10 Rekomendasi Kacang Atom yang Cocok untuk Camilan Sore Hari (2020)

10 Rekomendasi Kacang Atom yang Cocok untuk Camilan Sore Hari (2020)

Sumber gambar www.tokomesin.com

Kacang atom adalah camilan renyah yang disukai banyak kalangan. Kacang berbalut tepung berbumbu nan lezat ini cocok banget untuk menemanimu bersantai di sore hari. Yuk, simak rekomendasi kacang atom untuk camilan ringan dari BP-Guide berikut ini.

Olahan Kacang Tanah Digemari Banyak Orang

Sumber gambar doktersehat.com

Saat bersantai rasanya tidak akan lengkap tanpa adanya camilan. Baik itu sekadar duduk bersama keluarga dengan teman atau saat menonton TV dan bermain media sosial. Berbagai macam jenis camilan, baik itu yang rasanya asin atau manis akan laris manis.

Ada salah satu camilan yang digemari oleh semua kalangan dari dulu sampai sekarang. Apalagi kalau bukan kacang tanah yang rasanya sangat gurih itu. Kacang tanah bisa diolah menjadi berbagai macam camilan seperti kacang goreng, kacang panggang, dan kacang atom.

Tidak hanya itu, kue dan permen rasa kacang juga sangat lezat lho. Camilan kacang sangat mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Kalau kamu punya waktu luang dan hobi masak, kamu bisa membuat camilan berbahan dasar kacang di dapurmu sendiri lho.

Manfaat Mengonsumsi Kacang yang Harus Kamu Ketahui

Menurunkan Berat Badan

Sumber gambar aarp.com

Siapa saja yang sedang atau pernah diet tahu kalau untuk menurunkan berat badan, maka camilan harus dihindari. Tentu saja tidak semua camilan, lho. Ada camilan sehat yang bisa membantu kamu menurunkan berat badan. Kacang termasuk di dalamnya.

Kacang sebenarnya punya kandungan lemak dan kalori yang cukup tinggi, namun tidak menyebabkan berat badan naik secara signifikan. Justru kacang membantu berat badan tetap ideal serta mengurangi risiko obesitas. Meskipun demikian, konsumsi kacang tidak boleh berlebihan dan diimbangi dengan makanan yang lainnya.

Misalnya setelah mengonsumsi kacang tanah dan berbagai olahannya, hindari mengonsumsi makanan tinggi lemak agar tidak tertimbun di dalam tubuh. Kacang tanah juga kaya akan protein dan lemak tak jenuh yang bisa membantu pembakaran kalori di dalam tubuh. Inilah yang membuatmu merasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsi kacang.

Menjaga Kesehatan Jantung

Sumber gambar blog.elevenia.co.id

Tidak salah menyebut kacang sebagai makanan yang menyehatkan. Kandungan lemak tak jenuh tunggal dan ganda dapat menjaga kesehatan jantung. Konsumsi 46 gram kacang tanah atau selai kacang bisa menyehatkan jantung pada penderita diabetes. Jadi tidak hanya memanjakan lidah, kacang juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Kacang tanah dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah, meningkatkan produksi oksida nitrat, dan dapat mencegah serangan stroke. Untuk mendapatkan manfaat kacang secara optimal, hindari pengolahan kacang dengan cara digoreng. Kacang rebus dan kacang kukus masih mengandung nutrisi yang sama dengan kacang mentah, sehingga paling baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh.

Mengendalikan Kadar Gula Darah

Sumber gambar medicalnewstoday.com

Kabar baik untuk penderita diabetes, kacang adalah camilan sehat untuk mereka. Kacang memiliki indeks glikemik sebesar 23 sehingga tidak akan mempengaruhi peningkatkan kadar gula dalam darah secara signifikan. Kandungan karbohidrat di dalam kacang dapat menghambat laju gula darah.

Selain itu, serat di dalam kacang mampu memperlambat pencernaan, sehingga pelepasan energi lebih lama dan lebih terkendali. Kandungan lain dalam kacang yang bermanfaat bagi penderita diabetes adalah mangan yang mampu menyerap kelebihan glukosa. Namun demikian, kacang memiliki kandungan kalori yang lumayan tinggi sehingga jangan dikonsumsi secara berlebihan.

Aneka Olahan Camilan Berbahan Dasar Kacang

Ampyang

Sumber gambar blibli.com

Ampyang adalah camilan kacang yang berasal dari daerah Jawa. Ampyang sendiri diambil dari bahasa Jawa, yaitu istilah yang banyak digunakan untuk mendeskripsikan kondisi jalan yang tidak rata dan bergelombang. Nah, kalau melihat bentuk ampyang, rasanya nama tersebut memang sangat pas.

Ampyang terbuat dari kacang tanah, gula merah, dan jahe. Perpaduan rasa manis, gurih, dan hangat membuat camilan ini sangat disukai, terutama di daerah Solo dan Yogyakarta. Kalau kamu bepergian ke daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta, ampyang sangat mudah ditemukan di pusat oleh-oleh di wilayah tersebut.

