10 Rekomendasi Hand Sanitizer Spray yang Bikin Tangan Bebas Kuman dan Bakteri (2021)

10 Rekomendasi Hand Sanitizer Spray yang Bikin Tangan Bebas Kuman dan Bakteri (2021)

Berada di luar rumah membuat kita harus tetap waspada menjaga diri dari kuman, virus, dan bakteri. Jangan sampai lalai menjaga kebersihan tubuh terutama bagian tangan. Kamu bisa gunakan hand sanitizer untuk memastikan bahwa kamu terlindung dari kuman dan bakteri. Nah, simak rekomendasi hand sanitizer spray dari BP-Guide!

Pentingnya Sedia Hand Sanitizer di Tas

Kebersihan diri kita wajib dijaga dan diperhatikan. Bukan hanya karena masa pandemi, namun juga karena kebersihan diri akan sangat mempengaruhi tingkat kesehatan kita. Kebersihan bagian tubuh wajib dijaga, utamanya kebersihan tangan karena tangan menjadi salah satu bagian tubuh yang paling kotor dan paling banyak dihinggapi kuman.

Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sudah menjadi kewajiban agar tangan bebas kuman dan bebas kotor. Saat di rumah atau di kantor, sebaiknya cuci tangan dilakukan sesering mungkin karena mudah untuk mendapatkan sabun dan air mengalir. Masalahnya, adalah saat kita di luar rumah, dalam perjalanan, atau di temapt dimana kita sulit mendapatkan air bersih. Di saat seperti itu, hand sanitizer akan sangat berguna untuk menggantikan sabun dan air.

Hand sanitizer merupakan cairan dalam bentuk gel maupun air. Fungsinya adalah untuk mematikan kuman di area tangan. Hand sanitizer bisa dibilang sangat praktis digunakan kapan saja dan dimana saja. Meski tidak sebaik sabun dan air, namun hand sanitizer bisa jadi pilihan paling tepat untuk membasmi kuman. Maka dari itu, pastikan kamu selalu menyediakannya di dalam tas, ya.

Memilih Hand Sanitizer Spray yang Praktis Di Bawa

Cek Kandungan Alkoholnya

Ketika memilih hand sanitizer, pastikan kamu mengecek kandungan alkoholnya. Setiap hand sanitizer tentu mengandung alkohol. Bahan yang satu ini dibutuhkan untuk mematikan kuman. Kandungan alkohol pada setiap hand sanitizer berbeda-beda jumlahnya, ada yang rendah dan ada pula yang tinggi.

Perlu diketahui bahwa minimal kandungan alkohol pada hand sanitizer yang dianggap ampuh membunuh kuman adalah 60%. Jadi, usahakan memilih kandungan alkohol antara 60% hingga 95% sebab sudah teruji untuk membunuh dan mengurangi aneka virus dan bakteri.

Alkohol memang baik untuk mengusir kuman. Meski demikian, jika hand sanitizer diperuntukkan untuk anak-anak, maka wajib diperhatikan, ya. Seringkali anak-anak memasukkan tangan ke dalam mulut sehingga berisiko keracunan. Jadi, jika memilih untuk anak, sebaiknya pilih yang kandungan alkoholnya rendah saja untuk keamanannya.

Pastikan Melembapkan

Hand sanitizer umumnya bisa membuat kulit tangan jadi kering. Ini karena ada kandungan alkohol yang berpotensi bikin kulit tangan kering, pecah-pecah, hingga terkelupas parah. Agar kulit tangan lebih aman dari risiko tersebut, maka kamu wajib memilih yang ada kandungan pelembapnya.

Beberapa contoh pelembap dan vitamin yang bagus untuk hand sanitizer adalah aloe vera, castor oil, hingga gliserin. Dengan adanya kandungan tersebut maka hand sanitizer tidak hanya melembapkan dan menutrisi kulit namun juga bisa menghidrasi kulit sehingga kulit tangan tetap terasa nyaman sepanjang hari.

Pilih Produk yang Aman dan Terpercaya

Di pasaran ada banyak sekali pilihan hand sanitizer. Kita bisa dibingungkan karena pilihan mereknya beragam. Sejak masa pandemi, produksi hand sanitizer memang meningkat. Ada banyak merek baru yang beredar. Kamu wajib waspada sebelum tergoda untuk membelinya. Belum tentu produk baru tersebut terjamin keamanannya.

Untuk memastikan produk hand sanitizer yang kamu miliki adalah produk berkualitas maka pastikan sudah ada label BPOM pada kemasannya. Adanya label tersebut memastikan bahwa produk hand sanitizer sudah aman digunakan dan sudah terui kualitasnya. Label BPOM juga memastikan kamu bebas dari produk palsu yang membahayakan.

