10 Rekomendasi Hand Sanitizer yang Praktis dan Aman Untuk Menjaga Kebersihan Tangan Si Kecil (2021)

10 Rekomendasi Hand Sanitizer yang Praktis dan Aman Untuk Menjaga Kebersihan Tangan Si Kecil (2021)

Hand sanitizer kini menjadi benda yang wajib dibawa kemana saja. Tapi jangan sampai salah memilih produk hand sanitizer untuk anak ya! BP-Guide akan memberikan rekomendasi hand sanitizer yang bahannya aman untuk kulit anak.

Hand Sanitizer Kini Jadi Benda yang Wajib Dibawa

Tangan adalah salah satu media yang berhubungan dengan penularan penyakit. Dalam keseharian, tangan bisa memegang dan menyentuh benda apa saja yang mungkin kotor dan berkuman. Lalu jika tangan yang tidak bersih itu digunakan untuk menyuap makanan, kuman yang melekat pun ikut masuk ke dalam tubuh.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk menjaga kebersihan tangan dari sumber penyakit. Terlebih di era New Normal saat pandemi ini, menjaga kebersihan tangan pun harus ditingkatkan. Menjaga kebersihan tangan dapat dilakukan dengan mencuci tangan pakai sabun ataupun memakai hand sanitizer.

Membersihkan tangan dengan hand sanitizer merupakan cara yang praktis untuk dilakukan. Saat ini hand sanitizer juga sudah seperti barang yang wajib untuk dibawa ke mana pun. Dengan hand sanitizer, Anda bisa membersihkan tangan dengan mudah, di mana pun Anda berada.

Apakah hand sanitizer aman untuk dipakai oleh anak-anak? Jawabannya sederhana, tentu saja boleh. Nah, supaya Anda tidak bingung dan khawatir lagi, Anda bisa melakukan tips memilih hand sanitizer untuk anak.

Tips Memilih Hand Sanitizer Untuk Anak

Hindari Alkohol Untuk Bayi di Bawah 1 Tahun

Kulit bayi masih sangat lembut dan sensitif sehingga rentan mengalami masalah pada kulit. Oleh karena itu, kulit bayi tidak boleh sembarangan bersentuhan dengan bahan kimia. Kandungan alkohol di dalam hand sanitizer bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Maka dari itu, penggunaan hand sanitizer beralkohol tidak disarankan untuk diberikan pada bayi.

Jika Anda tetap ingin membersihkan tangan bayi dengan hand sanitizer, pilihlah produk yang tidak mengandung alkohol. Saat ini, sudah ada banyak sekali produk hand sanitizer bayi yang tidak beralkohol. Produsen mengganti alkohol dengan bahan alami lain yang lebih aman dan lembut untuk kulit bayi.

Namun sayangnya, hand sanitizer non alkohol diketahui hanya mampu membunuh bakteri, bukan virus. Jadi, cara terbaik untuk menghilangkan virus pada tangan bayi adalah dengan mencuci tangannya menggunakan air dan sabun khusus bayi.

Jika Ada Alkohol, Perhatikan Jenisnya

Kulit anak yang berusia dua tahun ke atas sudah dapat mentoleransi alkohol, sehingga Anda sudah bisa memakaikan hand sanitizer beralkohol pada mereka. Namun, sebelum hand sanitizer benar-benar kering, Anda perlu mengawasi dan memastikan anak tidak menjilat tangan mereka karena alkohol bisa menyebabkan keracunan.

Keracunan alkohol dapat menyebabkan kehilangan keseimbangan, rasa ngantuk, tekanan darah yang rendah, kehilangan kesadaran, bahkan kematian. Jenis alkohol yang harus dihindari di dalam hand sanitizer adalah metanol, karena dapat menyebabkan keracunan bagi anak-anak bahkan orang dewasa.

Pilih Kemasan Sesuai Kebutuhan

Hand sanitizer tersedia dalam berbagai bentuk kemasan dan ukuran. Anda dapat memilih sesuai selera maupun kebutuhan.