Rempeyek Kacang

Sumber gambar dapurkobe.co.id

Jika mendengar kata peyek atau rempeyek, yang terbersit di pikiran pastilah gorengan renyah dan lezat yang dijadikan pelengkap makan berat. Rempeyek terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan air lalu diberi taburan kacang sebelum digoreng. Rasa rempeyek sangat lezat berkat berbagai macam campuran bumbu seperti kunyit, ketumbar, dan irisan daun jeruk.

Rempeyek adalah pelengkap yang paling pas buat sajian pecel sayur. Meski sama-sama terbuat dari kacang, kedua makanan tersebut adalah perpaduan yang menggoda dan membuatmu ketagihan. Rempeyek sangat mudah dibuat dan ditemukan di warung, rumah makan, hingga restoran khas hidangan nusantara.

Enting Kacang

Sumber gambar perpus.jatengprov.go.id

Enting kacang juga dikenal dengan nama enting-enting atau ting-ting. Bahan utamanya adalah kacang tanah yang disangrai dan dicincang, lalu dicampurkan dengan biji wijen, madu, dan karamel gula merah. Enting kacang punya bentuk khas yaitu tipis dan panjang lalu terasa renyah saat digigit. Tekstur khas dari enting kacang adalah keras dan kering, sehingga bisa bertahan lebih lama.

Rasa manis enting kacang juga pas, sehingga tidak membuatmu eneg saat menyantapnya. Tidak salah lagi, camilan yang satu ini memang cocok untuk menemani saat bersantaimu.

Kacang Atom

Sumber gambar id.carousell.com

Camilan berbahan kacang lain yang sangat populer di kalangan masyarakat adalah kacang atom. Tidak perlu repot-repot membuatnya, kacang atom bisa kamu temukan dengan mudah di minimarket. Rasa gurih dan renyah kacang atom membuat camilan ini bisa kamu nikmati saat menonton TV, berkumpul bersama keluarga, teman, dan rekan kerja.

Kacang atom adalah camilan yang terbuat dari biji kacang utuh kemudian dibalut dengan tepung berwarna putih yang gurih dan renyah. Proses pembuatan kacang atom ada dua macam, yaitu dengan cara digoreng dan dioven. Apapun itu, tidak menghilangkan citarasa khas yang membuat siapa saja ketagihan.

Kacang atom juga bisa jadi pelengkap saat kamu menyantap mie goreng dan makanan lainnya. Kacang atom juga telah mengalami banyak modifikasi rasa seperti rasa pedas, rasa bawang, dan kacang atom rasa original.

10 Rekomendasi Merek Kacang Atom

Kacang Atom Dua Kelinci Barbeque

Produk camilan kacang dari Dua Kelinci sangat bervariasi, salah satunya Kacang Atom Dua Kelinci Barbeque ini. Kacang atom yang hadir dengan rasa barbeque yang asin dan gurih akan membuatmu ingin menyantapnya lagi dan lagi. Tidak hanya rasanya yang lezat, kacang atom ini juga mengandung gizi dan nutrisi untuk kesehatan tubuh.

Proses pembuatan secara higienis menjamin kualitas dari produk yang dihasilkan, dengan isi 140 gram yang cukup untuk dikonsumsi bersama. Balutan tepung berbumbu melengkapi kerenyahan rasa kacang dan cocok dinikmati kapan saja.

Harga Rp. 8.075-12.700

Kacang Atom Garuda Manis

Kalau kamu suka dengan yang manis-manis, Garuda Kacang Atom Manis adalah pilihan yang pas buatmu. Terbuat dari kacang pilihan berkualitas, menghasilkan rasa renyah dan padat dengan balutan tepung tapioka yang lezat. Proses penggorengan kacang menggunakan minyak nabati, sehingga lebih sehat dan rendah kandungan lemak.

Perasa manis yang diberikan pada kacang atom juga dalam kadar yang pas. Tidak membuatmu eneg dan kekenyangan karena rasanya.

Harga Rp. 7.900-9.200

Kacang Atom Sukro Original

Kacang Atom Sukro Original dari Dua Kelinci adalah camilan kacang bersalut tepung dengan rasa gurih yang nikmati. Melalui proses pengolahan modern untuk menghasilkan rasa kacang yang original, nikmat disantap bersama dengan seluruh anggota keluarga. Bumbu rempah khas asli Indonesia menciptakan cita rasa kacang atom yang khas, berbeda dari yang lainnya.

Camilan ringan ini bisa langsung disantap atau dijadikan pelengkap hidangan utama seperti mi instan, soto, atau nasi goreng. Jangan lewatkan camilan lezat ini di sela-sela aktivitasmu ya!

Harga Rp. 7.450-10.450

Kacang Atom Jambu

Kacang atom jambu adalah camilan khas Pati yang kaya akan rasa gurih, renyah, dan garing. Cocok dimakan kapan saja dan dimana saja, serta bersama siapa saja. Produk ini juga sehat karena diolah tanpa pemutih buatan, diproses dengan cara tradisional yang turun temurun.

Kacang atom ini juga tersedia dalam varian MSG dan non-MSG yang bisa kamu pilih sesuai selera. Komposisi pembuat kacang atom juga alami antara lain biji kacang pilihan, tepung tapioka, minyak nabati, garam, gula, serta bawang putih. Snack buatan lokal ini punya cita rasa yang khas, sulit kamu temukan di tempat lain.

