Amunisi Wajib di Masa Pandemi, Ini Dia 10 Hand Sanitizer Anak yang Aman dan Ampuh Basmi Kuman (2021)

Amunisi Wajib di Masa Pandemi, Ini Dia 10 Hand Sanitizer Anak yang Aman dan Ampuh Basmi Kuman (2021)

Hand sanitizer menjadi salah satu barang di masa pandemi yang patut dimiliki untuk mencegah penyebaran penyakit. Sayangnya, penggunaan hand sanitizer pada anak memerlukan perhatian khusus karena beberapa risiko kesehatan yang mungkin ditimbulkan. Tak perlu khawatir, berikut adalah 10 rekomendasi hand sanitizer yang aman bagi si kecil dan ampuh membasmi kuman.

Manfaat dan Bahaya Hand Sanitizer pada Anak

Di masa pandemi ini hand sanitizer menjadi salah satu barang penting dalam kehidupan sehari-hari. Meski mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir lebih disarankan, penggunaan hand sanitizer lebih disukai karena dianggap praktis dan tak kalah efektif. Berguna untuk membunuh kuman yang menempel di tangan, pemilihan dan penggunaan hand sanitizer yang kurang bijaksana rupanya justru dapat membahayakan. Apalagi penggunaan hand sanitizer pada anak-anak yang kerap disepelekan.

Perlu Anda pahami bahwa anak-anak lebih rentan terhadap efek samping dari penggunaan produk pembunuh kuman, termasuk hand sanitizer. Salah satu efek samping yang dapat ditimbulkan oleh pemilihan dan penggunaan hand sanitizer yang kurang bijaksana adalah iritasi pada kulit. Untuk mencegahnya, pastikan untuk memilih produk yang tepat dan mengawasi penggunaan hand sanitizer pada anak. Sehingga, si kecil dapat terbebas dari kuman di mana saja dengan aman dan nyaman.

Tips Memilih Hand Sanitizer yang Aman untuk Anak-anak

Terbuat dari Bahan Alami dan Non-Alkohol

Hand sanitizer umumnya memiliki komposisi alkohol dalam kadar yang cukup tinggi untuk memastikan efektivitasnya dalam membunuh kuman. Sayangnya, kandungan alkohol tersebut rentan membahayakan kulit si kecil yang masih sensitif. Apalagi anak-anak belum memahami cara penggunaan hand sanitizer, sehingga juga berisiko tertelan.

Oleh sebab itu, sebaiknya pilih hand sanitizer yang memang secara khusus dirancang untuk anak-anak. Hand sanitizer dengan bahan non-alkohol lebih direkomendasikan. Sebaiknya pilih hand sanitizer yang menggunakan bahan alami untuk membunuh kuman di tangan, misalnya saja chamomile atau aloe vera.

Tidak Memiliki Aroma Menyengat

Dalam memilih hand sanitizer untuk anak, ada beberapa kriteria yang disarankan. Salah satunya adalah memilih produk yang tidak memiliki aroma menyengat atau bahkan fragrance-free. Bukan rahasia lagi, bahwa banyak produk hand sanitizer yang dilengkapi dengan aroma menyengat, seperti citrus, lavender, strawberry, dan lain sebagainya. Aroma tersebut biasanya berguna untuk menutupi aroma alkohol yang tajam.

Penggunaan aroma menyengat pada hand sanitizer rupanya memiliki risiko yang membahayakan bagi si kecil. Aroma tersebut dapat menarik perhatian si kecil untuk menjilat atau bahkan menelannya. Padahal, hand sanitizer umumnya mengandung bahan kimia yang berbahaya apabila tertelan. Oleh sebab itu, sebaiknya pilih hand sanitizer yang tidak menggunakan parfum atau setidaknya memiliki aroma yang tidak terlalu menyengat.

Cepat Kering dan Tidak Lengket

Tekstur hand sanitizer untuk anak rupanya juga perlu diperhatikan. Anda disarankan memilih produk dengan sediaan yang mudah kering dan tidak lengket di kulit. Hal ini dimaksudkan agar penggunaan hand sanitizer menjadi lebih praktis dan tidak menarik perhatian si kecil untuk bermain-main dengan hand sanitizer atau bahkan menjilatnya.

Hand sanitizer dengan tekstur cair dinilai lebih aman dibandingkan produk yang hadir dengan tekstur gel. Produk bertekstur cair dinilai lebih mudah diberikan, yaitu dengan cara disemprot pada tangan. Tekstur cair ini juga membuat hand sanitizer lebih cepat meresap ke kulit.

Dilengkapi Pelembap

Salah satu efek yang kerap ditimbulkan setelah penggunaan hand sanitizer adalah membuat kulit menjadi kering. Kondisi kulit yang kering tersebut akan memubuatnya rentan mengalami iritasi. Tentu hal ini akan membuat si kecil tidak nyaman dalam beraktivitas.