Pilih Aromanya

Hand sanitizer juga hadir dengan aroma yang beragam. Ada yang aroma alkoholnya lebih menyengat, ada pula yang dibekali dengan aroma wewangian atau essensial oil yang bikin rileks. Kamu bisa memilih pilihan aroma wangi yang disuka. Jika kurang suka hand sanitizer dengan aroma alkohol yang kuat, maka pilihlah aroma hand sanitizer yang lembut supaya tidak mengganggu pernafasan.

Ini Loh, Deretan Hand Sanitizer yang Bisa jadi Pilihan

KLARENS Hand Sanitizer Spray

KLARENS Hand Sanitizer Spray merupakan rekomendasi pertama kami. Hand sanitizer yang satu ini mudah diaplikasikan karena tinggal semprot saja. Formulanya lembut namun bisa bekerja dengan sangat efektif membunuh kuman. Dengan kadar alkohol 70% pastinya kuman, bakteri, dan virus bisa segera musnah.

Ada 3 varian yang tersedia dan bisa kamu pilih. Ada varian pink rose, calming musk, dan sweet honeydew. Uniknya, hand sanitizer Klarens tidak hanya bisa mengatasi kuman di area tangan namun juga bisa disemprotkan di area kaki, dan aneka permukaan benda lainnya.

Hand sanitizer juga diperkaya dengan vitamin E dan castor oil sehingga bisa melembapkan kulit dan tidak akan membuatnya kering. Kulit juga tidak lengket dan tetap terasa nyaman seharian. Aromanya juga harum dan menenangkan. Tidak ada bau alkohol yang menyengat sehingga tidak mengganggu pernapasan.

Harga Rp. 18.000-40.000

Kitashi Hand Sanitizer Spray

Kitashi Hand Sanitizer Spray adalah pilihan lain untuk kamu. Produk ini bikin tangan bebas kuman dan juga radikal bebas. Kadar alkohol pada produk ini mencapai 70% jadi dipastikan bisa membunuh kuman secara lebih efektif. Ada tiga varian, yakni, green tea, tropical ocean, dan strawberry yang bisa kamu pilih.

Hand sanitizer ini hadir dengan kandungan castor oil yang kaya akan asam lemak ricinoleic acid, omega-6, dan omega-9. Sebagai humektan yang baik, castor oil akan bisa menghidrasi kulit dan membuatnya tidak mudah kering. Selain itu, ada juga kandungan vitamin E yang bersifat antioksidan sehingga bisa menangkal radikal bebas yang berpotensi merusak kulit.

Harga Rp. 15.000-55.000

Sterobac Hand Sanitizer Spray

Sterobac Hand Sanitizer Spray merupakan produk yang anti tumpah. Pemakaiannya juga mudah cukup semprot saja. Kamu bisa membawanya kemana saja dan memakainya kapan saja dengan mudah. Produk ini berbahan dasar alkohol dengan kandungan alkohol 70% sehingga ampuh membasmi kuman dan virus. Ada juga senyawa PHMB dengan aktivitas antibakteria pada produk ini sehingga bisa melawan berbagai macam bakteri.

Teksturnya ringan dan tidak lengket di tangan karena cepat kering ketika disemprotkan. Ini tentu bikin tangan jadi nyaman dan tidak terasa kering. Ada kandungan pelembap juga yang bikin kulit tetap terhidrasi dengan baik dan membuat kulit tidak mudah iritasi.

Harga Rp. 23.000-66.000

Saniter Hand Sanitizer Spray

Saniter Hand Sanitizer Spray merupakan produk yang bisa membunuh kuman di tangan dengan cepat. Hand sanitizer ini tidak perlu dibilas karena tidak ada rasa lengket di tangan. Kulit tangan juga bebas kering karena kelembapannya terjaga. Aroma wanginya segar dan tidak menyengat sehingga aman untuk pernapasan.

Kandungan alkohol di dalamnya adalah 70% sehingga ampuh membasmi kuman. Ada juga kandungan benzalkonium chloride 0.05% sehingga produk lebih efektif membunuh bakteri dan virus yang menempel di tangan.

Harga Rp. 11.111-19.800

Antis Antiseptic Spray

Antis Antiseptic Spray dikemas dalam botol spray ukuran 55 ml. Produknya mudah dibawa kemana saja dan mudah diaplikasikan. Hand sanitizer ini merupakan produk yang populer di masyarakat. Dengan kandungan alkohol sebanyak 70%, produk ini akan membasmi kuman dan bakteri di tangan.

Hand sanitizer spray ini hadir dalam 3 varian yakni lime, cucumber, dan jasmine. Aromanya segar dan lembut sehingga bisa bikin kita nyaman tanpa merasa terganggu. Produk juga mengandung moisturizer yang melembapkan kulit.