Ada hand sanitizer yang berbentuk spray berisi cairan. Hand sanitizer spray ini lebih mudah diaplikasikan karena tingga semprotkan ke tangan. Karena berbentuk cairan, produk ini juga lebih mudah menyerap.

Bentuk lain dari hand sanitizer adalah kemasan botol baik dengan tutup flip top maupun dengan tutup seperti pump. Hand sanitizer yang ada dalam kemasan ini umumnya bertekstur gel dan mempunyai sensasi dingin saat diaplikasikan. Kemasan pump lebih aman karena tidak mudah tumpah dan menguap.

Hand sanitizer juga tersedia dalam bentuk wipes atau tisu. Jenis hand sanitizer yang satu ini mampu membersihkan kotoran menempel sekaligus.

Pastikan Tidak Membuat Kulit Kering

Hand sanitizer umumnya memiliki kandungan alkohol yang dapat membuat kulit menjadi kering bahkan pecah-pecah. Apalagi jika diaplikasikan pada kulit yang sensitif, alkohol dapat menimbulkan iritasi dan memberikan rasa terbakar di kulit. Untuk meminimalkan hal tersebut, Anda bisa memilih dan menggunakan hand sanitizer dengan tambahan kandungan pelembab.

Beberapa kandungan yang dapat melembabkan kulit di antaranya adalah Aloe vera atau lidah buaya, chamomile, serta provitamin B5. Anda bisa memilih produk dengan tambahan kandungan ini untuk hand sanitizer anak, bahkan untuk Anda sendiri.

Namun, pastikan pelembab yang ada tidak membuat tangan malah menjadi lengket. Bahan yang lengket dapat membuat anak merasa tidak nyaman. Ini juga berisiko bagi anak yang masih suka menjilat-jilat tangannya.

Lihat Ada Tidaknya Pewangi

Beberapa produk hand sanitizer anak memiliki tambahan parfum atau aroma yang bertujuan untuk menutupi bau alkohol. Produk dengan tambahan wangi juga bisa membuat anak lebih tertarik untuk menggunakan produk.

Namun, penggunaan pewangi ini justru dapat menarik perhatian anak untuk memakannya. Terlebih hand sanitizer beraroma buah. Bagi anak yang belum bisa membedakan mana makanan dan mana yang tidak, ini akan membahayakan.

Selain itu, tambahan parfum pada produk juga umumnya mengandung bahan kimia yang berbahaya jika tertelan. Produk hand sanitizer dengan wewangian bisa menjadi pilihan untuk anak yang sudah cukup besar, dan sudah bisa diberi pengertian bahwa hand sanitizer bukanlah suatu yang dapat dimakan.

Namun, lebih baik tetap memilih hand sanitizer dengan wangi yang alami. Sebaiknya pilih produk yang menggunakan bahan alami sebagai pewangi tambahan hand sanitizer.

Alasan Pentingnya Menjaga Kebersihan Tangan

Mencegah Perkembangan Kuman dan Bakteri

Dilansir dari awalbros.com, Infection Prevention & Control Nurse (IPCN) Rumah Sakit Awal Bros Batam, Novita Simbolon mengatakan bahwa 98% penyebaran kuman yang ada di tubuh berasal dari tangan.

Tangan dapat menyentuh dan memegang apa saja. Pegagang di tangga, gagang pintu, uang, tanah, dan lain sebagainya merupakan benda yang sering disentuh. Lalu tangan bisa dengan gampangnya menyuapi mulut dengan makanan yang mungkin terkontaminasi kuman dari tangan, memegang wajah, atau mengucek mata.

Walaupun terlihat bersih oleh mata telanjang, tangan tidak terjamin bebas dari kuman. Kuman adalah makhluk kecil yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Menghindari Penyakit

Diare, cacingan, hepatitis A, flu, serta infeksi saluran pernafasan merupakan contoh penyakit yang dapat disebabkan karena malas mencuci tangan. Perpindahan virus dan bakteri dapat terjadi dengan mudah melalui tangan dan masuk ke dalam tubuh melalui mulut.

