Ngemil Sehat dan Enak dengan Kacang Edamame, Yuk Cek 10  Rekomendasi Produknya! (2020)

Ngemil Sehat dan Enak dengan Kacang Edamame, Yuk Cek 10 Rekomendasi Produknya! (2020)

Di antara banyaknya camilan sehat yang ada, kamu wajib coba kacang edamame. Biji-bijian yang satu ini kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuhmu dan pastinya nggak bikin badan tambah melar. Nggak percaya? Simak info selengkapnya dan rekomendasi produk edamame sehat berkualitas di artikel BP-Guide berikut ini!

Mau Camilan Nabati Enak nan Lezat? Ya Kacang Edamame

Ngemil merupakan sebuah aktivitas yang disukai semua orang. Baik itu anak-anak maupun orang tua suka menyantap camilan. Banyaknya ragam camilan yang nikmat dan lezat memberikan banyak pilihan camilan yang tidak terbatas.

Kalau kamu juga hobi ngemil, mungkin kamu sudah tahu bahwa sebagian besar camilan mengandung kalori yang tinggi dan banyak bahan pengawet. Sekarang waktunya kamu untuk mulai mengenal camilan sehat.

Kacang edamame adalah salah satunya. Kacang ini sebenarnya merupakan kacang kedelai utuh yang dipanen saat masih muda dan belum dikeluarkan dari kulitnya. Warna hijaunya segar menggoda dengan tekstur renyah dan rasa gurih. Cara memasak edamame yang paling populer adalah dengan merebusnya atau dengan mencampurkan kacang ini di berbagai olahan masakan.

Masyarakat Indonesia mengenal edamame sebagai kacang kedelai yang asalnya dari Jepang. Selain lezat, kacang ini juga kaya akan kandungna nutrisi yang baik untuk kesehatan.Edamame mengandung banyak protein, vitamin A, vitamin C, dan 9 jenis asam amino esensial yang setara dengan daging dan telur.

Begini Cara Memasak Edamame Biar Lebih Nikmat

Edamame Bakar Pedas

Sumber gambar www.idntimes.com

Bagi kamu penyuka pedas, wajib banget mencicipi kelezatan edamame yang dibakar dan dibumbu pedas ini. Cara membuatnya tidak sulit kok. Tinggal ikuti saja resep di bawah ini.

Bahan:

  • 1 bks edamame frozen
  • 1 sdm minyak goreng
  • 1 sdm minyak wijen
  • Garam secukupnya
  • Cabai bubuk secukupnya

Cara membuat:

  • Hangatkan edamame, lalu letakkan di atas aluminium foil. Olesi dengan minyak, kemudian taburkan garam di atasnya. Bungkus aluminium foil sampai rapat.
  • Bakar di atas panggangan selama 5 menit sambil dibolak-balik.
  • Buka bungkusannya, lalu taburi dengan cabai bubuk.
  • Edamame bakar pedas siap dinikmati.

Salad Edamame

Sumber gambar food.detik.com

Bicara soal makanan sehat tentu tidak boleh meninggalkan salad yang kaya akan serat. Campuran edamame dalam salad sayur favoritmu akan membuat hidangan ini semakin kaya rasa dan nutrisi.

Bahan:

  • 200 gr cos lettuce, sobek kasar
  • 200 gr mentimun Jepang, serut memanjang
  • 100 gr edamame, rebus lalu ambil bijinya saja

Bahan saus:

  • 100 ml olive oil
  • 2 sdm soy sauce
  • 1 sdm air jeruk lemon
  • 1 siung bawang putih, parut
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdm mustard pasta
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdm almond panggang, cincang kasar

Cara membuat:

  • Buat dulu sausnya dengan mencampur semua bahan menjadi satu, lalu aduk rata. Sisihkan.
  • Siapkan mangkuk, lalu susun lettuce, mentimun, dan edamame secara berurutan.
  • Tuangkan saus, lalu aduk jadi satu sampai rata.
  • Taburi dengan almond cincang.
  • Segera sajikan selagi masih segar.

Edamame Dip

Sumber gambar www.simplyrecipes.com

Cara menyantap edamame yang satu ini mungkin belum banyak yang tahu. Edamame Dip adalah penyajian dengan saus tertentu dari bahan-bahan alami yang sehat dan bernutrisi. Kalau kamu penasaran, segera cek resep di bawah ini, ya.