Harga Rp. 15.000-20.800

Kacang Atom Pedas Garuda

Hadirnya ragam varian rasa kacang atom membuat snack ringan ini populer di semua kalangan. Garuda Food sebagai salah satu produsen makanan terdepan di Indonesia mempersembahkan varian GARUDA Kacang Atom Rasa Pedas untuk menemani saat santaimu agar lebih istimewa.

Kacang atom ini terbuat dari biji kacang pilihan yang kaya kandungan lemak tak jenuh untuk menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Selain sebagai camilan, kacang atom ini juga cocok sebagai pelengkap lauk saat makan berat. Kacang digoreng garing dalam minyak nabati, sehingga kandungan lemaknya tidak terlalu tinggi. Meriahkan momen kebersamaan dengan camilan yang lezat ini.

Harga Rp. 17.020-111.000

Kacang Atom Mr.P Pedas

Kamu mencari camilan yang lezat dan menyehatkan? Coba deh Mr. P Kacang Atom Pedas yang kaya akan kandungan nutrisi. Antara lain adalah protein, zat besi, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, vitamin K, kalsium, arginin, asam folat, lesitin, dan kolin.

Manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari kacang atom ini adalah membantu melawan bakteri TBC, menurunkan tekanan darah, membantu perkembangan janin, dan mengontrol kadar gula dalam darah. Lemak yang ada dalam kacang atom ini adalah adalah lemak baik yang bermanfaat bagi kesehatan.

Harga Rp. 15.800-26.000

Kacang Atom Cap Bola

Satu lagi kacang atom produksi lokal, kali ini datang dari kota Samarinda. Kacang Atom Cap Bola namanya. Kacang ini hadir dalam porsi kecil 250 gram yang langsung habis dalam sekali santap saja. Jangan kaget ketika kamu mendapati dirimu tidak bisa berhenti mengunyah kcang yang renyah nan lezat ini.

Hobi ngemilmu akan tersalurkan dengan cara yang sehat, karena camilan kacang atom ini mengandung sederet gizi dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Jangan lupa sertakan kacang atom nan lezat ini dalam setiap kebersamaan dengan keluarga atau sahabat tercinta. Selain bisa dijadikan camilan, kacang atom juga bisa jadi pelengkap makanan berat seperti mie goreng, soto, atau nasi goreng.

Harga Rp. 42.500-49.000

Kacang Atom Cap KUTJING

Produk kacang atom di pasaran tidak hanya didominasi oleh produsen berskala nasional saja, tetapi juga penggiat UMKM lokal yang tidak mau kalah dalam meramaikan pasar tersebut. Dari kota Solo, ada Kacang Atom Cap KUTJING yang wajib kamu cobain nih. Camilan renyah yang satu ini menggunakan kacang berkualitas dengan balutan tepung yang gurih dan renyah.

Makanan ringan ini diproses secara tradisional sehingga menghasilkan cita rasa yang unik dan khas. Dengan berat produk yang hanya 100 gram saja, dijamin kacang atom ini langsung habis hanya dalam sekali santap saja. Pengolahan yang higienis memastikan kualitas produk tetap baik hingga sampai ke tanganmu.

Harga Rp. 5.500-7.000

Kacang Atom Gangsar

Kacang Atom Gangsar adalah merek kacang atom yang sangat terkenal di Jawa Timur. Produk ini dimulai dari bisnis keluarga pada tahun 1981. Kini produksi Kacang Atom Gangsar sudah mencapai skala besar yaitu 400 ton kacang atom, 3 ton kacang telor, dan 5 ton kacang bangkok. Begitu pula dengan distribusinya yang sangat meluas meliputi Jawa, Madura, Bali, Lombok, Papua, Sumbawa, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Lampung.

Bicara soal rasa, Kacang Atom Gangsar sangat renyah dan gurih. Diproses dan dikemas menggunakan mesin berteknologi tinggi untuk menjaga kualitas produk hingga sampai ke tangan konsumen. Jangan ragu untuk memilih kacang atom ini sebagai teman saat bersantai.

Harga Rp. 9.000-9.900

Kacang Atom Putri Panda


Kacang Atom Putri Panda menjadi produk rekomendasi kacang atom terakhir dari BP-Guide. Kacang atom yang dijual dalam kemasan 155 gram dan 300 gram yang cukup untuk disantap sendiri dan berdua. Yuk, cobain kacang atom lezat yang satu ini.

Harga Rp. 5.500-10.000
From our editorial team

Tinggalkan Kacang Goreng, Yuk Coba Kacang Atom

Jika kamu adalah pencinta snack kacang, kamu wajib mencicipi kacang atom yang gurih dan renyah ini. Tidak melulu harus digoreng, kacang atom bisa jadi alternatif yang pas sekaligus teman bersantaimu di sore hari. Kacang atom rekomendasi BP-Guide di atas juga bisa kamu jadikan pelengkap saat menyantap nasi goreng atau mi instan kesukaanmu lho.