Kebiasaan mengusap dan menyentuh mata dengan tangan kotor juga dapat menimbulkan masalah serius pada mata. Tangan seolah menjadi kendaraan kilat yang mengantarkan penyakit ke dalam tubuh manusia. Sementara kotoran adalah tiket perjalanannya. Kita dapat mencegah masuknya penyakit dengan menjaga kebersihan tangan.

Mencegah Penularan Virus

Selain bakteri, penularan virus juga dapat terjadi karena tangan yang tidak bersih. Contohnya saja virus Corona yang dapat menular melalui tangan.

Menurut WHO, selain melalui droplets yang langsung masuk melalui mata, hidung, atau mulut, Covid-19 juga dapat menginfeksi melalui tangan yang memegang permukaan yang telah terkontaminasi virus, lalu menyentuh mata, hidung, atau mulut tanpa mencuci tangannya.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan tangan agar dapat mencegah masuknya virus ke dalam tubuh.

Rekomendasi Hand Sanitizer Anak yang Aman Untuk Kulitnya

Pure Kids Antiseptic Hand Sanitizer

Gel cuci tangan Pure Kids menggunakan 83,3% alkohol etanol dan hidrogen peroksida yang dapat mengurangi risiko infeksi mikroba atau spora. Pure Kids Antiseptic Hand Sanitizer juga diperkaya dengan lidah buaya dan gliserin untuk menjaga kelembapan kulit si kecil.

Hand sanitizer ini juga mengandung aroma buah seperti lemon. Anda perlu mengawasi si kecil saat memakai hand sanitizer. Namun, hand sanitizer ini cepat kering kurang lebih dalam waktu 5 detik sehingga tangan pun cepat bersih dan aman.

Harga Rp. 13.000-50.000

My Baby Mom's Hand Sanitizer

Meskipun produk ini ditujukan untuk ibu, hand sanitizer juga bagus untuk bayi. Sebab, kadar alkoholnya cukup rendah, tetapi tetap memenuhi standar hand sanitizer, yakni 65%.

Selain itu, hand sanitizer ini juga diperkaya chamomile dan lidah buaya yang bermanfaat untuk melembabkan kulit dan melindungi kulit dari iritasi ringan

Harga Rp. 5.000-25.000

Unimed Kids Hand and Multipurpose Sanitizer

Unimed Kids Hand and Multipurpose Sanitizer ini berbahan dasar air yang cepat mengering. Oleh karena itu, selain untuk membersihkan tangan, produk ini juga dapat digunakan untuk membersihkan dot maupun peralatan MPASI bayi.

Unimed Kids Hand and Multipurpose Sanitizer ini diklaim tidak memiliki kandungan berbahaya sama sekali di dalamnya sehingga membuat produk ini aman meski tertelan.

Harga Rp. 40.000-75.000

Eskulin Kids Hand Sanitizer Tsum Tsum

Hand sanitizer yang satu ini dikemas dalam kemasan tipis dan minimalis, bisa diselipkan dalam saku dan dapat digunakan kapanpun dibutuhkan.

Produk ini memiliki desain dengan berbagai karakteristik Disney yang lucu dan menarik. Salah satu karakter yang populer adalah Tsum-tsum dan Frozen. Desainnya yang lucu ini bisa saja menarik minat anak untuk menggunakan hand sanitizer.

Harga Rp. 5.000-20.000

Dear Mom Hand Cleansing Foam Sanitizer

Dear Mom Hand Cleansing Foam Sanitizer ini dikemas dalam kemasan pump. Berbeda dengan hand sanitizer pada umumnya, hand sanitizer anak yang satu ini berbentuk busa.