Harga Rp. 9.500-13.000

Nuvo Hand Sanitizer Spray

Nuvo Hand Sanitizer Spray ini merupakan produk yang bisa kamu gunakan kapan saja dan dimana saja. Dikemas dalam botol spray, kamu jadi mudah mengaplikasikannya. Hand sanitizer ini mengandung alkohol sebanyak 70% sehingga ampuh membasmi kuman dan virus. Di dalamnya ada kandungan moisturizer yang bisa membuat kulit tetap terhidrasi dengan baik. Kulit yang sensitif sekalipun bisa terasa nyaman karena formulanya lembut, cepat kering, dan tidak lengket di kulit. Kamu bisa memilih 3 varian yang tersedia yakni cool breeze, fresh blossom, dan spring nature.

Harga Rp. 7.999-11.000

Aseptic Plus Spray Hand Sanitizer

Aseptic Plus Spray Hand Sanitizer adalah produk yang bisa kamu andalkan. Produk yang satu ini hadir dengan kandungan alkohol tinggi sehingga dipastikan bisa membunuh kuman, virus, dan bakteri dalam hitungan detik. Hand sanitizer tidak bikin kulit kering. Kulit terjaga kelembapannya karena ada kandungan aloe vera di dalamnya. Cukup semprot ke tangan atau area yang kamu inginkan untuk membuatnya bebas kuman.

Harga Rp. 8.500-27.000

Q-San Hand Sanitizer Spray

Q-San Hand Sanitizer Spray adalah produk yang wajib kamu miliki. Hand sanitizer ini unik karena tidak mengandung alkohol. Ini membuatnya tidak akan bikin kulit tangan mudah kering. Meski tidak mengandung alkohol, namun produk ampuh untuk
menghilangkan kotoran dan bakteri yang menempel di tangan.

Produk ini aman untuk anak-anak. Selain itu, kamu bisa juga menyemprotkannya pada aneka permukaan, seperti kursi, meja, gadget, dan lain sebagainya. Hand sanitizer dikemas dalam ukuran yang nyaman dibawa kemana saja. Dengan botol spray, kamu jadi mudah mengaplikasikannya kapan saja kamu inginkan.

Harga Rp. 25.000-29.000

Bremed Hand Sanitizer Spray

Bremed Hand Sanitizer Spray tidak bisa kamu lewatkan sebagai pilihan. Produk yang satu ini unik dan menarik dari segi desain dan bentuknya. Jika pada umumnya botol spray cukup besar, maka hand sanitizer dari Bremed ini memiliki desain mirip spidol besar. Desainnya yang mini ini tentu membuatnya mudah dimasukkan ke kantong dan dibawa kemana saja.

Diproduksi oleh Bremed yang merupakan perusahaan terkemuka Italia, hand sanitizer yang satu ini tersedia dalam 5 varian, yakni cheery blast, citrus twist, forest rain,grape burst, dan ocean blue. Hand sanitizer ini tidak meninggalkan rasa lengket pada tangan. Produk juga tidak bikin tangan kering karena mengandung lidah buaya yang melembapkan kulit.

Harga Rp. 50.000

SOS Hand Sanitizer Spray

SOS Hand Sanitizer Spray merupakan rekomendasi terakhir dari kami. Hand sanitizer dari SOS memiliki kandungan alkohol sebesar 73% yang terdiri dari 18% iso propyl alcohol dan 55% ethyl alcohol. Dengan tingginya kandungan alkohol tersebut, hand sanitizer ini mampu membasmi virus dan bakteri.

Dari segi aroma, produk ini juga tidak menyengat sehingga nyaman dan aman digunakan. Aromanya segar dan lembut jadi tidak mengganggu. Produk juga tidak akan menyebabkan tangan jadi kering dan iritasi. Kulit tangan jadi terasa lembut dan halus.

Kemasannya memudahkan kamu untuk membawanya kemana saja dengan lebih mudah. Produk juga mudah disemprotkan di tangan dan cepat diserap kulit.

Harga Rp. 13.000-18.000
From our editorial team

Ketahui Tips Menyimpan Hand Sanitizer

Agar hand sanitizer tidak mudah rusak dan tetap terjaga kualitasnya, kamu wajib menyimpannya dengan benar. Cara pertama adalah menyimpannya di tempat yang sejuk. Dengan begini maka hand sanitizer tidak akan mengalami penguapan berlebihan. Pastikan suhu ruangnya adalah 25 hingga 27 derajat celcius. Selanjutnya, pastikan kamu menjauhkannya dari sumber api. Meski kondisi ruangan kamu sejuk, kamu tetap harus memastikan bahwa tempatnya jaduh dari sumber api yang memicu kebakaran karena alkohol pada hand sanitizer membuatnya mudah terbakar. Terakhir, pastikan hand sanitizer jauh dari jangkauan anak supaya tidak ada risiko tertelan anak.

Tag