Agar kulit si kecil tidak kering setelah penggunaan hand sanitizer, sebaiknya pilih produk yang juga dilengkapi pelembap. Saat ini sudah banyak produk yang memiliki bahan pelembap alami dalam komposisinya. Aloe vera adalah salah satu bahan yang lazim digunakan sebagai pelembap dalam berbagai produk untuk kulit, termasuk hand sanitizer.

Ini Dia Rekomendasi Hand Sanitizer Anak yang Aman Digunakan

Mama’s Choice Moisturizing Hand Gel

Mengingat bahaya yang dapat ditimbulkan akibat pemilihan hand sanitizer yang salah, tentu Anda perlu lebih selektif dalam memilih produk. Salah satu hand sanitizer anak yang dapat diandalkan untuk membersihkan tangan si kecil adalah Mama’s Choice Moisturizing Hand Gel. Produk ini diformulasi tanpa alkohol, sehingga lebih aman digunakan pada kulit tangan si kecil yang masih sensitif.

Mama’s Choice Moisturizing Hand Gel menggunakan bahan alami dalam komposisinya, termasuk Benzalkonium Chloride yang berperan sebagai antibakteri. Produk ini juga dilengkapi dengan Aloe Vera yang melembapkan dan memberi efek sejuk pada kulit, serta Centella Asiatica yang melindungi kulit dari iritasi. Hand sanitizer ini juga disertai Lemon Oil yang memberikan aroma alami menyegarkan. Aman untuk kulit, produk ini bebas dari alkohol, parfum, paraben, dan SLS, serta telah melalui uji hypoallergenic dan dermatologi.

Harga Rp. 37.600-39.000

Babyganics Alcohol Free Foaming Hand Sanitizer

Rekomendasi hand sanitizer anak berikutnya yang aman digunakan adalah Babyganics Alcohol Free Foaming Hand Sanitizer. Produk ini diformulasi alami dari tumbuhan yang mampu membunuh 99.9% kuman dalam waktu 15 detik. Tentunya hand sanitizer ini efektif untuk membersihkan tangan si kecil dari kotoran dan melindunginya dari kuman.

Babyganics Alcohol Free Foaming Hand Sanitizer merupakan produk anti alergi yang cocok untuk kulit sensitif. Produk ini aman digunakan secara berkala dan berulang. Moisturizing formula yang dimiliki membuat kulit lembap dan halus. Cukup gosok produk pada seluruh permukaan kedua tangan, maka tangan si kecil akan terbebas dari kuman.

Harga Rp. 254.000-249.000

Eskulin Kids Hand Sanitizer

Anda yang tengah mencari hand sanitizer anak dengan kandungan alkohol, Eskulin Kids Hand Sanitizer mungkin bisa menjadi pilihan. Produk keluaran Eskulin ini hadir dalam bentuk gel dengan bahan aktif alkohol 60%. Hand sanitizer ini ideal untuk membersihkan kuman dari tangan si kecil.

Produk ini tersedia dalam kemasan botol yang praktis dibawa bepergian. Tak hanya itu, botolnya dilengkapi dengan tampilan karakter yang menarik dan disukai anak-anak. Hand sanitizer ini menghadirkan aroma yang harum dan menyegarkan.

Harga Rp. 6.300-10.000

Ikyusan Organic Baby Hand Sanitizer

Ikyusan Organic Baby Hand Sanitizer adalah produk berikutnya yang patut dilirik. Hand sanitizer ini berfungsi untuk membasmi kuman di tangan dan mensterilkan kulit yang terluka. Tak hanya dapat digunakan pada kulit, produk ini juga berguna untuk mensterilkan peralatan makan si kecil sebelum digunakan.

Produk ini hadir dengan kemasan yang praktis dan organic food grade dari Jepang. Formulanya ringan di kulit, sehingga tidak memicu terjadinya iritasi. Hand sanitizer berbentuk cair ini diaplikasikan dengan cara disemprotkan ke tangan. Selain mudah kering, produk ini juga tidak lengket dan menjaga kulit tetap lembut.

Harga Rp. 25.000-50.000

Acquassimo Natural Sanitizing Water

Produk berikutnya yang masuk daftar rekomendasi adalah Acquassimo Natural Sanitizing Water. Produk ini sangat cocok bagi Anda yang tengah mencari hand sanitizer aman untuk bayi. Hand sanitizer ini terbuat dari bahan alami berupa air dan natural acid yang diproduksi oleh tubuh manusia untuk melawan bakteri dan kuman.

Acquassimo Natural Sanitizing Water efektif membunuh kuman dan bakteri hingga 99,9% dalam hitungan detik. Selain membersihkan tangan, produk air sanitasi natural ini juga mampu mensterilisasi perlengkapan bayi dan luka pada kulit. Produk ini aman digunakan oleh bayi hingga dewasa karena bebas alkohol, bahan kimia, pengawet, pewangi dan 100% halal.