Hand sanitizer Dear Mom ini juga tidak menggunakan parfum dan alkohol sehingga aman untuk digunakan pada bayi. Namun karena tidak mengandung alkohol, hand sanitizer ini tidak cukup "kuat" untuk membunuh virus yang mungkin ada pada tangan anak.

Harga Rp. 75.000-100.000

Mama’s Choice Moisturizing Hand Gel

Hand sanitizer berbentuk gel dari Mama’s Choice mengandung Benzalkonium chloride dan lemon sebagai pengganti alkohol yang efektif membunuh 99,99% kuman, bakteri, virus, serta memberikan wangi alami yang segar. Karena tidak mengandung alkohol, hand sanitizer ini dapat mencegah iritasi kulit.

Selain itu hand sanitizer ini juga memiliki kandungan aloe vera dan centella asiatica yang mampu melembabkan sekaligus menjaga kulit agar tidak kering dan lengket.

Harga Rp. 30.000-150.000

Pure Kids Antiseptic Wipes Sanitizer 20's

Pure Kids juga mengeluarkan produk hand sanitizer berbentuk tisu basah yang sangat praktis untuk digunakan mengelap tangan serta berbagai permukaan benda sebelum disentuh anak. Karena berbentuk tisu, produk ini juga efektif untuk menghilangkan kotoran ataupun noda.

Produk ini memiliki kandungan alkohol 83,33%, sehingga tidak disarankan untuk digunakan pada bayi. Usia pengguna yang disarankan mulai dari 2 tahun. Produk ini juga mengandung aroma lemon ataupun grape yang bisa Anda pilih agar tangan menjadi lebih wangi.

Harga Rp. 12.000-30.000

Buds Organic BEO Baby Safe Anti-Bac Foam Sanitizer

Sesuai namanya, Buds Organik menggunakan 99,99% bahan natural sebagai bahan utama produknya, salah satunya hand sanitizer ini. Hand sanitizer ini tidak mengandung alkohol, dan wanginya berasal dari essential oil alami.

Karena tidak mengandung alkohol dan terbuat dari bahan-bahan organik, maka produk ini aman untuk digunakan oleh bayi di bawah 1 tahun. Bahkan, aman jika tertelan.

Harga Rp. 100.000-200.000

Babyganics Foaming Hand Sanitizer

Salah satu enaknya hand sanitizer untuk anak ini adalah berbahan dasar air yang diproses menjadi busa, sehingga tidak lengket di tangan dan cepat kering. Hand sanitizer ini juga diformulasikan dengan kandungan yang melembabkan kulit.

Produk ini tidak mengandung alkohol, parabens, sulfates phthalates, pewarna, dan pewangi. Oleh karena itu, produk hand sanitizer ini aman untuk digunakan oleh bayi dan anak-anak, sesuai dengan namanya, Babyganics Foaming Hand Sanitizer.

Harga Rp. 150.000-250.000

Konicare Gel Pembersih Tangan

Konicare dari Konimex juga mengeluarkan produk hand sanitizer berbentuk gel. Produk ini mangandung kadar etil alkohol yang cukup rendah, yakni 62%.

Uniknya, Konicare Gel Pembersih Tangan juga mengandung mengandung 0,5% ekstrak alpukat yang dapat melembabkan kulit. Tak banyak ditemukan hand sanitizer yang mengandung ekstrak alpukat. Anda dapat mencoba hand sanitizer ini untuk mendapatkan sensasi yang berbeda.

Harga Rp. 7.000-15.000
From our editorial team

Batasi Penggunaan Hand Sanitizer Pada Anak

Hand sanitizer memang dikenal ampuh membunuh bakteri. Namun begitu, penggunaannya harus dibatasi, karena mencuci tangan dengan sabun terbukti dapat membunuh kuman dan bakteri secara lebih efektif. Oleh karena itu, gunakan hand sanitizer jika sedang di luar rumah dan jauh dari sumber air. Pilih produk terbaiknya dari rekomendasi BP-Guide di atas ya!