Bahan:

  • 150 gr edamame cangkang beku, tunggu sampai mencair
  • 100 gr edamame rebus, ambil bijinya
  • 1 buah alpukat matang ukuran sedang, kupas dan potong-potong
  • Keripik tortilla secukupnya

Bahan saus:

  • 100 ml olive oil
  • 1/2 cup bawang cincang
  • 3 sdm air jeruk lemon
  • 2 sdm basil pesto
  • 1/2 sdt garam laut
  • 1/4 sdt lada hitam bubuk
  • 1 bh tomat, cincang

Cara membuat:

  • Masukkan edamame, alpukat, bawang, jus lemot, basil pesot, garam, dan lada ke dalam food processor. Tutup lalu biarkan tercampur rata dan halus.
  • Pindahkan ke dalam mangkuk untuk celupan. Tambahkan tomat dan garam di atasnya.
  • Sajikan bersama dengan keripik tortilla yang renyah.

Ini Dia Manfaat Kesehatan dari Edamame

Bantu Turunkan Berat Badan

Edamame sangat cocok disantap kamu yang sedang diet. Kandungan protein di dalamnya sangat tinggin dengan kalori yang rendah. Protein bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama dan mengurangi kadar lemak dalam tubuh secara efektif.

Riset telah membuktikan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi edamame secara rutin memiliki berat badan lebih ideal dibandingkan mereka yang tidak. Manfaat lain dari kacang edamame adalah sebagai penahan nafsu makan alami agar kamu tidak makan dalam porsi berlebih.

Mengurangi Risiko Kanker

Edamame mengandung isoflavon yang dapat mengurangi risiko kanker payudara dan kanker prostat. Senyawa yang satu ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah munculnya sel kanker.

Journal of Agriculture and Food Chemistry mengungkapkan bahwa kandungan isoflavon dalam kacang edamame bisa berperan sebagai antioksidan yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Mencegah Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit berbahaya dipengaruhi oleh faktor genetik. Mengkonsumsi kacang edamame sangat baik untuk penderita diabetes karena tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah. Edamame merupakan makanan yang indeks glikemiknya rendah.

Kacang edamame bisa menjadi alternatif camilan sehat bagi penderita diabetes atau untuk kamu yang sedang mengurangi konsumsi gula.

Mengurangi Gejala Menopause

Munculnya gejala menopause membuat seorang wanita merasa tidak nyaman. Untuk meringankan gejala menopause, konsumsi kacang edamame yang kaya akan kandungan nutrisi.

Selain bermanfaat mencegah kanker, isoflavon juga bisa menurunkan risiko osteoporosis pada wanita yang berada dalam fase post-menopause.

Dengan konsumsi kacang edamame, gejala seperti lemah, depresi, dan hot flash pada wanita menopause akan semakin berkurang.

Pencernaan Jadi Sehat

Kacang edamame bisa menjaga saluran pencernaan tetap sehat, membantu mencegah perut kembung dan sembelit yang sangat umum dialami siapa saja.

Tidak hanya itu, kacang edamame juga bisa membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah dan mengurangi risiko stroke serta serangan jantung.

Kacang edamame juga bisa memperkuat sistem imun yang membuatmu lebih sehat dan daya tahan tubuh lebih kuat.

Pilihan Produk Edamame yang Praktis Dikonsumsi

Minaku Edamame Sayuran

Minaku Edamame Sayuran kaya akan kandungan vitamin dan mineral serta banyak nutrisi lainnya seperti karbohidrat, kalium, serat, dan protein.

Manfaat konsumsi edamame ini adalah meningkatkan energi, meningkatkan metabolisme tubuh, dan untuk camilan sehat kaya serat.

Terbuat dari kacang edamame berkualitas yang halal, bisa dimakan langsung atau diolah menjadi makanan lain.

Harga Rp. 14.500-15.000

Crispy Salad Edamame

Crispy Salad Edamame adalah camilan yang diproses menggunakan cara yang aman, bersih, dan higienis. Metode vacuum fry atau digoreng dengan suhu rendah menghasilkan kacang edamame yang renyah namun kandungan nutrisinya tetap terjaga.

Manfaat yang bisa diperoleh dari konsumsi kacang edamame adalah menurunkan risiko penuaan dini dan menjaga tubuh agar tetap sehat. Kacang ini juga dilengkapi dengan pink himalayan salt murni yang kandungan mineralnya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tambahan coconut oil akan meningkatkan khasita yang dimiliki oleh produk ini.

Harga Rp. 27.200-29.000

Organic Edamame and Mung Bean Fettuccine Explore Cuisine

Buat kamu pecinta pasta namun ingin menyantap pasta berbahan organik yang sehat, ada Organic Edamame and Mung Bean Fettuccine Explore Cuisine. Pasta sehat ini terbuat dari campuran kacang edamame dan kacang hijau organik.

Diproses menggunakan cara alami tanpa adanya tambahan pangan lain seperti pengawet dan pewarna. Pasta tinggi serat ini sangat pas disajikan bersama dengan pesto dan saus tomat.