Harga Rp. 65.000-68.250

Bambi Baby Hand Sanitizer

Bambi Baby Hand Sanitizer adalah produk berikutnya yang patut dipilih bagi Anda yang tengah mencari hand sanitizer anak. Produk ini aman bagi si kecil karena tidak mengandung alkohol dan parfum. Hand sanitizer ini menggunakan Citrus Aurantifolia Peel Extract 1,5% yang merupakan bahan aktif natural organic.

Produk ini diformulasikan khusus dengan bahan berkualitas food grade yang tidak lengket dan nyaman di kulit. Hand sanitizer ini ilengkapi dengan formula anti irritant complex yang terdiri dari Licorice, Chamomile, dan Pro-Vitamin B5. Terjamin keamanannya, Bambi Baby Hand Sanitizer telah lolos uji hypoallergenic dan dermatologi.

Harga Rp. 67.235-72.772

Buds Organics Baby Safe Anti-Bac Foam Hand Sanitizer

Produk berikutnya yang direkomendasikan adalah Buds Organics Baby Safe Anti-Bac Foam Hand Sanitizer. Hand sanitizer ini berbentuk foam yang mampu membunuh kuman dan bakteri berbahaya. Diformulasikan dengan bahan antibakteri aktif dan berbahan dasar food grade, produk ini mengandung minimum 95% bahan organik.

Tidak mengandung alkohol, pewangi buatan, dan bahan kimia berbahaya membuat produk ini aman untuk anak-anak. Buds Organics Baby Safe Anti-Bac Foam Hand Sanitizer telah teruji secara klinis dan dilengkapi sertifikasi organik Ecocert. Produk ini mengandung Aloe Vera yang membuat kulit tangan menjadi lebih lembut dan lembap.

Harga Rp. 149.900-199.900

Babymizu Hypoallergenic Baby Sanitizer

Babymizu Hypoallergenic Baby Sanitizer adalah hand sanitizer anak berikutnya yang aman bagi tubuh. Bahan utama dalam produk ini adalah Hypochlorous Acid 100% natural yang mampu membunuh kuman. Cara kerja bahan ini adalah mengoksidasi mikroorganisme dalam hitungan detik, kemudian bahan tersebut akan menguap dan hanya meninggalkan sisa air.

Produk ini terjamin keamanannya karena berbahan food grade, tanpa bahan berbahaya, alkohol, pewangi, maupun pengawet. Babymizu Hypoallergenic Baby Sanitizer telah bersertifikat dari laboratorium ternama. Tak hanya bisa diaplikasikan pada tangan, baby sanitizer ini juga bisa digunakan untuk mensterilkan mainan, botol susu, peralatan makan, stroller, dan benda lainnya.

Harga Rp. 35.000-110.000

Tropee Bebe Hand Sanitizer

Bagi yang lebih menyukai hand sanitizer anak dengan bahan alkohol, Tropee Bebe Hand Sanitizer mungkin bisa menjadi pilihan. Produk ini berbentuk cairan siap pakai yang berfungsi mendisinfeksi dan membersihkan tangan tanpa perlu dibilas air. Formula pembersih efektif ini efektif membunuh kuman, bakteri, dan virus.

Tropee Bebe Hand Sanitizer mengandung 70% Ethyl Alkohol atau ethanol food grade. Tak perlu takut tangan menjadi kering atau iritasi, sebab hand sanitizer juga dilengkapi oleh triple moisturizer, yaitu Glycerin, Essential Lavender, dan Essential Aloe Vera yang melembapkan kulit. Aman untuk anak-anak hingga dewasa, produk ini telah memiliki izin dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Harga Rp. 150.000-268.400

Unimed Kids Hand & Multipurpose Sanitizer

Hand sanitizer anak terakhir yang masuk dalam daftar rekomendasi adalah Unimed Kids Hand & Multipurpose Sanitizer. Seperti namanya, produk ini tidak hanya dapat digunakan untuk membersihkan tangan, namun juga mensterilisasi peralatan anak lainnya. Produk ini berbahan dasar air dan tidak mengandung alkohol, sehingga aman untuk anak-anak.

Menggunakan bahan-bahan yang aman, Unimed Kids Hand & Multipurpose Sanitizer dapat digunakan berulang-ulang. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu cukup dengan memutar knob dan menyemprotkannya pada kulit atau pada benda-benda yang hendak disterilkan.

Harga Rp. 38.000-114.000
From our editorial team

Cuci Tangan dengan Sabun dan Air Mengalir Lebih Disarankan

Dari rekomendasi di atas, kira-kira produk manakah yang tertarik untuk Anda jadikan pilihan. Meski hand sanitizer lebih praktis digunakan, Anda perlu memahami bahwa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir lebih disarankan. Penggunaan hand sanitizer memiliki sejumlah risiko bagi kesehatan, apalagi jika digunakan berulang dalam jangka waktu yang lama. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir juga dinilai lebih efektif dan aman bagi kulit, karena tidak membuat kulit kering ataupun iritasi.

Tag