa berhenti mengunyahnya.

Harga Rp. 58.000-79.000

East Bali Cashew Nuts Sea Salt

East Bali Cashew Nuts Sea Salt adalah produk andalan selanjutnya. Kacang mede yang satu ini cocok untuk camilan kala menonton televisi atau dalam perjalanan. Produk yang satu ini diolah memakai garam laut yang kaya akan mineral dari Samudera Hindia sehingga rasa asinnya begitu terasa alami. Dibuat dari kacang mede pilihan, produk ini cocok dikonsumsi oleh siapapun, kapan saja, dan dimana saja. Tanpa bahan pengawet, produk yang satu ini juga gluten free sehingga tak membahayakan kesehatan.

Harga Rp. 33.500-50.000

Tai Sun Roasted Cashew Nuts

Tai Sun Roasted Cashew Nuts ini tentu bisa jadi pilihan. Kacang yang satu ini dipilih dengan teliti sehingga menghasilkan produk yang luar biasa. Diproses dengan higienis, kacang mede ini dipastikan memiliki rasa yang luar biasa. Produk ini dibuat di Malaysia. Anda bisa menikmatinya sebagai camilan sehat. Kacang mede yang satu ini rasanya enak dan bikin nagih.

Harga Rp. 24.000-75.000

Tong Garden Honey Roasted Cashew Nuts

Tong Garden Honey Roasted Cashew Nuts juga merupakan camilan pilihan. Kacang mede yang satu ini hadir dengan pilihan rasa madu. Gurihnya kacang mede berpadu manisnya madu bikin kita ingin terus mengunyah. Produk yang satu ini dibuat di Malaysia. Camilan yang satu ini sangat menyehatkan untuk keluarga.

Harga Rp. 17.500-50.000
From our editorial team

Kacang Mede Bisa jadi Teman Perjalanan yang Asyik

Kebiasaan orang Indonesia saat bepergian adalah sambil ngemil. Terasa ada yang kurang jika menikmati perjalanan jauh tanpa ngemil. Diantara sekian banyak jenis camilan, kacang mede bisa jadi pilihan tepat. Kacang yang satu ini sangat menyehatkan asal dikonsumsi dalam jumlah yang tak berlebihan. Rasanya renyah dan gurih, pastinya bikin nagih. Yuk, cek produk di atas untuk tahu produk unggulannya!