Harga Rp. 39.900-49.900

Edamame Fondre Permen Cokelat

Ada banyak cara menikmati kacang edamame lho. Salah satunya dengan menjadikan kacang ini sebagai isian cokelat supaya rasanya lebih lezat dan kaya. Edamame Fondre Permen Cokelat adalah cokelat batangan yang di dalamnya diberi isian kacang edamame.

Varian rasa cokelatnya beragam seperti milk chocolate, white chocolate, dan dark chocolate, serta berbagai macam pillihan paduan isi yaitu edamame dan oreo atau edamame dan raisin. Cocok dijadikan sebagai camilan sehat, termasuk bagi kamu yang sedang diet.

Harga Rp. 9.500-48.500

My Fruit Semarang - Edamame

Satu lagi camilan sehat yang wajib kamu coba, namanya My Fruit Edamame. Camilan ini sangat nikmat dan kaya serat. Kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya antara lain adalah vitamin A, vitamin C, dan serat.

Manfaat camilan ini adalah meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat proses pembekuan darah, mengurangi resiko kanker, dan mencegah hipertensi serta penyakit jantung. Makanan ini bisa dijadikan sumber protein tinggi yang aman dikonsumsi sehari-hari.

Harga Rp. 15.000

Mamehiro Crunchy Edamame

Selanjutnya ada rekomendasi Mamehiro Crunchy Edamame. Edamem yang satu ini dioleh dengan metode vacuum frying dengan sedikit minyak dan temperatur yang rendah.

Ini membuat warna, nutrisi, dan tekstur renyah edamame tetap terjaga. Kandungan gizinya masih utuh, namun rasanya sangat lezat.

Camilan ini rendah karbohidrat dan rendah lemak lho. Bisa juga dikonsumsi oleh kaum vegan. Varian rasa lain dan merek ini adalah Himalayan Salt yang gurih dan renyah.

Harga Rp. 30.000-32.300

Sunkrisps Bebibon Edamame Abon Sayur

Jika biasanya abon terbuat dari daging, abon yang satu ini beda karena terbuat dari edamame yang kaya akan nutrisi. Sunkrisps Bebibon Edamame Abon Sayur tinggi kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan.

Makanan ini aman dikonsumsi oleh bayi usia 6 bulan ke atas sebagai MPASI. Produk berkualitas ini dibuat dengan cara yang aman dan kandungan nutrisi yang masih utuh untuk menunjang tumbuh kembang si kecil.

Harga Rp. 32.900-43.400

Lumbung Padi Edamame Premium

Kacang edamame memang sering disebut sebagai kacang Jepang. Namun kamu tidak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk mendapatkan nutrisi kesehatannya. Lumbung Padi Edamame Premium dibudidayakan di Jawa Barat dan dirawat secara alami.

Edamame dengan kualitas premium ini dapat meningkatkan energi, melancarkan metabolisme tubuh, dan kaya kandungan serta untuk membantu menurunkan berat badan. Kandungan nutrisi di dalamnya antara lain adalah karbohidrat, kalium, serat, dan protein.

Harga Rp. 63.000-98.350

Ecozest Crunchy Zest Kacang Mix Buah

Ecozest Crunchy Zest Kacang Mix Buah adalah camilan yang kaya akan nutrisi. Makanan ini mengandung mineral, kalsium, dan protein yang baik untuk kesehatan. Membantu menyeimbangkan hormon pada wanita serta menyehatkan kulit dan rambut.

Campuran kacang pada camilan ini antara lain adalah cranberry, biji labu, almond, dan edamame. Bisa digunakan sebagai topping untuk oatmeal atau salad untuk menambah manfaat nutrisinya.

Harga Rp. 79.000-118.100

Mitratani Edamame

Mitratani Edamame adalah produk edamame asli Indonesia yang diekspor ke Jepang karena kualitasnya yang sangat baik. Kacang edamame ditanam dan dirawat dengan standar tingi dari Jepang, aman dari berbagai macam zat kimia berbahaya.

Edamame yang satu ini sudah direbus, tinggal disantap saja atau dicampurkan dengan makanan lainnya. Kandungan protein dalam kacang edamame hampir 2 kali lipat dari yang ada di dalam kacang buncis. Konsumsi kacang edamame secara rutin akan membuat tubuhmu lebih sehat.

Harga Rp. 18.000-47.500
From our editorial team

Kreasikan Edamame Menjadi Hidangan Lain Agar Semakin Nikmat

Rekomendasi produk edamame dari BP-Guide di atas sangat praktis dan tinggal masak lho. Agar kamu semakin bersemangat menyantapnya, kreasikan menjadi berbagai makanan lain yang menggoda. Kamu bisa mencari banyak kreasi makanan dengan edamame di internet. Mulai dari sekarang, yuk!